Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Sukses Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas


Saat ini telah tersedia banyak sekali pilihan model bisnis yang bisa dijalankan untuk memperoleh pemasukan. 

Salah satu jenis bisnis yang cukup potensial yaitu jual beli barang bekas. Nyatanya bisnis yang satu ini cukup banyak diminati di era modern. 

Namun meski begitu dalam menjalankan bisnis tersebut tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Karena memang di sini memerlukan beberapa strategi agar Anda bisa sukses merintis dan menjalankan bisnis jual beli barang bekas. 

Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai apa saja cara yang bisa dilakukan supaya bisnis jual beli barang bekas dapat sukses :

Apa Saja Cara Sukses dalam Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas?


Cara Sukses Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas



1. Sortir Barang yang Akan Dijual

Langkah pertama sebelum Anda merintis bisnis jual beli barang bekas yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan barang yang nantinya akan Anda jual. 

Anda perlu menyortis barang-barang tersebut dalam beberapa kategori agar lebih memudahkan nantinya. Seperti contoh membuat kategori sepatu, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya. 

Agar barang bekas tersebut dapat lebih mudah untuk dijual, maka berikan kode khusus di tiap-tiap kategori. 

Dengan adanya kode tersebut juga lebih memudahkan bagi Anda ketika melakukan proses pencatatan. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengetahui barang mana saja yang telah laku terjual dan barang yang masih tersedia.


2. Tetapkan Harga yang Terjangkau

Langkah berikutnya yaitu menetapkan harga dengan tarif yang cukup terjangkau. Produk yang Anda jual merupakan barang-barang bekas, sehingga di sini Anda harus lebih realistis dalam menetapkan harga jual. 

Jangan sampai nantinya Anda menjual barang bekas dengan harga yang sama atau bahkan lebih mahal dari barang ketika masih baru. Bagaimanapun barang bekas harus berada di bawah harga barang tersebut ketika dalam keadaan baru.

Penentuan harga ini bisa Anda tetapkan dari melihat kondisi fisik barang tersebut. Jika barang dirasa masih bagus, Anda bisa menetapkan harga yang cukup mahal. 

Namun bagaimanapun juga Anda perlu tetap realistis. Penetapan harga barang yang terlalu mahal hanya akan membuat calon konsumen Anda kabur dan tidak mau lagi berkunjung ke tempat Anda. 


3. Memilih Lokasi yang Strategi

Pemilihan lokasi strategis merupakan hal yang perlu untuk Anda lakukan. Hal tersebut bertujuan agar bisnis jual beli barang bekas Anda mudah diakses oleh orang serta diketahui oleh masyarakat luas. Anda bisa memilih lokasi yang berada dekat dengan pusat perbelanjaan ataupun berada di tengah-tengah kota. 

Agar tampilan toko Anda makin menarik, maka bisa menambahkan pernak-pernik yang akan membuat konsumen jadi tertarik untuk datang. 

Atur posisi barang berada pada tempat yang tempat serta nyaman untuk dipandang. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi toko dengan papan tabel harga. 

Sehingga dengan begitu para pembeli tidak perlu bertanya lagi mengenai harga barang yang tengah mereka incar. 

Beberapa jenis konsumen terkadang malu ketika harua bertanya langsung kepada pemilik toko ataupun penjaga toko mengenai harga barang, oleh karena itu penggunaan papan harga dirasa sangatlah efektif digunakan.


Cara Sukses Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas


4. Gencar Melakukan Promosi

Tanpa adanya promosi usaha Anda tidak akan diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu Anda perlu melakukan promosi ini secara gencar. 

Banyak macam cara promosi yang bisa dilakukan, misalnya promosi dari mulut ke mulut merupakan hal yang paling sederhana untuk dilakukan. Selain itu promosi jenis ini tentu tidak akan membuat Anda mengeluarkan uang. 

Agar nantinya proses penyampaian informasi jadi lebih maksimal, maka Anda perlu membuat daftar poin-poin yang akan dijabarkan pada calon konsumen. 

