Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Google Adwords? dan Jenis-Jenisnya

Google Adwords  adalah
Google Adwords  adalah


Pernahkah kamu mencari suatu keyword (Kata kunci) di mesin pencarian Google dan menemukan hasil pencarian akun Google Kamu menggunakan kata “Ads” atau “Iklan” di sebelah judul halaman? Jika ya, maka dapat dipastikan halaman tersebut menggunakan salah satu fitur Google ialah dengan Google Adwords  adalah sebuah situs yang mencari sebuah kata kunci untuk menemukan hasil yang lebih efesien dengan adanya Google Adwords kamu lebih mudah dan cepat dalam melakukan pencarian.

Lalu, apa itu Google Adwords? Pertanyaan ini sering diajukan oleh para pemasar yang ingin memulai pemasaran bisnisnya lewat media internet dan mereformasi bisnisnya menjadi digital marketing untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. 

Google Adwords adalah salah satu sumber pemasaran yang sangat populer sekarang di Indonesia. Oleh karena itu, pada artikel ini cariduit.id akan mengenal secara lebih jauh terkait Google Adwords.

Pengertian Google Adwords? dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Google Adwords

Google Adwords adalah sistem iklan yang disediakan oleh Google dimana kami dapat mengatur iklan dari web site usaha kami. Disini kami bisa mengatur daerah penempatan iklan yang akan tampil di Google Search atau jaringan pencarian Google, lokasi sasaran pasar, bahasa, dsb. 

 Google akan mengelola dan menampilkan iklan yang udah kami buat disesuaikan dengan sasaran dan tujuan yang sudah di tentukan. Iklan yang kami pasang akan muncul pada perangkat orang yang lakukan penelusuran dengan keyword (Kata kunci) yang kami pilih. Adwords adalah teman terbaik Kamu di dalam marketing online.

Dengan Kamu jelas apa saja fitur dan keistimewaan dari Google Ads ini, akan menambah usaha dan penjualan product atau layanan yang Kamu tawarkan. Fitur-Fitur yang semakin kompleks di didalam Google Ads ini membuat kemampuan kami untuk merencanakan taktik pemasaran usaha online menjadi tidak terbatas. 

Google akan menampilkan iklan usaha Kamu dan menjangkau sasaran usaha Kamu tidak terbatas pada ruang dan waktu apalagi Kamu dapat beriklan dengan jangkauan di luar Indonesia. Google Ads sangat mungkin Kamu untuk menentukan sasaran calon pelanggan Kamu berdasarkan keyword (Kata kunci), topik, kategori, lokasi, sampai waktu yang Kamu pilih. Kamu dapat memulai menggunakan Google Ads disesuaikan dengan budget pemasaran Kamu. Tapi saya menyarankan untuk memulai memasang iklan dengan menentukan budget minimum Rp 50,000 per hari.

Cara Pembiayaan Google Adwords

Pembiayaan didalam Adwords menggunakan beberapa cara, yaitu:

1. Dengan Biaya per 1,000 Impresi (Pay per Thousand Impression)

Kamu akan dikenakan biaya iklan Google Ads setiap ada 1,000 orang yang melihat iklan Kamu. Ini adalah cara yang bagus apabila Kamu ingin web dan product usaha Kamu lebih banyak di lihat atau membangun Awareness pada orang di pasar.

2. Biaya per Klik (Pay per Click)

Kamu akan dikenakan biaya setiap kali ada yang klik iklan Kamu. Apabila mereka hanya melihat iklan Kamu, tetapi tidak memilih untuk datang ke web site Kamu. Maka, Kamu tidak akan membayar apa-apa. Sebaliknya, jika orang melihat iklan Kamu menarik dan jalankan kunjungan untuk melihat isi web site Kamu maka Kamu akan membayar biaya iklan.

Jenis Campaign di Google Ads

Google Ads menyediakan jenis campaign yang bisa kamu pilih untuk beriklan dengan menyesuaikan copy iklan baik itu video, gambar, toko online, aplikasi dan lain-lain. Kamu bisa memilih salah satu dari model campaign Google Ads ini.

