Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Marketing Mix


Marketing mix atau sering disebut juga dengan bauran pemasaran merupakan sebuah strategi pemasaran yang mana di sini bisa menentukan sebuah kesuksesan dari perusahaan dalam mengejar keuntungan secara lebih maksimal. 

Marketing mix adalah stategi memakai sebuah alat - alat pemasaran di dalam perusahaan yang dikenal juga dengan istilah marketing mix 7P. 

Marketing mix tersebut terdiri antara lain promotion, product, place, price, proses, people serta physical evidence.

Konsep tersebut tentunya akan berbeda dengan marketing mix 4P yang memang hanya mempunyai empat konsep saja, antara lain yaitu place, product, promotion serta price.


Apa itu yang Dimaksud dengan Marketing Mix ?


Setiap bisnis tentunya akan memakai sebuah strategi pemasaran untuk menjual dan mempromosikan pekerjaan mereka. Namun untuk istilah marketing mix strategi itu sendiri baru saja diciptakan saat pertengahan abad ke-20.

Salah seorang profesor Harvard dan juga seorang pakar pemasaran, di dalam sebuah pidato yang dilakukan pada tahun 1953 yang lalu telah menjelaskan terkait mengenai marketing mix. 

Serta bagaimana cara pemasar bisa melaksanakan dan mengembangkan rencana pemasaran agar jadi lebih sukses.

Bisnis bisa mengatur dan juga mengidentifikasi komponen dari market yang naik. Sehingga akan memungkinkan bagi bisnis tersebut untuk dapat membuat keputusan pemasaran yang sangatlah menguntungkan. 

Keputusan tersebut nantinya akan membantu sebuah bisnis untuk memperoleh beberapa tujuan, antara lain yaitu :


1. Beradaptasi akan menjadi lebih mudah dan lebih kompetitif di pasar.

2. Mengatasi kekurangan yang ada, serta meningkatkan kelebihan yang dimiliki.

3. Meningkatkan kolaborasi yang sangatlah menguntungkan antara mitra dan departemen.

Sedangkan unsur - unsur penyusun marketing mix mengalami berbagai macam transformasi sebagai bentuk tanggapan terhadap teknologi baru, 

serta perubahan lain yang ada di dalam praktek pemasaran terbaik. Hal ini terjadi pada tahun 1950 an  yang lalu.

Dalam membantu Anda untuk mengetahui lebih detail lagi, berikut ini adalah konsep dari marketing mix 7P dan Contohnya yang akan disuguhkan pada Anda dengan lebih lengkap dan jelas lagi, meliputi :


1. Produk

Pertama yaitu produk, yang mana produk ini merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan ke para konsumen untuk dipakai ataupun dikonsumsi. 

Sehingga nantinya dapat memenuhi keinginan serta kebutuhan dari masyarakat. Produk juga termasuk dalam marketing mix 4P.

Jika disini Anda ingin sukses dalam menjalankan sebuah strategi pemasaran campuran, maka Anda perlu untuk membuat serta menghasilkan produk ataupun jasa yang memiliki keunikan serta kualitasnya sendiri. 

Dengan begitu disini produk barang ataupun jasa Anda akan secara otomatis bisa meningkatkan daya saingnya di pasaran.


2. Price

Harga dalam marketing mix adalah sejumlah uang yang mana perlu untuk dibayarkan oleh pengguna ataupun klien dalam memperoleh produk yang tengah Anda tawarkan. 

Dengan kata lain, disini seseorang akan memakai ataupun membeli produk yang Anda tawarkan tersebut jika pengorbanan yang mereka keluarkan sesuai dengan manfaat yang mereka ingin diperoleh dari produk yang ditawarkan.

Terkait mengenai poin tersebut fokus Anda yaitu bagaimana caranya agar bisa membuat calon pembeli ataupun konsumen merasa agar pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia peroleh. Maka dari itu, nantinya marketing mix strategi tersebut akan jadi jauh lebih optimal.

3. Place

Marketing mix 7P dan contohnya yang berikutnya yaitu place. Konsep yang satu ini berfokus di suatu tempat ataupun lokasi di mana sebuah perusahaan Anda berdiri. 

Di sini makin strategis tempat bisnis yang Anda miliki, maka semakin besar juga profit yang akan Anda peroleh. 

