Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bisnis Menanjikan Usaha Minuman Kekinian, Ini Caranya




Bagi Anda yang hobi nongkrong di café, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan minuman kekinian. Saat ini memang telah banyak bisnis yang bergerak dalam bidang tersebut. 

Sesuai dengan namanya, bisnis yang satu ini menjual produk minuman yang kekinian serta memiliki cita rasa unik dan lezat. 

Beberapa produk minuman yang cukup populer dan banyak disukai oleh kalangan muda yaitu Mango Thai, Bubble Tea, Thai Tea dan Minuman Cokelat. 

Selain bisnis ini mudah untuk dijalankan, usaha tersebut juga memiliki peluang yang cukup besar dengan keuntungan yang juga lumayan tinggi. 

Bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang masih terbilang pemula di bidang ini mampu mendapatkan omzet hingga mencapai puluhan juta rupiah dalam satu bulannya. Berikut adalah tips untuk Anda yang berminat menjalankan usaha minuman kekinian ini.


Bisnis Menanjikan Usaha Minuman Kekinian, Ini Caranya


Apa Saja Tips serta Cara Menjalankan Usaha Minuman Kekinian?


1. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Tentunya agar produk Anda di sukai oleh banyak konsumen serta mampu bersaing dengan para kompetitor, maka Anda perlu mengutamakan kualitas dari bahan baku minuman serta cita rasa yang nantinya akan Anda jual tersebut. 

Untuk menentukan bahan baku berkualitas tentunya di sini Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. 

Selain bahan baku yang berkualitas Anda juga perlu membuat minuman tersebut terasa lebih enak dari minuman milik kompetitor. 

Semisal Anda di sini ingin menjual produk minuman Boba drink, maka Anda perlu belajar lebih dulu bagaimana cara membuat takaran yang pas. 

Selain itu pelajari bagaimana cara membuat minuman Boba yang enak dan empuk. Anda juga harus memperhatikan pilihan merek the serta susu yang nantinya digunakan. Sekalipun hal ini terkesan sepele, namun nyatanya dapat mempengaruhi rasa dari boba drink yang akan Anda jual nantinya.


Baca Juga : 9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021


2. Jual Lebih Dari Satu Jenis Minuman

Dengan Anda menjual lebih dari 1 jenis minuman, hal tersebut akan semakin memperbesar peluang untuk memperoleh banyak konsumen. 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga akan lebih maksimal dibanding Anda hanya menjual satu produk minuman saja. Tak ada salahnya untuk Anda penjual variasi minuman-minuman lain yang juga banyak diminati.

Sebagai contoh jika di sini Anda menjual minuman coklat, maka Anda bisa variasikan menggunakan menu lain seperti minuman coklat dengan toping berupa coklat parut, keju, es krim, biskuit, buah dan lain-lain. Anda juga bisa menjual aneka minuman kopi.

Dengan menu yang bervariasi tentunya akan membuat Anda mampu mengantisipasi hilangnya minat dari konsumen terhadap menu utama. Bahkan dengan menggunakan menu variasi tersebut memungkinkan bagi Anda membuat trend kekinian.


Bisnis Menanjikan Usaha Minuman Kekinian, Ini Caranya



3. Tambahkan Produk Komplementer

Agar bisnis minuman kekinian Anda mampu tumbuh dengan cepat, maka di sini cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan produk komplementer. Produk komplementer tersebut berguna dalam melengkapi menu utama yang ditawarkan.

Sebagai contoh jika minuman yang Anda yang jual adalah minuman coklat, Anda juga bisa menambahkan cemilan ringan yang dapat dijadikan menu pelengkap bagi para konsumen yang datang.


Baca Juga : Selevel dengan Donat Impor, Sejarah J.CO Ini Menginspirasi Orang Indonesia


4. Buat Kemasan Menarik

Disadari atau tidak oleh Anda, kemasan sangatlah mempengaruhi pandangan para konsumen terhadap produk yang dijual. Semakin unik dan menarik kemasan yang Anda pakai, maka tentunya hal tersebut akan membuat konsumen semakin tergoda untuk membeli. 

Sebagai contoh daripada Anda menggunakan cup plastik, Anda bisa menggunakan gelas plastik yang tebal dengan desain-desain menarik sesuai dengan tema yang saat ini tengah trend.




5. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Hal yang sangatlah penting dalam membangun suatu usaha yaitu pemilihan lokasi yang strategis. Anda tidak bisa memilih lokasi dengan sembarangan, perlu pertimbangan matang dalam melakukannya. 

Untuk usaha minuman kekinian, lokasi yang bisa Anda gunakan yaitu berada di pusat keramaian seperti area kampus, kawasan wisata, perkantoran ataupun pusat perbelanjaan. 

Dengan berada di lokasi yang dekat dengan keramaian, hal tersebut akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan konsumen dengan lebih banyak lagi.


6. Lakukan Promosi secara Online

Hal selanjutnya yang juga perlu Anda lakukan yaitu melakukan promosi. Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, kegiatan promosi bukan lagi hal yang susah untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang telah banyak tersedia. 

Atau Anda juga bisa membuat sebuah toko online yang mana di dalamnya dimuat konten-konten menarik terkait dengan produk yang Anda jual. 

Jika Anda memiliki dana cukup, maka Anda juga bisa bekerjasama dengan para influencer ataupun food blogger, Anda bisa memanfaatkan jasa mereka untuk melakukan promosi pada para pengikutnya.

Selain dapat menghemat biaya, pemasaran melalui sosial media mampu menjangkau konsumen dengan lebih banyak lagi. 

Bahkan dengan media sosial sangat memungkinkan produk Anda dikenal oleh orang banyak yang berasal dari luar kota Anda.

Mengapa Harus Bergabung dengan Komunitas ?


7. Bergabung dengan Komunitas

Cara selanjutnya agar usaha minuman kekinian Anda terus berkembang dan tidak jalan di tempat, yaitu Anda perlu untuk membangun komunitas ataupun bergabung dengan komunitas tertentu. 

Komunitas yang dapat Anda ikuti di sini contohnya komunitas bisnis, komunitas pengusaha muda dan masih banyak lagi komunitas lain yang bisa Anda ikuti. 

Dengan bergabung di komunitas tersebut tentu Anda akan memperoleh banyak ilmu melalui sharing antar anggota. 

Dengan mengikuti komunitas juga memungkinkan bagi Anda untuk memperluas jaringan. Anda pun akan memiliki kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam suatu acara-acara penting yang di dalamnya melibatkan banyak pengusaha, seperti contohnya pada acara konser, musik, bazar, gathering dan lain sebagainya.


baca juga : Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa


8. Ketahui Apa Kemauan Konsumen

Mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen adalah hal yang sangat membantu dalam membuat bisnis tetap bertahan. 

Untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen di sini Anda bisa menempatkan diri sebagai seorang konsumen. 

Pikirkan kira-kira minuman seperti apa yang mereka inginkan, variasi apa saja yang mereka mau, kemasan menarik, harga serta porsi yang seberapa banyak diharapkan oleh para konsumen dari minuman. 


Bisnis Menanjikan Usaha Minuman Kekinian, Ini Caranya


Anda juga bisa langsung menanyakan kepada pelanggan kira-kira apa yang kurang dan perlu ditambahkan dari bisnis Anda tersebut. 

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang perlu ditambah atau diubah, maka Anda perlu secepatnya melakukan perubahan tersebut.


9. Tetap Konsisten

Cara terakhir yaitu dengan Anda tetap konsisten. Konsistensi adalah salah satu kunci sukses bagi setiap pebisnis dalam menjalankan usahanya. 

Begitu juga untuk bisnis minuman kekinian ini. Konsisten dalam memberikan cita rasa,  melakukan inovasi-inovasi terbaru akan membuat usaha Anda akan semakin berkembang dan maju.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika memutuskan untuk membangun usaha minuman kekinian. Tanpa trik dan tips yang tepat untuk diterapkan di usaha, maka akan susah bagi bisnis tersebut untuk berkembang. 

Bahkan bisa jadi usaha hanya akan bertahan dalam beberapa bulan saja. Oleh karena itu terapkan tips-tips yang telah diulas di atas agar usaha yang Anda bangun tersebut mampu bertahan dan berkembang hingga beberapa tahun ke depan.


Post a Comment for " Bisnis Menanjikan Usaha Minuman Kekinian, Ini Caranya"