Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kelebihan Aplikasi Tiktok dari Aplikasi Media Sosial Lainnya


Aplikasi yang sempat viral pada pertengahan 2018 adalah tiktok, nyatanya aplikasi ini banyak menuai kelebihan bagi para penggunanya. Tiktok adalah salah satu aplikasi yang pernah diblokir oleh pemerintah lewat Kominfo.

Dari kesalahan tersebut tiktok bangkit bertransformasi menjadi aplikasi yang berusaha untuk mendidik bagi para penggunanya, dan endingnya tiktok berkembang ke arah positif.  Tiktok juga memiliki berbagai macam fitur yang menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi aplikasi ini.

 Di sini kami akan menjelaskan berbagai macam kelebihan tiktok dibanding aplikasi media sosial lainnya. Tiktok juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menjual pernak-pernik, barang dagangan atau bahkan mempromosikan berbagai macam produk yang Anda jual demi menopang ekonomi keluarga. Berikut adalah kelebihan aplikasi Tiktok, meliputi :


Apa Saja Kelebihan Aplikasi Tiktok ?


1. Tidak perlu akun untuk melihat video di Aplikasi Tik Tok dan Video Pendek 15 detik. 

Tiktok adalah jejaring sosial yang mudah sekali digunakan, tak seperti aplikasi lainnya tiktok merupakan salah satu aplikasi yang tak perlu menggunakan akun untuk melihat video di aplikasi tiktok itu sendiri. 

Di aplikasi tiktok Anda dapat mengunjungi aplikasi untuk melihat video tanpa akun yang Anda miliki sendiri. Hal ini tentu berguna dan lebih mudah dibanding harus login terlebih dahulu. Segala macam video yang diupload di tiktok umumnya 15 detik saja.

Dengan durasi yang singkat dan pendek tersebut membuat orang yang menggunakan aplikasi lebih hemat kuota internet. Durasi yang singkat juga tidak membuat orang gampang bosan, dengan durasi yang singkat pula Anda dapat memahami sesuatu dengan mudah tanpa harus menontonnya berjam-jam. 


2. Filter yang dimiliki aplikasi tiktok beragam dan Banyak Challenge di dalamnya

Tiktok memiliki fitur filter yang beragam bahkan banyak sekali, filter tersebut dapat digunakan oleh para penggunanya. Perusahaan yang menciptakan tiktok mengklaim bahwa filter yang dimiliki oleh aplikasi ini berbeda dengan aplikasi serupa karena lebih beragam. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi para pengguna tiktok karena bebas berkreasi dan berekspresi. 

Tiktok juga mempunyai challenge yang beragam, challenge itu sendiri biasanya hadir dari seluruh negara yang menggunakan tiktok, demikian juga di Indonesia. Banyak sekali challenge yang viral seperti hashtag taktahumalu, filterswipe dan challenge-challenge menarik lainnya yang disediakan oleh pihak tiktok sendiri, hal ini tentunya akan membuat penggunanya lebih semangat mengikuti challenge tersebut. 

Benarkah Aplikasi Tiktok Bisa Menggunakan Background Musik Pilihan ?


3. Bisa menggunakan background musik pilihan dan Tidak ada Iklan pada Aplikasi

Anda dapat menggunakan background musik pilihan sendiri, kelebihan ini adalah kelebihan yang paling menonjol dari aplikasi tiktok karena pada aplikasi tiktok ini sendiri, pengguna dapat menambahkan musih latar untuk membuat video yang dibuat menjadi lebih hidup dan lebih kreatif. 

Memilih musik latar yang ditawarkan pun dapat dibilang cukup banyak dan up to date.  Di aplikasi tiktok sendiri tidak terdapat iklan, tak seperti aplikasi lain, aplikasi ini tidak ada iklan sama sekali.

 Pengguna juga tidak merasa dirugikan karena aplikasi ini membuat pengalaman menggunakan aplikasi dengan perasaan puas, dan tidak terganggu. 

Selain kelebihan, tiktok juga memiliki kekurangan ini termasuk pada dampak-dampak yang dihasilkan dari aplikasi tiktok kepara para remaja khususnya adalah dampak teknologi informasi dan komunikasi dari segi positif dan segi negatif. 

