Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Uang dari Medium, Peluang Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah

 Salah satu platform yang mulai dikenal belakangan ini di Indonesia adalah Medium. 

Disana memang mayoritas artikel masih berbahasa Inggris dan sangat sedikit yang berbahasa Indonesia dan jika dibandingkan dengan pengunjung Indonesia dan dari luar negeri maka jumlah pengunjung dari Indonesia terbilang amat kecil.

Jika anda tertarik dalam dunia kepenulisan dan ingin menghasilkan uang dari tulis-menulis maka Medium adalah platform yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan yang dari aktivitas menulis.

Sebagaimana yang diterangkan sebelumnya dimana mayoritas pembaca Medium dari luar negeri yang merupakan penutur atau penikmat konten artikel berbahasa Inggris maka sebaiknya jika anda serius untuk menghasilkan yang dari Medium maka tulislah artikel di Medium dalam bahasa Inggris.

Yang menarik adalah, anda tak perlu repot-repot mencari nice yang sesuai, tak perlu menjual produk afiliasi atau menampilkan iklan di konten yang anda tulis. 

Bahkan anda tak perlu memikirkan trafik sebab Medium berisi jutaan pengunjung di seluruh dunia dan menjadi top 100 situs terpopuler di dunia menurut Alexa.

Di Medium, yang anda pikirkan hanyalah bagaimana memproduksi konten berkualitas. Jika konten anda cukup berkualitas maka akan semakin banyak yang membaca konten anda dan semakin banyak yang yang anda dapatkan.

Bisa anda bayangkan bagaiamana menyenangkannya menulis hal yang kita sukai dan mendapatkan uang dari aktivitas tersebut.

Uang yang dihasilkan pun tak terbatas. Sebagian pengguna ada yang mendapatkan antara US$10 hingga US$10.000.


Apa Itu Medium dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika YouTube adalah platform berbagi konten video maka Medium adalah platform berbagi konten tulisan. 

Sebagaimana YouTube dimana kreator dapat mempublikasikan konten lalu memonetisasinya dengan iklan, hal yang sama juga berlaku pada Medium. 

Setiap penulis dapat mempublikasikan konten artikel dan mendapatkan yang dari hal tersebut. Namun bedanya uang tak dihasilkan dari iklan.

Bagi kreator YouTube, semakin panjang video yang dibuat, semakin lama video ditonton maka akan semakin besar potensi keuntungan yang bisa diperoleh oleh YouTuber. 

Hal ini berlaku dalam platform Medium pula. Semakin banyak konten artikel yang dipublikasikan dan semakin lama konten tersebut dibaca maka uang yang dapat dihasilkan akan semakin besar.

Jika satu-satunya cara mendulang uang dari YouTube adalah dengan menayangkan iklan maka satu-satunya cara mendulang uang dari Medium adalah dengan penghitungan “waktu membaca anggota”.

Semakin lama pembaca membuka halaman yang anda tulis maka semakin besar pendapatan penulis Medium.


Cara Mendapatkan Uang dari Medium


Jika Medium tidak menayangkan iklan, dari mana uang bisa dihasilkan?

Uang dapat dihasilkan oleh para member berbayar di Medium. Keanggotaan Medium adalah US$50 per tahun dan US$5 per bulan. 

Jadi jika seorang yang berlangganan premium selama sebulan kemudian membaca 500 artikel, maka nilai US$5 akan dibagi ke 500 konten yang telah dibaca. 

Adapun jumlah yang dibagikan tergantung dari seberapa lama artikel dibaca (waktu membaca anggota).

Namun tak semua konten di Medium harus berbayar untuk dapat membacanya sebab sebagian konten di Medium tersedia gratis. 

Menyediakan artikel gratis untuk pengguna gratis tak akan berkontribusi sepeserpun untuk penulis namun jika konten anda dibaca oleh cukup banyak pengguna gratis maka algoritma Medium juga akan merekomendasikan artikel anda ke pengguna berbayar yang pada akhirnya mendorong lebih banyak pembaca Medium premium member.


