Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik



Portofolio online memang sangat penting bagi seorang freelancer. Dengan portofolio online, semua profil dan skill yang di promosikan lebih mudah dipahami klien. 

Secara langsung protofolio menampilkan sebagian besar dari diri anda, jadi klien bisa langsung mengenali skill yang dikuasai sebelum masuk negosiasi.


Cara Membuat Portofolio Online Paling Menarik Hanya dengan Android


Ada banyak sekali template portofolio online yang ada di berbagai website. Bahkan juga sudah ada website pembuat portofolio online yang bisa anda gunakan secara gratis. 

Namun sebelum mengarah ke pembuatan portofolio, sebaiknya mengerti dulu berbagai tips agar portofolio anda tampilannya menarik dan jasa yang anda tawarkan bisa mencuri perhatian klien.

Dibawah ini ada 7 tips agar klien yang datang ke portofolio online tidak bisa lari dan langsung menghubungi anda. Diantaranya,


1. Letakkan Portofolio Online Anda di Tempat yang Tepat


Jika ingin lebih profesional dalam menjajakan jasa anda, sebaiknya portofolio online anda diletakkan pada penyedia hosting dan layanan yang tepat. 

Pilih penyedia jasa hosting dan layanan yang bisa memberikan dukungan 24 jam/ 7 hari secara full time tanpa ada kendala. Dukungan costumer service juga mudah dihubungi dan tidak gampang down.

Ini akan membuat anda jauh lebih tenang daripada meletakkan di tempat yang tidak bisa diandalkan. Kalau servernya sering down, klien anda justru akan banyak yang kabur. 

Percayakan saja dan pilih hosting yang benar-benar bisa menjamin kecepatan dan keamanan portofolio online anda.


2. Seni Bercerita Lewat Biodata


Kebanyakan bagian portofolio onlinenya hanya membuat sebuah ringkasan sederhana terkait skill yang dimiliki, padahal bisa diceritakan dengan mengemas konsep skill yang anda punya serta pengalaman ataupun dengan prestasi project terbaik yang pernah anda buat. 

Jangan cuma informasi umum saja yang anda cantumkan, namun informasi khusus misalnya terkait goals anda dimasa mendatang, kenapa anda bisa menekuni skill yang sekarang dimiliki maupun terkait waktu luang. 

Pokoknya ceritakan saja semua yang relevan dengan diri anda namun tetap mengacu pada story telling, sehingga klien bisa mengenal lebih dekat sebelum masuk ke negosiasi.


3. Menampilkan Project yang Terbaik Diantara Semua Project yang Pernah  Anda Kerjakan


Kebanyakan orang hanya mencantumkan jumlah project yang pernah dibuatnya, padahal sekarang ini tidak hanya jumlah saja yang harus ditonjolkan, soalnya ini masih bersifat umum dan semua freelancer juga begitu.

Coba sedikit modifikasi dan lebih beda dari yang lain dengan hanya menampilkan project yang paling berkualitas yang pernah anda buat. Karena sudah ada istilah “ kualitas akan jauh lebih baik daripada kuantitas”. 

Supaya lebih paham, ini ada sebuah contoh sederhana. Misalnya seorang web developer yang sudah menyelesaikan lebih dari 100 web dalam 2 tahun terakhir. 

Namun ternyata ada web developer juga dan di bagian bionya tertulis telah berpartisipasi membuat website Tokopedia dan Gojek. Lebih keren yang mana menurut anda ?


4. Berikan Detail Pada Produk, Jasa dan Layanan yang Anda Jalankan


Sebisa mungkin untuk memberikan detail produk yang cukup lengkap. Usahakan orang yang membaca bio anda ini bisa paham dengan apa yang dituliskan, tak terkecuali orang yang memang diluaran industri dan jauh dari jangkauan pemasaran anda. 

Kalau orang yang diluar jangkauan saja bisa mengerti apa yang anda tuliskan, orang yang memang target market pasti jauh lebih paham.

Misalnya ada dua contoh dibawah ini :

a. Kami mempunyai jasa penulisan artikel murah untuk website dan blog.

b. Kami telah menyelesaikan lebih dari 100 artikel SEO untuk keperluan website jasa, website perusahaan dan website media lainya. 

Dan kabar baiknya sekitar 75 %  sudah masuk ke halaman pertama pencarian di Google dengan kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Dan kalau anda kebetulan pemesan jasa diatas, anda pilih opsi yang mana ?


5. Memilih Gambar yang Menarik Unuk Portofolio Online


banyak yang masih kurang efisien dalam menaruh gambar di portofolio onlinenya. Kebanyakan masih menggunakan gambar yang kurang sesuai. 

Komposisi gambar atau tone yang di aplikasikan memang harus selaras sehingga bisa menarik perhatian klien untuk membaca dan memahami jasa yang anda tawarkan.

