Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube 2021


Saat ini siapa yang tidak tahu dengan aplikasi YouTube. Bahkan hampir semua orang di dunia ini jika tidak berlebihan boleh dikatakan bahwa mereka pernah menggunakan aplikasi tersebut. 

Menurut data yang tercatat didapat fakta bahwa pengguna YouTube dalam setiap bulannya mencapai hampir dua miliar orang.

Sedangkan untuk durasi video yang diupload di YouTube untuk setiap detiknya mencapai 500 jam. Ini menandakan bahwasannya YouTube merupakan aplikasi yang sangat digemari oleh mayoritas orang di dunia. 

Tak hanya berperan sebagai penonton saja, beberapa orang bahkan sering membuat konten video di aplikasi YouTube ini.

Namun apakah Anda tahu bagaimana cara mudah menghasilkan uang dari YouTube? Mungkin Anda sudah tahu mengenai YouTube yang bisa menghasilkan uang untuk para content creatornya, karena saat ini memang sering muncul berita yang meliput dan membahas soal berapa besar pemasukan para youtuber. 

Oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba membuat channel di youtube untuk menghasilkan uang. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara-cara agar Anda dapat menghasilkan uang melalui aplikasi YouTube 2021.

Bagaimana cara mudah untuk menghasilkan uang dari YouTube?


Tentunya hal pertama yang perlu Anda lakukan agar dapat menghasilkan uang di YouTube yaitu Anda harus sudah memiliki channel. 

Beberapa mungkin berpendapat bahwa membangun dan membuat channel saat ini sudah sangat terlambat, alasannya yaitu karena sudah terlalu banyak kompetitor. 

Namun sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk Anda membuat channel selama pengguna YouTube di dunia masih membludak. 

Masih terbuka peluang besar untuk Anda bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini.

Penghasilan yang bisa didapat dari YouTube tidak main-main jumlahnya, bisa mencapai angka miliaran rupiah, pun juga Anda tidak memerlukan usaha yang terlalu rumit. 

Oleh karena itu segeralah membuat channel mulai sekarang juga. Isi channel Anda dengan konten-konten yang memang Anda kuasai. 

Misalnya Anda ingin membuat konten vlog, maka buatlah konten tersebut semenarik mungkin dan usahakan berbeda dari channel-channel yang lain, hal itu bertujuan untuk menarik para viewer datang ke channel Anda dan mulai berlangganan di channel Anda. Berikut adalah langkah-langkah atau cara untuk mendapatkan uang dan penghasilan dari YouTube.


1. Aktifkan Monetisasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengaktifkan fitur monetisasi. Channel Anda harus berhasil di monetisasi agar Anda bisa mendapatkan penghasilan dari video-video yang Anda buat. Cara untuk mengaktifkan fitur monetisasi pada channel Anda yaitu sebagai berikut:

Pertama Anda buka akun YouTube Anda, setelah itu Anda pergi ke opsi informasi akun yang berada di bagian kanan sebelah atas, setelah itu Anda pilih creator studio.

Selanjutnya di menu sebelah kiri, Anda pilih channel, lalu Status and Features, kumudian klik Enable Monetization.

Berikutnya akan muncul perizinan, Anda pilih setujui perizinan tersebut.


2. Berpartner dengan Youtube

Dengan Anda menjadi partner YouTube Anda dapat mengakses fitur fitur spesial yang disediakan oleh YouTube yang tidak akan bisa diperoleh oleh channel yang tidak berpartner dengan aplikasi tersebut.

 Menjadi partner YouTube memang bukan syarat wajib untuk dapat menghasilkan uang di aplikasi ini.

Namun dengan Anda memutuskan untuk menjadi partner YouTube, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur lain yang ada di Youtube. 

Sehingga hal tersebut bisa memperbesar pendapatan yang nantinya akan ada dapat. Oleh karena itu segeralah berpartner dengan YouTube untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih. 


Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube 2021


3. Mendaftar AdSense

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar dapat menghasilkan uang di aplikasi YouTube melalui channel Anda yaitu mendaftar AdSense. Ada syarat yang harus Anda penuhi untuk diterima adsense Anda. 

