Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 10 Algoritma Google Terbaru yang Wajib Anda Ketahui Agar Blog Bisa Bertahan


Anda memiliki sebuah blog? Tentu Anda ingin blog Anda ini bisa terus bertahan di tangga teratas. Blog yang Anda kelola ini bisa menjadi salah satu ladang penghasilan Anda lho. Namun, hanya dengan menggunakan algoritma yang dirilis oleh Google Anda bisa mengetahui peringkat blog Anda di mesin pencari.

Di bawah ini adalah 10 algoritma yang bisa Anda gunakan agar blog bertahan, simak terus ya.

1. Google Panda
Algoritma Google Panda mulai dirilis pada 24 Februari 2011. Algoritma ini lebih fokus pada perkembangan kualitas dari konten website. Sehingga, Anda yang memiliki konten berkualitas bisa dengan mudah memperoleh peringkat tertinggi.

Jadi jangan sampai Anda menerbitkan konten yang tidak enak dibaca seperti konten yang tidak valid, format teks yang buruk, gambar yang jelek, banyak kesalahan EYD, bahkan konten-konten yang terdeteksi plagiat maupun spinning.

Hal seperti inilah yang membuat blog Anda mendapat predikat buruk dan akhirnya berada di peringkat yang rendah.

2. Google Penguin
Algoritma Google Penguin pula dirilis pada 24 April 2012. Meski memiliki banyak kesamaan dengan algoritma sebelumnya, Google Panda. Tapi bedanya, algoritma Google Penguin ini lebih fokus pada backlink yang mengarah pada blog Anda.

Jadi sebaiknya gunakan backlink yang memiliki pengaruh positif untuk blog Anda, tentunya konten backlink juga berhubungan dengan halaman yang tertaut pada blog Anda. Ini akan menunjukkan bahwa blog Anda merupakan sumber yang terpercaya.

3. Google Hummingbird
Setelah dirilisnya dua algoritma di atas, di tahun 2013 tepatnya 22 Agustus 2013 Google merilis Google Hummingbird yang berfokus pada penggunaan keyword stuffing. Jadi saat Anda memiliki konten yang berkualitas dan keyword yang akurat, algoritma Google Hummingbird akan mengarahkan pengunjung ke blog Anda.

4. Google Pigeon
Kemudian pada 24 Juli 2014, dirilislah Google Pigeon. Algoritma yang berfokus pada peningkatan kualitas on page dan off stage. Di algoritma ini, peringkat dari blog bisa ditentukan melalui lokasi dan jarak bisnisnya.

Ada beberapa tips dari pakar SEO berkaitan dengan algoritma yang satu ini, diantaranya seperti:
- Buatlah konten yang berkualitas tinggi dan disesuaikan dengan niche blog Anda
- Buatlah keyword dan disertai lokasi Anda saat ini
- Usahakan blog Anda bisa berjalan di perangkat seluler
- Memilih backlink dari sumber berperingkat baik
- Menyediakan kolom ulasan dan survey 
- Mencantumkan kontak di halaman blog Anda.

5. Google MobileGeddon
Algoritma yang satu ini dirilis pada 21 April 2015 berfokus pada aksesbilitas blog melalui berbagai perangkat salah satunya dari ponsel. Algoritma ini akan memastikan blog Anda berada di peringkat paling atas saat menggunakan pencarian di ponsel. Ini akan membantu blog Anda agar bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Terlebih lagi saat ini sepertinya lebih banyak pengunjung yang mengakses blog melalui ponsel karena dinilai lebih efektif dibanding dengan PC maupun laptop.

6. Google RankBrain
Algoritma Rankbrain ini dirilis pada 26 Oktober 2015, berfokus pada kekurangan yang ada pada blog itu sendiri seperti query spesifik, user experience, maupun jumlah konten yang sedikit. Algoritma ini merupakan salah satu bagian dari algoritma sebelumnya yaitu Hummingbird.

Cara agar blog Anda bisa lolos melewati algoritma yang cukup penting ini adalah dengan meningkatkan kecepatan loading pada halaman blog Anda. Gunakan hosting yang bagus yang memiliki kecepatan loading mumpuni. Ditambah dengan konten yang bagus, bermanfaat, dan tentunya enak dibaca oleh pengunjung.

7. Google Possum
Setelah Rankbird, dirilis pula algoritma yang ke 7 yaitu Algoritma Possum. Mulai beroperasi pada 1 September 2016, algoritma ini berfokus pada lokasi blog terdekat dengan pengunjung tersebut. Jadi intinya, saat pengunjung mencari konten yang diinginkannya dan ternyata blog Anda memiliki konten yang sedang dicarinya, secara otomatis algoritma Possum akan mengarahkan pengunjung menuju ke blog Anda.

8. Google Fred
Algoritma selanjutnya adalah Google Fred. Dirilis pada 08 Maret 2017 dan berfokus pada kekurangan yang ada pada sebuah blog. Jika blog Anda memiliki kekurangan seperti banyaknya iklan yang bersifat agresif yang mengganggu pengunjung,  konten dengan isi yang kurang berkualitas, dan juga banyak yang memberikan rating  buruk pada blog Anda, semua ini akan membuat blog Anda mengalami penurunan halaman yang signifikan.

Jadi tipsnya, Anda harus berusaha menyajikan konten yang berkualitas dan membuat nyaman para pengunjung sehingga reputasi Anda baik di mata pengunjung. Jikalau memang halaman blog Anda mengandung iklan, sebaiknya pastikan bahwa halaman tersebut sudah mengandung informasi berkualitas dan juga memiliki konten yang relevan dengan yang pengunjung cari.

9. Google Hawk
Algoritma Google Hawk dirilis pada September 2017, berfokus pada lokasi blog tersebut apakah alamat yang digunakan itu benar adanya atau hanya memanipulasi alamat. Algoritma ini akan menolak blog yang menggunakan alamat dan nomor telepon yang sama. Jadi sebaiknya daftarkan dahulu blog bisnis Anda melalui Google My Bussiness agar tidak terdeteksi oleh Algoritma Hawk.
10. Algoritma Google (Perbaikan AMP)

Algoritma yang rilis di bulan Desember 2017 ini menjadi yang terakhir untuk saat ini. Namanya belum diketahui. Fungsi  utamanya untuk memperbaiki AMP. Beberapa blog merasakan adanya penurunan visitor yang signifikan.

Tips mengatasi algoritma ini adalah dengan menambahkan konten yang berkualitas dan menghilangkan beberapa backlink yang mengandung SPAM.
Itulah tadi 10 algoritma Google yang harus Anda ketahui agar blog Anda bisa bertahan di peringkat teratas atau setidaknya tetap berada di halaman yang pertama.


Post a Comment for "Inilah 10 Algoritma Google Terbaru yang Wajib Anda Ketahui Agar Blog Bisa Bertahan"