Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha Yang Paling Menjanjikan


Idul adha merupakan hari raya bagi umat islam di seluruh dunia. Pada hari itu diperingati peristiwa kurban, yaitu saat Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya yang bernama ismail Kepada Allah. 

Lalu sembelihan itu digantikan oleh Allah dengan domba. Momen penting ketika idul adha menjadi saat yang tepat bagi anda untuk menjalankan peluang bisnis. 

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan ketika menjelang idul adha. Peluang bisnis sangat banyak menanti anda. 

Tapi kebanyakan orang merasa bingung harus memilih bisnis apa yang cocok serta takut sepi pembeli yang pada akhirnya anda akan mengalami kerugian. 

Tentu anda tidak ingin itu terjadi bukan. Nah, daripada anda bingung lebih baik anda simak penjelasan yang akan kami sajikan berikut ini mengenai beberapa peluang bisnis menjelang idul adha yang paling menjanjikan. 

Apa Saja Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha yang Paling Menjanjikan  ? 


1. Bisnis Hewan Kurban

Seperti yang sudah anda ketahui bahwasanta hari raya Idul Adha juga sering disebut sebagai hari raya kurban, yang mana di hari raya ini umat Islam memperingatinya dengan meyembelih hewan kurban seperti sapi atau kambing. 

Peluang bisnis saat Idul Adha yang satu ini tentu bisa menjadi opsi yang paling menjanjikan untuk dicoba, karena dapat kita ketahui bahwa kebutuhan akan hewan kurban di saat seperti ini akan jail lebih meningkat. Jika anda tertarik dengan bisnis hewan kurban ini, ada dua opsi yang bisa anda jalankan.

Yang pertama adalah sebagai penyedia hewan kurban, dimana dalam menjalankan opsi yang pertama ini anda harus mempunyai modal yang lumayan besar. 

Saat modal sudah siap langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah mencari peternak sapi atau kambing.

Anda harus pintar-pintar memilih penjual hewan kurban yang memiliki kambing atau sapi dengan kualitas yang baik. 

Yang perlu anda ketahui, saat anda mempunyai hewan kurban dengan kualitas yang baik, pastinya harga jualnya juga akan semakin tinggi pula. 

Saat menjelang idul Adha harga yang dijual untuk satu ekor kambing sekitar Rp 2 juta, dan untuk harga sapi sekitar Rp 20 juta bahkan bisa lebih dari itu, tergantung kualitas dan berat sapi itu sendiri. 

Untuk opsi kedua yaitu sebagai orang ketiga, yang mana anda hanya perlu menawarkan jasa agar untuk bertugas mencarikan hewan kurban. 

Opsi ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki modal yang tinggi untuk memulai bisnis sebagai penyedia hewan kurban. Modal utama untuk menjalankan opsi ini yaitu relasi. 

Jadi anda harus mempunyai banyak chanel agar bisa dengan mudah mendapatkan hewan kurban yang sesuai dengan pesanan. 

Semakin banyak anda mengenal para penjual sapi atau kambing, maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan hewan kurban yang berkualitas dengan cara yang mudah. 

2. Jasa Penitipan Hewan Kurban

Peluang bisnis menjelang idul Adha berikutnya yaitu menjadi penyedia jasa penitipan hewan kurban.  Untuk bisnis ini cocok sekali bagi anda yang mempunyai lahan luas. 

Untuk menjalankan bisnis jasa penitipan hewan kurban yang perlu anda perhatikan juga adalah mengenai perawatan hewan yang orang-orang titipkan ke anda. 

Jangan sampai hewan kurban yang dititipkan ke anda jadi lebih kurus dari sebelumnya. Untuk itu anda bisa melakukan prosedur dalam bisnis jasa penitipan hewan kurban. Prosedur yang harus anda lakukan yaitu, 

anda bisa membandrol biaya perhari untuk penitipan hewan kurban, dengan jaminan perawatan hewan tersebut sampai hari raya idul adha tiba. 

