Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online


Usaha online saat ini telah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang-orang yang mulai mencari tambahan penghasilan dengan menjadi pelaku usaha maupun bisnis online. 

Bahkan tak sedikit pula yang menjadikan usaha online mereka sebagai sumber pemasukan utama. 

Oleh karena itu tak heran jika banyak kompetitor yang bermunculan setiap harinya. Hal itu dirasa sangatlah wajar, mengingat saat ini banyak sekali pengguna jaringan internet. 

Selain itu berjualan secara online dirasa lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan dimana saja. 

Media promosi yang digunakan saat berbisnis online pun tidak menuntut banyak pengeluaran anggaran.

 Oleh karena itu saat ini semakin banyak toko-toko offline yang beralih menjadi toko-toko online. Terlebih di masa saat ini, di mana pandemi covid membatasi pergerakan seseorang di luar rumah.

Untuk menghadapi kompetisi yang begitu ketat dalam bidang usaha online, maka kamu harus memiliki strategi yang tepat. Berikut kami akan ulas beberapa tips untuk meraih keuntungan puluhan juta pertamamu dari usaha online.

Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama?


1. Milikilah nama brand dan logo

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memperoleh untung puluhan juta pertama dari usaha onlinemu yaitu nama brand serta logo. 

Pastikan kamu sudah memiliki logo dan nama brand/toko. Nama brand serta logo akan menggambarkan ciri khas serta identitas dari toko online milikmu. 

Buatlah logo yang cukup menarik, tak perlu rumit yang penting sudah cukup mewakili visi dan misi toko onlinemu. 

Serta pilihlah nama brand yang mudah untuk diingat. Karena dengan nama brand yang mudah diingat akan membuatnya mudah untuk dikenal luas oleh masyarakat. 

Dengan kamu menetapkan nama brand serta logo, itu akan menentukan identitas dari usaha online milikmu yang membedakannya dengan usaha-usaha online yang lain. 

Hal itu juga berdampak pada konsumen yang lebih mudah dalam membandingkan keunggulan antara produkmu dengan produk yang lain. 


2. Pelajari jenis barang dan segmen customer

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mempelajari jenis barang serta segmen dari para konsumenmu. 

Saat kamu telah menentukan segmen konsumen, baik dari segi minat maupun dari segi umur, maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan pemasaran produk secara lebih efisien dan efektif. 

Segmentasi juga berfungsi dalam membantu memberi pelayanan pada konsumen kamu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan penawaran maupun promosi yang tepat sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan. 

Tanpa adanya segmentasi yang tepat akan membuat usaha onlinemu berjalan tanpa arah. Dan tentunya hal tersebut akan membuat penjualan yang tidak maksimal.


Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online


3. Perhatikan komposisi konten

Sebagai pengusaha dibidang online maka tentunya kamu perlu membuat konten-konten yang berkualitas di toko online milikmu. 

Umumnya para pelaku usaha online lebih berfokus untuk membuat konten yang isinya hanya tentang menjual produknya saja atau mungkin deskripsi dari produk yang tengah ia jual. 

Hal itu wajar dilakukan karena memang tujuannya untuk jualan. Tapi sayangnya dengan cara itu kamu hanya memiliki keywoard yang terbatas pada produkmu saja. 

Oleh karena itu cobalah mulai saat ini atur komposisi konten yang kamu buat, seperti misalnya 70% bagian membahas mengenai produk jualan, 20% menganai tips dan saran serta 10% content yang mengandung humor atau ajakan interaksi dengan customer. 

Dengan membuat komposisi konten seperti itu tentunya kamu akan bisa mencari pembaca maupun penonton yang lebih banyak lagi. Sehingga dengan begitu pangsa pasarmu semakin luas.


4. Fast respon

Saat kamu membuat suatu postingan di toko online dan seseorang memberikan komentar pada postingan tersebut, maka sebagai penjual kamu harus memberikan respon yang cepat atas komentar tersebut. Terlebih untuk komentar yang isinya menanyakan tentang produk yang tengah kamu posting tersebut. 

Respon yang cepat dari seorang penjual akan memberikan kesan yang baik bagi calon konsumen. Jangan lupa untuk memberikan like pada setiap komentar yang diberikan pada postinganmu. Itu akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan komentar yang mereka berikan.

