Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Menjawab Soal Psikotes BUMN

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang imiliki oleh negara yang merupakan salah satu yang menopang perekonomian di Indonesia. 

BUMN secara sinergis berkaloborasi dengan pelaku ekonomi swasta baik besar atau kecil, domestik atau asing. Dalam BUMN modal sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh negara.

Kerja di BUMN adalah impian sebagian orang sebab pekerja BUMN mendapatkan banyak benefit lebih banyak ketimbang di perusahaan swasta seperti jaminan kesejahteraan bagi para karyawannya. 

Banyak hal yang diberikan oleh BUMN diantaranya adalah tunjangan, asuransi, dan jaminan hari tua.. BUMN ada banyak sekali seperti PLN, Telkom, Pertamina, BNI, Mandiri, dan lain sebagainya yang jumlahnya sangat banyak sekali.

Karena keutungan kerja di BUMN cukup mesar, banyak orang yang tertarik untuk melamar di perusahaan BUMN. Akibatnya persaingan menjadi semakin ketat dan setiap orang harus mengalahkan peserta lainnya.

Perekrutan BUMN selalu ada tahapan berupa yang harus dilewati. Dari tes ini nantinya kandidat yang kurang cocok akan berguguran menyisakan kandidat terbaik. Apabila anda tak memenuhi standar yang diminta, maka anda akan gugur.

Tes ini adalah tes psikotes yang sangat andal dalam menyeleksi pelamar. Dalam psikotes tak hanya kepintaran dan keluasan wawasan saja yang diuji namun jauh lebih komprehensif seperti meliputi kepribadian, sikap, dan semangat kerja.

Tes psikotes ini dapat mengukur dan memprediksi kemampuan kerja seseorang saat pelamar telah diterima kerja. 

Psikotes menjadi momok yang amat menyulitkan bagi sebagian besar orang. Sebagian bahkan menyerah sebelum mencoba dan belajar lebih giat.

Namun jangann khawatir sebab dalam artikel ini kami akan memberikan tips menjawab soal psikotes BUMN yang dapat anda gunakan sebagai panduan.

Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai psikotes, ada baiknya untuk mengetahui tips lolos BUMN berikut ini.


1. Penuhi persyaratan yang diminta

Tahap ini biasanya disebut dengan seleksi dokumen dimana dokumen yang tak lengkap akan gugur begitu saja. Untuk setiap BUMN persyaratan yang diminta berbeda-beda seperti transkrip nilai, ijazah, surat keterangan sehat, dan lain sebagainya.


2. Buat CV yang menarik dan relevan

Biasanya setelah tahap seleksi dokumen maka akan ada seleksi CV untuk mencari mana yang cocok dan mana yang tidak. 

Ini sangat bergantung pada bagaimana anda membuat CV. Mungkin saja kualitas pelamar sangat baik, namun dengan penyajian CV yang buruk akan membuat HRD tidak tertatik. CV juga akan menggambarkan karakter si pembuat.


Pastikan informasi dalam CV up to date dan relevan. Jangan cantumkan hal yang tak penting dan relevan seperti hobi. 

Dalam CV sertakan hal yang menarik dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Tak harus terlalu detail, hanya yang penting saja.


3. Ketahui BUMN yang akan dilamar

Ini adalah tahap yang sering dilupakan oleh sebagian besar orang. Ketika melamar suatu pekerjaan, cari tahu lebih jauh mengenai perusahaan yang dilamar sebab kemungkinan akan ditanya ketika wawancara yang ini menunjutkan antusiasme pelamar terhadap perusahaan yang dilamar.


4. Sertakan sertifikat bahasa

Perusahaan BUMN beroperasi di dalam negeri namun bukan berarti tak membutuhkan sertifikat bahasa dan keahlian berbahasa Inggris. 

Sebaiknya milikilah sertifikat bahasa sebagai salah satu nilai tambah dibandingkan dengan peserta lain nantinya kalaupun tidak diminta sebagai persyaratan.

Milikilah sertifikat TOEFL dengan skor antara 450 hingga 500 atau sertifikat IELTS dengan skor 6-7,5. ini adalah modal yang besar untuk diterima di BUMN.

