Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu


Saat melakukan kegiatan Belanja Online sering kali ragu menghampiri, takut - takut toko online tersebut nipu. 

Kemudahan bagi pembeli karena tak perlu repot keluar rumah, ditambah lagi barang yang diberi juga diantar. 

Kemudahan tersebut akan di dapat dengan cara belanja online yang memiliki banyak sekali kelebihan. Teknologi yang digunakan untuk melakukan kegiatan belanja online pun adalah gadget kesayangan Anda. 

Sementara kekurangan belanja online juga sebanding dengan kelebihan yang diberikan dari kegiatan ini. Kerugian yang harus Anda waspadai saat belanja online adalah tentang keamanannya. 

Dalam hal ini Anda harus pintar - pintar memilih toko yang resmi dan tidak bodong agar tidak tertipu. Di bawah ini adalah 10 tips belanja online agar tidak tertipu.

Serta aman dari kejahatan online yang dapat merugikan Anda baik waktu dan finansial, antara lain :

Apa Saja Tips yang Dapat Dilakukan untuk Belanja Online Agar Tidak Tertipu ?


1. Meneliti Website Toko Online

Meneliti website toko online adalah alah satu hal penting yang perlu dilakukan. Anda bisa melihat tampilan situs apakah memiliki design professional atau hanya asal - asalan di buat. 

Situs toko online yang menarik dan terpercaya biasanya dimiliki oleh toko online terpercaya. 

Lihat juga nama domain dari toko online tersebut. Apakah menggunakan domain berbayar atau menggunakan domain gratisan. 

Perhatikan juga produk update dari stok, termasuk biaya pengiriman serta perubahan harga. 


2. Membaca Kebijakan Toko Online

Kebijakan situs adalah sesuatu yang perlu Anda baca, pahami, dan juga perlu teliti. Toko online terpercaya pasti memiliki kebijakan situs, dan pastikan  bahwa kebijakan tersebut tidak merugikan Anda. 

Teliti juga kebijakan tentang pengembalian barang, apakah tersedia garansi atau tidak. Jika toko online yang Anda pilih cukup terpercaya, maka akan terdapat kebijakan toko online yang seharusnya, seperti pengembalian barang cacat atau berbeda ukurannya. 


3. Kelengkapan Informasi

Kelengkapan informasi adalah suatu hal penting yang perlu diperhatikan. Anda harus mencari informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. 

Apabila terdapat informasi yang tidak lengkap, maka Anda jangan coba - coba untuk melakukan transaksi. 

Dan pastikan bahwa Anda juga mencari informasi tentang kepemilikan toko, dan kontak yang bisa dihubungi. Detailnya apakah kontak yang bisa dihubungi adalah nomor telepon, pin BBM, messenger atau lainnya


4. Keamanan Situs Web

Anda dapat melihat tanda berupa gambar gembok di bagian alamat situs, biasanya url browser Anda. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum memasukkan informasi pribadi. 

Lihat juga alamat situs web apakah berubah dari http ke https, jika iya maka Anda aman. 

Karena informasi yang telah Anda masukkan ke sana telah dienkripsi. Hal ini aman untuk Anda dan berarti situs online tersebut juga telah menggunakan sertifikat SSL. 


5. Memanfaatkan Google

Anda berhak memilih dan harus melakukan transaksi di toko online mana. Karena jika Anda menemukan informasi dari pembeli lain yang faktanya juga mempunyai pengalaman baru tentang toko online tersebut. 

Maka Anda harus mempertimbangkan lagi belanja online di sana. Tujuannya yaitu untuk memastikan hal ini Anda dapat memanfaatkan google. Lakukan penelitian melalui mesin pencarian dengan mengetikkan pertanyaan. 


6. Mengoptimalkan Keamanan PC Anda

Sementara untuk membuat keamanan PC optimal Anda dapat sering - sering mengupdate software antivirus rutin. 

Karena di samping melihat keamanan dari situs toko online yang Anda kunjungi, maka Anda juga harus memastikan PC Anda tidak terjangkit program jahat secara eksplisit. 