Usaha toko online mu akan terlihat lebih profesional saat kamu memberikan respon yang cepat pada seorang pelanggan ataupun customer. Kemungkinan repeat order costomer akan semakin meningkat ketika servis yang mereka dapat sangat baik. 

Dan tentunya hal tersebut akan semakin memperbesar peluang terjadinya penjualan pada produkmu. Performa dari sebuah pelayanan juga menjadi bahan pertimbangan bagi seorang customer saat memutuskan untuk membeli suatu produk. 

Dengan begitu otomatis saat kamu memberikan fast respon kamu juga dapat menjaring customer-customer baru bagi usaha onlinemu.


Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online


Seberapa Penting Menjalin Komunikasi dengan Para Konsumen?


1. Jalin komunikasi dengan konsumen

Untuk membuat seorang konsumen kembali membeli produk di toko onlinemu atau mungkin untuk menjadikan mereka pelanggan setia, maka yang perlu kamu lakukan adalah menjaga komunikasi dengan mereka. Sikap cuek dan apatis hanya akan membuat konsumenmu menghilang satu persatu. 

Oleh karena itulah mulai sekarang kamu perlu menjadi lebih perhatian pada follower toko onlinemu. Cobalah sekali-kali kamu kunjungi akun dari konsumen, berikan like serta komen yang positif di setiap postingan yang mereka buat. 

Semua pengguna sosial akan merasa senang saat postingan mereka mendapatkan like serta komentar yang positif dan bersifat pujian. 

Dengan melakukan hal tersebut kamu telah membangun komunikasi serta hubungan yang baik dengan para konsumen. 

Hal itu berpotensi untuk membuat mereka menjadi pelanggan setia di toko onlinemu nantinya. Terlebih untuk mereka yang telah menjadi pelanggan setiamu, maka menjalin komunikasi adalah suatu hal yang perlu untuk kamu dilakukan. 

Karena dengan begitu akan semakin membuat mereka loyal terhadap produk-produk toko onlinemu. Dan tidak menutup kemungkinan nantinya mereka akan merekomendasikan toko onlinemu kepada sanak saudara serta teman-teman dekatnya.


2. Adakan Give Away

Agar banyak calon customer berkunjung ke akun toko online milikmu maka sesekali kamu perlu mengadakan giveaway. Pemberian giveaway selalu terbukti mampu untuk memancing para pengguna media sosial agar datang merapat. 

Kamu bisa berikan syarat dan ketentuan seperti like, comment, follow maupun share ke beberapa orang teman agar toko onlinemu makin banyak diketahui oleh para pengguna media sosial yang lain. Namun upayakan syarat dan ketentuan yang kamu lakukan tidak memberatkan calon-calon customermu. 

Sehingga dengan begitu akan banyak yang mengikuti acara giveaway yang tengah kamu adakan tersebut. 

Dengan memberikan giveaway kamu akan menjaring calon konsumen yang potensial. Selain itu giveaway juga dirasa lebih hemat daripada jika harus melakukan promosi seperti membuat baliho yang dipasang di jalan. 

Tentunya melakukan promo dengan teknik seperti itu akan membuang banyak dana serta anggaranmu. Saat mengadakan giveaway sesuaikan nilai hadiah yang nantinya akan kamu berikan pada para audience. 

Tak perlu memberikan hadiah yang terlampau mahal cukup berikan hadiah yang terjangkau namun dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga akan semakin banyak pula yang tertarik untuk mengikuti giveaway yang kamu adakan tersebut.


3. Lakukan live streaming

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan puluhan juta pertama dari usaha online yaitu mengadakan live streaming. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan melakukan live streaming. 

Oleh karena itulah maka disarankan bagi kamu sering-sering adakan live untuk sekedar menyapa sekaligus mengenalkan satu produk dengan detail sehingga memungkinkan palanggan bertanya secara langusung. Yang perlu kamu ingat yaitu fokuslah hanya pada satu produk yang sudah kamu targetkan sebelumnya.

