Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Uang dari Patreon

Cara Mendapatkan Uang dari Patreon


Sampai penghujung tahun 2021, saya masih saja menggunakan Patreon. Alasan masih memaksimalkan platform crowdfunding ini, kalau bagi saya pribadi, yakni cuma untuk menulis.

Padahal, lebih dari itu, Patreon dapat memberikan penghasilan yang lebih besar bagi penggunanya. Apalagi kalau Anda seorang musisi atau pemusik.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari Patreon bagi penggiat seni dan pemusik, atau bahkan bagi konten writer? Berhubung, kini sudah banyak pengguna Patreon yang sukses hingga mendapatkan penghasilan 200 ribu dolar melalui situs ini.

Baik. Sebelum Anda lebih lanjut membaca artikel ini, perlu saya disclaimer dulu bahwa, untuk menghasilkan banyak pendapatan dari Patreon, Anda harus membuat konten yang menarik dan mampu mengajak pengikut Anda untuk bergabung juga di Patreon.

Itulah cara kerja Patreon yang selama ini sudah saya pantau. Untuk cara lainnya akan saya jabarkan di subjudul berikutnya.

Apa itu Patreon?

Sependek pemahaman saya, Patreon adalah situs yang memungkinkan orang-orang kreatif untuk membangun pendapatan secara online.

Baik itu orang kreatif di bidang Podcaster, YouTubers, Blogger, dan dari semua pelaku kreatif yang ingin mendapatkan sedikit banyak pemasukan dari fanbase atau penggemarnya. Atau juga dari para donatur.

Kreator di Patreon untuk menarik hati para donatur atau penggemarnya agar memberikan uang dapat menawarkan akses lewat konten eksklusif. Misal, membuat artikel, video, atau podcast.

Platform ini juga dapat Anda maksimalkan untuk berkomunikasi dengan penggemar atau pengikut Anda secara langsung. Anda dapat berbincang dengan mereka dalam menginformasikan album misalnya, atau karya Anda yang lainnya.

Terhitung, sudah lebih dari 200 ribu pelaku kreatif menggunakan situs ini untuk menerima dukungan mereka dalam berkarya.

Cara mendapatkan uang dari Patreon

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus memulainya dengan mendaftar dan membuat akun dulu di Patreon, lalu Anda harus menyiapkan halaman pembuat atau pencipta, dan membikin tempat yang dapat menawarkan konten eksklusif kepada anggota Anda.

Patreon menawarkan starterkit untuk mempermudah proses penyiapan bagi penggunanya. Ini adalah halaman template yang sudah dirancang untuk membantu penggunanya dalam mengisi bagian-bagian yang kosong lalu kemudian meluncurkan akunnya dengan cepat.

Selama proses penyiapan, Anda akan memberi tahu kepada Patreon mengenai jenis konten yang Anda buat, lalu memilih mata uan, dan menyimpan URL khusus. Selanjutnya, Anda akan menambahkan foto profil, gambar sampul, tautan ke akun media sosial Anda, dan bahkan video intro jika Anda ingin memperkenalkan diri.

Jika Anda memiliki akun pro, Anda dapat mengatur tingkatan dengan insentif berbeda yang mungkin menarik bagi anggota Anda. Di Patreon, semuanya benar-benar gratis. Perusahaan ini menghasilkan uang dengan mengambil persentase dari pendapatan pencipta, ditambah biaya pemrosesan pembayaran.

Cara terbaik untuk menghasilkan uang dari Patreon ialah Anda harus menawarkan paket keanggotaan kepada pelanggan Anda atau meminta pembayaran untuk setiap postingan eksklusif yang Anda tulis.

Anda akan dapat menawarkan fasilitas kepada anggota Anda seperti konten yang terjaga keamanannya, streaming langsung khusus anggota, forum eksklusif, obrolan langsung Discord terintegrasi, buletin eksklusif, lokakarya streaming langsung, diskon dan barang dagangan, dan masih banyak lagi. Ada alat penerbitan juga yang cocok untuk setiap jenis pembuat konten.

Siapa saja yang menghasilkan uang dari Patreon?

Semua pembuat konten dapat menggunakan Patreon untuk mendapatkan dukungan dari penggemarnya, termasuk seorang pendidik, penulis, musisi, gamers, dan lain-lain. Patreon sendiri menerbitkan karya dalam bentuk yang beragam. Mulai dari podcast politik hingga game.

Untuk membuat akun, Anda harus berusia minimal 13 tahun. Untuk bergabung dengan keanggotaan pembuat konten sebagai pelindung atau memberikan keanggotaan sebagai pembuat konten, Anda harus berusia minimal 18 tahun atau memiliki izin dari orang tua atau wali. Tidak ada persyaratan lain, tapi Anda memerlukan rekening bank untuk menerima pembayaran.

Agar sukses berkarir di Patreon, Taylor sang pendiri Patreon mengatakan bahwa Anda harus memiliki pengikut di luar Patreon.

“Kiat utama saya adalah memikirkan dari mana Anda akan mendapatkan audiens Anda — dan Anda MEMBUTUHKAN audiens yang ada. Saya sudah memiliki 10.000 pelanggan email, jadi menemukan grup anggota awal saya itu mudah, tetapi membuat orang mendaftar ke grup Patreon akan jauh lebih sulit.”

Cara memaksimalkan penghasilan dari Patreon

1. Buat video intro berkualitas tinggi. Gunakan fitur video untuk memperkenalkan diri Anda, tunjukkan manfaat yang akan Anda berikan kepada anggota, dan komunikasikan bagaimana dukungan finansial akan membantu Anda membuat konten yang lebih baik.

2. Promosikan Patreon Anda di media sosial. Pelanggan Anda kemungkinan akan berasal dari pengikut media sosial Anda, jadi pastikan untuk mempromosikan tautan ke halaman Patreon Anda di setiap akun media sosial atau di akhir video atau podcast YouTube Anda.

3. Menawarkan beberapa manfaat yang jauh lebih baik. Yakni dengan menyediakan beberapa opsi keanggotaan yang dapat membantu membujuk lebih banyak orang untuk mendukung Anda. Pastikan untuk memberi harga setiap opsi secara strategis sehingga pelanggan melihat nilai di setiap opsi.

5. Pilih insentif yang bagus. Tawarkan akses eksklusif ke konten yang akan menarik pengikut Anda, dan berikan manfaat yang sangat menarik bagi anggota/

6. Kirim pesan ke pelanggan Anda. Menurut data Patreon, pembuat konten yang mengirim pesan melalui Patreon lebih memungkinkan akan berhasil memproses setidaknya $100 di bulan pertama mereka di platform imi.

7. Memanfaatkan sumber daya Patreon. Patreon menawarkan banyak sumber daya pendidikan gratis, termasuk lokakarya, postingan blog, dan tutorial, untuk membantu pembuat konten menjadi sukses.

-

Itulah cara mendapatkan uang dari Patreon yang dapat saya bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat!
Ridwansyah penulis Garut
Ridwansyah penulis Garut Seorang penulis dan blogger Garut. Sudah pernah menerbitkan dua novel. Follow Twitter dan Instagram @aaridwan16.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang dari Patreon"