Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Usaha Photo Studio yang Ideal Bagi Anda

Usaha photo studio merupakan salah satu jenis usaha yang saat ini banyak sekali digandrungi.

 Menjalankan kegiatan yang satu ini tentunya sangat menyenangkan, terlebih bagi Anda yang hobi dalam dunia fotografi. 

Sementara untuk membuka usaha tersebut modal yang diperlukan memang cukup relatif. 

Makin besar usaha yang dirintis, tentunya biaya yang perlu dikeluarkan juga akan makin banyak.

 Terlebih saat ini harga perlengkapan dan peralatan fotografi yang memiliki kualitas terbaik tentu memiliki harga yang sangatlah mahal.  

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menjalankan usaha photo studio yang ideal untuk Anda, antara lain yaitu :


Apa Saja Tips yang Perlu Dilakukan untuk Usaha Photo Studio yang Ideal ?


1. Tentukan Jenis Layanan dan Produk

Tipe pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan layanan dan produk sejak awal. Hal tersebut sangatlah penting ketika Anda ingin merintis usaha yang satu ini. 

Dengan layanan dan juga produk yang telah jelas, maka tentunya Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai macam kegiatan, khususnya di sini promosi dan juga marketing.

Agar Anda dapat menentukan jenis layanan dan produk secara lebih tepat lagi, maka dapat dilakukan dengan Anda meriset pasar. 

Dari hasil riset tersebut, nantinya akan bisa ditentukan layanan dan produk apa yang bisa Anda jalankan.

Biasanya seseorang yang ingin merintis studio foto telah mempunyai gambaran mengenai apa yang perlu untuk dikerjakan nantinya. 

Seperti contohnya pemotretan, pas foto untuk segala jenis dokumen, jasa foto prewedding, foto dokumentasi, event, dokumentasi pernikahan, foto model, pembuatan foto produk, digital imaging, retouch foto dan lain sebagainya.


2. Tetapkan Harga

Harga merupakan salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan secara matang - matang. Karena bagaimanapun juga, konsumen akan selalu mempertimbangkan mengenai masalah harga untuk menggunakan sebuah jasa. 

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan dalam menentukan harga ini usaha photo studio. 

Penetapan harga dapat Anda terapkan berdasar pendekatan biaya-biaya yang nantinya perlu dikeluarkan. 

Seperti contohnya, berdasar besar kebutuhan ataupun permintaan dari konsumen. Serta penetapan harga juga bisa didasarkan terhadap kuatnya daya saing usaha tersebut. 

Setelah nantinya harga - harga dari produk Anda tetapkan, maka upayakan untuk lebih terbuka pada para pelanggan dengan memajang daftar tersebut secara rinci dan lengkap. 

Daftar harga bisa Anda buat dalam bentuk katalog ataupun papan pengumuman, yang mana nantinya diletakkan di area studio foto. 

Selain dengan Anda membuat daftar harga, maka bisa juga harga produk yang nantinya ingin Anda jual tersebut diletakkan dengan label. 

Penempatan label harga tersebut dilakukan di album foto, frame foto, aksesoris kamera dan lain sebagainya.


3. Tentukan Tempat Usaha


Tips Usaha Photo Studio yang Ideal Bagi Anda


Tips berikutnya yang perlu dilakukan yaitu menentukan tempat usaha. Sebuah usaha photo studio tentunya memerlukan sebuah tempat. 

Dengan adanya ruang nantinya bisa dipakai untuk melakukan berbagai macam aktivitas usaha. 

Contoh - contoh ruang yang akan diperlukan dalam jenis usaha studio foto ini seperti contohnya ruang pemotretan atau disebut juga studio, ruang layanan, ruang penyimpanan alat-alat, ruang pajang berbagai barang yang nantinya ingin Anda jual dan lain sebagainya.

Kebutuhan ruang untuk merintis usaha bisa juga disesuaikan dengan keperluan nantinya. Makin besar usaha yang tengah Anda kelola tersebut, tentu ruang yang dibutuhkan pun akan makin luas. 

Seperti contohnya ruang untuk melakukan pemotretan produk akan berbeda dengan ruang yang digunakan untuk pemotretan model. 

