Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify


Salah satu tayangan hiburan yang cukup keren dan populer saat ini yaitu podcast. Mungkin Anda sudah banyak melihatnya di YouTube serta media-media lain. 

Podcast merupakan sebuah file audio digital. Salah satu contoh aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat podcast antara lain yaitu spotify, Podbean serta Anchor. 

Namun diantara ketiga aplikasi tersebut yang paling populer dan banyak digunakan saat ini yaitu spotify. 

Sebagai salah satu layanan musik streaming, spotify tak hanya menyuguhkan layanan musik pada para penggunanya, melainkan disini juga terdapat layanan berupa podcast. Bahkan lebih jauh aplikasi ini juga telah merilis vodcast atau video podcast. 

Sehingga nantinya dengan video podcast tersebut Anda tidak hanya mendengarkan tapi juga dapat menyaksikan proses bincang-bincang yang dilakukan oleh creator. 

Meski cukup populer digunakan namun spotify belum memberikan insentif atau penghasilan pada para kreator podcastnya. 

Hal tersebut berbeda dengan para musisi karena semakin sering musik diputar melalui aplikasi tersebut oleh para pendengar, maka musisi tersebut juga akan semakin banyak memperoleh royalti. 

Namun meski begitu bukan berarti kegiatan podcast melalui spotify ini tidak dapat menghasilkan uang. Berikut adalah cara menghasilkan uang dengan membuat podcast di spotify yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify?


1. Iklan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dengan membuat podcast melalui spotify yaitu menggunakan iklan. 

Di sini ketika Anda sebagai kreator membuat podcast, maka memungkinkan untuk mendapatkan iklan. Namun agar memperoleh iklan tersebut maka terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain yaitu:


2. Jual Konten ke Jenama

Saat Anda memiliki akun podcast dan akun tersebut didengar oleh banyak orang, maka Anda bisa menjual konten tersebut ke Jenama. Namun meski demikian Anda perlu menyesuaikan target pasar jenama terlebih dahulu. 

Jika ternyata jenama menyetujui maka nantinya Anda bisa kembali membicarakan tema yang perlu dibicarakan di dalam podcast. 

Seperti contohnya endorsment produk, membahas suatu permasalahan yang masih berkaitan dengan produk ataupun memperbincangkan kampanye tentang produk tersebut.


Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify


3. Iklan Melalui Agensi

Dalam hal ini terkadang juga menggunakan jasa agency dalam membuat atau menempatkan iklan mereka. 

Agensi tersebut nantinya akan menghubungi jika akun podcast Anda dirasa telah sesuai dengan kriteria klien mereka. 

Sebelum Anda bekerja sama pastikan bahwasannya kontrak kerja telah jelas agar nantinya tidak menimbulkan masalah dengan agensi.

Pemandu acara terkadang dibutuhkan oleh seorang panitia acara. Nantinya pihak pengiklan ingin agar Anda menjadi pemandu dalam acara mereka serta acara tersebut juga perlu diunggah dalam akun podcast Anda.

Menjadi pembawa sebuah acara merupakan langkah yang cukup menarik untuk dilakukan karena dapat menghasilkan keuntungan bagi pihak pengiklan. 

Selain itu di sini Anda juga akan memperoleh penghasilan dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk Anda memperoleh job lain seperti misalnya sebagai MC di acara lainnya.


4. Bersinergi dengan YouTube

Podcast umumnya akan diunggah pada dua platform yang berbeda antara lain yaitu video dan audio. Platform tersebut umumnya yaitu YouTube serta spotify. 

Video YouTube dijadikan salah satu platform karena memang dapat dimonetise sehingga mampu menghasilkan pemasukan bagi creator, sedangkan untuk spotify saat ini masih belum bisa. 

Konten podcast tersebut bisa Anda lihat seperti contohnya pada podcast Deddy Corbuzier yang saat ini sangat digemari oleh para penonton YouTube.


5. Jaringan Media

Cara lain untuk menghasilkan uang dengan membuat podcast di spotify yaitu dengan Anda membangun jaringan media. Salah satu contoh jaringan media yang bisa Anda gunakan yaitu Box2Box Media Network. 

