Apa Itu Sasaran Bisnis? Panduan praktis untuk pemula
Sasaran bisnis harus realistis agar memberikan semangat kepada tim dan tidak justru membebani
CARIDUIT.ID - Sasaran bisnis dan tujuan bisnis seringkali membingungkan
beberapa orang. Padahl keduanya memiliki peran yang penting untuk membangun
sebuah bisnis yang sukses.
Sebagai seorang pelaku bisnis, kamu wajib memahami perbedaan
tujuan bisnis dengan sasaran bisnis. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara
praktis apa itu sasaran bisnis, contoh sasaran bisnis dan cara menentukan
sasaran bisnis.
Pengertian Sasaran Bisnis
Jadi apa yang sebenarnya dimaksud dengan sasaran bisnis ?
secara sederhana, sasaran bisnid merupakan setiap langkah strategis dan
spesifik, terukur dan memiliki batasan waktu yang jelas dalam mencapai tujuan
besar dari bisnis yang dijalankan.
Jika tujua bisnis menjadi arah atau target bisnis secara umum
yang ingin kamu gapai misalnya menjadi “pemimpin pasar”, maka sasaran bisnis
adalah “bagaimana cara kita sampai kesana”.
Sasaran bisnis akan memberikan target yang ingin dicapai
oleh bisnis dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang. Sasaran bisnis
yang jelas dan realistis akan membantu bisnis dapat mencapai pertumbuhan yang
sehat.
Perbedaan Sasaran dan Tujuan Bisnis: Jangan Sampai Tertukar!
Penting bagi pelaku bisnis untuk memahami perbedaan
sasaran dan tujuan bisnis. Secara sederhana, tujuan bisnis contohnya
destinasi impianmu (misalnya, "liburan ke ke eropa"), maka sasaran
bisnis sendiri yaitu daftar rincian yang harus kamu lakukan.
Mislanya "beli tiket pesawat bulan depan,"
"pesan hotel di distrik Eiffel," "sisihkan uang 5 juta setiap
bulan untuk budget makan”, dan berbagai check list yang harus kamu
penuhi untuk mewujudkan perjalanan yang menyenangkan.
Adapun dalam dunia bisnis, perbedaan tujuan bisnis dan
sasaran bisnis bisa dijelaskan sebagai berikut :
- Tujuan
Bisnis: Pernyataan umum mengenai apa yang ingin dicapai bisnis Anda.
Bersifat aspiratif, tanpa strategi spesifik. Contoh: "Meningkatkan
pendapatan."
- Sasaran
Bisnis: Langkah-langkah yang lebih spesifik, terukur, dan berbatas
waktu untuk mencapai tujuan. Contoh: "Menutup kesepakatan dengan
klien besar senilai Rp 500 juta dalam kuartal ini untuk mencapai target
pendapatan tahunan."
.webp)
Mengapa sasaran bisnis menjadi penting untuk bisnismu ?
Mengapa sasaran bisnis menjadi sangat penting?
.webp)
Setidaknya ada beberapa alasan kuat yang bikin sasaran ini
jadi tulang punggung kesuksesan bisnismu:
- Menjadi
Panduan Jelas untuk Objektif Fungsional: sasaran bisnis akan
memberikan panduan jelas kepada setiap tim atau divis di bisnis. Misalnya sasaran
bisnisnya adalah “meningkatkan penjualan barang X hingga 30%”.
- Mendorong
Motivasi Karyawan: karyawan dan manajer akan semakin bersemangat
bekerja karena memiliki bayangan dan gambaran pertumbuhan yang akan
dicapai dalam kerja mereka.
- Menjadi
Alat Evaluasi dan Kontrol: sasaran yang dicapai dan tidak tercapai
akan menjadi alat evaluasi. Sehingga jika sasaran tidak tercapai maka
setiap divisi bisnis akan melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka dan
menemukan solusi dan jawaban mengapa sasaran tidak tercapai.
Cara Menentukan Sasaran Bisnis: Rumus SMART!
Menentukan sasaran bisnis itu ada rumusnya, adapun
metode yang paling populer adalah metode SMART:
- Specific
(Spesifik): Sasaran harus bersifat jelas dan tidak ambigu. Apa yang
ingin bisnismu capai? Siapa yang akan terlibat? Kapan? Di mana? Hingga Mengapa?
- Measurable
(Terukur): suatu bisnsi harus memiliki metrik atau angka yang bisa
kamu gunakan untuk mengukur kemajuan. Seberapa banyak? Berapa persen?
- Achievable
(Dapat Dicapai): Seorang pelaku bisnis pasti memiliki cita-cita
tertentu yang ingin dicapai dari bisnisnya, namun sasaran harus realistis
dan bisa diraih. Jangan sampai bikin timmu demotivasi karena target yang
mustahil atau terlalu berat untuk dicapai.
- Realistic
(Relevan): Sasaran harus berjalan lurus dengan operasional perusahaan
dan mendukung rencana bisnismu secara keseluruhan.
- Time-bound
(Berbatas Waktu): Harus ada batasan waktu yang jelas kapan sasaran itu
harus tercapai (hari, minggu, bulan, tahun).
Contoh Sasaran Bisnis Yang Baik
Sasaran bisnis harus bersifat sangat spesifik untuk
prioritas dan model bisnismu. Berikut beberapa kategori umum yang bisa jadi panduan
kamu dalam menentukan sasaran bisnis:
- Sasaran
Finansial: Target keuangan misalnya meningkatkan pendapatan atau
profitabilitas. Contoh: "Meningkatkan laba bersih hingga 15% pada
akhir tahun 2025."
- Sasaran
Pertumbuhan: memiliki tujuan untuk memperluas atau mengembangkan
bagian bisnis. Contoh: "Mendatangkan 100 pelanggan baru di segmen X
pada kuartal ketiga."
- Sasaran
Proses: Menbuat alur kerja yang lebih efisien. Contoh: "Meminimalisir
waktu produksi produk A sebesar 10% dalam 6 bulan."
- Sasaran
Berbasis Waktu: kamu bisa menentukannya dalam jangka waktu yang pendek
(hari, minggu) atau jangka panjang (bulan, tahun).
Penutup
Mencapai sasaran bisnis memang membutuhkan tekad serta
perencanaan yang baik. Dengan menentukan sasaran yang jelas serta melibatkan
seluruh tim, kamu akan memiliki peta jalan yang konkret menuju kesuksesan
jangka panjang bisnismu. Jadi, apakah kamu sudah siap menentukan sasaran SMART
untuk bisnismu?(*)
Post a Comment for "Apa Itu Sasaran Bisnis? Panduan praktis untuk pemula"
yuk saling berbagi di kolom komentar