Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tertarik Punya Usaha Jual Bunga? Dapatkan Inspirasi Dari Ulasan Berikut


Jika Anda punya ide untuk memulai usaha jual bunga, maka beruntunglah Anda karena telah memilih usaha yang mempunyai pasar luas. 

Semakin luas pasar suatu bisnis, maka akan semakin pula mendapatkan keuntungan dari sana. Apalagi jika nantinya Anda bisa memilih lokasi usaha yang tepat sehingga minim pesaing, semakin besar keuntungan yang bisa didapat.

Memulai usaha jual bunga sebenarnya tidak sulit, hanya saja tetap akan ada usaha yang dilakukan di awal. Usaha seperti mencari supplier bunga, mencari aksesoris, menambah wawasan, dan mau mengeluarkan modal.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha jual bunga akan dibahas. Sebelumnya akan ada info beberapa jenis usaha bunga terlebih dahulu yang bisa menambah inspirasi Anda. 

Kemudian dilanjutkan dengan tabel yang berisi perkiraan keuntungan yang bisa didapat dengan menjalankan bisnis ini.


Jenis-Jenis Usaha Jual Bunga


Mulai dari usaha jual bunga dalam bentuk buket bunga atau bunga ikay hingga bunga plastik, semua yang ada di daftar berikut bisa dijadikan inspirasi. Betul sekali, usaha bunga tidak melulu harus menjual bunga segar.

Bunga plastik juga bisa ditawarkan dan tetap bisa memberikan keuntungan, sebab sekarang ini banyak juga orang yang mencari bunga palsu untuk memberikan kesegaran di dalam ruangan tanpa harus merawatnya. Langsung saja simak beberapa jenis usaha jual bunga berikut.


1. Buket Bunga dan Bunga Ikat

Diawali dengan usaha bunga ikat atau yang memiliki sebutan lain buket bunga. Bisa dikatakan jenis usaha inilah yang paling laris. 

Selain memiliki pasar yang sangat luas, konsep memberikan benda ini untuk sebuah perayaan juga sedang trend.

Apalagi produk bunga-bunga an ini bisa didapat dengan budget berapa saja. Mulai dari 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah harganya. 

Jika benar nanti usaha yang Anda pilih adalah buket bunga ini, maka Anda harus tentukan target pasarnya. 

Apakah usaha bunga ini akan di branding semewah mungkin sehingga targetnya kelas menengah ke atas, atau yang menyeluruh untuk kelas apa saja.

Apa yang harus dipersiapkan sedang-sedang saja, seperti misalnya bunga segar, aksesoris, ruang usaha, hingga strategi marketing seperti sosial media khusus.


Tertarik Punya Usaha Jual Bunga Dapatkan Inspirasi Dari Ulasan Berikut



2. Bunga Papan (Karangan Bunga)

Pilihan berikutnya adalah bunga papan. Sama-sama dibutuhkan, namun akan lebih jarang daripada buket atau bunga ikat. 

Meski begitu, sekalinya ada pesanan karangan bunga, keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Keuntungan satu kali pesanan karangan bunga lebih besar daripada keuntungan satu kai pesanan bunga ikat.

Persiapan untuk menjalankan bisnis bunga ini lebih banyak. Dari bahan bakunya saja lebih banyak, harus ada papan, kayu, bambu, dan lainnya. Juga dibutuhkan sarana transportasi, seperti pick up misalnya.

Target pasar karangan bunga memang biasa siapa saja, namun mayoritas mereka orang penting atau yang memiliki banyak relasi. 

Sebab karangan bunga biasa dipesan untuk memberikan selamat atas bisnis baru, memberikan selamat atas pernikahan seseorang, hingga memberikan belasungkawa untuk orang yang meninggal.

Seperti bunga ikat, karangan bunga juga ditawarkan dengan harga yang beragam tergantung pesanan. Untuk saat ini, harga karangan bunga yang paling murah dengan ukuran sedang sekitar 500 sampai 600 ribu an rupiah. Ada karangan bunga yang dipesan sedemikian rupa hingga memiliki harga jutaan rupiah.


3. Bunga Untuk Ziarah Kubur

Selanjutnya adalah usaha jual bunga untuk ziarah kubur. Selalu dibutuhkan, dan bisnis ini tidak akan meredup. 

Malahan keuntungannya juga bisa terhitung besar. Dibanding semua jenis usaha yang disebutkan dalam daftar ini, usaha ini hampir tidak membutuhkan skill sama sekali.

Anda hanya perlu belanja bunga tabur secara grosir, kemudian stand by di sekitar pemakaman untuk menjualnya. 

Risikonya adalah rugi karena tidak ada yang berziarah. Namun, meski begitu tetap tidak terlalu rugi karena modal yang dibutuhkan tidaklah banyak.


4. Bunga Plastik

Terakhir adalah usaha yang menjual bunga plastik. Ruangan kantor, studio foto, rumah, dan beberapa jenis ruangan lainnya akan lebih membutuhkan bunga yang palsu daripada yang asli.