Dengan menggunakan cara ini perusahaan juga akan memperoleh keuntungan jika terdapat salah satu podcaster memperoleh ikan. 

Dan tentunya Anda pun sebagai pemilik podcast juga akan memperoleh bagian penghasilan. Sehingga hal tersebut menguntungkan kedua belah pihak.


6. Crowdfunding


Crowdfunding merupakan hal yang bukan lagi baru dilakukan oleh blogger ataupun kreator podcast. Para creator nantinya akan meminta kontribusi para pendengar, pengikut ataupun penonton untuk melakukan sumbangan dana ke akun kreator tersebut. 

Sebagai gantinya nanti pihak creator akan berjanji untuk menyajikan konten berkualitas, rutin dan bahkan beberapa menjanjikan tidak adanya iklan, biasanya hal tersebut terjadi di aplikasi YouTube. 


7. Menjual Merchandise


Cara kreatif lain yang bisa dilakukan oleh Anda untuk memperoleh uang yaitu dengan melakukan penjualan merchandise. 

Anda bisa menjual merchandise berupa jaket, tempat minum, topi, kaos dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan brand Anda. 

Pendengar podcast Anda yang setia tentu tidak akan ragu untuk mengeluarkan uangnya dalam membeli merchandise yang Anda tawarkan.


Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify

Apa Saja Tips Agar Podcast di Spotify Mudah untuk Memperoleh Iklan ?


Membuat suatu podcast di spotify tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun selama Anda di sini memiliki semangat dan mau bekerja keras, pasti bisa menciptakan podcast yang mendatangkan banyak pendengar dan akhirnya mampu menghasilkan uang untuk Anda. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa memberikan penghasilan nantinya.


1. Konten


Sebuah podcast yang potensial untuk menghasilkan uang, maka konten yang menarik adalah hal yang mutlak diperlukan. 

Oleh karena itu di sini pastikan konten dari podcast Anda merupakan konten yang cukup menarik. Selain itu pertimbangkan juga apakah nantinya podcast dapat berkelanjutan atau hanya temporary saja.

Untuk menciptakan konten yang menarik di sini Anda bisa membahas hal-hal yang tengah viral dan pastikan topik benar-benar Anda kuasai sehingga nantinya perbincangan bisa terjadi dengan baik.

 Dengan begitu nantinya para pendengar akan enjoy ketika menikmati podcast Anda, terlebih jika podcast tersebut Anda buat secara rutin.


2. Kemasan Penampilan

Sekalipun dalam podcast ini tidak menampilkan gambar atau video, namun kemasan dari penampilan tetaplah penting. 

Karena di sini nantinya Anda harus membuat para pendengar tetap bertahan mendengarkan podcast, sehingga diharapkan nantinya mereka tidak bosan.

Oleh karena itulah di sini perlu untuk mengemas penampilan semenarik mungkin seperti intonasi suara ataupun kualitas audio, dengan begitu para pendengar tetap bersemangat serta antusias dalam mengikuti podcast Anda.


3. Bangun Komunitas

Dalam membuat podcast Anda tidak boleh hanya membicarakan topik-topik yang disukai oleh Anda saja. 

Di sini Anda perlu membicarakan hal-hal yang disukai oleh banyak orang sehingga dengan begitu tanpa disadari nantinya Anda dapat membangun sebuah komunitas dari sana. 

Pendengar nantinya akan merasa terlibat dengan isi pembicaraan di dalam podcast.

 

Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify


Mereka juga akan lebih terkoneksi dengan para pendengar yang lain. Dari satu pendengar setia Anda nantinya memungkinkan bagi mereka untuk mengajak teman sahabat untuk ikut mendengarkan podcast yang sama.

Hal tersebut memang tidak langsung serta merta mendatangkan iklan, namun Anda juga akan memiliki hubungan yang baik dengan para pendengar. 

Bukan tak mungkin nantinya dengan podcast Anda akan membuat hidup mereka berubah, sehingga akan semakin setia terhadap podcast Anda tersebut.

 


Post a Comment for " Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify"