Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bisnis Menguntungkan Untuk Yang Mau Pensiun Dini


Ketika memasuki masa pensiun, sebagian besar masyarakat yang dulunya bekerja pasti akan cepat merasa jenuh di rumah jika tidak mampu menyiasati kegiatan yang dilakukan sehari-hari di rumah. Secara biasanya dulu pagi-pagi berangkat kerja, beraktivitas, ketemu teman, dan sekarang harus di rumah saja.

Biasanya pegawai sejak dini sudah memulai sebuah usaha. Sebuah usaha yang akan dijalankan tersebut pada awalnya memang merupakan sebuah usaha sampingan saja. Namun tidak menutup kemungkinan jika setelah mereka pensiun, usaha tersebut akan menjadi sebuah usaha utama dan justru penghasilannya melebihi penghasilan ketika menjadi pegawai. Berikut ini 7 Bisnis Menguntungkan Untuk Yang Mau Pensiun Dini.

1. Reseller Barang

Jadi reseller adalah salah satu pilihan bagus sebagai usaha bagi yang pensiun. Ini merupakan salah satu ide usaha yang dapat dijalankan ketika saat pensiun adalah menjadi reseller barang-barang untuk dijual lagi. Cara ini cukup mudah. Anda tinggal mencari penjual barang, misalnya penjual tas atau pakaian, membuat janji dengannya untuk bertemu dan mengambil barang jualan. Kemudian kita tinggal mencari konsumen baru untuk menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan penjual pertama.

Untuk reseller lebih bagusnya memang barang yang tahan lama dan kalau Amda tipe orang yang gak rajin lebih baik hindari menjual barang yang tidak awet. Usaha ini mempunyai banyak kemudahan yaitu tidak perlu modal besar, hanya modal marketing saja, hampir tidak ada ruginya karena tidak stok barang, bisa menawarkan pada siapapun dan dimanapun tanpa harus membawa barang terlebih dahulu.

2. Franchise (Waralaba)

Pilihan berikutnya, usaha yang bisa dijalankan saat pension dini adalah usaha warabala. Sebuah usaha yang dijalankan sengan sistem waralaba dapat dikatakan menjadi sebuah pilihan usaha sampingan yang tepat untuk pegawai yang ingin pensiun. Biasanya usaha waralaba ini lebih condong ke arah makanan cepat saji, seperti minuman coklat, burger, pizza, es teh segar dan berbagai makanan sebagainya, jarang sekali bahkan tidak ada usaha waralaba yang menjual barang-barang yang tahan lama.

3. Budidaya Tanaman

Jika memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya mengubah hobi menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk usaha. Berkebun merupakan usaha yang bisa dilakukan setiap saat, tidak setiap hari, bisa dilakukan saat pagi hari atau sore hari, sesuai waktu yang bisa kita lakukan.. Waktu akhir pekan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk merawat tanaman. Bisa mulai menanam tanaman hias, seperti tanaman bunga atau tanaman obat seperti, untuk kemudian dijual kepada kolektor tanaman hias atau pembuat obat-obatan herbal. Yang paling utama adalah modal tempat, jika tidak punya tempat tentu harus beli tanah atau menyewa, kalau sudah punya tempat tinggal beli bibit, pot, pupuk dan lain sebagainya. Tentu kalau punya hobi berkebun akan sangat cocok karena usaha ini perlu keseriusan. 

4. Usaha Peternakan

Selain tanaman, ternak juga bisa menjadi alternatif pilihan usaha sampingan bagi pegawai, khususnya untuk yang ingin mulai pensiun. Bisnis ini bisa dijalankan dengan membeli anak ayam atau bebek beserta induknya lalu kemudian dijual saat sudah dewasa, atau menjual telurnya saja. Selain ayam Anda juga bisa berternak hewan lain yang kira-kira menguntungkan. Modal untuk usaha ternak ini hanya dengan modal kecil, karena cukup membeli kandang atau membuat kandang sendiri di belakang rumah dari kayu atau bamboo.

5. Usaha Telur Ayam

Salah satu usaha yang juga cocok bagi para pensiunan adalah usaha telur ayam. Usaha ini cukup menjanjikan keuntungan, karena setiap hari ayam bertelur, jadi setiap hari bisa kirim dan jual telur dan mendapatkan keuntungan hasil penjualan.

6. Membuka Toko Kelontong

Usaha selanjutnya yang cocok bagi yang ingin pension dini adalah membuka toko kelontong. Dimana usaha ini usaha yang tidak berat, mudah dan bisa dijalankan sendiri, bahkan bisa dilakukan dirumah.  Usaha ini memang butuh modal yang cukup lumayan, selain untuk tempat barang dagangan, juga untuk membeli barang dagangan, tapi bukan berarti harus besar, bisa kok dengan modal pas-pasan, istilahnya dimulai dari modal kecil-kecilan dulu yang penting jalan dan mampu memanajemen  toko dengan baik.

7. Bertani

Banyak contoh masa pensiunan dijalani di rumah di desa atau kampung halaman. Jika ingin kembali kekampung pekerjaan yang cocok dijalankan di kampung adalah bertani. Banyak sekali macam usaha pertanian. Di antaranya adalah mengelola sawah atau lahan padi, bertani buah-buahan, bertani sayuran, dan semacamnya. Usaha bertani adalah usaha yang tidak ada matinya, kebutuhan akan pangan tidak bisa dilepaskan bagi manusia umumnya, apalagi ketika pangan sulit, maka harga hasil sawah juga cukup menggiurkan jika dijual.


,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Source Picture, License Free : www.freepik.com">Designed by Freepik

Post a Comment for "7 Bisnis Menguntungkan Untuk Yang Mau Pensiun Dini"