Dengan melakukan live streaming kamu dapat berinteraksi secara langsung dan real Time dengan para konsumen serta calon konsumen. Selain itu mereka akan merasa dirinya menjadi bagian dari brand milikmu. 

Para audien juga bisa memberikan pertanyaan terkait produk, masukkan atau pun kritik secara langsung saat kamu melakukan live streaming tersebut. Saat ini mungkin masih belum banyak brand-brand yang menggunakan live streaming sebagai media promosi. 

Mungkin masih terkendala oleh waktu atau mungkin beberapa masih belum mengetahui bahwa cara ini terbilang efektif dalam meningkatkan penjualan. Oleh karena itu kamu bisa mengoptimalkan penjualanmu dengan melakukan live streaming. 

Saat melakukan livestreaming tersebut, usahakan bahasa yang kamu gunakan cukup komunikatif sehingga dapat dimengerti oleh para audien. Hindari kesan terlalu formal karena kebanyakan audien akan bosan saat mendengarkannya. 

Jika kamu termasuk orang yang cukup humoris maka itu adalah poin plus, karena kamu bisa menjadikan humor-humor yang nantinya akan membuat audiens betah untuk terus menyaksikan live streaming yang kamu lakukan.

Cara ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, kamu hanya cukup menggunakan smartphone dengan koneksi internet yang stabil. Jangan lupa untuk membuka sesi tanya jawab di setiap live streaming yang kamu adakan. 

Hal ini bertujuan agar audiens yang masih bingung atau membutuhkan informasi lebih mengenai produk dapat segera mengetahui jawabannya langsung dari kamu sebagai penjual produk.


Apakah Perlukah Menggunakan Jasa Fotografer Maupun Videografer?


Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online



Libatkan jasa untuk usaha online yang lebih profesional

Jangan pelit untuk menggunakan jasa seorang admin untuk mengelola usaha onlinemu. Dengan kamu memiliki seorang admin yang memang memiliki tugas khusus sebagai pengelola usaha online milikmu, maka di sini usahamu tersebut akan tampak lebih profesional serta akan lebih maksimal.

Gunakan juga jasa seorang fotografer yang telah berpengalaman dibidangnya agar kamu bisa memiliki foto-foto produk yang tampak menarik dan bisa memancing para calon konsumen untuk membelinya. Selain menggunakan fotografer kamu juga bisa memanfaatkan jasa seorang videografer. 

Mereka yang telah berpengalaman di bidangnya tentu dapat membuat sebuah konten yang menarik untuk kamu posting di toko online milikmu. 

Foto serta video dari produk yang terkesan profesional akan menambah tingkat kepercayaan dari calon konsumen. Sehingga pada akhirnya hal itu akan meningkatkan Citra dari brand usaha online milikmu. 

Saat ini telah banyak jasa fotografer maupun videografer yang bisa kamu pakai. Kamu tinggal lihat bagaimana track record mereka. Caranya yaitu dengan melihat dokumentasi dari hasil-hasil yang telah mereka lakukan selama ini. 

Jika kamu memiliki konsep sendiri maka jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan fotografer maupun videografer tersebut sehingga nantinya mereka dapat membantu untuk menyempurnakan konsep tersebut. 

Tapi jika kamu memiliki skill dalam bidang fotografi maupun di videografi, maka itu adalah poin plus. Kamu hanya tinggal memperdalam skill tersebut sehingga tidak perlu terus-terusan menggunakan jasa dari seorang fotografer maupun videografer jika nyatanya kamu sendiri mampu untuk membuatnya dengan sama bagus atau bahkan lebih bagus lagi.


Membuat jadwal postingan

Membuat jadwal postingan ini juga penting untuk kamu lakukan, sehingga dengan begitu kamu dapat mempersiapkan sebelumnya tentang konten apa yang nantinya akan kamu posting. Kamu bisa buat postingan 3 hari sekali atau 2 hari sekali, tergantung seberapa padatnya aktivitasmu. 

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat postingan setiap hari atau bahkan setiap jam, jika kamu memang tidak memiliki cukup waktu untuk itu. 

Karena ditakutkan hal tersebut hanya akan membuat postingan-postingan yang kamu buat terkesan kurang menarik dan tidak terkonsep secara rapi. 

