Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Jenis Psikotes Karyawan dan Tips Lolos Psikotes Pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sudah sejak lama psikotes karyawan sudah menjadi agenda dasar pelaksaan pada proses seleksi penerimaan karyawan baru di berbagai perusahaan. 

Bahkan tidak hanya perusahaan saja, kebanyakan instansi sudah memakai konsep seleksi ini.

Pentingnya Sebuah Instansi Melakukan Psikotes Karyawan

Dengan melakukan psikotes karyawan, perusahaan maupun instansi terkait bisa mendapatkan analogi detail dari orang yang bersangkutan. 

Psikotes bisa membaca tingkat pemikiran logika dari setiap orang, dan bukan masalah menjawab soal dengan benar atau salah seperti tes di sekolahan. 

Namun dengan pilihan opsi yang dijawab, bisa menganalisa kepribadian seseorang dan bisa disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang sesuai. 

Misalnya saja dengan tes hitungan aritmatika. Jika seseorang bisa lolos dalam tes ini, nantinya ditempatkan di posisi pekerjaan yang selalu berhubungan dengan operasional angka.

Psikotes ini sangat penting dan memang semua rekrutmen mengandalkan tes ini sebagai dasar untuk dilanjut ke tes berikutnya. 

Biasanya di awali dengan psikotes karyawan, wawancara, tes fisik dan tes kesehatan. Semua hasilnya akan saling berkaitan.


Apakah psikotes karyawan ini sangat penting ?


8 Jenis Psikotes Karyawan dan Tips Lolos Psikotes Pekerjaan



Tentu saja sangat penting dilakukan agar bisa memaksimalkan kinerja karyawan di kemudian hari jika sudah masuk ke dalam anggota resmi industri. 

Ada tiga alasan mengapa psikotes yang dilakukan oleh berbagai karyawan ini nantinya bisa lebih produktif.

Bisa Memprediksi Performa Pekerja

Dengan berbagai tes yang sudah dilakukan dan berdasar hasil tes maka sebuah instansi bisa mengetahui tingkat performa kinerja dari peserta. Selanjutnya tinggal di seleksi mana yang akan di rekrut dan mana yang tidak.

Memberikan Informasi Lebih

Informasi tambahan seputar dunia kerja yang akan dihadapi bisa diberikan saat psikotes karyawan sedang berlangsung. 

Terkait jenis pekerjaan maupun lingkungan yang nantinya akan dihadapi bisa diselipkan informasi di dalam tes.

Bisa Memetakan Karyawan

Dengan hasil yang sudah di dapat dari psikotes karyawan, maka instansi terkait bisa memetakan dan menaruh karyawan dalam bidang pekerjaan yang ada sesuai dengan kompetensi maupun skill yang ia miliki.


Jenis Psikotes Karyawan yang Sering Dipakai Perusahaan Untuk Merekrut Karyawan Baru


Ada beberapa jenis tes psikotes karyawan yang perlu Anda ketahui. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan di berbagai instansi. 

Dengan mengetahui beberapa jenis psikotes, diharapkan Anda akan lebih sering berlatih sendiri dan ketika mengikuti psikotes akan lebih mudah.

Tes Psikotes Karyawan dengan Kemampuan Verbal

Pada jenis tes kemampuan verbal ini biasanya akan mencakup persamaan kata, lawan kata dan kata yang masih memiliki korelasi arti.

Tujuan dari diadakannya tes ini supaya perusahaan bisa mengetahui sejauh mana pemikiran Anda dalam menganalisa suatu masalah baik sebab akibat maupun pemecahan terkait solusi.

Supaya lebih mudah untuk mengerjakan tes ini sebaiknya Anda sering berlatih dan mempelajari banyak kata beserta artinya. 

Tes ini juga membutuhkan daya fokus serta konsentrasi yang tinggi, serta bisa membaca soal lebih jelas dan rinci. Biasanya akan ada 40 soal dengan jangka waktu pengerjaan yang sudah ditentukan.

Untuk contoh soalnya bisa Anda lihat di bawah ini :

Kamera : Lensa = Kalau manusia : ......

a. Mata 

b. Kaki

c. Tangan

d. Hidung

Jawaban yang paling tepat adalah a, ini dikarenakan kamera adalah perangkat dan lensa adalah penangkap objek. Sedangkan pada pilihan mata merupakan bagian tubuh yang bisa menangkap objek, ini analogi tepatnya.