Syarat tersebut antara lain yaitu channel Anda harus setidaknya memiliki subscriber berjumlah 1000 dan video-video di dalam channel Anda setidaknya telah memiliki 4.000 jam tayang dalam waktu 1 tahun terakhir. Setelah syarat-syarat tersebut Anda penuhi maka adsense Anda akan diterima. 

Untuk selanjutnya setiap Anda mengupload video dan ada seorang yang menonton video Anda setidaknya dalam waktu 30 detik, maka hal itu akan dikonversikan ke AdSense. 

Yang perlu Anda perhatikan yaitu akses hanya menggunakan satu akun dengan satu nama penerima saja. 

Monetisasi akan dihentikan oleh pihak YouTube jika terdapat duplikat akun adsense. Mengenai masalah pendapatan YouTube dari adsense ini dikenal dengan istilah CPM yang merupakan kepanjangan dari cos per milles. CPM tiap negara berbeda-beda. 

Beberapa negara memiliki nilai CPM yang sangat tinggi, namun beberapa yang lain seperti contohnya di Indonesia nilai CPM nya masih tergolong rendah. CBM ini merupakan penghasilan yang nantinya akan didapat para youtuber untuk setiap kelipatan 1000 tayangan di masing-masing video Anda. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi jumlah tayangan video Anda maka tentunya penghasilan yang akan Anda dapat juga semakin besar. 

4. Jual Merchandise

Penghasilan yang lain yang bisa Anda dapatkan selain mengandalkan adsense YouTube yaitu dengan menjual merchandise. Terutama bagi Anda yang memiliki situs e-commerce maka Anda dapat mengaitkan link situs tersebut di video YouTube.

Sehingga nantinya para penonton video Anda yang tertarik bisa menuju link tersebut untuk melihat merchandise yang Anda tawarkan. 

Fitur merchandise membuat Anda sebagai pemilik channel dapat menjual aksesoris Anda sendiri yang ditargetkan kepada para subscriber yang sangat fanatik terhadap channel Anda tersebut. 

Namun sebelum itu pastikan bahwa situs e-commerce yang Anda kaitkan di video, masuk dalam salah satu daftar dari situs-situs yang diperbolehkan oleh YouTube Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda lalui sebelum Anda dapat mengakses rak merchandise. Syarat-syarat tersebut antara lain yaitu: 

Telah menjadi partner dari YouTube

Memiliki jumlah subscriber minimal minimal 10.000 subscriber

Anda telah berusia minimal 18 tahun

Yang perlu diketahui adalah kartu merchandise tersebut hanya bisa anda aplikasikan pada video-video yang bukan ditargetkan bagi penonton anak-anak.

Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fitur mercendais ini, maka yang perlu Anda lakukan yaitu menuju ke pengaturan monetisasi, selanjutnya Anda pilih mercendais. Jika channel Anda telah memenuhi kriteria maka tentunya opsi tersebut akan tersedia di channel Anda.

Oleh karena itu Anda bisa membuat situs e-commerce mulai saat ini agar Anda dapat memaksimalkan pendapatan Anda dari aplikasi YouTube. 

Dan lagi dengan adanya merchandise akan membuat subscriber yang merupakan pengikut setia Anda akan senang karena merasa ikut memiliki channel saat mereka membeli merchandise yang Anda tawarkan.

Apa keuntungan dari channel membership?


Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube 2021


5. Memberships

Saat Anda telah memiliki banyak sekali subscriber dan pengikut setia, serta Anda merasa bahwa video-video yang Anda buat memang merupakan konten yang sangat berkualitas, maka Anda bisa menerapkan biaya pada para audiens yang ingin berlangganan ataupun subscribe. 

Namun yang perlu Anda ketahui strategi yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh seorang YouTubers yang channel-nya telah memiliki banyak jumlah pengikut atau subscriber. Berikut beberapa syarat agar Anda bisa mengakses fitur channel membership:

Channel Anda memiliki lebih dari 30.000 subscriber atau pengikut. Jika channel Anda berupa gaming maka jumlah subscriber harus melebihi 1000.