Pemilihan gambar sebaiknya diselaraskan dan relevan dengan aspek jasa yang anda jalankan. Kalau ada lebih dari dua gambar, usahakan selaras untuk warna, kontras maupun saturasinya. 

Gambar biasanya lebih banyak dilirik oleh klien ketika melihat sepintas, jangan sampai anda kehilangan banyak klien anda hanya karena gambar yang ada tidak bisa menarik perhatian klien.


6. Masukkan Konsep CTA


CTA atau singkatan dari call to action merupakan teknik mengarahkan pengunjung website untuk menghubungi pemilik website. Kalau di portofolio online tentunya mengarahkan klien untuk menghubungi anda.

Anda bisa merayu klien untuk bisa menghubungi lewat media sosial atau nomor whatsapp, dan bisa di letakkan di akhir halaman atau pada halaman tertentu. Misalnya saja di halaman kontak, about me atau di akhir pembahasan biodata.

Kalau klien sudah membaca lengkap terkait apa saja yang ada di website portofolio online anda, berarti besar kemungkinan klien akan segera menggunakan jasa anda. Untuk itu jangan sampai lupa untuk menaruh CTA di akhir portofolio online anda.


7. Optimasi Kecepatan Portofolio Online Anda

Website yang lambat bisa membuat klien anda kabur dan memilih kompetitor lain. Sedangkan klien biasanya sesegera mungkin bisa mendapatkan jasa yang ia butuhkan. Untuk itu optimasi portofolio online anda agar bisa diakses secara cepat di semua perangkat.

Untuk bisa mendapatkan akses kecepatan website, optimasi yang bisa anda lakukan meliputi tempat dimana anda menaruh portofolio online, jenis template yang anda gunakan serta optimasi gambar yang anda pakai untuk menghiasi portofolio jasa anda.


5 Rekomendasi Website  Untuk Membuat Portofolio Online Secara Gratis


Kalau anda masih susah untuk membuat portofolio online, anda bisa menggunakan bantuan website semacam generator yang sudah menyediakan banyak template portofolio sesuai dengan jasa dan skill yang anda jalankan.

1. Behance.net


Salah satu situs yang bisa anda gunakan untuk membuat portofolio online yang pertama adalah behance. 

Situs ini sudah ada sejak lama dan memang sudah banyak yang menggunakannya. Template yang ada di dalamnya juga cukup bagus dan cocok untuk semua lingkungan usaha jasa digital.

Keunggulan dari behance ini adalah :

Klien bisa tahu dengan proyek yang sedang dijalankan.

Jika ada portofolio baru maka akan ada informasi.

Ada fitur profil pribadi sehingga anda bisa menambahkan sosial media dan nomor telepon.

Fitur project yang dapat menggambarkan anda dengan project terbaik yang anda kerjakan.


2. Crevado.com

Website portofolio online yang kedua dan gratis digunakan adalah crevado. Didalamnya mendukung berbagai format gambar yang anda butuhkan. 

Misalnya saja gif, jpg, png dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menjual karya anda, namun untuk versi akun anda harus sudah premium.

Di dalamnya juga ada banyak dukungan tema dasar dan bisa anda gunakan secara gratis. Untuk anda yang ingin berlangganan secara premium juga bisa dan anda akan mendapatkan trial 14 hari pertama anda.


3. Clippsing.me

Situs ini sangat cocok bagi anda yang sedang ingin membuat portofolio online dengan jasa penulis, blogger maupun desainer. 

Ada banyak dukungan tema yang menarik dan bisa diandalkan agar tampilan portofolio anda semakin keren.

Ada beberapa keunggualan dari crevado ini. Misalnya saja terkait SEO, banyak tema yang menarik untuk freelancer mapun pada jaringan komunitasnya yang sudah mulai banyak.


4. Carbonmade

Website yang satu ini juga gratis untuk anda gunakan, bahkan didalamnya sudah ada jutaan gambar dan jutaan template porofolio online. Bahkan ada banyak keunggulan yang bisa anda jalankan secara gratis.

Kelebihan dari carbon made ini adalah layoutnya ada banyak,bisa mengunggah file jenis video dan juga ada juga fitur pengarsipan proyek.


5. Journo Portofolio

Kalau anda bekerja sebagai jurnalis, penulis konten maupun influencer yang lain, ini sangat cocok untuk membuat website portofolio anda jadi semakin menarik lagi. Ada banyak keunggulan jika anda menggunakan website ini. Diantaranya,

Gratis untuk digunakan.

SEO dan tampil di semua perangkat dengan cepat.

Integerasi dengan Google analytic agar pengunjung terhitung secara otomatis.

Multi page dan ulti section.

Post a Comment for " Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik"