Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tingkatkan Value Dengan Membangun Personal Branding Lewat Instagram

 

Saat ini instagram tidak hanya sekedar dijadikan sebagai platform media sosial tempat unjuk eksistensi diri saja, melainkan juga dijadikan sebagai media untuk membangun ‘brand’ Anda dengan mengeksplor kemampuan diri. 

Anda semua pastinya sudah tahu, saat ini sedang marak bermunculan para selebgram. 

Mereka ini merupakan contoh yang tepat tentang bagaimana mengelola serta memanfaatkan instagram untuk meningkatkan nilai jual dirinya. 

Bukan hanya soal feed estetik saja, namun juga soal bagaimana memanfaatkan instagram agar memberikan pengaruh baik untuk para follower Anda. 

Keberadaan media sosial ini memberikan banyak informasi tentang bagaimana Anda dan siapa diri Anda. 

Konten apa yang sering Anda posting, memberikan gambaran pada audiens tentang orang seperti apakah Anda ini.

Oleh karena itu tidak jarang beberapa perusahaan terlebih dulu melihat profil seorang calon karyawannya di media sosial yang ia miliki. 

Hal itu bertujuan untuk menilai seperti apa kepribadian si calon karyawan sebelum akhirnya perusahaan mempekerjakan mereka.

Bagaimana cara meningkatkan value dengan personal branding lewat instagram?


Personal Branding

Personal branding merupakan cara atau teknik yang Anda lakukan dengan tujuan untuk membangun reputasi serta impresi terhadap diri sendiri dari kaca mata orang lain. 

Personal branding umumnya dilakukam oleh mereka yang memiliki usaha agar produk mereka bisa diminati. Namun tidak menutup kemungkinan juga itu dilakukan oleh personal untuk meningkatkan value diri.

Manfaat

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari personal branding ini. Baik itu manfaat bagi diri Anda sendiri maupun manfaat bagi usaha yang sedang Anda tekuni. 

Manfaat untuk diri Anda sendiri misalnya, Anda akan jadi pribadi yang lebih percaya diri sehingga Anda akan semakin sering berbagi hal positif ke orang lain. 

Selain itu, dengan membangun personal branding, koneksi Anda juga akan semakin bertambah luas terutama dengan mereka yang punya interest  sama dengan Anda. 

Koneksi-konrksi Anda tersebut nantinya bisa menjadi wadah bagi Anda untuk berbagi segala macam hal yang menjadi minat bersama. 

Selain itu juga dengan Anda memiliki banyak koneksi, maka akan semakin memperluas peluang Anda dalam hal bisnis. 

Oleh karena personal branding ini memiliki manfaat yang cukup penting bagi kehidupan Anda kedepannya, jadi sebaiknya mulai saat ini Anda bangun personal branding Anda lewat instagram. 

Untuk membuat personal branding melalui media sosial Instagram, tentunya Anda perlu tahu apa saja yang harus dilakukan, agar Anda tidak membuang-buang waktu. 

Upaya untuk memasarkan dan mempromosikan keahlian diri mungkin bisa dikatakan tidak mudah. Kegiatan ini seperti halnya saat Anda melakukan usaha pemasaran terhadap suatu produk, entah itu berupa barang atau pun jasa.

Dalam membangun personal branding, kreatifitas adalah hal yang sangatlah dibutuhkan. Namun sebelum itu, Anda terlebih dulu harus mempersiapkan strategi untuk melakukan personal branding yang tepat. 

Tingkatkan Value Dengan Membangun Personal Branding Lewat Instagram


Berikut ini kami rangkum beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mebangun personal branding lewat akun  Instagram :

Bagaimana strategi untuk membangun personal branding melalui akun  Instagram?


1. Tetapkan tujuan Anda dengan jelas 

Dalam membangun personal branding, Anda harus tahu dengan tepat apa tujuan utama Anda. Apakah disini Anda menginginkan untuk menjadi brand ambasador, menawarkan produk atau mungkin menaikkan trafic website. 