2 cara Mendapatkan Uang dari Medium

Terdapat dua cara untuk mendapatkan uang dari Medium yaitu dengan cara menulis di platfrom Medium seperti yang banyak kita bicarakan diatas dan yang kedua adalah dengan mereferensikan membership Medium. 

Kedua cara ini adalah cara yang potensial jika ditekuni dengan baik. Adapun cara lengkapnya bisa disimak dibawah ini.


Cara Mendapatkan Uang dari Medium dengan Mereferensikan Membersihip

Cara pertama cukup mudah untuk dilakukan. Anda tak perlu melakukan reset konten, penulisan konten, dan lain sebagainya. 

Yang perlu anda lakukan adalah mengajak orang lain untuk bergabung menjadi membership Medium.

Nantinya anda bisa memperoleh passive income selama orang yang anda reverensikan masih memperpanjang keanggotaannya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Medium Premium member memiliki harga US$50 pertahun dan US$5 per bulan. 

Adapun jumlah yang akan anda peroleh jika ada yang bergabung ke Medium Premoum member tahunan adalah sebesar $2.01 yang akan dibayarkan pada akhir bulan. 

Sedangkan jika yang bergabung bulanan maka anda akan memperoleh sebesar US$2.27 yang juga akan dibagikan pada akhir bulan.

Untuk cara mendapatkan uang dari membagikan kode referensi telah ditulis oleh Medium sendiri melalui link ini: https://help.medium.Com/hc/en-us/articles/4405927192215

Tips yang diberikan untuk para anggota Medium yang ingin menghasilkan uang lewat referral adalah dengan membuat landing page dimana nantinya pembaca akan digiring untuk masuk ke dalam landing page tersebut nantinya para anggota yang tertarik dapat bergaubung dengan Medium Premium dan anda akan memperoleh uang dari keanggotaan.

Untuk mendapatkan kode referral anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama klik gambar profil anda yang berada di pojok kanan atas.

2. Setelah itu klik settings pada bagian menu.

3. Klik Audio Development.

4. Setelah itu klik Promote Membership.

5. Setelah itu anda akan masuk ke halaman membership dan disini anda akan melihat link yang dapat anda copy dan bagkan.


Cara Mendapatkan Uang dari Medium dengan Menulis

Salah satu cara utama yang ditawarkan oleh Medium adalah dengan menulis di Medium. Namun anda tak dapat langsung menulis dan mendapatkan uang dari tulisan tersebut. 

Sama seperti YouTube dimana anda yang baru saja membuat video liburan dan mengunggahnya ke YouTube tak akan dapat dimonetiasi.

YouTube mempunyai sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh kreator sebelum dapat memonetisasi channelnya. 

Demikian juga dengan Medium yang menentukan sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk dapat memonetisasi konten yang anda bagikan.

Syarat pertama adalah akun Medium telah mempublikasikan setidaknya satu tulisan di Medium. 

Kedua, akun Medium anda memiliki setidaknya mempunyai 100 followers. Dan yang ketiga, akun mempublikasikan setidaknya sekali dalam 6 bulan.


Kesimpulan

Medium adalah platform yang sangat ideal untuk mendapatkan uang bagi orang-orang yang mempunyai hobi menulis. 

Dari aktivitas yang menyenangkan tersebut ternyata kita dapat memperoleh uang. Bukan per tulisan, namun tergantung seberapa banyak orang yang membaca dan seberama pembaca membaca tulisan yang dibuat.

Ini artinya anda dapat menghasilkan yang dalam jumlah tak terbatas di Medium. Sebagian member telah mendapatkan ratusan ribu hingga puluhan juta setiap bulan dari tulisan-tulisan mereka.

Dengan 22 juta pengunjung dari seluruh dunia, tulisan anda berpotensi dibaca oleh sangat banyak orang.

Selain dari menulis, anda juga bisa mendapatkan yang dari medium dengan membagikan kode refferal yang memungkinkan anda memperoleh pendapatan pasif setiap bulannya.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang dari Medium, Peluang Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah"