Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan dan Tips Belajar Keuangan Akuntansi Online Bagi Pemula

Pencatatan keuangan dan pembukuan untuk unit usaha maupun yang kelasnya sudah bisnis menengah ke atas, biasanya akan membuat sebuah buku besar yang mencakup keuangan. 

Jika Anda ingin membuat sebuah unit usaha, panduan belajar keuangan akuntansi online ini sangat cocok bagi semua jenis bisnis.

Pengaturan keuangan pada unit usaha merupakan hal yang sangat penting. Ini akan mencakup semua anggaran pemasukan dan pengeluarannya secara rinci. 

Keuntungan maupun kerugian yang di derita sebuah usaha akan teridentifikasi secara detail.

Untuk konsep belajar keuangan akuntansi online kali ini, cariduit.id akan memberikan konsep dasar untuk Anda agar lebih mudah mengelola semua keuangan bisnis yang sedang Anda jalankan.


Memahami Konsep Dasar Akuntansi

Sebelum membuat sebuah buku besar ataupun catatan keuangan bisnis, sebaiknya Anda pahami dulu konsep dasar pada akuntansi. 

Akuntansi adalah proses mencatat, klasifikasi secara detail, membuat ringkasan, mengolah sekaligus menyajikan data yang terperinci terkait semua transaksi yang dilakukan. 

Selanjutnya akan dijadikan sebagai stake holder untuk orang yang berkepentingan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.

Buatlah konsep sederhana tentang keuangan anda, misalnya terkait kredit dan saldo. Semua harus terperinci, apalagi terkait hutang piutang maupun laba rugi sebuah unit usaha.


Memilih Software Maupun Aplikasi Akuntansi Online

Panduan dan Tips Belajar Keuangan Akuntansi Online Bagi Pemula


Sekarang ini jaman sudah canggih, jika Anda masih mencatat keuangan di dalam buku dan menyimpannya di dalam lemari saja, berarti Anda belum bisa berpacu denga perkembangan teknologi.

Ada banyak aplikasi dan software yang sekarang ini telah hadir dalam membantu membuat data keuangan. 

Berbagai jenis aplikasi web juga bisa Anda gunakan agar lebih mudah mengelola laporan keuangan baik secara personal maupun secara team.

Di bawah ini akan kami berikan rekomendasi aplikasi, software maupun website yang bisa Anda gunakan untuk membuat serta mengelola keuangan secara personal dan tim. 

Cocok untuk unit usaha pribadi baik offline maupun online atau perusahaan yang sudah punya banyak karyawan.


Integrasi Google Fitur

Google merupakan raksasa internet yang dimulai dari produk pertamanya sebuah mesin pencarian. Kini Google sendiri sudah mempunyai banyak produk mulai dari Gmail, Playtsore, dan masih banyak lagi.

Produk Google yang bisa di integrasikan dengan data akuntansi adalah Google dokumen. Google dokumen juga mempunyai format yang bisa membaca dan dibaca oleh microsoft office. 

Office dari Google ini bersifat online dan tersimpan di cloud Google.

Anda bisa membuat sebuah data tentang keuangan bisnis dengan Google spreadsheet ( layaknya microsoft excel ) dan Google Document ( layaknya microsoft word ). 

Selain itu Anda bisa menyambungkan dengan produk Google lainnya. Misalnya saja Google form, Google drive dan masih banyak lagi untuk mengolah data keuangan Anda.

Kami contohkan Anda mempunyai usaha yang membuka program reseller online. Anda bisa membuat sebuah data produk dan data di Google spreadsheet. 

Selanjunya untuk detail terkait produk bisa Anda simpan di Google drive. Untuk opsi pemesanan atau input dari pelanggan Anda bisa membuat form dengan Google form.

Satu email Google bisa mengakses semua produk dari Google. Dan yang paling menyenangkan adalah gratis. Anda bisa menggunakan semua produk Google yang sudah kami sebutkan di atas tanpa ada biaya bulanan.

Kemudahan dalam pengolahan data secara online, data tidak akan hilang dan lebih aman. Apalagi server Google, pasti lebih aman dan tentunya unlimited. 

Belajar keuangan akuntansi online untuk pemula memang disarankan untuk menggunakan penyedia layanan yang gratis. Salah satunya produk Google.