Place juga termasuk dalam marketing mix 4P. Dengan memiliki lokasi yang strategis tentunya calon pelanggan ataupun konsumen bisa lebih mudah untuk menjangkau dan juga menemukan bisnis Anda.

 Sehingga nantinya transaksi penjualan akan jauh lebih mudah terjadi.


Apa Saja Tujuan dari Promosi ?


4. Promotions

Strategi marketing mix 7P berfokus terhadap masalah untuk promosi bisnis, seperti contohnya bagaimana cara memasarkan sebuah produk? media apa saja yang dipakai? 

dan lain sebagainya. Promosi adalah salah satu strategi marketing yang mana di sini mempunyai tujuan antara lain yaitu :

1. Untuk mengomunikasikan produk terbaru.

2. Lakukan identifikasi serta menarik konsumen baru.

3. Meningkatkan jumlah pelanggan untuk produk yang mana disini telah dikenal secara lebih luas.

4. Mengajak para pelanggan untuk mendatangi tempat-tempat penjualan produk.

5. Menginformasikan pada para konsumen tentang peningkatan kualitas dari produk.

6. Memotivasi para konsumen agar nantinya dapat memilih ataupun membeli sebuah produk. marketing mix


5. People

Sumber daya manusia dalam marketing mix adalah salah satu komponen yang juga sangat penting di dalam strategi. 

Faktor sumber daya manusia ini sangatlah menentukan maju atau tidaknya sebuah company yang dijalankan. 

Itulah mengapa berbagai perusahaan mulai berlomba-lomba untuk mencari kandidat pekerja yang terbaik. Mereka bahkan rela membayar lebih untuk dapat menyewa pihak pencari kerja yang independen dan memang telah ahli dalam melakukan pencarian kandidat pekerja.

Pertanyaan terkait mengenai apakah karyawan tersebut mempunyai volume yang tinggi atau mungkin sebaliknya, apakah karyawan itu mampu untuk melayani pelanggan dengan baik atau sebaliknya,

 apakah karyawan loyal ataupun sebaliknya, maka akan ikut membantu kesuksesan dari sebuah perusahaan di pasaran.

Faktor penting lainnya di dalam sumber daya manusia yaitu motivasi dan attitude dari para karyawan yang bekerja dalam industri jasa. Attitude bisa diaplikasikan dalam berbagai macam bentuk, seperti contohnya suara dalam berbicara, penampilan para karyawan ekspresi wajah, permainan body language serta tutur kata yang digunakan.


6. Process

Untuk bagian proses disini yaitu mencakup mengenai bagaimana cara perusahaan nantinya perlu melayani permintaan dari tiap konsumen, baik itu konsumen yang mulai memesan hingga akhirnya mereka yang memperoleh apa yang mereka mau.

Beberapa dari perusahaan tertentu umumnya akan mempunyai cara yang sangatlah unik ataupun khusus dalam melayani para pelanggannya. Marketing mix 7P dan contohnya yaitu seperti halnya di sebuah restoran terdapat beberapa restoran yang memberikan fasilitas berupa open kitchen. 

Dalam fasilitas tersebut, nantinya konsumen dapat melihat setiap proses yang dilakukan untuk membuat makanan yang mereka pesan disini. 

Cara pelayanan seperti demikian merupakan salah satu contoh dalam penerapan strategi. marketing mix di suatu bisnis kuliner.


7. Physical Evidence

Tampilan fisik di sini yaitu adalah tampilan yang dimiliki tempat usaha yang mana hal tersebut akan menjelaskan mengenai bagaimana penataan bangunan perusahaan. 

Hal yang perlu diperhatikan yaitu apakah disini perusahaan memakai interior yang cukup menarik, desain ruangan yang indah, serta lighting system yang unik dan lain sebagainya. 

Sebuah bangunan perlu memberikan sebuah pesan yang mana menciptakan suasana yang amat menyenangkan sehingga disini mampu memberikan sebuah pengalaman pada para pengunjung dan juga bisa memberikan nilai tambah. 

Karena itulah di sini peranan visual merupakan hal yang sangatlah penting di dalam sebuah marketing mix strategi.

 


Post a Comment for "Mengenal Lebih Jauh Mengenai Marketing Mix"