Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online


Sejak kehadiran media sosial dan berbagai platform jual beli secara online, hal itu nyatanya telah membuat karakter dunia bisnis menjadi berubah seketika. 

Kegiatan promosi yang dulu membutuhkan budget, waktu serta tenaga yang tidak sedikit kini bisa dilakukan hanya dengan dengan bermodal kuota saja. 

Jika dulu bisnis konvensional dalam melakukan promo produk hanya terbatas pada papan reklame, iklan di televisi, selebaran dan lainnya yang mana itu membutuhkan biaya yang tak sedikit, namun kini bisa melakukan promo hanya lewat media-media sosial yang banyak tersedia.

Konten-konten foto maupun video di media sosial baik itu di instagram, facebook dan lain sebagainya, terbukti mampu jadi media promo untuk meningkatkan penjualan produk Anda. 

Caption yang dibubuhi dibawah konten yang diupload juga memiliki peranan kuat dalam hal ini. Jika Anda ibaratkan konten (video maupun foto) yang Anda diposting di sosial media adalah sebuah etalase, maka caption yang ditambahkan dibawahnya merupakan keterangan dari produk tersebut.


Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online


Seberapa pentingkah caption bagi bisnis marketing online?


Tidak sedikit para pebisnis online yang masih meremehkan pentingnya caption untuk memikat pembeli. Padahal perlu Anda tahu caption merupakan alat bagi seorang pebisnis online untuk memberikan gambaran serta penjelasan terkait produk yang itu bisa menjadi daya tarik utama bagi bisnisnya.

 Banyak kejadian dimana seorang penjual kehilangan calon konsumen potensialnya hanya karena disebabkan oleh deskripsi yang diberikan tidak jelas serta kurang lengkap.

Membuat caption yang bisa menarik pembeli memang harus diakui tidaklah mudah seperti yang sebelumnya Anda bayangkan. 

Bahkan dengan mengetahui bahwasannya membuat caption bukan perkara mudah, kini mulai bermunculan jasa untuk membuat caption menarik. 

Namun sebenarnya Anda sendiri pun juga bisa membuat caption seperti itu, Anda hanya perlu tahu bagaimana cara dan teknik-teknik dalam membuatnya.

Seperti yang telah Anda ketahui, saat ini caption yang cenderung sering mendapat like maupun tanggapan dari netizen adalah caption seputar nasihat hidup, kasih sayang, percintaan, dan banyak lagi yang lain, umumnya semua caption tersebut memotivasi para pembacanya. 

Saat Anda berencana untuk membuat caption untuk tujuan bisnis maka Anda bisa gunakan cara mengaitkan produk Anda dengan tema-tema diatas.

Bisnis online yang sukses dalam perjalannya juga melakukan pemasaran produknya melalui sosial media dengan caption-nya yang catchy. 

Anda bisa manfaatkan tren yang sedang berkembang di kalangan anak muda saat ini. Caption yang menarik dan kekinian merupakan cara terbaik dalam menarik perhatian mereka.


Kunci Marketing Online Terletak Pada Caption yang Digunakan

Dua hal yang tidak akan pernah bisa dipisahkan yaitu bisnis serta marketing. Jika di era sebelum ini proses pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan media cetak serta televisi, maka saat ini tren mulai mengalami pergeseran. 

Seorang pelaku bisnis yang handal saat ini tahu betul bahwa kegiatan promosi terbaik melalui sarana digital yaitu dengan menggunakan caption unik.

Terlebih lagi untuk membubuhkan caption di sosial media, kata-kata ysng harus digunakan pun tidak dibatasi dalam jumlah yang sedikit, sehingga disini Anda akan bisa mengkreasikan kalimat yang unik serta menarik untuk memikat calon konsumen.

Jika Anda seorang pebisnis online yang memenfaatkan akun sosial media untuk sarana promosi, pastinya Anda ingin tahu serta belajar bagaimana teknik yang tepat dalam membuat sebuah caption menarik untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk Anda. 

