Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengejutkan! Harga Saham Bukalapak Hari Ini Turun!

harga saham Bukalapak hari ini
harga saham Bukalapak hari ini



Harga saham Bukalapak
 hari ini turun, dibandingkan saat pertama kali melantai di bursa pada pertengahan tahun 2021. Meski demikian, PT Bukapalak.com Tbk tetap mencatatkan pertumbuhan positif, untuk saham BUKA berdasarkan laporan keuangan yang diumumkan pada tahun 2022. 

Lalu, bagaimana ekspektasi kinerja BUKA-nya di tahun 2023? Pada awal kuartal ketiga tahun 2022, Bukapalak terus mencatatkan pertumbuhan output yang positif. Pada kuartal ketiga tahun 2022, laba bersih Bukalapak tercatat mencapai Rp3,61 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 421 persen dari rugi bersih sebesar Rp 1,210 miliar secara tahunan.

Mengejutkan! Harga Saham Bukalapak Hari Ini Turun!

Peningkatan laba usaha pada kuartal ketiga ini, serupa dengan kuartal kedua dan terutama disebabkan oleh peningkatan investasi mark-to-market di PT Aro Bank Indonesia Tbk. Pertumbuhan positif Bukalapak kemudian berlanjut di kuartal ketiga karena TPV-nya di kuartal ketiga meningkat 32% menjadi Rs 41,3 crore.

Sahamnya Masih Rendah, tetapi Apakah masih Layak Dibeli?

Berbeda dengan kinerja yang membaik, tetapi harga saham Bukalapak hari ini terus turun. Seperti yang diberitakan, harga saham BUKA pada 20 Januari 2023 adalah Rp 260. Meskipun demikian, saham BUKA masih layak untuk diperhatikan oleh investor yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. BUKA tergolong saham teknologi, namun saat ini diyakini sudah overvalued. 

Namun, pengaruh penerbit teknologi masih sangat besar. Selain itu, pasar seperti Bukalapak adalah bagian dari kehidupan masyarakat saat ini, sehingga ulit untuk hidup tanpa produk dari penyedia teknologi tersebut.

Apa Rencana Aksi Bukalapak di Tahun 2023?

Untuk lebih meningkatkan pertumbuhan kinerjanya, Bukalapak akan terus fokus pada bisnisnya saat ini sambil meningkatkan imbal hasil dari sekuritasnya. Mengingat Bukalapak masih memiliki banyak uang tunai, dengan total Rp 17,1 triliun per September 2022, Bukalapak tampaknya tidak perlu mencari pendanaan lain. 

 Menurut sebuah penelitian tertanggal 8 Desember 2022, tim riset RHB Securitas menemukan bahwa BUKA tidak hanya akan meningkatkan margin kontribusi terhadap TPV, tetapi juga menurunkan biaya lalu lintas online-to-offline (O2O), sehingga margin keuntungan yang lebih tinggi, dan daya saing yang lebih rendah.

Pengenalan waran BUKA yang Terstruktur

Pada tanggal 18 Januari 2023, Waran Terstruktur BUKA (WT) secara resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia bersama dengan TINS. Waran terstruktur BUKADRCV3A dengan underlying PT Bukalapak.com Tbk. dan TINSDRCV3A dengan underlying PT Timah (Persero) Tbk. merupakan jenis waran dengan tingkat konversi 10:1. WT BUKADRCV3A sendiri memiliki harga penerbitan sebesar Rp 7 per saham, dan harga pelaksanaan Rp 300 per saham. 

Setelah itu, seri WT BUKADRCV3A akan dicatatkan sebanyak 1,5 miliar. Steinley Atmanagara, Head of Sales and Marketing Equity Derivatives RHB Securitas, mengatakan permintaan terhadap WT yang menjadi underlying asset BUKA cukup tinggi.

Pantau Pergerakan Saham BUKA dengan Aplikasi Saham Terpercaya

Dengan prospek yang lebih cerah untuk saham BUKA tahun ini, dan rekam jejak pertumbuhan yang lebih kuat, saham BUKA kemungkinan akan menjadi incaran banyak investor. Bagi Kamu yang ingin memantau pergerakan saham BUKA secara real time, Kamu bisa menggunakan aplikasi trading saham online yang terpercaya. 

 Semakin banyak orang pintar melakukan transaksi perdagangan saham menggunakan aplikasi online terpercaya, semakin banyak poin yang mereka peroleh. Kemampuan untuk memberikan poin untuk setiap transaksi adalah manfaat dari fitur yang ada didalamnya. Poin yang dikumpulkan oleh Smart People dapat ditukarkan dengan kredit e-wallet. 

