Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Tepat dan Terbaik dalam Mengatasi Persaingan Harga


Dalam dunia bisnis kita memang tidak bisa lari dalam kompetisi yang terjadi. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang pelaku bisnis agar dapat menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Salah satu yang cukup umum dilakukan yaitu dengan melakukan persaingan bisnis melalui harga. 

Tak aneh jika Anda melihat banyak sekali persaingan harga yang terjadi dalam dunia bisnis saat ini. Saat kompetitor satu menurunkan harga, maka hal itu akan memancing kompetitor lain yang juga akan ikut menurunkan harga. 

Bahkan jauh lebih murah dari kompetitor yang satu. Hal ini berangkat dari anggapan bahwasannya sebuah kompetisi dapat dimenangkan jika harga yang dikeluarkan atau dibandrol semakin murah dibanding yang lain. Jika terus dibiarkan perang harga ini nantinya akan berdampak buruk pada perkembangan suatu bisnis.

Apa Saja Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Persaingan Harga?


Mengatasi persaingan harga ini tentunya merupakan bentuk tantangan tersendiri bagi seorang pelaku bisnis atau usaha. Bagi Anda yang termasuk pelaku usaha dan tengah mengalami situasi ini, berikut kami akan berikan ulasan cara terbaik apa saja yang bisa Anda lakukan dalam menyikapi persaingan harga tersebut.


1. Inovasi produk Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat inovasi terhadap produk Anda. Hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi perang harga yang tengah terjadi. 

Banyak inovasi yang dapat Anda berikan pada produk-produk Anda tersebut. Dalam memberikan inovasi ini tentunya Anda perlu sedikit lebih kreatif. 

Inovasi terhadap produk bisa Anda lakukan dengan membuat kemasan jadi lebih menarik atau dalam istilah saat ini eye chatcing. Anda juga bisa melakukan hal-hal lain seperti jika produk Anda berupa produk makanan, maka yang bisa Anda lakukan adalah menambah varian rasa dari produk Anda tersebut. 

Tentunya hal itu akan semakin membuat konsumen memiliki banyak pilihan terhadap varian rasanya.


7 Cara Tepat dan Terbaik dalam Mengatasi Persaingan Harga


2. Jaga hubungan dengan customer

Salah satu hal yang membuat pelanggan betah untuk terus membeli produk Anda yaitu layanan yang Anda berikan. Layanan tersebut tidak hanya saat para customer melakukan transaksi dengan Anda, namun juga Anda perlu menjaga hubungan baik dengan customer diluar jam kerja. 

Hubungan yang semakin dekat dengan customer tentunya akan membuat mereka lebih loyal terhadap Anda. Oleh karena itu, di sini ada perlu menyimpan database dari customer Anda tersebut. 

Jika Anda memiliki laman website untuk usaha Anda tersebut, maka Anda tinggal meminta para pelanggan-pelanggan Anda untuk mendaftar di website Anda. Dengan mereka mendaftar otomatis mereka akan mengisi data diri seperti tempat tanggal lahir mereka, nomor handphone serta alamat. 

Jika Anda telah memiliki data-data tersebut, maka Anda bisa menumbuhkan loyalitas mereka dengan menjaga hubungan Anda dengan customer. 

Caranya Anda bisa mengirimkan hal-hal ringan seperti ucapan selamat ulang tahun saat para customer ulang tahun. 

Agar terlihat lebih tulus, Anda bisa kirimkan mereka hadiah kecil saat ulang tahun mereka atau mungkin saat lebaran. Usshakan pengiriman hadiah langsung ke alamat rumah mereka.


3. Tingkatkan value

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi persaingan harga yaitu dengan meningkatkan value produk maupun perusahaan Anda. 

Meningkatkan value ini dapat Anda lakukan seperti menambahkan promo ataupun bonus, pemberian garansi, pengiriman barang yang cepat dan lain-lain. 

Dengan melakukan hal itu tentunya Anda tidak perlu ikut menurunkan harga produk Anda seperti halnya para kompetitor lain yang banting-bantingan harga agar produk mereka laku. 

