Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Modal Kecil Untung Besar dari Bisnis Berjualan Pulsa Elektrik



Modal kecil untung besar dari bisnis, siapa yang tergiur jika membaca atau mendengar retorika seperti ini? Tapi jika Anda tergiur, artinya Anda berpeluang untuk sukses dengan berbisnis tanpa modal besar.

Perlu ditekankan di sini bahwa modal kecil bukan berarti sama sekali tanpa modal. Melainkan modal berupa uang masih dibutuhkan meskipun jumlahnya tak sebanyak bisnis pada umumnya.

Salah satu bisnis yang bermodal kecil namun memiliki untung yang relatif besar adalah dengan berjualan pulsa elektrik. Ya, jualan pulsa elektrik maksudnya adalah pulsa yang bisa dijual secara online, tanpa perlu datang ke counter pulsa. Tapi sebelum membahas ini, mari ulas lebih dulu mengenai modal

Memahami Kedudukan Modal dalam Berbisnis

Pada dasarnya sebuah usaha itu tidak hanya bicara soal modal, meskipun modal memegang peran terbesar dan terpenting, masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan usaha, yaitu:

Niat
Keuletan
Konsistensi
Kejujuran
Kemampuan
Keberuntungan
Kepercayaan

Dari ketujuh faktor di atas sangat terlihat bahwa usaha itu sangat didukung kesuksesannya oleh faktor psikologis seseorang. Jadi kalau mau menjadi pengusaha, baik offline maupun online, mental dan sikap adalah yang paling utama setelah modal.

Sedangkan untuk menyikapi poin paling utama yakni modal, maka dibutuhkan kebijaksanaan. Pahamilah dan tanamkan dalam diri bahwa modal sangat mempengaruhi hasil. Seorang pebisnis sejati tidak boleh menjadikan modal sebagai hambatannya. Namun juga tidak boleh menafikannya.

Tidak ada bisnis yang gratis tanpa modal sedikit pun, bahkan sekecil apapun modalnya, ia akan selalu ada. Modal itu terbagi menjadi 2 jenis berdasarkam wujudnya, yaitu:

Modal Material: yaitu sebuah modal yang bersifat kebendaan, seperti: uang
Modal Spiritual: yaitu sebuah modal yang bersifat bukan kebendaan, seperti: ilmu pengetahuan dan keterampilan

Modal Kecil Untung Besar dari Bisnis Berjualan Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik adalah jenis pulsa yang dikirimkan melalui chip-chip operator. Jadi ketika kita mendapatkannya, maka akan ada pemberitahuan-pemberitahuan dari operator seperti MKios, Mtronik, Dompul, E-Axis dan lain sebagainya.

Berbeda dari pulsa voucher di mana kita harus menggosok kode vouchernya, maka untuk membeli pulsa elektrik cukup dengan memberitahu nomor ponselnya. Maka pulsa akan langsung masuk sesuai nominal yang dibeli.

Sebenarnya jika kita bicara soal pulsa elektrik yang bermodal kecil, maka ini tergantung pada depositnya. Jadi kalau jualan pulsanya depositnya banyak, maka butuh modalnya pun besar. Sebaliknya kalau depositnya sedikit pun, maka akan kecil.

Kelemahan bisnis pulsa elektrik adalah pengusaha harus mendaftar pada program penjualan pulsa masing-masing operator. Sebab chipnya berbeda-beda untuk tiap operator. Meskipun kini sudah banyak muncul bisnis pulsa all operator, tapi biasanya ini dikendalikan oleh pihak ketiga. Jadi ada semacam platform yang mewadahinya sebagai perantara.

Menggunakan logika bisnis manapun, usaha jual pulsa elektrik memiliki keuntungan yang sebenarnya sedikit, per transaksi hanyalah maksimal Rp2000 rupiah saja. Tapi bicara bisnis pulsa adalah bicara tentang banyaknya transaksi. Jadi kalau dari nilai kecil ini bisa dikalikan banyak struk pelanggan, maka bakalan jadi banyak.

Untuk modal awal jual pulsa elektrik idealnya adalah Rp 500.000 untuk depositnya. Baik jenis all operator atau yang manual per operator. Karena kalau misalnya depositnya sedikit, kemungkinan besar bakal susah dijual dan sebentar-sebentar akan habis.

Sebelum memulai jualan pulsa elektrik, pastikan sudah memiliki lokasi strategis untuk berjualan. Dan alangkah baiknya kalau sambil jual pulsa juga sambil jualan token listrik. Sebab keduanya seperti sudah sinergi bagi para pedagang pulsa di Indonesia. 

Post a Comment for "Modal Kecil Untung Besar dari Bisnis Berjualan Pulsa Elektrik"