Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tes Psikotes Masuk SMP, Yuk Pelajari Agar Lebih Mudah Masuk SMP Favorit Mu !


Tes psikotes masuk SMP memang untuk sekarang ini sudah digunakan di berbagai sekolah dengan kategori taraf belajar yang lebih tinggi. 

Biasanya memang digunakan pada beberapa sekolah favorit. Jika memang kebetulan anak atau salah satu dari keluarga Anda sedang ingin masuk SMP dan sedang dituntut untuk mengikuti psikotes, alangkah baiknya bisa belajar dulu berbagai tes dasarnya di cariduit.id.

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan mengenai contoh dan jenis psikotes maupun soal yang sering keluar dalam ujian tes masuk SMP favorit, sebaiknya kita tahu dulu berbagai penjelasan tentang psikotes.


Manfaat Psikotes Bagi Peserta dan Penguji

Dengan menggunakan psikotes ini diharapkan bagi peserta bisa mengembangkan taraf berpikir yang ke arah lebih baik lagi serta bisa lebih kreatif. 

Sedangkan untuk penguji biasanya memang agar bisa menemukan kriteria peserta didik yang mereka harapkan. Bahkan dengan adanya psikotes ini standar pendidikan yang akan digunakan bisa lebih seragam.

Psikotes memang tidak hanya digunakan untuk menguji peserta didik yang ada di sekolahan saja, bahkan yang sudah bekerja pun bisa juga digunakan sebagai salah satu ukuran standar untuk jenis pekerjaan tertentu.

Psikotes tidak membutuhkan jawaban benar ataupun salah, bahkan lebih dari itu. Kebanyakan memang mengasah kemampuan otak untuk bermain logika maupun bermain pikiran yang kreatif.

Tentu saja berbeda antara ujian psikotes yang ada di perekrutan perusahaan dengan tes yang ada di sekolahan. 

Kalau untuk sekolahan masih dengan teori yang hampir mirip dan biasanya hanya logika berhitung sederhana saja.

Sedangkan psikotes yang ada di perekrutan perusahaan, biasanya akan lebih rumit dan bahkan akan ada berbagai rangkaian dan jenis tes psikologis yang semuanya akan di terapkan.


Jenis - Jenis Psikotes 

Ada beberapa jenis psikotes yang biasanya akan diselenggarakan di tes masuk ke sekolah favorit. Misalnya saja terkait logika bahasa atau bahkan perhitungan yang membutuhkan pemikiran dan konsentrasi fokus yang tinggi.


Psikotes Bahasa Logika

Untuk logika biasanya akan ada beberapa pertanyaan terkait bahasa. Misalnya saja antonim, sinonim maupun persamaan arti dari beberapa kalimat yang di bolak - balik. 

Tes ini cukup mudah untuk dilalui, bahkan bisa juga Anda mencoba mempelajari berbagai contoh yang ada di internet.


Psikotes Penalaran Keseharian

Di dalam kehidupan sehari - hari akan ada banyak kejadian. Namun ketika di dalam tes psikotes masuk SMP biasanya akan digabungkan dengan beberapa hal seperti perhitungan uang, benda maupun ukuran dalam bentuk panjang maupun berat.

Biasanya tujuan dilakukannya tes ini agar peserta nantinya lebih respon dan tanggap terhadap semua hal yang terjadi di sekitar lingkungan baik sekolah maupun lingkungan rumah.


Psikotes Perhitungan

Perhitungan yang nantinya akan meliputi logika penalaran namun kadang bisa dalam bentuk pecahan, desimal maupun persentase. 

Hal ini didasari dengan pelajaran matematika yang nantinya akan dipercepat. Karena memang biasanya begitu kalau di sekolah yang notabenya sudah taraf international, akan menerapkan standar yang tinggi bagi siswanya.

Untuk itu pola pikir dan pemecahan masalah dengan benar dan cepat, serta tepat sangat dibutuhkan untuk mendukung standar nilai yang sudah diterapkan.


Psikotes Koran

Masih jarang ditemukan kalau untuk psikotes masuk SMP, namun kalau sudah masuk dunia kerja, tes ini sangat dibutuhkan. 

Bagi sebuah perusahaan yang sedang mencari kecepatan dan ketepatan orang dalam berhitung, tes ini biasanya dilaksanakan dengan batasan waktu tertentu.