Jangan lupa juga untuk meminta mereka agar mempromosikan usaha Anda pada keluarga, teman serta rekan kerja mereka supaya bisnis semakin banyak diketahui oleh orang. 

Cara promosi lain yang juga sangat efektif untuk di terapkan yaitu menggunakan akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Selain itu juga Anda dapat menggunakan e-commerce yang saat ini telah banyak tersedia. 

Menggunakan media sosial sebagai sarana promosi merupakan hal yang sangat tepat untuk dilakukan. Selain biaya yang harus Anda keluarkan tergolong kecil atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali, promosi menggunakan media sosial juga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Apa Saja Tips yang Bisa Dilakukan Agar Dapat Melakukan Promosi Secara Efisien?


Berikut ini merupakan tips agar promosi di media sosial Anda jadi lebih efektif serta efisien.

Anda perlu membuat akun khusus untuk bisnis jual beli barang bekas.

Gunakan lebih dari satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Jadi di sini Anda jangan hanya berfokus pada satu jenis media sosial saja. 

Semakin banyak Anda menggunakan media sosial untuk promosi, tentunya peluang akan semakin lebih besar.

Jadilah responsif saat Anda membalas komentar atau pertanyaan dari calon konsumen di media sosial. Jangan biarkan calon konsumen menunggu terlalu lama balasan dari Anda. 

Karena jika Anda terlalu lama membalas, ditakutkan konsumen akan berpindah ke toko yang lain atau barangkali mereka akan mulai kehilangan minat untuk membeli barang tersebut.

Unggah foto produk-produk secara berkala. Jangan lupa pula untuk mencantumkan testimoni dari para konsumen yang puas dengan toko Anda. 

Dengan adanya testimoni akan semakin meyakinkan para pengunjung tentang kualitas dari toko barang bekas yang Anda rintis tersebut.


Cara Sukses Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas


5. Jalin Kerja Sama

Ketika usaha Anda semakin lancar dan banyak konsumen yang mulai berdatangan untuk membeli, tentunya lama-kelamaan barang Anda pun akan mulai habis. 

Agar bisnis jual beli barang bekas dapat terus berlanjut dan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Maka perlu dilakukan kerja sama dengan beberapa pihak untuk memperoleh pasokan barang bekas. Dengan begitu barang-barang di toko Anda akan selalu tersedia dan memiliki banyak pilihan yang bisa dibeli oleh para konsumen.


6. Kembangkan Sikap Jujur

Memiliki sifat jujur sangatlah penting dalam menjalankan suatu bisnis, apa pun itu. Tidak terkecuali untuk bisnis jual beli barang bekas ini. 

Oleh karenanya Anda perlu mengutamakan kejujuran, terlebih pada konsumen Anda. Berikan informasi secara lebih mendetail terkait kondisi barang yang hendak dibeli oleh para konsumen. 

Jangan terlalu melebih-lebihkan sesuatu agar nantinya konsumen tidak merasa kecewa jika ternyata ucapan Anda tidak terbukti benar. 

Ketika konsumen mulai kecewa, otomatis mereka akan enggan untuk datang membeli di toko Anda lagi. Lebih buruknya lagi ditakutkan konsumen akan berbagi pengalaman kurang memyenangkan tersebut pada teman-teman dekat ataupun kerabat. 

Bahkan tak jarang yang lebih ekstrim dengan menyiarkannya di media sosial, sehingga banyak orang yang mengetahui permasalahan si konsumen. 

Tentunya hal tersebut akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha jual beli barang bekas yang tengah Anda kelola tersebut. 

Itulah tadi cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk sukses dalam merintis usaha jual beli barang bekas. Usaha ini memiliki prospek yang sangatlah bagus, terlebih saat ini masih sedikit kompetitor di bidang ini. Terapkan semua langkah-langkah di atas agar usaha Anda terus berkembang dan maju.

 



Post a Comment for " Cara Sukses Merintis Usaha Jual Beli Barang Bekas"