Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Strategi Pemasaran Online Shop

Dengan adanya internet tidak dapat dipungkiri lagi telah mengubah cara hidup kita sehari - hari. Jika dulu proses berbelanja lebih banyak dilakukan melalui toko, namun saat ini bisa melalui online shop.

 Bagi Anda yang seorang pebisnis, mempraktekkan strategi pemasaran online shop yang baik tentunya merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan. 

Terlebih setelah mengetahui tren pembelian secara online yang semakin marak. Di dalam melakukan pemasaran online, maka strategi pemasaran digital tersebut merupakan hal yang sangatlah penting. 

Dengan sebuah strategi yang tepat, maka tentunya pemasaran produk akan makin dapat dimaksimalkan. Sementara untuk dapat memaksimalkan pemasaran tersebut, maka berikut ini adalah strategi yang dapat diterapkan di dalam bisnis Anda, antara lain yaitu :

Apa Saja Strategi Pemasaran Online Shop yang Perlu Diketahui ?


1. Mengupayakan Situs Muncul di Halaman Pertama Pencarian

Ketika Anda memiliki situs online shop yang bisa berada di halaman pertama mesin pencarian, tentunya akan banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. 

Selain dapat memudahkan untuk menjaring para konsumen baru, hal itu juga bisa meningkatkan citra dari online shop yang Anda miliki.

Untuk strategi online yang satu ini Anda dapat menyewa seorang yang memang ahli dalam SEO. Sehingga nantinya mampu untuk membuat toko online Anda berada di halaman pertama. 

Jangan khawatir kesusahan untuk mencari jasa tersebut, karena memang saat ini telah banyak jasa yang menawarkan untuk pengoptimalan SEO yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran digital.


2. Buat Konten Marketing yang Menarik

Di sini tidak hanya soal bagaimana Anda menjual barang atau jasa yang dimiliki saja. Namun Anda juga perlu menciptakan sebuah konten yang cukup menarik untuk membuat para konsumen tertarik untuk mengunjungi toko online Anda tersebut. 

Media pemasaran dapat berupa artikel, gambar ataupun juga berupa video yang memang sesuai dengan bisnis yang tengah dijalani. Seperti contohnya ketika Anda menjual produk kecantikan, 

maka disini Anda dapat membuat sebuah konten video mengenai tutorial make up ataupun tips dalam memakai produk kecantikan sehari - hari. 

Hal tersebut sangatlah efektif untuk dapat menjaring konsumen baru ataupun untuk mempertahankan konsumen yang setia dengan tujuan agar nantinya tidak bosan berkunjung ke toko online Anda.


3. Maksimalkan Relasi

Di dalam membangun sebuah bisnis, maka mempunyai relasi yang luas merupakan hal yang sangatlah penting. Dengan Anda membangun jaringan tentu dapat lebih meningkatkan strategi pemasaran produk dengan cara menawarkan produk baik itu jasa ataupun barang, dalam jangkauan yang jauh lebih luas lagi. 

Kesempatan Anda untuk memperoleh konsumen juga lebih besar. Anda bisa memulai dari hal yang paling sempit lalu menuju hal yang paling luas untuk bisa membangun jaringan yang lebih baik. 

Tidak hanya itu saja, namun Anda juga perlu membangun koneksi dari awal pemasaran dilakukan.

Anda perlu menjalin koneksi dengan beberapa lingkup yang kecil lebih dahulu. Karena lingkup kecil sekalipun akan memberikan dampak besar pada pemasaran produk nantinya. 

Ambil contoh di sini Anda dapat menjadi sponsor untuk aktivitas sosial ataupun pertunjukan seni yang ada di lingkungan Anda.


4. Maksimalkan Digital Marketing

Sekalipun bisnis yang Anda kelola tersebut masih sangat kecil, namun jika Anda kerjakan dengan giat nantinya bisa jadi besar. Selama di sini Anda lebih telaten dalam menjalankan sebuah bisnis. 