Dengan mengetahui tujuan pasti dari personal branding yang ingin Anda bangun, maka nantinya Anda akan lebih mudah dalam memplaning konten-konten apa yang sesuai dan harus diisi di instagram Anda


2. Tentukan siapa audien Anda

Anda harus menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target audien Anda. Seperti misalnya gender, usia bahkan lokasi geografisnya. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang memang sesuai dengan preferensi audien.  


3. Buat jadwal

Untuk mempercepat exposure maka Anda perlu tentukan jadwal upload konten di instagram Anda. Upload konten haruslah konsisten dan terjadwal. 

Rancanglah jadwal agar Anda bisa memposting secara teratur. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang eye-catching dan menatik untuk digunakan dalam setiap postingan yang Anda buat. 


4. Jadilah Responsif

Rutinlah dalam memantau dm atau komentar di akun instagram Anda. Jangan bersikap apatis, jadilah lebih responsif dengan segala hal yang berhubungan dengan interaksi antar pengguna. 

Lihat jenis konten yang bagaimana yang lebih disukai oleh pengikut Anda. 

Anda harus mampu berfikir selayaknya follower, kira-kira konten yang seperti apa yang ingin mereka lihat dari akun Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menentukan konten selanjutnya.

5. Konsisten

Konsistensi merupakan kunci penting untuk membangun personal branding di Instagram.  Bukan hanya Anda harus konsisten pada jadwal posting saja, melainkan Anda juga perlu konsisten dalam banyak hal lain.

Seperti membuat caption yang menarik di setiap postingan, serta isi dari konten yang Anda buat. Upayakan membuat caption yang sedikit berbeda dan unik dibanding yang lain. 

Selain itu juga, Anda perlu untuk tetap konsisten melakukan interaksi dengan para followers Anda. 

6. Hashtag atau tagar

Beberapa orang nenganggap bahwa penggunaan tagar serta hastag tidaklah penting. Tentu anggapan itu salah. Karena memang hashtag dapat membuat sebuah postingan menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain. 

Pengguna Instagram yang mana mereka menggunakan hastag yang sama, bisa saling menemukan dan berinteraksi. 

Hal itu tentu akan mampu menaikkan engagement pada akun Anda, dan tentunya juga bisa meningkatkan jumlah followers pada akhirnya nanti. 


Tingkatkan Value Dengan Membangun Personal Branding Lewat Instagram




Hingga saat ini masih banyak pengguna instagram yang menggunakan hashtag untuk mencari konten yang mereka butuhkan. 

Misalnya, saat para pengguna mencari lobster murah area Jawa Barat, maka mereka akan mencarinya dengan menggunakan hastag seperti  #lobstermurahjabar atau #juallobsterjabarmurah dan lain sebagainya.  

7. Call-to-Action 

Call to action tidak hanya dipakai dalam sebuah artikel untuk blog saja, tapi juga bisa Anda sematkan di konten Instagram. Dengan begitu akan memancing para audien untuk berinteraksi di konten Anda. 

Misalnya dengan meminta mereka untuk berpendapat di kolom komentar Anda. Selain itu, Anda juga dapat memposting konten yang engaging dan memerlukan call-to-action lainnya. 

Hal itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan fitur-fitur di Instagram seperti question box maupun polling


8. Bangun komunitas

Strategi selanjutnya dalam membuat personal branding melalui akun Instagram yaitu dengan membangun sebuah komunitas.  

Seperti yang telah Anda ketahui, Instagram termasuk media sosial yang dibangun dengan dasar komunitas. 

Oleh karena itu, Anda tidak bisa membangun personal branding Anda tanpa melakukan sosialisasi dengan akun lain. Anda bisa coba lakukan sharing mengenai banyak hal misalnya melalui Instagram Live. 

Dengan cara begitu pastinya Anda akan lebih mudah dalam membangun komunitas di Instagram.

 Membangun imej yang sesuai dengan yang Anda inginkan melalui konten-konten di Instagram memang cukup susah dan membutuhkan banyak usaha serta kerja keras. 

Jadi sebaiknya Anda harus mampu untuk selalu sabar dan konsisten agar usaha Anda dalam membangun personal branding dapat berjalan sukses.


 



Post a Comment for "Tingkatkan Value Dengan Membangun Personal Branding Lewat Instagram"