Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya


Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis sukses, jangan sampai timbul dalam diri Anda pertanyaan simpel seperti apa pengertian distributor?

Karena, hal ini lekat kaitannya dengan dunia usaha termasuk mengenai konsumen, supplier, reseller dan produsen. Memang istilah di bidang ekonomi cukup banyak sehingga beberapa orang masih sering dibuat bingung ketika mempelajarinya.

Tapi, kalau soal pengertian distributor adalah brainly sudah sangat umum dan sering kita dengar karena untuk bisa mengerti tidaklah sulit. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha sukses alangkah baiknya untuk mempelajari semua hal tentang distributor dan sejenisnya. Karena, pemahaman ini termasuk pada pengetahuan dasar yang wajib diketahui.

Mengetahui Apa Pengertian Distributor?

Distributor ini berasal dari Bahasa Inggris yaitu distribute yang artinya adalah menyalurkan. Tapi, dalam ekonomi memiliki arti individu atau sekelompok orang dimana tugasnya menyalurkan produk dari supplier atau produsen ke konsumen. Seorang distributor barang harus dapat dipercaya oleh kedua belah pihak supaya tetap digunakan.

Bermodalkan banyak jaringan supplier dan orang-orang terdekat untuk dijadikan calon konsumen pasti akan membuat usaha Anda berkembang cepat.

Tapi pastikan tidak sampai salah dalam memilih produsen yang memiliki barang kurang berkualitas. Karena, hal ini akan mempengaruhi bagaimana seorang pembeli mempercayai produk yang Anda jual dari tangan pertama. 

Tidak hanya berhenti pada pengertian distributor adalah brainly saja, melainkan banyak hal lain yang juga perlu untuk diketahui. Lalu bagaimana cara mengambil keuntungan jika barang jualan didapatkan dari produsen?

Tenang saja, ketika Anda mengambil produk dari supplier dengan jumlah banyak pasti akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan harga ecer kepada konsumen.

Supaya Anda bisa memahami lebih jelas dan mendapatkan referensi usaha, berikut beberapa contoh agen dan distributor menjanjikan.

Contoh agen :

- Agen gas elpiji
- Agen properti
- Agen telur
- Agen air galon
- Agen pulsa elektrik
- Agen jasa pengiriman barang

Sedangkan untuk contoh distributor :

- Distributor makanan dan minuman instant
- Distributor beras
- Distributor roti, dan lain sebagainya.

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya


Setelah mempelajari contoh agen dan distributor diatas, pasti Anda sudah mengetahui bagaimana membedakan antara keduanya. Meskipun jika dilihat sepintas hampir sama pedagang perantara tapi ternyata terdapat perbedaan diantaranya, dimana salah satunya adalah penggunaan atas nama usaha.

Seorang contoh distributor berdiri menggunakan namanya sendiri sedangkan agen berdiri atas nama prinsipal tertentu.

Lalu, selain distributor terdapat istilah lain dalam perekonomian yaitu pengertian konsumen. Seorang pengguna atau pemakai barang yang ada di masyarakat sehingga bisa bermanfaat untuk kebanyakan orang merupakan konsumen.  Dengan penjabaran pengertian konsumen yang cukup singkat ini pasti bisa dengan mudah dimengerti karena termasuk pada istilah sederhana.

Apa Sih Perbedaan Distributor dengan Supplier?

Setelah Anda mengetahui apa pengertian distributor? Selanjutnya tabel dibawah ini akan memperjelas Anda supaya bisa membedakan antara distributor dengan supplier.

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya


Setelah membaca dan memahami maksud dari peta diatas, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui bahwa ternyata konsep distribusi cukup mudah. Dengan begitu, menyusun strategi supaya produk yang ditawarkan ke konsumen tidak perlu ribet asalkan bersungguh-sungguh.

Apa Saja Klasifikasi Jenis Distributor?

Kemudian timbullah pertanyaan baru mengenai klasifikasi jenis distributor yang belum banyak orang tahu. Nah, disini terdapat 3 jenis, yakni :

1. Distributor Jasa

Produk yang ditawarkan disini berupa jasa dimana banyak orang membutuhkan,  misalnya seperti jasa keuangan. Uang tersebut berasal dari bank kemudian diberikan kepada nasabah yang sudah ditargetkan.

2. Distributor Barang

Produk berupa barang menjadi distribusi paling umum ditemukan, sehingga sebagai seorang produsen sudah mulai mempercayai distributor. Selanjutnya produk tersebut bisa ditawarkan ke penjual lain atau langsung ke konsumen, keduanya sama-sama menguntungkan.

3. Distributor Perorangan

Klasifikasi satu ini mulai marak sejak adanya perkembangan digital, karena sistem kerjanya yang menyalurkan jasa, produk atau keduanya sekaligus ke masing-masing orang. Salah satu contohnya adalah bisnis MLM yang hampir semua orang pasti tahu.