1. Search Network Campaign

Search network campaign adalah iklan yang muncul di halaman hasil pencarian baik itu di Google search, Youtube, Maps, sampai Google Shopping saat pengguna mengetikkan keyword untuk mencari. dengan adanya tulisan ‘Ad’ yang tebal berwarna hitam untuk membedakan antara SERP iklan dan yang yang bukan. 

 Pada contoh di atas, jika kamu mengetikkan keyword ‘Adidas’ maka ketika muncul halaman hasil pencarian, pada peringkat atas ada web toko Adidas Indonesia dan baru peringkat dua web site Adidas Official. Hal ini untuk menarik orang didalam suatu cakupan wilayah yang ingin membeli product Adidas, dengan membelinya di toko Adidas Indonesia.
Shopping Campaign
Model campaign iklan lainnya dari Google Ads ialah shopping campaign. Iklan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian tidak lagi sekadar teks atau link yang merujuk ke landing page, tetapi juga dapat menyertakan kabar product terperinci seperti harga dan juga rating product dan juga di Google Shopping. 

Kamu dapat menjalankan shopping campaign lewat Google Merchant Center. Google akan menggunakan data kabar product kamu, bukan berdasarkan keyword yang diketik user, untuk menentukan bagaimana dan di mana untuk menampilkan iklan tersebut.
Display Network Campaign
Google mempunyai jaringan situs area beraneka industri dan dengan serangkaian audiens memilih untuk menampilkan Google Ads, yang dikenal sebagai Google Display Network. Lewat campaign ini, kamu bisa menayangkan iklan visual dan menempatkannya pada orang-orang yang mengunjungi web orang lain, Gmail, dan Youtube. 

Iklannya sendiri juga fleksibel di dalam hal gaya. Iklan ini bisa di dalam bentuk multimedia berupa gif, teks, video, atau gambar. Manfaat bagi pemilik web site adalah mereka dibayar per klik atau tayangan pada iklan. Manfaat bagi pengiklan adalah mereka bisa menampilkan konten mereka di depan audiens yang selaras dengan sasaran pasar dan persona. 

 Beberapa manfaat menggunakan display network ads adalah jangkauannya. Google bermitra dengan lebih dari dua juta situs dan menjangkau lebih dari 90Prosen dari semua pengguna Internet untuk membantu memastikan iklan tampil di depan orang sebanyak bisa saja. 

 Tetapi, ada kemungkinan iklan kamu akan muncul di web site yang tidak kamu menghendaki atau di depan video yang tidak kamu ingin untuk dikaitkan dengan merekmu. Jika kamu berhati-hati di dalam menempatkan iklan, display network campaign bisa menjadi area yang tepat untuk mengumpulkan leads.
Video Campaign
Jenis campaign Google Ads lainnya ada pula yang berbentuk video. Iklan video ini ditampilkan sebelum, di sedang, lebih-lebih setelah tayangan video Youtube selesai diputar. Tidak hanya didalam video, video campaign juga muncul ketika pengguna mengetikkan keyword di pencarian Youtube sampai kemudian dapat menarik perhatian pengguna. 

 Melalui video campaign, perusahaan atau usaha kamu akan dipromosikan lewat video iklan yang ditampilkan di Youtube dan juga properti Google Display Network lainnya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mempromosikan perusahaan melalui iklan video tersebut.
Apps Campaign
Google Ads apps campaign dapat mempromosikan aplikasi mobile kamu yang dapat diunduh di smartphone atau tablet lewat iklan yang ditampilkan di hasil pencarian Google, Youtube, Google Play, Google Display Network, dan masih banyak lagi. Demikianlah, beberapa penjelasan yang berkaitan dengan google adwords adalah yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis dengan menggunakan iklan video sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Pengertian Google Adwords? dan Jenis-Jenisnya"