Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Belajar Matematika Dasar Psikotes Agar Lolos Saat Melamar Kerja


Belajar matematika dasar psikotes biasanya sering diabaikan oleh kebanyakan orang yang ingin melamar kerja. 

Padahal salah satu tes ini juga menjadi penentu apakah akan lanjut ke tes berikutnya atau tidak. Bahkan pada psikotes ini juga terdiri dari beberapa bagian. 

Mulai dari psikotes sosial, mengasah kreativitas dengan menggambar objek dan salah satunya matematika.

Untuk diterima di sebuah perusahaan bonafit biasanya akan dilakukan banyak tes mulai dari psikotes, tes fisik, tes pengetahuan, tes wawancara dan tes kesehatan. 

Jika semuanya sudah terlampaui dan lolos, maka masih ada beberapa tahap lagi untuk bisa diterima sebagai karyawan. Misalnya ada pelatihan maupun training selama beberapa bulan.

Jadi tidak hanya psikotes saja, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Bahkan sebelum tes saja sudah ada beberapa seleksi kelengkapan berkas maupun dokumen yang akan dibutuhkan.


Pentingnya Belajar Matematika Dasar Psikotes

Perhitungan dalam dunia pekerjaan di kebanyakan bidang unit usaha memang sangat dibutuhkan. Tak heran jika hampir semua perusahaan yang sedang membuka lowongan akan menggunakan tes matematika di seleksinya. Tes semacam ini biasanya disepelekan dan cenderung dianggap mudah tanpa perlu belajar.

Faktanya kalau sudah memasuki ruangan psikotes, banyak hal bisa berubah. Kadang ada beberapa perusahaan yang memang mempunyai standar yang ketat dalam psikotes. Karena mungkin nantinya skill berhitunglah yang akan diutamakan.


Pengertian Matematika Dasar Psikotes


Belajar Matematika Dasar Psikotes Agar Lolos Saat Melamar Kerja


Tes spesifik pada seni berhitung ini memang menjadi salah satu alat ukur kemampuan seseorang dalam mengoperasikan logika berfikir pada angka. Berbagai operasi bilangan memang tidak semua orang suka. Faktanya, dengan soal - soal sederhana saja masih banyak yang salah menjawabnya.

Metode yang digunakan untuk berhitung dalam sebuah konsep matematika hanya tambah,kurang,kali,bagi. 

Namun kalau sudah masuk ke dalam soal cerita yang mencakup kehidupan sehari-hari, orang cenderung lebih memilih jawaban secara acak daripada memikirkan soal yang bisa menghabiskan waktu tes.

Psikotes juga akan mempunyai hitungan waktu. Ini tergantung dengan jumlah soal yang dikerjakan serta standar dari perusahaan terkait dalam skill yang akan dibutuhkan.


Konsep Belajar Matematika Dasar Untuk Psikotes

Jika Anda ingin mengikuti sebuah psikotes, Anda bisa belajar beberapa konsep dasar matematika di bawah ini :


Operasi Bilangan Bulat dengan Pecahan

Anda bisa menggunakan teknik ini sebagai latihan dasar sebelum mengikuti psikotes. Ini bisa dimisalkan dengan bilangan 4 + 1/4 -1/2 =... . 

Atau bisa Anda latihan dengan soal lain. Banyak juga contoh soal psikotes yang ada di internet, tinggal unduh saja. Atau bisa juga dengan mengikuti psikotes terdekat dari rumah Anda. Harga psikotes sekarang ini sangat terjangkau.


Operasi Bilangan dengan Desimal dan Persen

Pengoperasian bilangan ini akan ditemui jika nantinya berkerja dengan sumber masalah dan problemnya dari angka. 

Ada banyak unit usaha yang mengonversikan angka setiap harinya. Misalnya saja kontraktor yang selalu berjibaku dengan ukuran denah, bahan yang dibutuhkan serta pengeluaran uang maupun kas masuk yang ada. Semua berhubungan dengan angka bukan ? 

Sekarang kalau ditanya berapa persen keuntungan hari ini, Anda harus lincah dalam mengonversikan angka-angka dari hasil yang sudah di dapat.


Aplikasi dan Pemecahan Masalah

Di dalam psikotes ada juga sebuah soal yang sudah dirumuskan dalam suatu masalah, sekarang Anda disuruh menyelesaikannya. 

Misalnya saja mengenai perbelanjaan yang sudah menjual banyak barang yang tentunya dari produk yang berbeda dan harga yang berbeda.

Dengan demikian Anda disuruh untuk menggunakan logika berpikir kritis Anda untuk segera menghitung laba dan rugi dari perbelanjaan tersebut. 