Dibawah ini kami berikan ulasan lengkap tentang hal tersebut. Simak bagaimana teknik membuat caption marketing sebagai promosi untuk bisnis online.


Bagaimana teknik membuat caption marketing sebagai promosi untuk bisnis online?


1. Cari Tahu Selera Serta Target Audiens

Sebelum Anda melangkah untuk membuat caption, sebaiknya Anda ketahui dulu siapa yang akan menjadi target marketing Anda. 

Carilah informasi mengenai apa saja yang audiens sukai dan bagaimana cara mengkomunikasikannya. Supaya caption yang Anda cantumkan di kolom deskripsi produk bisa ditangkap secara efektif serta bisa dipahami dengan benar oleh para Audiens, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut ini:

Bagaimana cara konsumen dapat mengakses akun serta website Anda?

Apa hal yang dapat menciptakan ketertarikan pada diri mereka?

Apa alasan yang membuat konsumen dapat tertarik terhadap akun maupun web Anda?

Bagaimana cara konsumen merekomendasikan produk Anda ke sahabat serta kerabatnya?

Fitur serta manfaat apa saja yang nantinya paling diminati konsumen?

Ajukan kelima pertanyaan tersebut pada diri Anda sendiri, sehingga untuk selanjutnya Anda dapat menentukan kalimat caption marketing apa yang sesuai dengan karakter serta minat calon konsumen.


2. Fokulah Pada Manfaat Produk

Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda akan sangat semangat dalam berbagi informasi tentang produk Anda. Namun, mayoritas konsumen kurang tertarik untuk membaca narasi tentang produk Anda. 

Agar lebih menarik, Anda fokuskan saja pada manfaatnya serta tunjukkan pada calon konsumen bagaimana produk tersebut dapat bekerja pada mereka. 

Anda perlu memahami perbedaan antara penjelasan fitur dan penjelasan manfaat, agar caption yang Anda buat lebih efektif. Berikut kami berikan contoh perbedaan antara dua hal tersebut :

Manfaat : 

Dengan kemasan minimalis, Anda bisa membawa

Produk yang kami tawarkan adalah produk dengan bahan dingin dan tidak membuat Anda gerah pada cuaca panas

Fitur:

Didesain menggunakan teknologi terbaru asal luar negara


Dengan menyimak contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa:

Deskripsi tentang fitur merupakan deskripsi info teknis dari sebuah produk Deskripsi manfaat lebih condong pada bagaimana produk Anda nantinya dapat membantu kenyamanan hidup calon konsumen.

Anda boleh menyertakan deskripsi fitur, namun jangan sampai lupakan untuk lebih berfokus pada deskripsi manfaat dari produk Anda. 

Karena jika manfaatnya tidak tercantum dengan lengkap dan dirasa tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen, maka kemungkinan kecil mereka akan membeli produk Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak dari calon konsumen yang kurang memahami dengan jelas mengenai fungsi dan manfaat suatu produk akibat penjelasan yang diberikan penjual tidak berfokus pada hal tersebut. 

Oleh karena itu jangan ragu untuk membuat caption lebih panjang dari biasanya untuk menjelaskan manfaat produk Anda agar konsumen mengerti.


Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online



3. Berikan Penjelasan Secara Ringkas dan Padat.

Dalam membuat caption, Anda harus memberikan informasi yang penting dan berkaitan dengan produk tersebut. 

Menurut data hasil penelitian, rentang minat pembaca konten online rata-rata hanya dikisaran 16%. Oleh karena itu Anda hatus memanfaatkannya dengan seefektif mungkin. Berikan penjelasan serta informasi terkait produk secara singkat dan padat.


4. Ketahui Masalah dan Kebutuhan Pelanggan

Dalam upaya untuk meyakinkan calon konsumen akan manfaat produk Anda terhadap kesehariannya, maka Anda harus mengetahui pain points atau kesulitan apa yang biasanya sering menimpa calon konsumen Anda. 