Rencana pemasaran menggunakan pola tersebut berarti Anda membuat hal kecil untuk sebuah tujuan panjang.

Maka dari itu, jadi sebuah strategi pemasaran digital yang Anda dikerjakan perlu terintegrasi satu sama lain dan harus memiliki tujuan atau gol yang jelas.


5. Mempunyai Target Sebagai Landasan

Target pemasaran di dalam pemasaran online adalah hal yang sangatlah utama untuk Anda perhatikan. Pastikan disini Anda untuk selalu memetakan target pasar. 

Oleh karena itulah, dengan Anda mempunyai target pasar yang benar - benar jelas, maka tentu hal tersebut akan memudahkan jalannya bisnis yang Anda jalankan. 

Targetkan kalangan tertentu saja, tujuannya agar nantinya lebih dapat fokus dan mudah dalam menentukan strategi yang tepat agar hasil lebih maksimal. 

Seperti contohnya di sini jika target pasar Anda merupakan kalangan muda, maka perlu untuk membuat pemasaran yang bersifat kekinian dan tidak ketinggalan zaman.


6. Pahami dengan Baik Trend Dan Platform yang Dipakai

Dengan Anda menjadi seorang pebisnis artinya disini Anda perlu untuk selalu update dan mengikuti tren yang tengah berkembang. 

Selain itu Anda juga harus lebih fleksibel dalam memakai beragam media sosial yang saat ini tengah marak digunakan oleh masyarakat luas.

Anda juga perlu mempunyai pola pikir yang luwes dan tidak kaku, sehingga mampu mengikuti trend. Terlebih pemakaian media sosial saat ini sangatlah penting di dalam pemasaran online. 

Jadi wajib bagi Anda untuk memahami tren yang ada. Kemudian ambil keuntungan untuk dapat membuat strategi pemasaran jadi semakin lebih baik.

Mengapa Harus Memanfaatkan Facebook Marketing ?


7. Pemanfaatan Facebook Marketing

Strategi pemasaran online shop selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu dengan memanfaatkan facebook marketing. 

Sekalipun saat ini telah banyak sosial media yang bermunculan, namun facebook masih menjadi salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh segala kalangan usia. 

Maka dari itu, facebook merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan pasar potensial di dalam sebuah bisnis online. 

Dengan Anda mengetahui fakta tersebut, maka aktiflah untuk mulai memasarkan produk-produk Anda di media sosial tersebut, agar penjualan dapat makin bertambah.


8. Bergabung dengan Marketplace

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk strategi pemasaran online yaitu bergabung dengan marketplace atau e-commerce. 

Bukan rahasia lagi jika bisnis online semakin menjamur sehingga banyak bermunculan marketplace yang disediakan agar transaksi jadi lebih aman.

Anda bisa memanfaatkan e-commerce yang saat ini telah banyak tersedia. Karena dengan begitu banyak pelanggan yang merasa lebih aman ketika membeli melalui marketplace. 

Dikarenakan terdapat pihak ketiga yang yang berani untuk bertanggung jawab jika terdapat penipuan.

Selain itu nantinya Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menjaring konsumen baru yang memang membutuhkan produk sesuai dengan deskripsi yang ada berikan. 


9. Menggunakan Google Adwords

Cara berikutnya ini yaitu dengan memanfaatkan mesin pencari. Sebagian besar para konsumen online akan mencoba mencari produk ataupun review produk melalui Google. 

Maka dari itulah, Google Adwords dalam pemasaran online adalah hal yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis. 

Itulah tadi beberapa strategi pemasaran online shop yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pemasaran produk Anda. 

Jika strategi pemasaran online yang dilakukan di atas Anda terapkan dengan benar, maka bukan hal yang aneh akan banyak sekali pelanggan yang berdatangan di toko online Anda.


 


Post a Comment for "Strategi Pemasaran Online Shop"