Anda sebagai pemilik channel harus telah berusia 18 tahun keatas.

Channel yang Anda buat tidak dikhususkan untuk penonton anak-anak.

Channel harus sudah berpartner dengan YouTube.

Channel tidak mengandung video-video yang didalamnya terdapat klaim musik atau copyright

Anda berlokasi di negara yang memang menyediakan layanan channel membership ini.

Jika Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka di dalam halaman admin Anda akan terdapat opsi keanggotaan atau membership.

Hal-hal yang tercakup dalam membership ini seperti obrolan langsung, lencana, emoji serta hal-hal lain yang bermanfaat bagi subscriber Anda.

Buatlah konten yang berkualitas agar Anda memiliki pengikut yang setia. Dengan memanfaatkan fitur channel membership ini memungkinkan bagi Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda sehingga tidak hanya mengandalkan dari CPM saja.


6. Endorse

Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari YouTube yaitu dengan endorse. Saat channel Anda telah memiliki subscriber yang loyal dan berjumlah banyak, maka Anda perlu memanfaatkannya untuk melakukan endorse di konten-konten yang Anda buat. 

Dengan melakukan endorse ini tentunya Anda akan mendapatkan bayaran langsung dari para pengguna jasa Anda.  Cara yang satu ini memang terasa sedikit berbeda jika dibandingkan dengan cara menghasilkan uang yang telah dibahas di atas.

Karena memang cara ini tidak melibatkan YouTube. Jadi Anda melakukan transaksi tersebut secara langsung dengan pihak yang menginginkan agar produknya ditawarkan oleh Anda melalui video-video yang Anda buat dan Anda upload di youtube channel Anda. 

Namun meskipun hal tersebut berada di luar kendali YouTube atau tidak melibatkan YouTube, Anda tetap harus mematuhi kebijakan dari YouTube. 

Salah satunya yaitu dengan memberikan label promosi berbayar pada video ataupun konten yang di dalamnya Anda melakukan endorse atau menawarkan produk kepada para penonton Anda. 

Jika channel Anda telah memiliki banyak subscriber yang sangat setia dan loyal menonton setiap konten yang Anda buat, maka tentunya hal tersebut akan menarik perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan jasa Anda dalam mempromosikan produk mereka melalui konten Anda tersebut. 

Penghasilan yang bisa Anda dapat dari endorse ini bahkan bisa melebihi penghasilan yang Anda dapat dari AdSense. Oleh karena itu perbaikilah kualitas konten agar Anda memiliki jumlah pengikut setia yang semakin banyak, sehingga akan banyak juga perusahaan yang mulai lirik channel Anda.


7. Mempromosikan produk sendiri

Ini hanya dikhususkan bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis dalam bidang penjualan produk ataupun jasa. Jika Anda termasuk salah satu pelaku bisnis maka Anda bisa sekalian menawarkan produk Anda tersebut melalui konten yang Anda buat. 

Dari sekian banyak penonton video Anda tentunya akan ada beberapa yang tertarik untuk membeli produk Anda tersebut. Tidak ada persyaratan seperti halnya pada fitur merchandise. Anda hanya cukup melakukan promosi di sela-sela video yang Anda buat. 

Namun sebelum Anda menawarkan produk, pastikan lebih dulu bahwa acara promosi yang ditampilkan di video tersebut hanya beberapa persen dari isi video saja. Semisal Anda membuat video dalam durasi 30 menit, maka selipkan promosi untuk produk Anda itu maksimal 2 menit. 

Hal tersebut bertujuan agar para penonton konten Anda tidak bosan. Lebih bagus lagi jika Anda mengaitkan isi konten Anda dengan produk yang Anda tawarkan, yaitu dengan membuat tema yang sejalan dan masih berhubungan.