Dari sanalah nantinya Anda dapat mendeskripsikan manfaat produk lewat caption. Perhatikan contoh di bawah ini:

Semisal Anda sekrang penjual sendal, maka berikut adalah contoh masalah yang Anda temukan sepurtar sandal secara umum

Tali sendal yang mudah putus saat digunakan di menaiki tangga

Sandal berbahan kasar sehingga yelapak kaki sering lecet

Maka, caption yang perlu Anda buat yaitu:

Dengan menggunakan produk ini, Anda tidak akan mengalami kejadian tali sandal yang seringkali putus saat menaiki tangga

Bagaimanakah caranya membuat caption agar konsumen tertarik?


5. Gunakan Kalimat yang Menarik

Untuk membuat caption yang menarik selanjutnya yaitu gunakan kata-kata atau pun kalimat yang menarik, seperti contohnya bonus, kata tersebut harus diakui sampai sekarang masih mampu menarik konsumen untuk mebeli produk Anda. Anda bisa aplikasikan dua kata sakti tersebut. Berikut contohnya :

Jika Anda melakukan transaksi hari ini, maka mendapatkan bonus 1 produk untuk setiap pembelian

Setiap pembelian 2 bonus 1, hanya berlaku untuk hari ini saja



Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online



6. Promo Dengan Kalimat yang Menantang

Buatlah kalimat seolah-olah itu merupakan kejadian besar dan peluang untuk terjadi lagi sangatlah kecil. Alam bawah sadar mereka (calon konsumen) biasanya akan langsung tertarik seketika dengan bunyi kalimat yang seperti itu. 

Hal tersebut akan membuat mereka terpacu agar jangan sampai melewatkan momen langka tersebut. Contoh kalimat caption yang bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut:

Diskon gila-gilaan! Pesan sekarang, stok menipis

Datang sekarang juga! Mumpung cuci gudang


7. Pakai Istilah yang Menarik

Kalimat yang catchy serta menarik merupakan tatik pemasaran yang bisa diterapkan kapanpun dan dimanapun itu. Gunakan kalimat yang mudah diingat dan bisa menarik calon konsumrn, seperti contohnya dibawah ini.

Diproduksi dalam jumlah terbatas. Order sekarang juga

Brand ternama USA, mampu menunjang prnampilsn Anda


8. Sertakan Humor

Nyatanya humor juga efektif digunakan untuk strategi marketing. Kata-kata atau kalimat yang lucu mampu menarik perhatian lebih seseorang. 

Pakailah bermacam alternatif kata lucu yang ada, buat caption Anda mengandung sedikit humor di dalamnya.

Buruan dibeli mumpung harga masih murah!


9. Ciptakan Kepercayaan dengan Memberikan Jaminan

Dengan Anda memberikan jaminan atas produk yang Anda jual, itu akan meningkatkan kepercayaan pada calon konsumen. 

Dengan adanya garansi calon komsumen tidak perlu khawatir jika ternyata nantinya produk yang ia beli tak sesuai seperti yang diharapkan.

Pada setiap pembelian produk kami berikan garansi satu tahun.

10. Jelaskan Produk Terbaik Anda

Terdapat banyak sekali penjual online yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan promo produknya. 

Dengan tingginya tingkat kompetisi tersebut, maka penting bagi Anda untuk menekankan dimana letak perbedaan serta keunggulan antara produk dengan produk kompetitor.

Hanya disinilah Anda mendapatkan garansi uang kembali!



Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online



11. Sertakan Bonus

Konsumen selalu tertarik ketika mendengar kata bonus. Mereka akan lebih memilih untuk mendapatkan barang dengan jumlah lebih banyak dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan tetap sama. 

Itulah kenapa bonus atau free gift selalu berhasil digunakan. Contoh caption yang bisa Anda buat yaitu seperti berikut:

Segera dspatkan bonus pembelian khusus hari ini!

Setiap pembelian di atas  1 juta Anda akan mendapat bonus dompet keren.


12. Sertakan Angka

Otak kita cenderung lebih mudah menangkap kalimat promosi yang menuliskan angka dalam deskripsinya. Karena dengan begitu konsumen tidak perlu menghitung sendiri, yang mana hal itu bisa menimbulkan kebingungan.

