Perhitungan Modal Awal Membuka Warung Bakso, Auto Untung Banyak - cariduit.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perhitungan Modal Awal Membuka Warung Bakso, Auto Untung Banyak



Bakso menjadi peluang usaha menjanjikan yang tak akan tergerus oleh zaman. Walaupun banyak jajanan kekinian yang muncul, tetapi makanan yang terbuat dari daging sapi itu tetap eksis dan dicintai masyarakat. Namun, berapa ya perhitungan modal membuka warung bakso?


Jika diperhatikan hampir di setiap kota, setidaknya memiliki satu penjual atau warung bakso. Salah satu makanan utama ini, bisa disajikan di saat musim panas atau hujan. 


Sehingga, cocok banget untuk dijadikan peluang usaha. Sebagai pertimbangan, simak total modal dan trik berjualan agar makin untung di bawah ini. 

Berapa Perhitungan Modal Awal Membuka Warung Bakso

Modal awal membuka warung bakso tergantung di mana dan cara Anda menjual. Jika hanya menggunakan gerobak atau menjual secara keliling, biaya yang dibutuhkan jauh lebih terjangkau. 


Sementara, jika tertarik menetap di satu tempat maka pertimbangkan menyewa ruko. Selain tak perlu mengelilingi area tertentu, pelanggan jadi lebih mudah menemukan usaha Anda. 


Namun, Anda perlu menambah biaya memulai usaha. Nah, lebih jelasnya, berikut perbedaan modal awal jualan bakso menggunakan gerobak dan di kios. 

Modal Awal Menjual Bakso dengan Gerobak

Bagi Anda yang ingin punya usaha kecil-kecilan, bisa mencoba berjualan keliling. Di samping menghemat modal, juga berguna untuk mempromosikan usaha ke lingkungan sekitar. 


Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, apabila mampu membawa gerobak ke beberapa wilayah strategis. Seperti ini total biaya yang perlu disiapkan. 


1. Harga Gerobak Bakso

Alat tempur pertama yang harus ada adalah gerobak bakso. Nantinya semua peralatan makan dan bahan masakan disimpan di dalam etalase gerobak. 


Usahakan pilih gerobak dengan kapasitas sesuai kebutuhan, demi menghindari risiko kekurangan ruang. Harga untuk satu unit bervariasi, tetapi ditaksir sekitar Rp2 jutaan. 

2. Biaya Bahan Baku

Pembelian bahan baku meliputi daging, tepung, sayuran, bumbu, dan bahan pelengkap lainnya. Modal untuk membeli cenderung berubah dan berbeda-beda. 


Misalkan hari ini Anda ingin menjual 100 mangkok bakso dan membutuhkan 5 kilogram daging sapi. Biaya ditaksir mencapai Rp1,1 jutaan. 


Perkiraan ini berlaku, apabila harga satu kilo daging sebesar Rp90.000 dan tepung Rp50.000. Lalu harga bumbu dapur Rp70.000, sayuran Rp50.000, dan bumbu pelengkap Rp40.000.  


Total belanjaan menjadi Rp660 ribu sisanya bisa dijadikan untuk menambah variasi. Seperti menambahkan mie dan tahu. Jadi, ketika Anda ingin menjual dengan jumlah yang sama untuk empat hari ke depan, maka siapkan budget 4 jutaan. 


3. Peralatan Masak

Satu tak boleh ketinggalan adalah peralatan masak. Siapkan panci, penyaring, sendok sayur, gas, dan kompor khusus. Supaya kegiatan usaha berjalan lancar. Apabila tak memiliki semua alat masak di atas, maka wajib memiliki dana sekitar Rp1 jutaan. 

4. Peralatan Makan Pembeli

Apabila Anda memiliki peralatan makan di rumah jangan digunakan untuk berjualan. Hal ini karena terlihat kurang profesional dan akan menghambat kelancaran usaha. Sebaiknya, pisahkan peralatan makan untuk pembeli dan kebutuhan di rumah. 


Pertimbangkan membeli mangkuk dengan gambar atau pola seragam. Begitu pula dengan sendok dan garpu. Biaya dapat disesuaikan, jika ingin memakai peralatan makan kualitas premium sekitar 500 ribuan. 

5. Biaya Promosi

Meskipun dilakukan secara nomaden alias berpindah-pindah, Anda tetap perlu atribut promosi. Paling sederhana pasang banner atau tulisan mendeskripsikan makanan yang dijual. 


Khusus banner harganya mulai dari Rp50 ribuan saja. Namun, tergantung ukuran dan banyaknya gambar yang dicetak. 


Jadi, biaya keseluruhan modal jualan bakso di gerobak yakni Rp4.500.000 saja. Makin banyak jumlah produksi yang ingin dijual, biaya bahan baku ikut bertambah. 

Kisaran Biaya untuk Modal Jualan Bakso di Kios

Keunggulan membuka usaha di ruko yaitu pelanggan bisa makan dengan nyaman dan tak perlu menunggu penjual melewati area rumah mereka. Sementara bagi penjual sendiri, Anda tak perlu capek berkeliling untuk mencari pelanggan baru. 


Namun, kelebihan ini harus dibayar dengan jumlah yang tak sedikit. Bagi pebisnis kuliner yang baru terjun, sebaiknya sudah punya modal tambahan dan uang simpanan. Berikut rincian biaya keseluruhan. 

1. Sewa Tempat

Biaya sewa ruko sangat bervariasi tergantung lokasi Anda. Jika berada di area sekolah, kantor, pabrik, atau tempat hangout kekinian, maka bisa mahal. Sebaliknya, jika lokasinya tidak terlalu strategis harga yang ditawarkan cenderung murah. 


Pilihan lokasi berjualan ditentukan oleh target pasar dan tujuan usaha. Apabila ingin mendapatkan penghasilan besar, sewa di tempat strategis. Biaya mulai dari Rp1,5-Rp5 jutaan perbulan. 

2. Harga Bahan Baku Pembuatan Bakso

Biaya produksi bakso jadi bertambah karena jangkauan pelanggan lebih luas. Jika dijual menggunakan gerobak bisa habis sampai 50 mangkok per hari, kemungkinan jumlahnya akan meningkat. 


Oleh sebab itu, Anda harus memastikan jumlah bakso cukup untuk pelanggan dalam satu hari. Perkiraan biayanya adalah dua kali lipat. 


Misalnya, penjualan di gerobak butuh modal Rp1,1 juta maka siapkan dana Rp2,5 jutaan. Jumlah biaya tersebut hanya untuk satu hari. 

3. Peralatan Masak Utama dan Penunjang

Tak jauh berbeda, peralatan masak dan penunjang juga harus ada untuk memudahkan kegiatan berjualan. Anda mungkin perlu upgrade dan menambah jumlah alat masak. Bisa diperkirakan modalnya sekitar Rp2 jutaan. 

4. Furniture

Kenyamanan pelanggan patut diperhatikan selama makan di ruko. Jangan sampai, ada yang tidak puas dan malas berkunjung kembali. Triknya adalah menyediakan tempat untuk makan yang nyaman. Seperti menggunakan meja dan kursi daripada harus duduk lesehan atau di lantai. 


Biaya yang disiapkan untuk membeli furniture mulai dari Rp4 jutaan untuk kursi dan meja ukuran dan bentuk standar. Atau Anda ingin meminta model custom agar unik dan menarik. 

5. Banner dan Spanduk

Walaupun sudah berjualan di tempat strategis, promosi usaha harus lebih gencar dilakukan. Sebaiknya pasang banner atau spanduk untuk menarik pelanggan baru di sekitar lokasi jualan. 

Apabila ditotal, maka budget minimal membuka ruko bakso yaitu Rp10 jutaan. 

Tips Dagang Bakso agar Menghasilkan Keuntungan Besar

Termasuk usaha menjanjikan, jualan bakso juga perlu trik khusus agar tetap untung dan ramai pengunjung. Melansir dari Gobiz, setidaknya Anda wajib menerapkan cara di bawah ini. 


Pilih lokasi strategis dan sesuai target pasar

Tentukan harga bakso yang wajar dan terjangkau

Tingkatkan pelayanan pelanggan agar makin puas

Menerapkan konsep tertentu di ruko supaya instagramable

Variasikan menu makanan dan minuman

Jaga kebersihan dan kerapian ruko untuk meningkatkan kenyamanan

Terapkan strategi penjualan yang efektif 

Aplikasikan promo dan potongan harga untuk edisi tertentu


Sedangkan bagi Anda yang menjual menggunakan gerobak, tetaplah konsisten berkeliling di lokasi berbeda tiap harinya. 


Kira-kira seperti itu perhitungan modal awal membuka warung bakso. Semoga dengan tips di atas, usaha Anda makin laris dan diburu pelanggan. Salah satu trik lain bisa dicoba yaitu rutin berinovasi pada menu yang dijual. 




Post a Comment for " Perhitungan Modal Awal Membuka Warung Bakso, Auto Untung Banyak"