8. Akses Premium Revenue 

Cara berikutnya yaitu dengan mengakses YouTube premium revenue. Ini merupakan opsi berlangganan yang tersedia di YouTube dan merupakan salah satu program membership yang berbayar bagi semua pengguna aplikasi YouTube. Biaya yang harus dibayarkan kirang lebih Rp 200.000 dalam satu bulan. Dengan menggunakan itu maka akan mendapatkan fasilitas antara lain sebagai berikut: 

Dapat pengunduh video dan menontonnya nanti.

Menonton video-video YouTube tanpa iklan satupun yang muncul.

Dapat memutar video bahkan sekalipun Anda sedang membuka aplikasi lain di gadget Anda.

Apa Manfaat yang Didapat dari Progam Afiliasi?


Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube 2021


9. Program Affiliate

Yang dapat Anda lakukan selanjutnya untuk menghasilkan uang di aplikasi YouTube yaitu dengan melakukan program affiliate. Metode ini memang sekilas mirip dengan pemasaran influencer. Yang membedakan adalah pada kompensasinya. 

Jika dalam metode pemasaran influencer Anda akan mendapatkan bayaran dengan jumlah tetap untuk setiap apa yang disponsori, tidak peduli jumlah tayangan sedikit atau banyak maka nominal uang yang akan Anda dapatkan sebagai uang pembayaran tetaplah sama besar. 

Maka berbeda dari program afiliasi ini. Program afiliasi lebih dititikberatkan pada hasil. Misalkan Anda membuat konten dan dalam konten tersebut Anda mengarahkan pemirsa untuk mendaftar di salah satu e-commerce melalui link deskripsi yang telah Anda berikan.

Maka semakin banyak pemirsa yang menggunakan link Anda untuk mendaftar di e-commerce tersebut, tentunya Anda juga akan mendapatkan bayaran yang juga semakin besar. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan uang lebih dari konten yang Anda buat tersebut. 

Karena jika ternyata video Anda ditonton oleh banyak orang dan mereka sebagian besar mendaftar menggunakan link deskripsi Anda itu, otomatis Anda akan mendapatkan banyak penghasilan dari sana.


10. Super Sticker dan Chat

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan super stiker dan super chat. Ini adalah cara terbaik yang dapat Anda terapkan untuk video live streaming Anda. Dengan membeli fitur tersebut para penonton dapat menonjol saat sesi live streaming yang Anda lakukan. 

Para pengguna yang telah membeli fitur Super chat dan super stiker akan membuat feed mereka berwarna. 

Selain itu juga profil mereka akan berada di urutan teratas. Urutan tersebut akan selalu berubah, jadi tergantung dari berapa banyak mereka bayar sehingga akan membuat stiker berada di bagian paling atas dari obrolan.

Banyak para pengguna memanfaatkan fitur ini sebagai alat untuk mempromosikan produk ataupun channel mereka. Ada beberapa persyaratan yang tentunya harus Anda penuhi agar bisa mengaktifkan obrolan super serta stiker super ini. Beberapa syarat-syarat yang harus Anda penuhi tersebut antara lain yaitu:


Channel Anda sudah termonetisasi sebelumnya.

Anda telah berusia setidaknya 18 tahun.

Channel Anda harus telah memiliki subscriber dengan jumlah minimal 1000.

Video atau konten yang Anda buat tidak dikhususkan untuk penonton anak-anak. Serta video tersebut dipublikasikan bukan untuk pribadi.


11. Lisensi Konten

Cara yang terakhir untuk dapat menghasilkan uang di aplikasi YouTube 2021 yaitu lisensi content. Perusahaan media akan selalu memburu konten-konten video dengan kualitas tinggi. 

Terutama konten-konten yang memiliki muatan berita di dalamnya. Untuk dapat menggunakan video tersebut tentunya para perusahaan harus membayar pada para pemilik video. 

Oleh karena itu Anda perlu menyertakan email Anda ataupun nomor handphone di bagian deskripsi video agar para perusahaan maupun pihak-pihak yang menginginkan untuk menggunakan video Anda dalam tujuan komersil, dapat mudah menghubungi Anda. Dengan begitu tentunya Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

2 comments for " Cara Mudah Menghasilkan Uang dari YouTube 2021"