Potongan Rp 50.000 untuk pembelian 3 item

Beli sekarang, lebih hemat Rp 100.000.

Bagaimana menulis angka di keterangan?


13. Menulis Harga di Keterangan

Membuat caption yang menarik serta mudah untuk dipahami juga dapat dilakukan dengan memuliskan berapa harga dari produk tersebut. Dengan begitu calon konsumen tidak harus repot-repot bertanya pada Anda. 

Bagi produk seperti kaos polos dengan bahan cotton kami tawarkan dengan harga sebesar Rp 150.000 saja.

Setiap pembelian 2 produk topi, kami tawarkan dengan harga khusus sebesar Rp 175.000 


14. Pakailah kata “Gratis”

Tidak hanya kata bonus yang menjadi mantra sakti dalam dunia marketing, tapi “gratis” juga tak kalah ampuh untuk Anda gunakan. 

Semua orang pastinya suka dengan kata gratis bukan? Berikut contoh kalimat untuk caption yang menggunakan kata gratis di dalamnya.

Beli 3  gratis 1, dan beli 5 gratis dua.

Minimal pembelian dengan harga Rp 10.000.000, maka kami meberikan tas cantik.


15. Ciptakan Kesan Seolah Rugi Jika Tidak Membeli

Anda  juga bisa buat kalimat bujukan halus yang menginformasikan bahwasannya penawaran saat itu hanya akan terjadi sekali saja. 

Harga ataupun produk tak akan lagi ditemukan di hari lain. Sehingga dengan begitu calon konsumen tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Hanya untuk hari ini, senin harga naik.


Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online


16. Berikan Tawaran Untuk Membeli Lebih dari Satu

Anda juga dapat membuat ccaption yang berisi bujukan pada pembeli untuk melakukan pembelian lebih dari satu. 

Seperti contohnya dengan menggunakan harga yang berbeda untuk pembelian lebih dari satu sehingga nantinya konsumen akan merasa telah melakukan penghematan.

Beli 5 Anda akan mendapat harga spesial!

Beli 2 produk kami potong harga sebesar Rp 20.000,!


17. Berikan Penawaran Harga yang Lebih Terjangkau

Caption akan lebih menarik minat calon konsen jika Anda menyebutkan dalam caption tersebut bahwa harga yang Anda tawarkan lebih murah dibanding yang lain. 

Dengan begitu pembeli akan merasa lebih diuntungkan jika membeli produk tersebut melalui Anda jika dibandingkan membeli di toko yang lain. Berikut contoh captionnya.

Produk kami memang murah, namun jangan pernah ragukan kualitasnya.

Kualitas terbaik untuk harga terbaik.


18. Manfaatkan Hashtag

Menggunakan hastag membuat produk Anda jadi mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen  yang sedang membutuhkan. 

Tambahkan hashtag di akhir postingan Anda, usahakan hastag tersebut relevan dengan jenis produk yang Anda jual. Perhatikan contoh berikut:

Untuk Anda yang berbisnis dibidang minuman

Jenis produk: #icecoffee #greentea #freshdrink #minumansegar

Lokasi dan jenis bisnis: #coffeeindonesia #jktcoffee #minumankekinianjatim


19. Rajinlah Update Diri Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis di dunia online, Anda harus selalu update dan jangan sampai kering dengan ide-ide baru. 

Anda bisa mencari info seputar brand lain. Pelajari bagaimana cara mereka dalam mendeskripsikan produk di media sosial maupun e-commerce. 

Selain itu, Anda harus aktif untuk mencari info seputar momen yang saat ini sedang happening. 

Dengan mengetahui hal tersebut Anda dapat mengadaptasinya ke dalam bentuk caption serta deskripsi produk Anda. 

Untuk dapat memasarkan produk secara efektif, Anda harus mengerti tentang dasar-dasar dalam pembuatan konten serta bagaimana membuat caption untuk online shop. Hal itu dilakukan agar penjualan Anda bisa meningkat nantinya.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan. Terimakasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat 

Post a Comment for " Teknik Membuat Caption Marketing Untuk Bisnis Online"