Penilaian dari tes ini meliputi kecepatan pengerjaan, kebenaran hasil perhitungan dan dengan pola mendatar atau menurun biasanya akan didapat seberapa jauh titik jenuh seseorang.

Walaupun baru ditemui di dunia pekerjaan, namun tidak ada salahnya Anda juga pelajari agar lebih tahu tentang berbagai jenis psikotes dan teknik pengerjaannya.


Psikotes Menggambar

Dalam tes psikotes baik masuk perusahaan maupun tes masuk instansi lainnya, biasanya akan dimasukkan juga tes menggambar sebuah objek. 

Objek ini bisa termasuk benda mati maupun benda hidup, atau bahkan bisa juga disuruh menggambar keduanya.

Untuk benda hidup biasanya akan disuruh menggambar hewan maupun manusia. Usahakan kalau menggambar sebuah objek gunakan juga teknik perspektif dan sudut pandang, jangan cuma menggambar objek yang monoton dan terlihat sama dengan peserta lain.

Ini merupakan tes kreativitas, penilaian biasanya yang paling menarik memang yang akan mendapatkan nilai yang bagus. Gambar pun sederhana dan menggunakan teknik pensil saja.

Jika putra - putri dari Anda saat ini sedang menjelang masuk SMP favorit dan sebentar lagi akan mengikuti psikotes, 

sebaiknya Anda juga bisa melatihnya sendiri di rumah dengan mencoba mengerjakan berbagai soal psikotes yang ada di buku psikotes. Buku contoh soal bisa Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau.

Bahkan kalau ada psikotes terdekat, bisa juga dimasukkan ke kursus tersebut agar nantinya bisa lebih mahir dan cepat dalam mengerjakan pada saat tes aslinya.

Karena memang tes psikotes masuk SMP ini sama halnya dengan tes psikotes lainnya, berpacu dengan waktu. 

Bukan hal yang mudah menjawab benar atau salahnya, namun masalah pada penalaran dan ukuran IQ seseorang bisa terlihat dari tes psikotes semacam ini.


Tips Lolos Psikotes Masuk SMP Favorit

Ada beberapa tips agar anak atau keluarga Anda bisa dengan mudah lolos seleksi psikotes masuk SMP di sekolahan favorit yang berada di daerah Anda.


Rajin Berlatih

Setiap hari anak Anda bisa diajak untuk berlatih beberapa soal terkait psikotes. Anda bisa mencarinya dengan mudah sekarang ini hanya dengan ponsel pintar yang ada di genggaman. 

Beberapa soal yang ada di internet memang bisa mewakili sebagian tes yang nantinya akan di hadapi.

Atau kalau ada kursus mengenai psikotes yang ada di dekat daerah Anda bisa di ikutkan. Sedangkan kalau mau lebih praktis lagi bisa di belikan juga beberapa buku psikotes yang ada di toko buku baik online maupun offline.


Fokus Pada Semua Soal yang Ada

Dalam mengerjakan soal psikotes memang diharuskan fokus, ini terkait dengan keterbatasan waktu yang sudah ditentukan. 

Setiap waktu yang jadi standar tes memang setiap instansi berbeda, namun biasanya 1 jam untuk semua jenis psikotes merupakan waktu yang paling umum.


Kerjakan yang Paling Mudah Lebih Dulu

Ketika mengerjakan psikotes masuk SMP sebaiknya Anda bisa mengerjakannya soal yang lebih mudah lebih dulu, ini nantinya bisa menjadi patokan kalau persentase benar bisa lebih besar daripada yang salah.

Lewati saja soal yang sekiranya Anda sendiri kurang paham, kalau sampai akhir waktu sudah habis dan tidak ada jawaban yang ada di benak Anda, maka jawab saja secara asal pun sudah tidak masalah.


Gunakan Waktu dengan Efisien

Kalau ada 30 soal dengan waktu 1 jam, berarti alokasi pada waktu yang akan digunakan setiap satu soal membutuhkan waktu 2 menit, dan itu sudah maksimal. 

Namun bisa Anda akali dengan maksimal 1 menit setiap soal dengan ketentuan soal yang sulit bisa di lewati. kalau sudah sampai akhir, tinggal sisa waktu di alokasikan ke soal yang Anda lewati tadi.


Post a Comment for " Tes Psikotes Masuk SMP, Yuk Pelajari Agar Lebih Mudah Masuk SMP Favorit Mu !"