Akibat fatal dapat terjadi apabila Anda menggunakan software layanan VPN gratisan untuk mengakses akun penting contoh keuangan.


7. Simpan Cetak Bukti Pesanan 

Ini merupakan salah satu cara yang baik karena dengan menyimpan dokumentasi pembelian online akan menguntungkan. 

Anda akan selamat dari permasalahan di kemudian hari nanti. Tak sedikit dari sistem penjualan online yang akan mengirimkan link ke email. 

Isinya adalah berisi tentang rujukan ke halaman web yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan konfirmasi pembelian, meliputi kwitansi pembelian dan nomor konfirmasi. 


8. Menggunakan Password yang Kuat

Password yang kuat merupakan langkah pengamanan dasar yang merupakan sebuah pertahanan keamanan terbaik. Hackers akan dapat dengan mudah menebak password jika tidak tepat membuat password. 

Lakukan pergantian password dan buatlah password yang kuat serta unik. Pastikan juga bahwa  Anda telah memakai kombinasi huruf, karakter unik, dan angka yang ada pada keyboard untuk membuat password. 


9. Memakai Kartu Kredit

Salah satu pilihan yang aman untuk belanja online adalah memakai kartu kredit, karena mempunyai batas pengeluaran. Sedangkan kartu debit yang Anda miliki akan secara langsung terkait dengan akun bank Anda.

Maka dari itu, gunakan dan pertimbangkan kartu kredit dengan limit kredit yang rendah dan khusus digunakan untuk belanja online. Karena beberapa bank saat ini menawarkan kartu kredit yang dirancang khusus. 


10. Belanja di Toko Online Terkenal

Pilihlah toko online yang pas untuk belanja online, dimana toko aman yang Anda pilih adalah toko terkenal. Karena toko yang ternama dan familiar akan lebih baik.

Jangan percaya harga murah yang tidak wajar, yang biasa ditawarkan oleh toko online. 

Sebelum Anda melakukan transaksi keuangan, maka ada baiknya jika Anda bertanya terlebih dahulu kepada fourm atau teman yang lebih berpengalaman mengenai belanja online di toko online yang dipilih. 


Apa Saja Keuntungan yang Akan Diperoleh dari Belanja Online ?


Adanya internet telah mengubah gaya hidup masyarakat, salah satu yang berubah adalah kebiasaan berbelanja. 

Belanja online adalah sebuah kegiatan yang timbul akibat perubahan tersebut, jika dulu mengunjungi toko maka sekarang tidak lagi. 

Kegiatan berbelanja di zaman sekarang ini menjadi lebih praktis dilakukan. Banyak sekali orang yang takut berbelanja online padahal memiliki keuntungan sebagai berikut :


1. Menghemat Waktu dan Uang dan Memilih Produk Beragam

Anda dapat melakukan transaksi belanja online di sela jam makan siang bahkan saat perjalanan ke kantor. Hal ini tentu sangat menghemat ongkos bepergian dan waktu yang akan terbuang untuk memilih produk. 

Anda juga akan dapat memilih produk yang cukup beragam. Karena barang yang dijual di toko online adalah barang yang tak biasa atau jarang sekali ditemukan para toko offline. Variasinya pun juga jauh lebih beragam. 


2. Harga Murah dan Pembayaran Mudah

Potongan harga juga bisa Anda dapatkan ketika berbelanja online, potongan ini dilakukan pada hari - hari tertentu. Banyak sekali toko online yang menawarkan gratis ongkos kirim yang tentunya dengan syarat ketentuan tiap - tiap toko. 

Anda juga akan mendapat kemudahan dalam pembayaran baik dengan pembayaran cod, kartu debit, kartu kredit dan lain hal sebagainya. 

 


1 comment for " Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu"

  1. haiii, Terima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
    Kunjungi IT Telkom Jakarta:
    Website Kami
    Website Kami
    thankyou...

    ReplyDelete