Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website



Sedang ingin membuka bisnis online menjual jasa menulis artikel dan membuat konten website? Jika ya, maka ada begitu banyak PR yang mesti dikerjakan. Apalagi di era sekarang, di mana perkembangan ekonomi digital amat mempengaruhi kemajuan bisnis konten.

Bicara kemajuan artinya bicara persaingan. Jasa menulis artikel ibarat buih di lautan yang dimainkan oleh banyak orang. Bagi para pemula yang terjun ke dalamnya, maka membutuhkan kesiapan mental untuk bertarung dengan para kompetitor untuk merebut hati pelanggan.

Bisnis membuat konten website itu memiliki seninya tersendiri. Dan seni ini hanya dipahami melalui pengalaman bertubi-tubi membaca keinginan pasar. Namun tak ada kata terlambat untuk memulai usaha jasa penulisan artikel.

Tips-tips di bawah ini seharusnya bisa membantu dan memberikan gambaran.



1. Membuat Portofolio

Portofolio tidaklah selalu merupakan karya yang lama, artinya bisa pula memberikan portofolio baru. Contoh karya adalah wujud portofolio yang amat dibutuhkan calon pembeli konten artikel. Jadi jangan ragu menunjukkan pada mereka.

2. Memiliki Akun Media Sosial Terpercaya

Buatlah akun media sosial yang terpercaya, ditandai dengan banyaknya list teman dan terlihat adanya komunikasi aktif di dalamnya. Melampirkan screenshot testimoni juga menjadi cara lama yang banyak dipakai para penjaja jasa penulisan artikel.

3. Membuka Situs Toko Jasa

Ini sangat jarang terpikirkan oleh mereka yang baru terjun ke bisnis jasa pembuatan konten artikel. Bahwa mereka wajib membuka situs toko jasa, sejak hari pertama mereka beraksi di bidang ini. Sebab bicara situs itu bicara tentang usia dan persaingan di search engine. Lebih cepat dibuka, maka justru lebih baik.

4. Merancang Produk yang Dijual

Janganlah menjual produk tulisan tanpa merancangnya lebih dulu. Berhentilah bersikap seperti perpustakaan berjalan yang menguasai segala niche atau topik tulisan. Jadi alangkah baiknya, sedari awal sudah menentukan dulu niche apa saja yang bisa dikerjakan dan berapa harganya. Dan paling penting, kapan bisa selesainya.

5. Memberikan Promosi

Tiap-tiap pebisnis jasa menulis artikel memiliki program promosi tersendiri. Memang dapat dikatakan bahwa promo menjadi jantung dari bisnis ini juga. Apalagi di tengah tingginya kompetisi dengan sesama penjual jasa menulis artikel.

6. Melobi Customer dengan Cerdas

Kemampuan melobi hanyalah dimiliki mereka yang sudah matang dengan pengalaman. Tips melobi di bisnis jualan konten adalah pada pengalaman transaksi pertama yang menyenangkan.

7. Meningkatkan Kualitas Produk Tulisan

Kualitas tulisan sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Dan kualitas tulisan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan keterampilan. Jadi banyaklah belajar meskipun sudah bertempur dan terjun di bidang penjualan jasa menulis konten.

8. Meningkatkan Pengetahuan

Tingkatkanlah pengetahuan dengan cara memperluas informasi. Seorang penjual jasa konten tak ubahnya penulis. Dengan makin banyaknya menyerap informasi dengan cara membaca, maka ketika menulis pun akan semakin mantap kepadatan datanya.

9. Memperbarui Skill

Update skill seiring dengan update knowledge. Skill di sini lebih kepada teknis tentang bagaimana struktur artikel atau konten harus dibuat. Dan tentunya harus menuruti tren yang ada.

10. Memperbaiki Sikap Mental

Perbaikilah sikap mental! Seorang penulis itu menjadi mental baja karena ditempa pengalaman. Maka penjual jasa konten pun akan semakin paham seluk-beluk dunia ini karena pengalamannya.

Dari 10 tips sukses bisnis online menjual jasa menulis artikel dan membuat konten di atas, manakah yang sudah dimiliki? Dan manakah yang belum dimiliki? Kesepuluhnya bisa dipenuhi sambil bisnisnya berjalan. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha membuat konten internet dari sekarang juga.

3 comments for "Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website"