Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips dan Trik Jitu Membuat Caption Jualan Online


 Selama ini barangkali Anda tidak menyadari bahwa terdapat beberapa akun baik itu instagram, facebook dan lain-lain yang menawarkan produknya sehingga membuat kita tertarik membeli hanya karena melihat caption yang ditulis. 

Entah kenapa caption itu membuat Anda tergoda untuk segera membeli barang yang ditawarkan tersebut. 

Caption tak hanya dipakai untuk pelengkap foto saja namun kata-kata yang digunakan dalam caption nyatanya bisa menjadi daya tarik untuk dapat menjaring calon konsumen potensial. 

Oleh karena itulah ketika Anda hendak memulai sebuah online shop, perlu untuk mengetahui serta menguasai bagaimana cara membuat dan menggunakan caption secara maksimal. 

Dengan Anda mengetahui hal tersebut, tentu akan lebih mampu memancing minat para calon pembeli agar membelinya. Berikut adalah tips saat Anda ingin membuat caption yang menarik.


Tips dan Trik Jitu Membuat Caption Jualan Online


Apa Saja Tips Membuat Caption Menarik untuk Jualan Online?


1. Kenali Audien Ananda

Sebagai seorang pengusaha online shop, di sini Anda perlu mengenali calon customer Anda. Perhatikan betul audiens dengan memberikan konten yang masih berhubungan agar mereka dapat tertarik terhadap produk yang tengah Anda tawarkan. 

Untuk dapat mengenali audiens, di sini Anda perlu membuat sebuah list sehingga memudahkan untuk tahu siapa saja yang tertarik pada produk yang Anda tawarkan. 

Di sini Anda dapat mencatat data seperti usia, jenis pekerjaan, tempat tinggal, ataupun hobi mereka. Selanjutnya Anda pun bisa menentukan brand voice yaitu dengan cara memakai kata sifat yang menunjukkan nilai dari brand Anda. 


2. Gunakan Jumlah Kata yang Tepat

Cara selanjutnya untuk membuat caption jualan online yaitu Anda perlu menggunakan jumlah kata yang pas. 

Meskipun di sini Anda dapat menggunakan banyak kata pada caption, namun Anda tidak boleh asal memasukkan kata atau kalimat tersebut. 

Jumlah kata terbaik yang efektif digunakan yaitu berada di kisaran 138 hingga 150 huruf. Bahkan beberapa ahli marketing menyarankan agar Anda tidak membuat caption lebih dari 125 huruf. 

Anda perlu meletakkan kalimat-kalimat yang mampu mengundang rasa penasaran audiens hingga nantinya mereka bersedia menekan tombol more untuk memperoleh informasi lebih lanjut. 

Jangan menggunakan kata yang terlalu panjang dan bertele-tele agar konsumen tidak merasa bosan dan malas membacanya. Masukkan hal-hal yang penting saja di dalam caption.


3. Gunakan Tagar

Tips selanjutnya yaitu Anda dapat menggunakan tagar. Kata yang akan dipakai nantinya perlu dibuat relevan dengan produk yang tengah Anda jual tersebut. 

Namun hindari penggunaan tagar yang terlalu banyak pada sebuah caption, karena hal itu menjadikan tulisan Anda susah untuk dibaca. 

Letakkan tagar ini jauh di bagaian bawah sehingga memisahkan antara tagar dengan caption.  Penggunaan tagar juga akan memudahkan para konsumen ketika ingin mencari produk yang mereka inginkan. 

Sehingga dengan begitu foto produk yang Anda posting akan mudah ditemukan oleh para calon konsumen tersebut. Maka dari itulah penting bagi Anda menyertakan tagar di setiap postingan yang Anda buat.

4. Gunakan Call to Action

Call to action merupakan cara untuk mengajak para audien melakukan sesuatu terhadap postingan Anda, seperti menandai teman, meninggalkan komentar dan lain sebagainya. 

Namun untuk memperoleh respon dari audio tersebut maka Anda perlu membuat gambar maupun caption dengan lebih menarik lagi.

Itulah tips serta trik untuk membuat caption yang menarik. Berikut akan dibahas mengenai jenis caption yang bisa menarik para calon konsumen untuk melihat dan akhirnya membeli produk Anda.


Tips dan Trik Jitu Membuat Caption Jualan Online


Bagaimana Cara Membuat Caption yang Menarik?


