Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Olahan Ayam - Analisis Lengkap

Peluang Usaha Olahan Ayam


Ada sebuah pertanyaan di acara masak-masak yang saya tonton di televisi. Isi pertanyaannya begini, "Bagaimana pendapat Anda tentang peluang usaha olahan ayam di Indonesia?"

Pertanyaan itu kemudian memancing saya untuk membuat artikel ini. Dan saat itu saya masih ingat, host di acara televisi tersebut bertanya kepada pengusaha ayam. 

Host bertanya seperti itu disebabkan karena salah satu makanan yang paling digemari oleh anak kecil hingga orangtua adalah daging ayam. Ini masuk akal. Dan di rumah-rumah makan, memang faktanya kita akan menemukan banyak olahan ayam yang disajikan.

Analisis dari seorang pengusaha ayam yang diundang ke acara masak-masak itu mengatakan bahwa, sejauh ini peluang usaha ini masih sangat menguntungkan. Bahkan, semakin ke sini persaingan semakin banyak.

Pada intinya, saat ini para pengusaha dituntut untuk membuat ide-ide dan inovasi baru dalam berbisnis ayam. Dan melalui artikel ini, kebetulan saya ingin berbagi tentang ide olahan ayam beserta tips berjualannya.

5 ide peluang usaha olahan ayam terbaik

Usaha ayam geprek

Ini adalah makanan yang menjadi tren perbincangan banyak orang. Mulai dari bicara rasa pedas hingga kelezatannya. Tidak heran apabila sebagian orang ingin merasakan salah satu makanan yang hanya ada di Indonesia ini.

Kini, ayam geprek merupakan sebuah sajian makanan yang kerap dijual di warung makan atau restaurant. Dimakan di waktu pagi, siang, dan juga malam, sajian ini sudah pasti enak. Oleh sebab itu, saya memasukkan ayam geprek sebagai salah satu peluang usaha makanan berbahan dasar ayam terbaik.

Bisnis olahan ayam penyet

Percaya atau tidak, modal yang dikeluarkan untuk bisnis ayam penyet tidak begitu besar jika saya bandingkan dengan lima ide usaha ayam lainnya. Saya rasa Anda sebaiknya mencoba memulai usaha yang ini dulu.

Untuk mendapatkan banyak uang dari berbisnis ayam penyet, Anda memerlukan inovasi baru. Katakan lah sambal yang Anda gunakan jangan sama dengan penjual ayam penyet umumnya. Saya menemukan penjual ayam penyet biasa menggunakan sambal terasi, maka Anda gunakan saja sambal kacang.

Dengan inovasi tersebut, itu tentu Anda sudah membuat sesuatu yang baru.

Menyajikan olahan ayam taliwang di warung makan Anda

Setelah Anda membuka warung makan atau saat ini sedang memiliki warung makan, apalagi warung makan Anda di pinggir jalan, saya tekankan untuk jangan pernah ragu membuka usaha ayam taliwang. 

Sebab, sampai detik ini, meski ayam taliwang mungkin tidak sepopuler dua jenis bisnis ayam di atas, tapi ia tetap menguntungkan.

Untuk menambah rasa enak pada ayam taliwang, coba lakukan observasi ke daerah Lombok. Sebuah daerah yang kerap menyajikan ayam taliwang dengan rasa unik, berbeda, dan memiliki ciri khas.

Meski Anda bukan orang Lombok, tapi lakukan saja ekspremien. Lalu, berjualan lah di rumah makan Anda.

Membuat inovasi baru dengan olahan ayam bakar

Berikutnya peluang usaha olahan ayam yang bagus untuk Anda dan tentu saya rekomendasikan, adalah usaha ayam bakar.

Usaha kuliner ini sangat menjanjikan asalkan Anda mampu mengolahnya dengan baik dan benar. Sehingga, cita rasanya lengket terus di lidah para penikmat ayam bakar. 

Salah satu trik sukses berbisnis ayam bakar yang saya ketahui adalah membikin penerangan yang memadai bagi pembeli. Sebab, ayam bakar biasa dijual pada sore hari, hingga tengah malam.

Pada malam hari lah penerangan berperan agar tempat usaha Anda terlihat mencolok. Lampu yang  terang, ditambah lagi papan nama yang mengkapi lampu menjadi daya tarik tersendiri. Usahakan juga, pakai lampu warna-warni.

Berjualan ayam kremes

Saya rasa dengan modal tiga juta saja sudah cukup untuk membuka usaha ayam kremes. 

Jenis usaha  ini modal paling banyak yakni untuk bahan baku daging ayam dan gerobak penjualan. Modal semacam alat penggorengan dan gerobak bisa Anda beli sekali dan digunakan seumur hidup.

Usaha ayam kremes masih memiliki tempat yang bagus di kalangan konsumen atau pembeli lokal, apalagi jika Anda dapat menyediakan produk yang enak beserta murah meriah. Terlebih, usaha ini cocok untuk Anda jadikan sebagai usaha sampingan.

Peluang Usaha Olahan Ayam



Tips mengembangkan usaha olahan ayam

Temukan supplier ayam

Dalam rangka mengembangkan usaha, Anda perlu supplier. Maka, temukan supplier yang selalu memenuhi target jualan Anda.

Ada banyak supplier ayam terpercaya di desa atau di kota-kota. Coba, bekerjasama lah dengan mereka agar bisnis olahan ayam tidak stuck dengan stok yang sederhana.

Semakin banyak stok ayam, semakin nyaman juga Anda membuat dan mengolahnya. 

Maksimalkan sosial media

Saya melihat masih sedikit pengusaha olahan ayam yang mempromosikan dagangannya di sosial media. Kebanyakan dari mereka adalah menunggu pembeli atau pelanggan setia datang.

Maka dari itu, maksimalkan saja sosial media. Sekarang ini di sosial media, apapun bisa dipromosikan. Dengan adanya promosi, pembeli akan tertarik dan tahu usaha yang sedang Anda jalani.

Konsisten

Kegagalan dan keberhasilan saat menjalani sebuah usaha atau bisnis, itu pasti ada. Tapi, jika saya pelajari dari orang-orang yang sukses berjualan olahan ayam, sebut saja mereka yang berjualan ayam geprek, justru salah satu kesuksesannya adalah dia konsisten berjualan.

Dengan konsisten, ada semacam berpikir. Saat jualannya tidak laku, bikin inovasi baru lagi. Pun begitu seterusnya, sehingga tanpa mereka sadari, keberhasilan atau kesuksesan sudah dekat kepadanya.

Kesimpulan

Untuk kesimpulan, saya ambil saja dari pengusaha ayam yang diundang ke acara televisi yang saya tonton Minggu lalu itu.

Jadi, dia mengatakan bahwa bisnis ini adalah bisnis kuliner. Idealnya, makan adalah konsumsi kebutuhan manusia setiap hari. Sehingga, jenis bisnis ini akan terus dibutuhkan oleh banyak orang.

Namun, bicara soal keberhasilan itu tergantung si pengusaha itu sendiri; mulai dari memilih ide, harga, promosi, bahkan rasa, dan lain-lain. Artinya, dia harus tepat dan menguasai apa yang akan ditentukannya.

Itulah peluang usaha olahan ayam yang dapat saya tulis di sini. Sebuah analisis lengkap dan sederhana.

Post a Comment for "Peluang Usaha Olahan Ayam - Analisis Lengkap"