Psikotes Penalaran Aritmatika


8 Jenis Psikotes Karyawan dan Tips Lolos Psikotes Pekerjaan


Soal yang akan disajikan dengan tes ini adalah berhubungan dengan angka. Tidak sedikit orang yang akan langsung pusing jika mendengar pengoperasian angka. 

Pada dasarnya biasanya akan disajikan deretan dan pola angka, lalu Anda di suruh untuk melanjutkan polanya. Misalnya saja 2,8,12,6......


Tes Kraeplien atau Tes Koran

Tes ini biasanya akan dibutuhkan pada perusahaan kelas bonafit dan sudah ternama. Tujuan tes ini adalah untuk pencapaian target sebuah standar pekerjaan dari suatu instansi.

Tes ini akan menjumlahkan angka dan hanya menulis bilangan bulat satuan saja di sela sela angka. Ada yang menggunakan pola naik dan ada yang menggunakan pola turun.

Psikotes Wartegg

Psikotes karyawan yang satu ini adalah melatih diri dalam kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan. 

Dengan tes wartegg ini Anda diharapkan akan lebih mudah dalam melakukan pemahaman dan kreativitas yang spontan sesuai dengan keadaan.

Dengan menggunakan tes ini, calon karyawan akan dihadapkan untuk melanjutkan menggambar di delapan kotak yang berbeda dan harus mengikuti pola yang sudah ada. 

Dengan pola yang sama, setiap peserta tes akan mendapatkan hasil gambar yang berbeda, ini tergantung kreativitas pola yang ada di pemikiran mereka.


Penalaran Deret Gambar

Psikotes karyawan yang satu ini masih sama dengan penalaran matematika, namun yang membedakan hanya digunakan simbol saja serta garis yang biasanya dibuat sebuah pola. Kunci untuk bisa menjawab benar semua soal ini adalah fokus dan lihat pada pola yang ada.


Menggambar Manusia

Salah satu psikotes karyawan yang paling banyak di tes kan untuk semua calon karyawan perusahaan biasanya akan mengadakan tes menggambar. Gambar yang paling sering adalah gambar manusia dengan topik bebas.

Buatlah gambar manusia dengan sebuah topik yang jelas, jangan cuma berdiri saja. Bahkan kalau bisa menjelaskan detail dari sebuah pekerjaan, karena ini nantinya akan ditanyakan di tes wawancara maksud dari tujuan Anda tentang gambar yang telah dibuat.


Menggambar Pohon

Salah satu objek yang sering menggambarkan sebuah benda di sekitar adalah pohon. Objek yang satu ini memang kelihatanya mudah, namun sebaiknya gunakan juga teknik menggambar dengan sudut pandang, biasanya akan lebih mudah disukai.


Tes EPPS

Pertanyaan yang ada di jenis tes kali ini sangat mudah untuk menjawabnya, pasalnya tidak ada jawaban benar atau salah. 

Dalam tes kali ini akan ada banyak pertanyaan yang akan menggambarkan tentang diri Anda. Sebaiknya pilih saja yang sangat sesuai dengan pribadi Anda.

Adakalanya akan ada sebuah pertanyaan yang akan diulang, hal ini akan menjadi acuan apakah Anda jujur dan benar - benar memperhatikan soal atau tidaknya.

Jika Anda disini adalah sebuah perusahaan yang akan mencari seorang karyawan, Anda bisa dengan mudah melakukan seleksi psikotes karyawan dengan menyewa jasa psikotes. 

Dengan cukup membayar biaya psikotes karyawan saja sudah bisa Anda tinggalkan proses perekrutan tim ini.

Atau kalau Anda sedang mencari pelatihan psikotes tentunya akan lebih baik jika mencari tempat psikotes terdekat dari rumah Anda. 

Dengan mengikuti berbagai pelatihan dan Workshop, Anda bisa menyelesaikan soal dengan durasi waktu paling cepat dari peserta lainya.

Harga tes psikotes sendiri ada berbagai macam, namun tentu akan lebih baik cari yang bisa menjamin ilmu yang dipelajari jelas - jelas bisa diterapkan jika nantinya akan mengikuti seleksi tes di berbagai perusahaan maupun instansi terkait.


Post a Comment for "8 Jenis Psikotes Karyawan dan Tips Lolos Psikotes Pekerjaan"