Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Usaha Mie Ayam

Contoh Analisis SWOT Usaha Mie Ayam

Materi hari ini yang bakal saya bahas kepada Anda semua yaitu tentang contoh analisis SWOT usaha mie ayam. Ini adalah salah satu bentuk usaha yang paling saya gemari. Sebab, saya pribadi termasuk ke dalam golongan orang-orang yang menyukai dan mencintai mie ayam.

Bagaimana tidak mencintai mie ayam? Makanan ini setara dengan bakso. Bahkan, penjual bakso biasanya merangkap juga berjualan mie ayam. Utamanya tukang bakso yang sudah punya tempat sendiri. Bukan pedagang bakso yang menggunakan gerobak.

Mie ayam pun mungkin pernah Anda temui menggunakan gerobak sebagai bentuk jualannya. Biasanya pedagang mie ayam yang memakai gerobak mempunyai rasa yang berbeda. Lebih dari itu, ia kelihatan saja ciri khasnya.

Lantas, bagaimana hasil analisis saya terhadap usaha mie ayam? Apakah usaha ini akan menguntungkan bak jenis usaha lainnya yang pernah saya tulis melalui blog ini?

Nah, mari kita kuak semuanya.

Apa itu usaha mie ayam?

Pada dasarnya usaha mie ayam adalah jenis usaha yang hanya membutuhkan bahan dasar sebagai berikut: irisan ayam, mie, sosin, saus, dan kecap. Sudah, itu saja. Tapi, meski bahan-bahan mie ayam seperti itu, entah mengapa, rasanya nagih terus di mulut.

Dengan harga yang tidak begitu mahal, katakan lah paling murah 7 ribu rupiah, makanan ini selalu dijadikan makanan pengganjal perut, khususnya di siang hari.

Kini sudah banyak penggemar mie ayam di mana-mana karena memang, faktanya, jenis makanan ini bikin candu.

Keluarga saya saja, setiap dua minggu sekali, selalu saja membeli mie ayam. Bahkan, bisa sampai seminggu lima kali. Karena di tempat saya, penjual mie ayam-nya enak-enak semua.

Akan tetapi, percaya atau tidak, di balik nikmatnya mie ayam, ada beberapa pedagang mie ayam yang sebut saja suka menjerit terhadap usahanya ini. Ia menjerit karena omsetnya tidak gede. Entah itu karena persaingannya sudah menumpuk terus (ini masuknya ke ancaman usaha), atau sudah tersegmentasi dengan buruk pemasarannya.

Oleh sebab itu, SWOT di sini berperan penting dalam menerawang jenis usaha ini. Berikut hasil lengkap analisis SWOT terhadap mie ayam.

Contoh analisis SWOT usaha mie ayam

Strengths atau kekuatan usaha mie ayam

  1. Rasa mie ayam sangat khas di lidah masyarakat Indonesia
  2. Harga mie ayam sangat terjangkau
  3. Hampir semua orang di semua kalangan, suka sama mie ayam
  4. Mie ayam cukup diandalkan sebagai makanan pengganjal perut
  5. Rasa daging ayamnya terasa lezat sekali

Weakness atau kelemahan usaha mie ayam

  1. Satu porsi di sebagian pedagang mie ayam ukurannya sedikit
  2. Banyak penjual mie ayam yang jorok, yaitu sering menggunakan tangannya saat mengambil garam dan bumbu-bumbu lainnya. Harusnya menggunakan plastik saja agar tampak bersih
  3. Berlokasi di tempat yang tidak begitu strategis

Opportunity atau peluang usaha mie ayam

  1. Menjanjikan karena setiap pedagang mie ayam sudah terbagi-bagi dengan baik
  2. Modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan mie ayam tidak begitu besar
  3. Lokasi mie ayam yang tepat akan menambah banyak omset bagi penjualnya

Threats atau ancaman usaha mie ayam

  1. Banyak ayam yang sudah tidak layak pakai
  2. Persaingannya sudah sangat tinggi. Sehingga, agak kewalahan dalam menggiring pembeli
  3. Pelayan kurang maksimal, terutama untuk tempat makan

Pandangan SWOT terhadap usaha mie ayam

SWOT memandang bahwa, usaha mie ayam ini meski banyak kelemahan dan ancaman, ia tetap akan disukai sama pembeli. Sebab, harga jual dan rasa memiliki ciri khas yang bagus. Terlebih, citra mie ayam di telinga masyarakat Indonesia sudah sangat bagus.

Lebih dari itu, banyak pengusaha mie ayam yang saya temui, rata-rata menuai kesuksesan. Jadi, Anda jangan ragu dan khawatir apabila ingin terjun ke dunia makanan mie ayam ini.

Manfaat mie ayam

1. Mie ayam sebagai sumber energi

Mie ayam salah satu makanan mengandung manfaat karbohidrat dalam jumlah yang lumayan besar. Dalam setiap mangkuknya, terdapat banyak kalori atau menyediakan sekitar 21 persen dari nilai asupan yang sudah direkomendasikan. Hal ini tentu akan membantu proses mendapatkan sumber energi bagi tubuh agar melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Membantu dalam memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh

Komposisi yang ada dalam semangkuk mie ayam adalah sayuran hijau, seperti sawi maupun selada, yang di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi seperti manfaat vitamin C, alfa-linoleat, manfaat omega tiga, manfaat vitamin A, serta manfaat kalsium.

Hal ini tentu saja membantu menyeimbangkan nutrisi tubuh. Jadi, tidak hanya kalori yang bisa kita dapatkan dari manfaat mie ayam, tapi nutrisi lainnya.

3. Mie ayam dapat membuat perut kenyang

Saat rasa lapar sudah melanda, konsumsi mie ayam bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif agar dapat mengusir rasa tersebut. Kandungan karbohidrat relatif tinggi dalam mie ayam dan ia dapat memuat perut terasa kenyang selama beberapa waktu.

Efek samping Konsumsi Mie Ayam

Seperti pada saat kita mengkonsumsi mie instan, konsumsi mie ayam bisa menimbulkan beberapa hal negatif bagi kesehatan. Untuk itu, para ahli kesehatan tidak terlalu merekomendasikan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Mungkin efek samping yang akan ditimbulkan tidak kita rasakan seketika, namun dampak tersebut terasa dalam jangka waktu yang lama. Beberapa efek samping tersebut di antaranya kanker, gangguan pencernaan, maupun berbagai jenis gangguan pada kesehatan lainnya.

Memilih mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap sangat penting bagi tubuh. Hal ini membantu tubuh agar tetap dalam kondisi fit, serta dapat membantu terhindar dari berbagai macam bahaya penyakit.

Barangkali itu contoh analisis SWOT usaha mie ayam yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Usaha Mie Ayam"