1. Menggunakan Kata-Kata yang Mengandung Ajakan

Anda perlu membuat sebuah caption yang mengandung ajakan di dalamnya. Caption dengan kata-kata tersebut cukup ampuh untuk menarik minat para pembeli. 

Hal itu dikarenakan terdapat unsur persuasif yang mempengaruhi calon konsumen secara tidak langsung. Contoh kata yang bisa Anda gunakan yaitu: nikmati, mari lengkapi, yuk beli dan lain sebagainya.


2. Gunakan Kata yang Menunjukkan Keuntungan

Tips membuat caption menarik selanjutnya jualan online yaitu dengan menggunakan kata yang menunjukkan keuntungan yang bisa didapat bagi para pembelinya. 

Keuntungan seperti diskon ataupun bonus atas suatu pembelian barang tentu dapat mempengaruhi minat dari seseorang yang ingin membeli. 

Di sini Anda bisa coba pakai cara tersebut untuk dapat perhatian para konsumen Anda.  Contoh kata yang bisa digunakan antara lain yaitu: free, gratis, diskon khusus, sale, bonus, cashback, beli dua gratis satu dan lain sebagainya.


3. Gunakan Kata dengan Unsur Kebaruan

Ketika Anda secara tidak sengaja berpapasan dengan seseorang yang memiliki busana sama persis dengan Anda, tentu di sini akan merasa sedikit malu atau bahkan kesal. 

Hal itu menunjukkan bahwasanya barang yang Anda pakai cukup pasaran. Anda bisa memanfaatkan sifat konsumen yang seperti ini untuk dijadikan strategi dalam penjualan. 

Gunakan caption yang dapat membuat calon pembeli dapat merasa bahwasanya produk yang Anda tawarkan tersebut tidak memiliki padanan. 

Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan tersebut. Contoh kata yang dapat Anda gunakan di sini yaitu: kekinian, fresh from the oven, unik, new arrival, limited edition, eksklusif dan lain sebagainya.


4. Gunakan Kata-kata yang Mengandung Janji

Di sini Anda perlu membuat para konsumen yakin terhadap produk yang Anda tawarkan dengan cara menggunakan kata-kata yang menjanjikan pada mereka. 

Dengan menggunakan kata janji tentu akan menghilangkan keraguan calon konsumen terhadap kualitas dari produk yang Anda tawarkan tersebut.  

Dengan begitu mereka akan menjadi lebih yakin lagi terhadap produk yang Anda jual. Namun upayakan informasi yang Anda sampaikan memang benar-benar dimiliki oleh produk Anda.  Jangan sampai Anda hanya mengarang cerita agar produk tampak unggul. 

Karena jika tidak terbukti maka para konsumen tidak akan lagi membeli produk dari Anda. Oleh karena itulah menjadi seorang penjual yang jujur tentu akan lebih baik. Contoh kata yang dapat Anda pakai yaitu: asli, paman, mudah, efektif, solusi dan lain sebagainya.


Tips dan Trik Jitu Membuat Caption Jualan Online


5. Gunakan Kata yang Mengunggulkan Produk Anda

Tips membuat caption menarik untuk jualan online selanjutnya yaitu dengan menggunakan kata yang mengandung unsur untuk mengumpulkan produk Anda dibanding dengan produk lainnya. Hal ini bertujuan agar para pelanggan tidak berpaling ke produk lainnya. 

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan apa saja keunggulan yang dimiliki oleh produk yang telah Anda tawarkan tersebut. 

Untuk membuat caption yang menunjukkan keunggulan produk, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti: paling murah, hanya ada di sini, terlengkap, bebas biaya pengiriman, barang cepat sampai dan lain sebagainya.

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara membuat caption yang menarik untuk jualan online yang bisa Anda terapkan di toko online Anda. 

Selain dengan membuat caption menarik seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga perlu untuk memastikan rincian dari produk yang nantinya Anda jual tersebut. 

Seperti informasi mengenai harga, tipe, ukuran dan lain sebagainya. Dengan begitu nantinya konsumen akan merasa dimudahkan dengan adanya informasi tersebut. Anda pun di sini tidak akan lagi direpotkan dengan pertanyaan-pertanyaan dari konsumen mengenai masalah produk.

 


Post a Comment for " Tips dan Trik Jitu Membuat Caption Jualan Online"