Manfaat aplikasi tiktok selain tiga poin di atas yaitu sebagai media kreativitas yang dapat mengembangkan dan mendorong seseorang berkarya. Aplikasi tiktok adalah aplikasi yang dapat membuat seseorang mengekpresikan kreativitas khususnya dalam pembuatan video karena aplikasi tiktok sendiri adalah platform untuk membuat video dengan efek spesial, unik dan mudah. 

Tiktok juga adalah aplikasi yang menyuguhkan berbagai macam musik untuk latar video, hingga penggunanya dapat menciptakan video yang lebih menarik. 

Platform media sosial ini juga berbasis video dan musik juga dapat melatih diri remaua atau anak-anak untuk mengasah skill editing video serta menciptakan konten-konten yang lebih bermanfaat. 

Tentunya terdapat banyak sekali dampak negatif untuk para remaja yang ditimbulkan dari aplikasi tiktok ini, tak sedikit artikel yang membahas tentang dampak negatif dari tiktok hingga Kominfo harus memblokirnya. 

Karena secara tidak langsung tiktok adalah penyebab generasi remaja suka bergoyang ria, jika Anda termasuk orang yang aktif di Instagram pastinya Anda akan menjumpai netizen dengan berbagai video yang dibuat di aplikasi tiktok ini. 

Beragam video, ada yang biasa saja, ada yang luar biasa keterlaluan bahkan beberapa dari remaja bergoyang ria dengan sikap tak wajar. 

Video yang tak wajar tersebut tidak hanya dilakukan oleh remaja saja, namun melibatkan anak kecil dalam pembuatan video tiktok demi respon atau sekedar mengejar fyp dari netizen, bahkan berani bernyanyi lagi dan akting layaknya orang dewasa cukup umur. 

Bahkan YouTube lebih baik jika memang aplikasi tiktok dianggap sebagai media hiburan. Tujuan aplikasi tiktok sendiri memang pure untuk hiburan semata, namun yang berlebihan juga tidaklah benar.

Karena sebagian dari kita juga telah akrab dengan berbagai berita viral yang hebol alias miris jika melibatkan aplikasi yang satu ini.

Walau kita dapat mengasah kemampuan sebagai video creator sekalipun dan langsung dengan aplikasi yang lebih memadai. Tidak sedikit video tak pantas yang beredar dan mencontohkan hal yang tidak baik, bagi para remaja maupun anak-anak zaman sekarang. 

Banyaknya video dengan aksi yang tak pantas tersebut membuat para pengguna tiktok melenceng pada penistaan agama seperti membuat konten video berjoget bersama ketika melakukan sholat, dan hal ini justru amat melenceng walau sekedar hiburan. 

Pun tak sedikit akun yang mengunggah video sejenis tanpa sadar bahwa video tersebut tak pantas untuk ditiru karena dapat membuat kenakalan anak zaman sekarang menjadi beragam, hal ini diperlukan peran keluarga dan peran orang tua dalam mendidik anaknya dengan memberikan pengarahan para anak yang kecanduan tiktok, belum lagi kasus lainnya yang memberi dampak negatif pada pengguna. 

Kreatif adalah pikiran yang berguna bagi nusa dan bangsa namun terlalu kreatif demi video yang lucu dan menarik hingga tak mampu menilai yang mana yang sekiranya pantas dan yang tidak adalah hal yang tidak disarankan karena tak sedikit remaja yang memang kreatif dalam membuat video agar mendapat respon dari orang lain namun tak memperhitungkan mana yang pantas dan yang tidak. 

Sebagian pengguna tiktok seperti tidak berpikir dahulu sebelum merekam apa yang mereka perbuat, mungkin mereka hanya berpikir bagaimana cara menjadi viral, bagus, oke dan menarik banyak respon dari penonton tanpa peduli dengan apa yang mereka tampilkan kepada khalayak justru mengundang sikap jijik dan buruk untuk diri sendiri. 

Penjelasan di atas adalah penjelasan tentang positif negatif yang dihasilkan dari media sosial aplikasi tiktok yang tengah fenomenal di Indonesia, meski masyarakat berpikir lebih banyak sisi negatifnya dibanding negatif. 

Namun menyalahkan perkembangan dari teknologi adalah hal yang salah, karena itu semua bergantung pada penggunaan aplikasi itu sendiri. 


 






Post a Comment for " Kelebihan Aplikasi Tiktok dari Aplikasi Media Sosial Lainnya"