Karena mengingat persaingan dagang untuk hewan kurban makin ketat saat menjelang idul adha, banyak sekali orang yang membeli hewan kurban jauh-jauh hari karena untuk menghindari kelangkaan serta semakin meningkatnya harga hewan tersebut. 

Maka dari itu bisnis yang bisa dijalankan satu tahun sekali ini cukup menjanjikan untuk anda jalani. 


3. Bisnis Baju Muslim

Tidak jauh berbeda dengan hari raya Idul Fitri, saat menjelang hari raya Idul Adha minat akan baju muslim pun akan jauh lebih meningkat. 

Oleh sebab itu menjalankan bisnis dengan menjual baju muslim adalah opsi yang sangat cocok untuk anda coba. 

Untuk cara pemasarannya anda bisa menawarkannya kepada keluarga,saudara, teman, rekan kerja, atau anda bisa langsung terjun ke pasar. Anda juga harus memanfaatkan media sosial seperti grup whatsapp, instagram, facebook dan media sosial lainnya untuk pemasaran anda.


4. Menjual Peralatan Sate

Saat andaberjualan hewan kurban, sekalian anda bisa menjual peralatan sate. Karena banyak orang akan membuat sate dan memanggang daging kambing, sapi  ataupun kerbau yang mereka beli. 

Banyak peralatan sate yang bisa anda jual seperti tusuk sate, alat pemanggang, batok kelapa, dan arang. Anda bisa menjualnya terpisah atau langsung menjualnya sepaket dan berikan diskon supaya usaha anda bisa cepat laris manis.

Apa Saja perlengkapan Haji yang Bisa Dijual?


5. Menjual Perlengkapan Haji

Pada saat idul adha sangat identik dengan pelaksanaan haji di kota suci mekkah. Sebelum berangkat haji pastinya mereka akan membeli berbagai perlengkapan ibadah haji. 

Maka dengan itu, barang untuk keperluan ibadah haji bisa menjadi peluang bagi anda untuk menjalankan bisnis ini menjelang hari raya idul adha. Anda bisa menjual mukenah, sajadah, peci, kerudung, gamis, buku-buku do’a, dan pakaian ihram.

6. Menjual  Oleh-oleh Haji

Setelah pulang dari ibadah haji, sudah menjadi kebiasaan untuk memberi oleh-oleh pada keluarga, saudara, kerabat, dan tetangga. Tapi, tentu akan sangat merepotkan apabila semua oleh-oleh langsung dibawa dari mekkah.

Maka dari itu, banyak sekali orang yang memilih untuk membeli paket oleh-oleh haji ketika sudah sampai di Indonesia. Hingga mereka tidak perlu repot-repot mengemasoleh-oleh dan cuma tinggal membagikannya.

Biasanya paket oleh-oleh tersebut berisi tasbih, buah kurma, air zam-zam, kismis, kacang arab, kacang pistachio, dan lain sebagainya. 

Anda dapat mencoba menjual paket oleh-oleh tersebut melalui online dan bisa juga menjualnya secara langsung pada kenalan anda dan orang-orang yang baru datang dari mekkah.

7. Jual Bumbu Masak Instan

Bagi anda yang memiliki keahlian di bidang memasak, anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk dijadikan bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Anda dapat menyediakan bumbu masak yang siap pakai / instan untuk dijadikan olahan daging kurban seperti rendang, bumbu sate, gulai, tongseng, dan lain-lain. 

Banyak ibu rumah tanga yang tidak mau repot untuk meluangkan waktu membuat bumbu sendiri, hingga ide jualan bumbu masak instan ini bisa anda jadikan bisnis yan pastinya akan laris manis.

Anda dapat menggunakan sistem PO atau Pre Order untuk menjual bumbu masak siap pakai dikarenakan racikan bumbu masak tersebut  yang dibuat sendiri pastinya harus tetap segar bahan-bahannya hingga tak dapat bertahan dalam waktu yang lama walau dimasukkan kedalam lemari es sekalipun. Beda halnya dengan bumbu kemasan yang menggunakan bahan pengawet hingga bisa bertahan dalam waktu yang lama.


 


Post a Comment for " Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha Yang Paling Menjanjikan"