Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Strategi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Buku Secara Online


Dunia usaha saat ini semakin banyak diminati oleh semua kalangan. Terlebih usaha yang berbasis online. 

Anda akan temukan banyak sekali usaha-usaha online yang bertebaran di dunia maya. Hal itu bukan tanpa sebab, tapi karena memang berbisnis secara online dirasa lebih menguntungkan. 

Selain juga masih banyak peluang yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh mayoritas orang. Seperti contohnya berjualan buku secara online, ternyata peluang bisnis ini masih berbuka lebar untuk Anda yang berniat usaha di bidang ini.

Bisnis dibidang ini memang sangat banyak peminatnya. Selain karena alasan lebih praktis dan mudah dilakukan, harga buku yang ditawarkan juga dirasa lebih murah. 

Produk yang akan diterima pun juga sama, tak ada perbedaan. Jadi salah satu poin lebihnya yaitu, pembeli tak perlu khawatir produk tidak cocok.

Karena selama Anda tahu judul bukunya, maka barang yang akan didapat pasti sesuai yang diharapkan. 

Berbeda dengan bisnis pakaian online, dari pihak pembeli pasti sedikit banyak memiliki keraguan tentang sesuai atau tidaknya produk dengan yang ia bayangkan. Dengan semakin tingginya tingkat persaingan dalam bisnis online.

Utamanya dalam hal ini bisnis buku secara online, maka Anda memerlukan teknik dan strategi khusus agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Berikut kami akan berikan strategi marketing untuk mendongkrak penjualan.

Apa saja strategi marketing yang bisa dilakukan untuk mendongkrak penjualan buku secara online?


Strategi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Buku Secara Online



1. Siapkan Toko Online

Tidak hanya bisnis secara offline saja yang perlu memiliki toko, bisnis online pun juga harus memiliki sebuah toko. Namun bedanya toko Anda pun berbentuk online. 

Buatlah toko online semenarik mungkin, dengan desain yang kreatif dan user interface yang bisa dengan mudah dipahami oleh calon pembeli. Susunlah produk buku sesuai kategori, jangan campur adukkan, agar pembeli lebih mudah untuk memilih buku yang ia minati.

Usahakan juga toko online Anda bisa diakses lewat smartphone. Karena seperti kita tahu sebagian besar orang mengakses internet melalui perangkat ini dibanding menggunakan perangkat lain seperti laptop maupun pc. 

Dan akan memberikan poin plus bagi toko online Anda, jika Anda membuat aplikasi khusus yang bisa diunduh oleh calon pembeli.


2. Sediakan buku dengan ragam jenis

Jika Anda ingin pangsa pasar yang lebih luas, maka Anda perlu sediakan banyak macam serta ketegori buku. Mulai dari anak, agama, pelajaran, novel, motivasi, tutorial dan lain sebagainya. 

Selain itu berikan deskripsi lengkap, seperti misalnya cover buku, harga, sinopsis buku dan lain-lsin.

 Dengan begitu calon konsumen toko buku online Anda akan merasa lebih dimudahkan dan mereka tidak akan bingung maupun salah dalam memilih buku.


3. Lakukan Kerjasama Dengan Penerbit

Strategi selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu bekerjasama dengan pihak penerbit buku. Dengan Anda bekerja sama dengan penerbit, maka Anda akan mendapatkan harga beli yang lebih murah, sehingga dengan begitu Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih rendah. 

Calon pembeli tentunya akan membandingkan harga-harga yang ditawarkan oleh tiap-tiap toko online.

 Jika mereka melihat harga yang ditawarkan oleh Anda dirasa lebih murah dibanding yang lain, otomatis mereka akan cenderung memilih untuk membeli buku di toko online Anda. 

Anda jangan bekerjasama hanya dengan satu penerbit saja, tapi usahakan bekerjasama dengan banyak penerbit lain. Usahakan juga penerbit yang Anda tuju adalah penerbit yang sering mengeluarkan buku best seller. 

Sehingga Anda akan lebih diuntungkan. Menjual murah bukan berarti Anda akan mendapat keuntungan yang kecil seterusnya. 

