Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jawaban Lengkap Apa yang Dimaksud dengan Analisis Kelayakan Usaha

Apa yang Dimaksud dengan Analisis Kelayakan Usaha


Jika ada soal terkait apa yang dimaksud dengan analisis kelayakan usaha maka ada beberapa jawaban terbaik yang bisa diambil.

Pertama, analisis kelayakan usaha yaitu aktivitas yang mendalami terkait usaha atau sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Semua analisis dipergunakan dalam rangka untuk memutuskan apakah usaha tersebut layak atau tidak diaplikasikan.

Kedua, analisis kelayakan usaha ialah kegiatan dalam menilai tentang sejauh mana manfaat yang nantinya dapat diperoleh dalam melaksanakan kegiatan usaha. Hasil analisisnya, nanti dapat digunakan untuk bahan pertimbangan ketika mengambil sebuah keputusan.

Ketiga, analisis kelayakan usaha merupakan kegiatan dalam menentukan apakah bisnis yang kita emban pantas dijalankan atau tidak. Ini tentu berhubungan dengan aktivitas operasional yang terus berkesinambungan.

Tiga jawaban tersebut terbilang mahsyur di kalangan para pelaku usaha. Anda tinggal mengambil salah satu dari pengertian analisis tersebut.

Definisi analisis kelayakan usaha

Saya tentu lebih condong kepada definisi nomor tiga bahwa kata "pantas" dalam analisis ini kemungkinan diambil dari gagasan usaha yang dilaksanakan.

Maksudnya, apakah nanti analisis ini dapat memberikan manfaat dari segi finansial atau sosial benefit. Dengan terciptanya analisis kelayakan ini maka pelaku usaha mengharapkan risiko kegagalannya sedikit saat mereka memasarkan produknya.

Jadi, definisi analisis kelayakan usaha lebih memperhitungkan apakah usaha yang sedang dijalani nantinya dapat memberikan kepantasan atau tidak. Sehingga, ada keputusan usahanya untuk dilanjut dan dihentikan.

Tujuan analisis kelayakan usaha

Dalam analisis ini setidaknya memiliki beberapa tujuan yang sudah saya rangkum, di antaranya:

1. Menghindar dari risiko kerugian

Fungsi analisis ini adalah meminimalkan risiko yang terjadi, baik risiko yang nantinya dapat dikendalikan, atau yang tidak dapat dikendalikan.

2. Memudahkan dalam membuat rencana

Analisis ini sangat mempermudah dalam membuat perencanaan. Misalnya, berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh, di mana dan kapan usaha tersebut akan dibangun, lalu memperhitungkan dana yang diperlukan, dan juga siapa nanti yang bekerja dan mengawasi usaha yang akan dijalani tersebut.

3. Memudahkan semua pengendalian

Tujuan nomor ketiga ini adalah untuk mengendalikan semacam pelaksanaan pekerjaan yang ujung-ujungnya melenceng. Sehingga, tujuan perusahaan Anda akan tercapai dengan baik.

4. Memudahkan pekerjaan

Nah nanti, rencana yang sudah Anda susun dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengerjakan tahapan-tahapan usaha yang sudah dicatat. Sehingga, suatu pekerjaan bisa dilakukan secara sistematis. Lalu tepat sesuai sasaran dan rencana yang sudah digapai.

5. Adanya pengawasan

Pengawasan perlu dilakukan guna terjadinya penyimpangan rencana yang telah Anda susun. 

Aspek-aspek analisis kelayakan usaha

Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan analisis kelayakan usaha, Anda harus memahami juga aspek-aspek pentingnya. Setidaknya, ada beberapa aspek yang sudah saya rangkum. Berikut di antaranya:

Aspek ekonomi budaya

Aspek ekonomi-budaya  menganalisis dampak yang akan diakibatkan oleh perusahaan Anda di sekitar lokasi usaha Anda.

Jika ditilik dari sisi ekonomi misalnya, ia menganalisis dampak terkait tingkat pendapatan di wilayah perusahaan Anda didirikan.

Aspek manajemen

Dalam  aspek ini erat kaitannya dengan operasional kelayakan dari sisi pembangunan dan juga pengembangan. Aspek ini cakupannya terbilang sangat luas.

Jadi, semua hal terkait operasional perusahaan Anda masuk dalam sub-kategori ini. Entah dalam manajemen sumber daya, hingga finansial perusahaan Anda.

Aspek keuangan

Modal adalah hal utama dan paling penting yang harus Anda miliki sebelum berbisnis. Nah aspek keuangan inilah mempunyai andil besar dalam menentukan nasib perusahaan Anda. Proses penganggaran modal harus dilakukan dengan perencanaan bisnis yang benar-benar matang.

Aspek pemasaran

Aspek pemasaran berfungsi untuk menganalisis peluang produk atau dagangan di pasaran. Ia meliputi semacam konsumen, daya beli warga, segmentasi dan persaingan perusahaan Anda.

Aspek legalitas hukum

Aspek legalitas hukum berhubungan langsung dengan semua hal yang berhubungan dengan syarat dan ketentuan pada pendirian perusahaan.

Poin-poin seperti, lokasi, NPWP, SIUP, akta pendirian perusahaan, semua harus ada. Ini paling ribet, namun demi keamanan harus bisa terpenuhi.

Analisis Kelayakan Usaha


Tahapan penerapan analisis kelayakan usaha

Untuk mengetahui studi analisis ini, ada tahapan penerapan yang harus Anda aplikasikan. Berikut di antaranya adalah:

Analisis penemuan ide

Seperti yang saya jelaskan bahwa analisis kelayakan perlu melakukan sebuah penelitian. Langkah untuk mengetahui potensi usaha yang ada dan implikasi terhadap bisnis yang berpotensi mendulang pendapatan.

Pengembangan usaha

Ini adalah tahap kedua dari analisis bisnis yang digunakan untuk melihat peluang dari ide usaha yang Anda buat.

Ide yang sudah Anda temukan tentu membutuhkan proses penelitian agar mampu terealisasi menjadi sebuah usaha yang baik.

Tahap pelaksanaan

Jika dinilai pantas, tahap berikutnya yaitu merealisasikan perencanaan dengan persiapan. Di tahap ini harus mendapatkan komitmen dari berbagai pihak. Entah manajemen, investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat diikutsertakan.

Penentuan

Ini adalah tahap dalam menentukan pantas atau tidaknya usaha yang Anda rencanakan. Kalau tidak, maka Anda memerlukan analisis ulang dalam pengembangan usaha tersebut.

Tahap evaluasi

Evaluasi usaha termasuk dalam mengevaluasi sisi manajemen, keuangan, dan sumber daya manusia. Dari aspek ini, pebisnis melakukan analisis semua lini, termasuk bentuk faktor-faktor produksi.

-

Itulah pemahaman mendalam tentang apa yang dimaksud dengan analisis kelayakan usaha.

Post a Comment for "Jawaban Lengkap Apa yang Dimaksud dengan Analisis Kelayakan Usaha"