Setelah mengetahui ketiga klasifikasi diatas, ternyata tidak sesimpel mencari tahu apa pengertian distributor?

Nah, maka dari itu sebelum menentukan bisnis mana yang menjanjikan dan menguntungkan sebaiknya Anda melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Kira-kira mana yang paling dibutuhkan oleh konsumen saat ini dan memperkirakan jenis dengan peluang besar.

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya

Lalu, Sebenarnya Kerja Distributor Itu Apa? 

1. Membeli Barang dari Produsen

Tahap awal ini biasa disebut dengan berbelanja langsung dari pabriknya, karena supplier pasti akan memproduksi barang sendiri.

2. Menjual Barang

Menjual barang yang sudah didapatkan dari supplier atau produsen kepada konsumen.

3. Menyimpan Barang 

Memiliki gudang penyimpanan untuk barang pada jangka waktu tertentu.

4. Mengangkut Barang 

Memastikan bahwa pemindahan produk dari supplier menuju konsumen tetap aman dan barang yang dikirim berkualitas sama. Artinya tidak ada penukaran barang pada prosesnya sehingga sesuai pesanan.

5. Memilah Barang

Seorang distributor harus bisa memilah barang berdasar jenis, ukuran, dan masih banyak kategori lainnya.

6. Menyampaikan Informasi Detail Barang

Pastikan informasi mengenai barang yang Anda tawarkan sudah tersampaikan seluruhnya secara mendetail kepada konsumen.

7. Memasarkan Barang

Seorang distributor bisa mendapatkan konsumen melalui tahap pemasaran atau maksudnya adalah memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Dari banyaknya tugas tersebut, maka Anda tidak akan lagi menanyakan kerja distributor itu apa karena memang tidak hanya menjual dan membeli barang saja.

Pelajari Konsep Distribusi Supaya Sukses

Pada bagian ini Anda benar-benar harus membuang jauh pertanyaan apa pengertian distributor? Karena saatnya mengetahui lebih dalam. Seorang pelaku usaha tidak akan sukses dengan mudah apabila tidak paham tentang konsep distribusi.

Sebenarnya sudah ditulis singkat pada tabel, bahwa konsepnya adalah menjual barang atau jasa dari tangan pertama (supplier) untuk dijual kembali kepada konsumen. Artinya, sebagai distributor adalah seorang perantara yang tidak memproduksi barang sendiri melainkan harus belanja terlebih dahulu dengan harga murah kemudian dijual harga normal sesuai standar pasaran.

Bisakah seorang distributor membuka reseller? Sudah pasti bisa karena semakin banyak Anda menjual ke penjual lain maka bisa berbelanja ke produsen dengan jumlah besar, sehingga pastinya mendapatkan potongan lebih besar pula.

Manfaat Digital Marketing untuk Distributor Online

Sudah jamannya melakukan penjualan melalui sistem online, tidak terkecuali dengan sebutan distributor online. Anda tidak hanya bisa mendapatkan konsumen dari orang-orang terdekat atau satu kota saja. Melainkan bisa mengirim barang ke luar kota bahkan keluar negeri, tentunya hal ini menjadi sebuah impian yang tidak mustahil.

Karena, hampir semua orang di belahan dunia ini sudah memanfaatkan teknologi digital dimana terdapat marketplace, sosial media yang harus dimanfaatkan oleh semua pelaku usaha.

Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya


Saat ini sudah banyak distributor online yang sukses dengan cara ini. Disini, Anda bisa menjual harga barang menjadi lebih mahal ke daerah lain tapi tetap laris manis. Sedangkan Anda mengambil barang dari produsen dengan harga tetap.

Sudah terlihat bukan berapa besar keuntungan yang akan didapatkan? Hal ini bisa dilihat dari marketplace yang semakin lama semakin banyak mitra toko bergabung. Mungkin cintoh lain di sosial media yang semakin banyak akun bisnis dibuka untuk memfokuskan pelanggan kepada produk-produk yang dijual oleh distributor.

Cara ini lebih canggih dan modern sehingga sedang digandrungi oleh semua orang. Tidak heran jika banyak distributor sukses sejak adanya media digital seperti ini. Jika Anda ingin sukses maka memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya adalah tips paling ampuh.

Setelah Anda mengetahui jawaban dari pertanyaan apa pengertian distributor? Maka selanjutnya tinggal mempelajari bagaimana cara menjadi seorang pebisnis sukses dengan omset besar.

Membuka usaha dalam bidang distribusi harus mengenal banyak jaringan produsen supaya bisa mengetahui apa yang sedang dicari oleh para konsumen. Dengan begitu, produk berkualitas jualan Anda cepat laku sesuai kebutuhan sebagian besar orang.




Post a Comment for "Apa Pengertian Distributor? berikut Ulasan Lengkapnya"