Dan mereka sangat memahami betul bahwa ergerakan harga saham di pasar saham yang dinamis perlu dipantau secara real time. Untuk itu, Smart People dapat mengunduh aplikasi trading saham online terpercaya sekarang juga. Dan seperti yang kita tahu, aplikasi-apliasi tersebut hadir dengan banyak fitur hebat yang dapat mengoptimalkan laba atas investasi dan perdagangan saham Kamu selanjutnya.

Apakah Saham Bukalapak Tinggi atau Rendah?

Di bawah ini adalah perhitungan saham Bukalapak perhari ini: Pendapatan bersih Rp 423,7 miliar di kuartal I-2021 Asumsi Rp 1,69 triliun selama setahun Jumlah saham beredar 103,06 miliar lembar Revenue per share : Rp 1,69 triliun/103,06 miliar lembar saham : Rp 16 per saham Harga saham Rp 750-850 per lembar = Price to sales ratio = 45,6 kali – 51,7 kali Mahal karena price to sales ratio yang wajah di bawah 5 kali. Perhitungan Analis Kiwoom Sekuritas, Sukarno Alatas dilihat dari rasio harga terhadap nilai buku (price to book value/PBV). PBV di atas 1 kali = 3,7-4,2 kali Rata-rata industri 8,6 kali Lebih murah dan jangka panjang bagus dengan tren kinerja membaik, serta rugi mengecil.

Cara Beli Saham Bukalapak di Sekuritas

Untuk memesan atau membeli saham di perusahaan sekuritas, terlebih dahulu harus punya rekening efek. Kamu bisa buka rekening efek di aplikasi sekuritas yang dipilih.

Mandiri Sekuritas

Cara membeli saham IPO Bukalapak di Mandiri Sekuritas:
  • Buka ipo.most.co.id
  • Masukkan User ID dan Kata Sandi
  • Klik Masuk
  • Akan tampil perusahaan yang sedang IPO beserta kodenya
  • Klik Pesan pada daftar IPO perusahaan yang mau kamu beli
  • Masukkan jumlah lot
  • Klik beberapa pernyataan yang terkait dengan prospektus emiten
  • Klik Pesan Sekarang
  • Pembelian saham IPO tidak bisa dibatalkan
  • Setelah berhasil, kamu akan menerima email bukti pemesanan saham dengan subjek “Pemesanan IPO Kamu telah Kami Terima”
  • Kamu juga akan mendapat email instruksi pembayaran lewat virtual account dengan subjek “Informasi Pembayaran Pesanan IPO”
Kamu dapat membayar lewat ATM maupun online banking dengan batas waktu yang sudah tercantum pada email. Untuk pemesanan pooling saham IPO Bukalapak di Most Mandiri Sekuritas tidak dikenakan biaya pemesanan. Saham yang sudah dibeli saat IPO dapat dijual kapanpun tanpa ada lock up period.

BNI Sekuritas

  • Pemesanan saham IPO Bukalapak terlebih dahulu harus punya rekening tabungan BNI dan rekening efek BNI Sekuritas.
  • Setelah memiliki syarat tersebut, akses id/ipobukalapak
  • Unduh syarat dan ketentuan pemesanan melalui link yang tertera
  • Lakukan pemesanan saham Bukalapak dengan klik Tombol Merah Tanda Panah
  • Isi formulir pemesanan. Dan beli sekarang

Investasi dengan Modal Kecil Dulu

Sebetulnya, kalau perusahaan masih rugi, namun masa depan atau prospeknya diyakini bagus, kamu tak perlu ragu untuk membeli sahamnya. Toh pasti bakal tumbuh dan profit kok, tinggal menunggu waktu saja. Tetapi jika ingin main aman, mulai investasi saham dengan modal kecil dulu. Lagipula tahun ini ada unicorn lain yang akan IPO, seperti GoTo, OVO, dan Traveloka. 

Yang pasti investasi saham adalah salah satu cara agar kamu jadi jutawan atau miliarder. Dengan membeli saham perusahaan yang berkinerja baik, kamu seperti memiliki mesin ATM yang dapat menghasilkan uang banyak. 

 Dan itulah informasi mengenai harga saham bukalapak hari ini. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat dan menambah pengetahuan. Khusunya kamu yang baru terjun ke dunia investasi. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Post a Comment for "Mengejutkan! Harga Saham Bukalapak Hari Ini Turun!"