Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Ciri-Ciri yang Menujukan Bisnis Kamu Membosankan dan Tidak Menarik Sama Sekali


Anda sedang bergelut di dunia bisnis? Namun masih merasa tidak memiliki pembeli atau tidak ada customer yang tertarik untuk membeli produk Anda? Mungkin bukan sepenuhnya salah produk yang Anda jual.

Coba Anda perhatikan lagi faktor lainnya. Nah, untuk bisa sukses di dunia bisnis Anda memang dituntut untuk bisa mengerti cara menarik perhatian pembeli untuk membeli produk Anda. 

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya pilihlah bisnis yang memiliki peluang besar di pasaran. Buatlah analisa juga tentang bisnis yang akan Anda tekuni dengan begini produk Anda akan laris di pasaran.

Sebaiknya pahami juga ciri-ciri bisnis yang sedikit membosankan dan bisa membuat Anda bangkrut karena tidak memiliki daya tarik sedikit pun. Ini bisa membuat Anda lebih waspada dan bisa lebih menghindari bisnis seperti ini.


1. Memiliki Nilai Jual yang Rendah

Ciri-ciri yang pertama adalah bisnis memiliki nilai jual rendah. Bisnis seperti ini akan lebih dekat dengan kebangkrutan karena tingkat saingannya yang tinggi membuat bisnis Anda kalah dengan yang lainnya.

Terlebih lagi jika bisnis Anda tidak memiliki keunikan atau keistimewaan apapun. Dengan nilai jual yang rendah tentu banyak pembeli yang merasa bosan dan beralih ke toko lainnya.


2. Bisnis Anda Kurang Nyata

Jika Anda sudah memiliki ide dan juga keinginan untuk membangun sebuah bisnis, sebaiknya jangan hanya disimpan dalam pikiran. Tapi kembangkan dan ubahlah angan tersebut menjadi kenyataan.

Kerjakan dengan sungguh-sungguh agar menarik minat para pelanggan untuk membeli produk Anda. Dengan begini bisnis Anda pun akan berkembang dengan pesat. Buatlah bisnis yang nyata dan real. Jangan kerjakan bisnis yang not real.


3. Bisnis Musiman

Pilihlah bisnis yang bisa dikerjakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Bisnis yang akan laku keras setiap harinya. 

Bukan bisnis musiman yang hanya laku di waktu-waktu tertentu. Jika bisnis yang Anda jalani adalah bisnis musiman, sudah bisa dipastikan Anda akan sedikit kesulitan dalam pemasaran dan penjualannya.

Contoh usaha yang bukan musiman adalah warung sembako, dan juga warung makan. Bisa  dipastikan bisnis semacam ini akan laku keras karena setiap hari pasti semua orang membutuhkan sembako dan juga makan.


4. Bisnis yang Menghabiskan Modal

Jika Anda menemukan ciri-ciri ini di bisnis Anda, sebaiknya hentikan bisnis Anda. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang memberi banyak keuntungan dan mampu mengembalikan modal yang sudah Anda habiskan.

Jadi, jika Anda mendapati bahwa bisnis Anda ini justru lebih banyak menghabiskan modal, berhentilah. Namun, sebelum berhenti ada baiknya Anda mencoba untuk memperbaikinya seperti mengubah cara kerja maupun mengubah ide awal Anda.


5. Bisnis yang Tidak Tahan Lama

Ciri-ciri bisnis yang membosankan lainnya adalah bisnis yang tidak mampu bertahan lama. Bisnis semacam ini biasanya memiliki strategi yang kurang bagus sehingga bisnis tidak bisa berjalan lama.

Bahkan hanya berjalan sebentar saja bisnis sudah mengalami kerugian dan juga tidak laku di pasaran.Terlebih lagi ditambah banyaknya pesaing yang akan membuat bisnis Anda semakin terpuruk. 


6. Tidak bisa ditingkatkan Skala Industrinya

Nah, bisnis yang memiliki ciri ini sudah bisa dipastikan sebagai bisnis yang kurang tepat untuk Anda. Bagaimana tidak? Seharusnya bisnis yang Anda miliki adalah bisnis yang mampu mengajari Anda bagaimana untuk berkembang.

Dimulai dari bisnis skala kecil, kemudian skala menengah, kemudian dikembangkan lagi menjadi bisnis skala besar. Jika usaha Anda hanya berkutat di skala kecil saja, bukankah itu adalah ciri-ciri bisnis yang terhambat?


7. Tidak Memiliki Gagasan yang Murni

Jika Anda hanya memiliki ide hasil dari pemikiran orang lain dan menirunya. Tentu saja bisnis yang Anda jalani akan sangat membosankan dan tidak akan dilirik oleh pembeli. Alasannya karena bisnis Anda tidak memiliki keistimewaan yang berbeda dari penjual yang lainnya.


8. Tidak Dapat Beradaptasi

Jika Anda memiliki usaha yang mampu beradaptasi dengan berbagai situasi sebaiknya jangan pernah Anda lepaskan. Namun, jika Anda mengetahui bahwa bisnis yang Anda tekuni tidak mampu beradaptasi di beberapa kondisi sebaiknya Anda hentikan ya.

Dapat beradaptasi contohnya seperti saat Anda mengalami perubahan pada kebutuhan pasar, dan juga persaingan usaha dengan penjual lain. Di saat seperti ini, bisnis Anda tetap mampu bertahan dan tetap mendapat tempat di hati pelanggan sehingga dagangan Anda masih tetap laku meski banyak penjual baru bermunculan.


9. Produk yang Tidak Menarik

Jika Anda menjual sebuah produk, sebaiknya cari solusi bagaimana cara untuk membuat produk Anda ini menarik. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan seperti membuat caption menarik, gambar mendukung, dan juga memasang iklan di beberapa media sosial atau lainnya.

Jika produk Anda tidak laku bisa saja karena bisnis Anda memiliki ciri-ciri yang satu ini. Sebaiknya Anda perbaiki sekarang ya.


10. Produk Usang Atau Tidak Up to date

Ciri-ciri terakhir adalah produk Anda yang sudah usang atau ketinggalan jaman. Produk semacam ini biasanya akan sepi pelanggan karena kalah dengan penjual lainnya yang memiliki produk terbaru. Jadi, sebagai penjual selalu sediakan produk terbaru yang sedang hits ya.


Post a Comment for "10 Ciri-Ciri yang Menujukan Bisnis Kamu Membosankan dan Tidak Menarik Sama Sekali"