Mendapatkan sertifikat ini membutuhkan upaya ekstra untuk belajar sebelumnya dan juga harus membayar ke lembaga resmi untuk mengikuti tes. Oleh sebab itu siapkanlah jauh-jauh hari sebelum melamar di BUMN.


Tips Menjawab Soal Psikotes BUMN


Cek Isi Pertanyaan Tes

Sebagian orang bahkan tak menyadari pentingnya tips ini padahal ini adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk menunjang keberhasilan dalam mengerjakan soal psikotes.

Jadi ketika lembar soal psikotes dibagikan, luangkan waktu sebentar untuk mengecek soal yang ada.

 Hal yang harus anda perhatikan adalah berapa jumlah pertanyaan, jenis pertanyaan apa saja yang diujikan, dan lainnya. Biasanya psikotes terdiri dari beberapa jenis pertanyaan.

Setelah mengecek isi pertanyaan tes nantinya anda mendapatkan ide bagaimana cara mengisi soal lebih cepat dan bagaimana membagi waktu untuk setiap jenis soal. 

Awali dengan mengisi jenis soal termudah terlebih dahulu baru kemudian yang sulit.


Manfaatkan Waktu dengan Baik

Penguji akan memberikan alokasi waktu untuk menjawab soal. Sebisa mungkin untuk menjawab soal dengan tepat dan secepat mungkin. 

Secara umum untuk setiap soal harus mampu dijawab kurang dari 30 detik yang terdiri dari pilihan ganda.

Datanglah tepat waktu ke lokasi tes agar nantinya mendapatkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan tes. Selain itu datang tepat waktu secara psikologis akan membuat kita lebih percaya diri, rileks, dan fokus.

Datang tidak tepat waktu akan mengurangi jatah mengerjakan soal tes, mendapaktan image yang buruk, dan ketika mengerjakan soal, menjadi kurang kondusif, kurang fokus dan kosentrasi.


Jangan Sering Melewati Pertanyaan

Menjawab soal termudah terlebih dahulu adalah salah satu strategi terbaik untuk mengerjakan soal psikotes dan menjawab soal tersulit di akhir waktu. 

Meskipun nasihat ini dapat diterapkan dan sering kali berhasil, namun dalam beberapa kasus justru menjadi bumberang tersendiri.

Hal ini terjadi apabila seseorang terlalu sering melewati pertanyaan. Bukannnya menghemat waktu, justru melewati soal terlalu sering akan menguras waktu. 

Membaca soal tanpa menjawabnya memakan waktu yang banyak jika terus diulangi.

Maka salah satu tips terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan jangan terlalu sering melewati pertanyaan dan sebisa mungkin menjawab soal.


Latihan Tes

Ini adalah tips paling penting yaitu sering-seringlah melakukan latihan tes agar nantinya semakin terlatih dalam mengerjakan soal psikotes. 

Kata kuncinya adalah terlatih. Karena sebagian soal psikotes justru menitikberatkan pada kemampuan daya pikir dan analisis ketimbang memori.

Dalam soal psikotes tidak kita temukan konsep-konsep yang harus kita hafal sebagaimana soal potensi akademik. Maka latihan adalah cara untuk melatih diri untuk menjadi lebih familiar dengan cara menjawab soal yang ada.

Dengan melakukan latihan menjawab soal pstikotes artinya anda telah berada selangkah lebih jauh dibandingkan dengan orang lain yang tak mengerjakan latihan psikotes dan peluang lolos seleksi BUMN lebih besar.

Sebaiknya milikilah buku latihan psikotes untuk dipelajari. Atau bisa dengan mencari soal-soal latihan di internet beserta pemecahannya. 

Namun jangan hanya melihat soal dan cara menjawab soalnya saja, latihlah diri dengan mengerjakan soal sebagaimana tes.

Seringkali seseorang merasakan ada kemajuan dengan menonton tayangan YouTube tentang cara menjawab soal tanpa mengerjakan satu soal pun. 

Ini adalah ilusi pertumbuhan yang seringkali dihadapi. Maka untuk mengantisipasinya, uji diri sendiri dengan soal-soal psikotes.


Post a Comment for " Tips Menjawab Soal Psikotes BUMN"