Memang jika dihitung satuan maka keuntungan Anda akan kecil, tapi jika banyak buku yang dibeli, maka keuntungan Anda akhirnya juga berkali-kali lipat.


4. Berikan Promo

Cara selanjutnya yaitu berikan promo. Promo selalu berhasil menarik minat pembeli.  Maka disini kami rasa Anda perlu memberikan promo-promo terhadap produk Anda. Dalam menyediakan promo ini, Anda perlu memperhatikan timing. 

Waktu yang tepat untuk memberikan promo misalnya saat tahun baru, bulan ramadhan dan lain-lain.

 Promo bisa dalam bentuk potongan harga, gratis biaya pemgiriman, pembagian sovenir, atau hadiah buku best seller untuk sejumlah pembelian buku. Cara ini bisa mendongkrak penjualan buku online Anda.


Strategi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Buku Secara Online



5. Aktif di Social Media

Berjualan online tentunya menuntut Anda untuk aktif di media sosial. Ibarat miliki toko, Anda harus stay di toko tersebut. 

Karena jika toko terlalu sering ditinggal, maka itu akan memberikan image yang buruk di mata pembeli. 

Bangun komunitas Anda dengan memanfaatkan media sosial. Lakukan promo produk Anda secara rutin agar masyarakat tahu apa saja yang baru di toko Anda. 

Lakukan promo secara singkat, arahkan mereka untuk langsung mengunjungi toko online Anda yang telah tersedia.

Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen?


6. Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen

Cara selanjutnya agar bisnis buku online Anda ramai pembeli yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Terlebih untuk mereka yang menjadi langganan di toko online Anda. 

Cepatlah dalam merespon setiap pertanyaan yang diajukan, sekalipun pertanyaan tersebut dirasa tidak terlalu penting, atau sebenarnya pertanyaan mereka ada jawabannya ditoko online Anda, maka baiknya arahkan mereka untuk langsung mengunjunginya.  

Sebagai seorang penjual sudah seharusnya Anda mampu bersabar terhadap konsumen. Karena dengan pelayanan yang bagus, konsumen akan terpuaskan dan itu akan membuka peluang untuk mereka merekomendasikan toko buku online Anda pada kerabat, sahabat maupun kenalan mereka. 

Sehingga secara otomatis, calon konsumen Anda pun semakin bertambah. Perlu Anda ketahui, rekomendasi dari seseorang yang dipercaya lebih memiliki peluang besar atas terjadinya transaksi di kemudian hari.


7. Bangun E-Mail Marketing

Sangatlah penting bagi Anda membangun toko online yang terintegrasi dengan e-mail marketing.

 Sehingga dengan begitu saat salah seorang konsumen membuat akun di toko online yang Anda kelola, maka secara otomatis dia akan masuk dalam jaringan e-mail marketing Anda. 

Fungsi dari e-mail marketing ini nantinya yaitu agar komunikasi Anda dengan konsumen atau pun calon konsumen tetap terjaga. 

Selain itu Anda juga bisa gunakan untuk berbagi informasi terkait promo, event serta produk-produk baru. Secara garis besar fungsi e-mail marketing ini hampir sama seperti sosial media.


Strategi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Buku Secara Online


8. Branding dan Positioning  

Branding dan positioning merupakan dua hal yang amat penting untuk membangun bisnis Anda. Branding adalah salah satu strategi yang bertujuan untuk menciptakan dan membesarkan image suatu brand. 

Jadi tujuan branding bukan hanya supaya produk Anda laku keras, tetapi lebih ditujukan agar para pelanggan dapat melihat brand Anda yang terbaik diantara beberapa pilihan yang ada. 

Ketika Anda sudah miliki brand dengan image yang kuat, otomatis itu akan berpengaruh nantinya pada hasil penjualan buku Anda. Positioning merupakan tahapan dalam perancangan serta pemasaran produk agar nantinya tercipta kesan positif bagi konsumen.

 


Post a Comment for " Strategi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Buku Secara Online"