Soal - soal matematika dasar psikotes yang seperti inilah yang biasanya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, karena memang juga butuh logika berpikir terkait narasi yang sudah dibuat.


Tips Ampuh Belajar Berhitung Cepat

Ada beberapa cara agar bisa mempunyai kemampuan berhitung dengan cepat. Salah satunya dengan rajin belajar matematika dasar psikotes. Fokus saja dengan topik-topik soal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Referensi tentang psikotes matematika di internet sekarang ini sudah banyak. Tinggal Anda unduh saja secara gratis dan nantinya bisa Anda ambil sebagai latihan.

Selain itu Anda juga mengikuti kursus baik online maupun offline. Ada beberapa metode perhitungan yang bisa Anda lakukan dengan cepat, tanpa menggunakan metode yang diajarkan di sekolah. 

Dengan demikian Anda pada saat psikotes bisa melakukan perhitungan dengan cepat karena waktu untuk psikotes memang sangat dibatasi.

Berbeda dengan tes yang Anda lakukan di sekolah, mengerjakan soal psikotes ini selesai tidak selesai tetap harus dikumpulkan. Karena seberapa pun jumlah soal yang dikerjakan akan menilai skill yang Anda punya.


Tips Lulus Psikotes Matematika Dasar Untuk Lamaran Kerja


Belajar Matematika Dasar Psikotes Agar Lolos Saat Melamar Kerja


Ada beberapa tips agar Anda bisa lolos dalam mengerjakan soal matematika untuk psikotes dalam melamar pekerjaan. Misalnya :

Optimis

Selalu optimis dalam menjalankan berbagai hal memang menjadi kekuatan utama untuk tetap melangkah demi tujuan yang akan dicapai. Tak terkecuali dengan mengikuti psikotes seleksi masuk ke sebuah perusahaan.

Karena memang psikotes ini merupakan langkah awal untuk bisa menentukan apakah masih bisa mengikuti tes selanjutnya atau tidak. 

kalau kriteria yang dicari perusahaan memang spesifik, biasanya dari awal psikotes saja sudah menerapkan standar yang tinggi.

Sering Berlatih

Jangan lupa berlatih karena untuk melamar bidang apapun yang sifatnya institusi sekarang ini sudah menggunakan psikotes. 

Anda bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk mengikuti training atau pelatihan tentang psikotes di tempat psikotes terdekat dengan rumah Anda.

Salah satu matematika dasar psikotes untuk melamar pekerjaan adalah tes koran atau sering disebut juga dengan tes kraepelin. 

Tes ini merupakan penjumlahan angka dengan deretan ke bawah secara acak yang terdiri dari ratusan angka.

Tes jenis ini bertujuan untuk melihat kecepatan berpikir, kecepatan tangan, fokus pekerjaan serta efisiensi waktu yang digunakan. 

Tes semacam ini tidak akan bisa saling menyontek, karena memang berpacu dengan waktu dari moderator untuk bisa lanjut ke lembaran berikutnya.

Karena memang tidak hanya satu lembar saja, bahkan bisa beberapa lembar sekaligus dalam waktu yang sudah dibatasi sesuai instruksi dan standar yang digunakan. 

Kalau tidak sering berlatih teknik kraepelin, Anda bisa tertinggal jauh mengerjakan soal jenis ini. Padahal semua instansi biasanya menerapkan tes ini.

Kerjakan Sendiri dan Fokus

Saat mengerjakan soal sebaiknya Anda jangan terpengaruh dengan apa pun. Kalau Anda sudah sering latihan, tentu akan lebih mudah beradaptasi dengan soal yang diberikan. 

Gunakan Efisiensi Waktu 

Psikotes memang waktunya sangat dibatasi, bahkan selesai tidak selesai tetap dikumpulkan karena memang yang dinilai bukan hanya hasil dari pekerjaan Anda saja, bahkan seberapa jauh kemampuan Anda terkait skill juga bisa digali dari psikotes ini.

Untuk itu gunakan efisiensi waktu yang diberikan. Misalnya 1 jam mengerjakan 30 soal. Anda batasi saja satu soal maksimal 1 menit. Jika lebih dari satu menit langsung skip ke soal berikutnya. 

Kerjakan yang Anda anggap lebih mudah dulu, setelah semua soal termudah selesai sekarang tinggal soal yang tersulit. Dan Anda sudah mengantongi banyak jawaban benar kalau menerapkan teknik ini.

Post a Comment for " Belajar Matematika Dasar Psikotes Agar Lolos Saat Melamar Kerja"