Ruang staf karyawan editing akan berbeda dengan ruang staf karyawan di bagian lain, dan lain sebagainya. 

Bagi mayoritas pengusaha foto, tempat ini adalah faktor yang sangatlah penting untuk menciptakan citra dari perusahaan yang profesional di mata konsumen. 

Maka dari itu, dalam membuat foto studio usahakan di atur dengan semenarik mungkin supaya lebih memiliki karakter yang kuat lagi. 

Adapun tujuan dari membangun karakter studio yaitu agar usaha milik Anda nantinya mampu bersaing dengan studio foto lainnya.


4. Melakukan Promosi

Tips berikutnya yaitu melakukan sebuah promosi. Untuk jenis bidang usaha apapun, promosi merupakan hal yang sangatlah penting. 

Promosi yang dilakukan sejak awal merupakan salah satu langkah strategis yang dapat Anda lakukan agar nantinya cepat memiliki konsumen. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan promosi ini. Seperti contoh yang paling sederhana yaitu dengan memberitahu pada rekan kerja, saudara, teman, menggunakan sosial media ataupun dengan memakai strategi promosi besar - besaran.

Mengapa Harus Menggunakan SDM yang Profesional dalam Melakukan Usaha Photo Studio ?


5. Gunakan SDM yang Profesional

Supaya nantinya usaha photo studio Anda cepat berkembang, maka disini sangat memerlukan sumber daya manusia yang memang benar-benar profesional serta terampil di bidang tersebut. 

Anda perlu memilih mana kira-kira karyawan yang ahli dalam bidang editing, fotografer, pemasaran dan lain sebagainya. 

Usaha yang memang didukung oleh SDM mumpuni dapat dipastikan akan berjalan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan usaha yang dijalankan oleh SDM apa adanya.


6. Menyiapkan Peralatan yang Dipakai


Tips Usaha Photo Studio yang Ideal Bagi Anda


Selain Anda harus gencar melakukan promosi, hal yang juga tak boleh luput yaitu Anda juga harus menyiapkan berbagai macam peralatan yang nantinya diperlukan dalam merintis studio. 

Alat-alat tersebut seperti contohnya peralatan display, pemotretan, belanja barang yang akan dijual, peralatan-peralatan untuk kantor dan lain sebagainya. 

Jika di sini Anda hendak mendirikan usaha studio foto mini, maka tentunya peralatan yang Anda butuhkan tidak sekompleks yang dibutuhkan jika membuka studio foto dengan ukuran besar. 

Terlebih zaman sekarang saat Anda ingin mendirikan studio foto mini, maka hanya dengan peralatan seperti tripod, kamera DSLR, external flash, reflektor payung, background foto dan beberapa unit komputer sudah bisa untuk mendirikannya. 

Sedangkan alat yang digunakan untuk melakukan cetak foto, Anda bisa memakai jenis printer biasa atau mencetaknya di tempat studio foto yang lebih bagus dan memiliki peralatan lebih lengkap dari milik Anda.

Kebutuhan alat ini memang sangatlah dipengaruhi pada tujuan pendirian usaha studio foto nantinya.

 Jika memang studio foto tersebut tidak terlalu besar atau merupakan studio foto mini, maka alat-alat yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. 


7. Melakukan Manajemen yang Baik

Tips yang terakhir yaitu melakukan manajemen usaha yang baik dan terencana. Ketika Anda telah melakukan tahapan-tahapan di atas, maka tahap yang terakhir ini jangan sampai terlewatkan. 

Fungsi-fungsi manajemen yang perlu dilakukan antara lain yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Fungsi dari manajemen tersebut akan jadi lebih baik jika dilakukan di tiap bagian usaha. 

Itulah tadi beberapa tips ketika Anda berencana untuk membuka bisnis foto studio. Anda bisa menerapkan tips-tips yang telah di berikan di atas supaya nantinya usaha photo studio yang Anda kelola bisa berjalan dengan lancar dan terus berkembang. 


 


Post a Comment for " Tips Usaha Photo Studio yang Ideal Bagi Anda"