Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tipe-Tipe Pelanggan Online dan Cara Memuaskannya


Dalam mengembangkan suatu bisnis banyak online, maka banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satunya yaitu mengetahui tipe-tipe pelanggan online dan cara memuaskannya. 

Dengan begitu akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk membuat peta strategi bisnis yang nantinya akan diterapkan. 

Dan tentunya Anda sebagai seorang pelaku usaha, akan lebih mengerti mengenai apa yang diinginkan oleh seorang calon konsumen. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai tipe konsumen, serta bagaimana cara untuk mengatasinya.


Bagaimana sajakah tipe-tipe pelanggan online?


1. Konsumen yang belum mengenal produk secara utuh

Yang pertama yaitu konsumen yang belum tahu betul dengan spesifikasi produk yang ingin mereka cari.

 Sebagai pelaku usaha, yang perlu Anda lakukan untuk memuaskan model konsumen seperti ini, yaitu menjelaskan dan mengenalkan mengenai produk Anda secara lebih mendetail. 

Dengan begitu nantinya diharapkan konsumen benar-benar mengetahui tentang keunggulan produk yang Anda miliki. Anda perlu melakukan hal ini dengan sabar dan jangan terkesan menggurui. 

Karena ditakutkan hal itu dapat membuat konsumen merasa tersinggung dan malah mengurungkan niat untuk membeli produk Anda. 

Oleh karena itulah berikan penjelasan tentang produk Anda secara ramah agar nantinya konsumen tahu keunggulan yang membedakan antara produk Anda dengan produk dari toko online yang lain. 


Tipe-Tipe Pelanggan Online dan Cara Memuaskannya


2. Konsumen yang hanya sekedar melihat-lihat

Tipe konsumen yang satu ini biasanya hanya sekedar iseng untuk melihat produk dari suatu online shop tanpa ada niatan awal untuk membeli. Ada banyak alasan, salah satunya yaitu untuk mengisi waktu luang mereka. 

Namun meski begitu Anda bisa membuat konsumen dengan tipe ini jadi benar-benar tertarik terhadap produk Anda. Caranya yaitu dengan membuat toko online Anda memiliki tampilan yang menarik. 

Buatlah halaman utama dari online shop Anda ini terlihat eye catching. Dengan begitu akan membuat calon konsumen tergerak hatinya untuk tetap berada di toko online Anda dan melihat produk yang ditawarkan. 

Tak perlu terlalu berambisi agar konsumen ini nantinya melakukan transaksi pembelian. Karena sekalipun hal itu tidak terjadi, Anda masih akan memperoleh keuntungan yang lain. 

Keuntungan tersebut yaitu website Anda telah memiliki pengunjung baru. Dan seperti kita tahu, trafik kunjungan akan mempengaruhi kualitas suatu website.


3. Konsumen yang suka melakukan survei harga

Tipe konsumen ketiga yang perlu Anda ketahui yaitu mereka yang suka membandingkan harga. Biasanya tak Cuma harga saja, tapi juga kualitas dari produk juga mereka banding-bandingkan dengan toko online yang lain. 

Hal tersebut dilakukan oleh mereka dalam rangka mensurvei toko online mana kira-kira yang memiliki barang atau produk dengan harga terbaik dengan kualitas terbagus. Umumnya konsumen seperti ini sudah tahu betul dengan apa produk yang ingin mereka cari. 

Ketika mereka telah menemukan produk yang cocok dari salah satu online shop, maka kemungkinan untuk terjadinya transaksi pembelian semakin besar. 

Hal yang perlu Anda lakukan untuk menarik perhatian para konsumen semacam ini yaitu dengan mengupayakan agar toko online Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian.  

Dengan begitu tentunya akan mudah untuk mereka menemukan toko online Anda. Selain itu juga Anda perlu menetapkan harga sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan toko online yang lain. 

Umumnya tipe konsumen yang seperti ini telah memiliki pengetahuan mengenai berapa harga dari produk yang tengah mereka cari.

Sehingga ketika Anda menawarkan harga yang lebih miring dibanding online shop yang lain, tentunya mereka akan langsung menangkap hal itu sebagai peluang. Dan tentunya proses transaksi pembelian barang akan semakin besar kemungkinan untuk dilakukan.