Terkadang beberapa customer rela membayar lebih untuk mendapatkan hal-hal berupa value yang telah disebut di atas. Memberikan value akan membuat para customer seolah mendapatkan sesuatu lebih dari harga yang telah mereka bayarkan.


4. Buat produk baru

Untuk membuat produk baru, tentunya Anda perlu melakukan riset terhadap pasar. Anda perlu lihat apa yang dibutuhkan saat ini oleh para masyarakat. Setelah itu Anda bisa membuat produk yang merupakan solusi dari kebutuhan masyarakat tersebut. 

Menciptakan produk baru bukan berarti Anda harus berganti jenis bisnis. Anda disini hanya sedikit berkreasi terhadap produk-produk yang Anda hasilkan. Dengan membuat produk baru tersebut Anda bisa tetap menjaga kesehatan cash flow perusahaan Anda. 

Hal ini tentunya untuk menjaga perusahaan Anda tetap berjalan dan mampu untuk terus stabil, meski tengah terjadi perang harga yang bisa saja mengancam kesehatan bisnis Anda.

Bagaimana Pilih Lokasi yang Tepat?


7 Cara Tepat dan Terbaik dalam Mengatasi Persaingan Harga


5. Pilih lokasi yang tepat

Memilih lokasi untuk membuka usaha sangatlah penting. Jika Anda memilih suatu tempat di mana di sana terdapat sekali banyak pesaing, maka jangan heran jika Anda akan sering menemui perang harga.

 Oleh karena itu Anda perlu untuk mencari lokasi potensial lain dimana di sana terdapat sedikit pesaing. 

Jika Anda sudah terlanjur buka usaha di suatu tempat, Anda juga bisa membuka cabang di daerah lain yang lebih minim kompetitor. 

Jika bidang usaha Anda ini dilakukan secara online, maka yang perlu Anda lakukan yaitu membuat laman website khusus toko online Anda sendiri. 

Buatlah website yang profesional agar brand Anda bisa lebih terlihat meyakinkan di mata para customer. Jangan hanya mengandalkan marketplace karena disana telah banyak sekali kompetitor.


6. Lakukan analisis SWOT pada bisnis Anda

Cara selanjutnya yaitu Anda lakukan analisis SWOT pada bisnis Anda. Dengan melakukan analisis tersebut tentunya Anda akan dapat mengetahui apa saja keunggulan produk Anda, kelemahan, peluang serta ancaman.

Analisis ini sangatlah penting karena dengan begitu Anda dapat mengetahui potensi yang dimiliki usaha Anda, sehingga akan lebih mudah lagi dalam mengembangkan serta memaksimalkan strategi. 

Anda bisa terapkan strategi pemasaran yang berbeda dan cukup inovatif, sehingga Anda dapat terhindar dari perang harga yang tengah terjadi. 

Jangan terseret arus perang harga karena hal itu hanya akan menjadi senjata makan tuan pada akhirnya nanti. Terlebih untuk bidang usaha atau bisnis yang masih berskala kecil. Karena hal itu hanya akan merugikan bisnis Anda jika dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang.


7 Cara Tepat dan Terbaik dalam Mengatasi Persaingan Harga


7. Berikan harga yang sesuai

Masyarakat Indonesia saat ini telah menjadi konsumen yang cerdas. Otomatis para konsumen tersebut tidak hanya memburu harga murah saja, melainkan juga kualitas yang ditawarkan oleh produk tersebut. 

Saat seseorang membanting harga suatu produk, hal itu hanya akan membuat para konsumen berpikir bahwa produk yang dijualnya tidaklah berkualitas sehingga berani memberikan harga yang murah. 

Oleh karena itulah disini Anda perlu memberikan harga yang memang sesuai dengan kualitas dari barang yang Anda jual. 

Anda tidak perlu ikut menurunkan harga agar produk Anda laku di pasaran. Seperti poin yang telah disebut di atas Anda cukup memberikan pelayanan ekstra pada para customer.

Itulah tadi 7 cara untuk mengatasi atau menyikapi persaingan harga yang tengah terjadi. Lakukan 7 cara tersebut agar bisnis Anda tetap bertahan dalam persaingan pasar. 

 

Post a Comment for "7 Cara Tepat dan Terbaik dalam Mengatasi Persaingan Harga"