Microsoft 365

Dari segi microsoft memang sudah digunakan banyak orang sekarang ini. Bahkan semua pengguna akuntansi lebih banyak menggunakan program pengolahan data dari microsoft office. 

ada salah satu produk dari microsoft office yang bisa mengoleh data akuntansi secara bersama dengan microsoft 365.

Produk ini memang berbayar, namun kalau untuk urusan performa sudah tidak diragukan lagi. 

Dengan menggunakan software berbasis online dan sudah terintegrasi dengan berbagai produk dari microsoft ini bisa mempermudah mengelola akuntansi keuangan Anda baik individu maupun secara tim, tergantung dari produk yang Anda beli.

Untuk harga dari software ini cukup beragam, ada berbagai opsi untuk standar personal maupun tim. Jika Anda ingin menggunakannya Anda bisa langsung membelinya di official website resmi microsoft.

 Jangan membeli dari pihak ketiga yang tidak resmi, dikhawatirkan sudah terbajak malware yang kemudian justru bisa membuat data keuangan Anda bisa bocor.


Odoo

Salah satu aplikasi web untuk membuat sistem akuntansi online adalah Odoo. Software ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang bisa Anda gunakan secara online dan di install di hosting. 

Dengan demikian Anda bisa menggunakannya secara bersamaan dengan karyawan maupun regu tim bisnis yang Anda kelola.

Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Odoo. Bahkan dari pengelolaan data keuangan mulai dari aspek kredit, debit, saldo, transaksi, pengeluaran dan segala jenis invoice semuanya tercatat secara rapi di dalam sistem.

Data karyawan, data project maupun jadwal pekerjaan juga bisa Anda buat untuk mengorganisir website Anda. 

Belajar keuangan akuntansi online bisa dengan mudah jika Anda menggunakan aplikasi software web yang satu ini.

Anda bisa langsung membuat akunnya di website resmi Odoo. atau anda bisa menginstallnya di hosting. 

Sedangkan jika ingin Anda kelola melalui ethernet, Odoo ini juga tersedia dalam bentuk ekstensi bitnami xamp yang bisa Anda install langsung di komputer server.

Software berbasis web yang satu ini akan lebih cocok untuk sebuah perusahaan, pasalnya Anda bisa mengelola semua data perusahaan baik keuangan dan personil karyawan hanya dalam satu aplikasi web dalam satu server.

Semisal di kantor Anda ingin membuatnya cukup mudah. Pertama Anda buat internal server di komputer kantor. Install Odoo dan konfigurasi. 

Kemudian koneksikan semua komputer yang ada dengan LAN dan jadikan komputer utama sebagai server.

Dengan demikian semua karyawan Anda bisa mengelola data keuangan bisnis perusahaan dengan mudah tanpa harus kehilangan data.


Panduan dan Tips Belajar Keuangan Akuntansi Online Bagi Pemula


Data keuangan bisnis Anda akan lebih rapi dan mudah dalam pengelolaan. Jika di install di server hosting bebayar, karyawan Anda bahkan bisa mengelolanya hanya dari rumah dengan jaringan interntet.

 Ini sangat cocok dengan suasana dan kondisi sekarang ini yang memaksa untuk work from home.

Belajar keuangan akuntansi online dengan berbagai aplikasi maupun penyedia layanan di atas mempunyai banyak peluang besar agar nantinya Anda bisa membuat aplikasi Anda sendiri.

Pengolahan data sekarang ini banyak dibutuhkan oleh semua pengusaha dan pelaku bisnis. Jadi tidak ada salahnya Anda belajar keuangan akuntansi online mulai dari sekarang.

sebenarnya Anda juga bisa lebih kreatif dengan mempelajari aplikasi web administrasi yang sudah banyak di sebarkan di internet. Anda bisa mengeditnya beberapa dan disesuaikan saja dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Sistem administrasi online memang mempunyai banyak kemudahan. Salah satunya bisa dikelola dari mana saja dan data juga bisa lebih rapi serta lebih aman ketimbang data tercatat dalam buku yang nantinya bisa terpencar.


Post a Comment for " Panduan dan Tips Belajar Keuangan Akuntansi Online Bagi Pemula"