4. Konsumen yang loyal

Tipe konsumen selanjutnya yaitu mereka yang loyal atau setia terhadap toko online shop. Bagi Anda para pelaku bisnis, tentunya tipe konsumen seperti inilah yang Anda targetkan.  Dengan memiliki tipe konsumen seperti ini otomatis toko online Anda telah memiliki kredibilitas. 

Sehingga membuat mereka percaya dan menjadi pelanggan setia di toko online Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan Anda tersebut. 

Karena memang sebagian besar para pelaku usaha online cenderung lebih memberikan pelayanan pada calon konsumen baru dibanding kepada para pelanggan. Hal itu akan berdampak buruk pada keloyalan si pelanggan. 

Saat mereka tidak lagi merasa mendapat pelayanan yang maksimal, tentunya mereka bisa pindah ke toko online yang lain. Berikan pelayanan maksimal Anda dengan cara pemberian promo khusus bagi para pelanggan. 

Serta bangun hubungan dengan mereka melalui komunikasi. Prioritaskan para pelanggan loyal Anda, dengan begitu akan semakin meningkatkan loyalitas mereka pada online shop yang Anda miliki.

Bagaimana cara menggaet tipe konsumen yang suka mencari diskon?


Tipe-Tipe Pelanggan Online dan Cara Memuaskannya


5. Konsumen yang suka mencari diskon

Tipe konsumen selanjutnya yaitu mereka yang gemar mencari diskon online shop. Umumnya mereka cenderung aktif mencari dimana online shop yang tengah menawarkan diskon maupun promosi terhadap produk-produknya. 

Tentunya cara untuk dapat menggaet tipe konsumen seperti ini yaitu Anda tinggal memberikan promo yang menarik. 

Ada banyak macam promo yang bisa Anda terapkan seperti misalnya gratis ongkir untuk jumlah pembelian tertentu atau bonus satu produk untuk pembelian beberapa produk. 

Tipe konsumen yang seperti ini cenderung lebih mudah untuk didapatkan. Namun Anda tidak bisa terlalu berharap mereka akan menjadi konsumen yang loyal bagi online shop Anda. 

Hal itu dikarenakan orientasi mereka lebih kepada promo yang diberikan. Dan tentunya Anda tidak bisa setiap hari memberikan promo ataupun diskon terhadap produk Anda.


6. Konsumen yang impulsif

Tipe konsumen terakhir yang perlu Anda ketahui agar bisnis online shop Anda berkembang yaitu konsumen tipe impulsif. 

Umumnya konsumen yang seperti ini saat melakukan suatu transaksi pembelian tidak melalui proses pertimbangan yang panjang. Jadi proses transaksi akan berjalan begitu cepat. 

Banyak faktor yang mendasari hal tersebut, salah satunya yaitu kemungkinan barang atau produk yang telah ditawarkan merupakan produk yang memang telah lama mereka cari serta butuhkan. Tipe konsumen ini juga sangat menyukai hal-hal yang terlihat praktis dan mudah. 

Oleh karena itu, untuk dapat menggaet tipe konsumen seperti ini maka Anda perlu membuat toko online Anda terlihat lebih praktis. Baik itu dalam deskripsi mengenai produk, cara pembayaran dan lain sebagainya. 

Anda akan kesulitan untuk membuat tipe konsumen seperti ini untuk menjadi pelanggan online shop Anda. 


Tipe-Tipe Pelanggan Online dan Cara Memuaskannya


Namun Anda bisa tetap membuat mereka kembali datang untuk berbelanja di tempat Anda di lain waktu. Yaitu dengan cara melakukan diskon, menambah variasi produk, dan lain-lain.

Itulah tipe konsumen yang perlu Anda ketahui serta bagaimana cara memuaskannya. Sebagai pelaku bisnis online Anda perlu memperhatikan tipe-tipe dari calon konsumen Anda. 

Karena hal tersebut nantinya akan berdampak pada perkembangan bisnis online shop. Selain itu juga akan memberikan peluang besar kepada Anda untuk meningkatkan penjualan dengan membuat mereka melakukan transaksi pembelian.

 

Post a Comment for " Tipe-Tipe Pelanggan Online dan Cara Memuaskannya"