Itulah kenapa kamu harus membuat postingan secara rapi dengan komposisi yang teratur seperti yang telah dijelaskan di poin atas. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur story secara maksimal untuk memperkenalkan produkmu. 

Namun ingat jangan terlalu banyak membuat story karena itu hanya akan membuat calon konsumen bosan untuk melihatnya. 

Kamu bisa membuat postingan-postingan tentang sesuatu yang tengah viral terjadi dan pandai-pandailah mencari celah untuk mengaitkan kejadian tersebut dengan produk yang kamu tawarkan. 


Tentukan jam operasional

Selanjutnya yaitu kamu harus menentukan jam operasional agar bisa memaksimalkan kinerjamu. Tanpa jam operasional yang teratur kamu hanya akan membuat kinerja usaha onlinemu jadi berantakan. Selain itu para konsumen juga akan dibuat bingung oleh jam operasionalmu yang tidak menentu tersebut. 

Dengan menentukan jam operasional kamu juga akan memiliki waktu istirahat yang cukup. Tanpa istirahat yang cukup itu hanya akan membuat kesehatanmu menjadi terganggu yang pada akhirnya akan berdampak pada kinerjamu dalam menjalankan usaha online tersebut. 

Tetapkan waktu yang tepat seperti misalnya dibuka mulai pukul 9 pagi dan tutup pada jam 5 sore. Beberapa toko online memberlakukan buka 24 jam. Hal tersebut memang tidak ada salahnya untuk dilakukan, namun pastikan kamu memiliki cukup tenaga bantu untuk menerapkan hal tersebut.


Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online 2


Jika punya modal lebih, gunakan jasa admin

Menggunakan jasa admin khusus untuk medsos bisnis kamu tentu bisa dipertimbangkan terlebih dalam hal past respon dan sebagainya, sehingga kamu bisa mengurusi hal lainnya seperti menyusun strategi baru, pola baru, serta meriset persaingan bisnis dan sebagainya.

Tentunya kembali lagi sebarapa butuh dan seberapa kuat modal yang dimiliki dengan mempertimbangkan keuntungan bulanan, harus punya perhitungan matang agar tidak rugi nantinya.

Memilih admin khusus pun tidak boleh sembarangan, harus yang betul-betul bisa kamu percaya sebab semua akun bisnis kamu akan dikelola dengan leluasa oleh si  admin yang besar kemungkinan bisa saja merubah pasword dan sebagainya.

kemudian pilihlah yang memang familiar dengan mediasosial bukan yang baru belajar, terus yang punya ide kreatif terutama dalam membuat caption-caption menarik yang tidak kaku tentunya.

admin kreatif tentu bisa jadi rekan bertukar fikiran bukan malah menunggu intruksi saja.


Jangan lupa berbersedekah

Jangan hanya fokus untuk mencari uang saja, kamu juga perlu menyisihkan beberapa penghasilanmu untuk bersedekah. Kamu bisa sisihkan berapa persen untuk kegiatan sosial. Seperti contohnya bersedekah pada yatim piatu ataupun pada korban-korban bencana alam. 

Selain kamu mendapatkan pahala, produkmu juga akan semakin dikenal oleh banyak masyarakat. Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa meningkatkan citra dari toko onlinemu di mata para konsumen. 

Hal ini merupakan salah satu strategi marketing yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memperkenalkan produk mereka pada khalayak umum. Tak perlu risaukan perkataan miring mengenai pencitraan ataupun sebagainya. Cukup niatkan dalam hati bahwa kamu benar-benar ingin membantu dan bersedekah.

Itu adalah beberapa strategi untuk memperoleh untung puluhan juta pertama dari usaha onlinemu. Usaha online memang cenderung mudah untuk dilakukan, namun tanpa strategi yang tepat maka kamu hanya akan kalah dalam persaingan dengan usaha-usaha online yang lain. 

Perlu dilakukan strategi khusus agar bisa meraup keuntungan yang besar. Kebanyakan usaha-usaha online yang telah sukses sekarang menerapkan hal-hal tersebut sehingga membuat penjualan mereka dari waktu ke waktu terus meningkat.

 


Post a Comment for " Tips untuk Meraih Untung Puluhan Juta Pertama dari Usaha Online"