Yang memilikinya tetap akan dapatkan pemandangan cantik, namun tak perlu memberikan perawatan ekstra. Tidak perlu menyirami, memberi pupuk, mengeluarkan, dan lainnya.


Tertarik Punya Usaha Jual Bunga Dapatkan Inspirasi Dari Ulasan Berikut


Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Dalam Usaha Jual Bunga?


Apapun jenis usaha jual bunga yang dipilih nanti, tetap ada persiapan yang sifatnya umum untuk diketahui. Berikut adalah beberapa yang harus dipersiapkan.


1. Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi atau ruang usaha wajib dimiliki, apapun jenis usaha yang telah Anda pilih. Lokasi yang strategis untuk berjualan bunga ikat bisa di sekitar area kampus, untuk menjual bunga papan atau karangan bunga bisa di sekitar perkotaan sehingga mudah ditemukan, begitu juga untuk bunga plastik dan bunga tabur.

Memilihnya tetap disesuaikan dengan budget, jangan paksakan modal yang ada untuk pemilihan lokasi ini. Sebab nantinya Anda harus bermodal lagi untuk bunga yang dijual.


2. Supplier Bunga Segar

Persiapan selanjutnya adalah supplier bunga segar. Bisa diawali dengan mencari supplier yang paling bisa menawarkan harga murah dan memang mau setiap harinya datang ke toko Anda untuk mengantar bunga.


3. Wadah-Wadah Khusus Bunga

Harus punya wadah-wadah yang dikhususkan untuk bunga sebagai stok. Termasuk untuk jualan bunga tabur, tetap akan membutuhkan wadah khusus supaya bunga selalu dalam keadaan bagus sehingga menarik perhatian.

Juga untuk jualan bunga plastik, rak dan penataan yang tepat akan membantu Anda menarik daya beli calon pelanggan.


4. Wawasan

Punya usaha jual bunga akan membuat Anda belajar, mempelajari bagaimana cara menyusun bunga, cara menarik perhatian pelanggan, hingga cara marketingnya. 

Kecuali jika Anda merekrut karyawan untuk menjadi florist, untuk menjadi tim marketing, dan lainnya, tidak perlu belajar.

Bahkan untuk menjual bunga tabur pun tetap ada yang sebaiknya dipelajari, mengetahui masa-masa pemakaman ramai peziarah misalnya.


Tabel Perhitungan Modal dan Keuntungan

 

Di bawah ini adalah tabel yang berisi perhitungan perkiraan keuntungan yang bisa didapat dengan menjalani usaha jual bunga. 

Jenis usaha yang dipilih adalah usaha buket bunga dan bunga ikat, yang memiliki target pasar paling luas.

Ya, seperti yang telah dibahas sebelumnya, usaha jenis ini akan memberikan Anda pasar anak kuliah, anak sekolah, masyarakat umum, hingga pekerja. Siapa saja berpotensi membutuhkannya.

Tertarik Punya Usaha Jual Bunga Dapatkan Inspirasi Dari Ulasan Berikut

Karena usaha buket dan bunga ikat membutuhkan beberapa jenis bunga sekaligus, maka di tabel diisi 4 jenis bunga berbeda yang memiliki kesan mewah. 

Target pasar dari tabel perhitungan di atas adalah kelas menengah ke atas, sehingga membutuhkan bunga-bunga seperti hydrangea, tulip, dan bunga matahari.

Dalam tabel, dibuat contoh bahwa dalam satu hari bisnis jual bunga ini bisa menjual 5 bunga ikat. Dengan satu ikatnya akan berisi sekitar 7 bunga mawar, 1 bunga matahari, 1 bunga tulip, 1 bunga hydrangea, dan dihias dengan pepohonan. Kemudian dibalut dengan plastik dan kertas khusus, serta diikat dengan pita.

Modal yang dibutuhkan untuk beli bunga di supplier, sewa ruang usaha dalam satu hari, hingga aksesorisnya adalah sebesar Rp458.000. 

Dengan harga jual bunga per ikat sebesar Rp120.000, dalam satu hari Anda bisa dapat keuntungan sekitar Rp142.000. Semakin besar keuntungannya apabila semakin banyak bunga yang dijual.


Kesimpulan

Usaha jual bunga adalah usaha yang memiliki pasar luas. Ada banyak jenisnya dan masing-masing memiliki target pasar tersendiri. 

Apapun jenis usaha bunga yang Anda pilih nanti, semuanya tetap memberikan harapan untuk bisa berikan omset yang besar.

Dengan persiapan yang sudah Anda ketahui, hingga mengerti berapa perkiraan keuntungan yang bisa didapat dalam satu hari, tentu Anda akan lebih siap berbisnis kedepannya. 

Di awal mungkin akan ada tantangan tersendiri dalam membuka usaha jual bunga ini, Anda pasti bisa melewatinya!


Post a Comment for " Tertarik Punya Usaha Jual Bunga? Dapatkan Inspirasi Dari Ulasan Berikut"