Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Alasan anda Perlu Fokus pada Long Tail Keyword untuk SEO



Pemilik blog sering tidak terbiasa dengan konsep long tail keyword dan tidak menyadari potensi besar yang dimiliki oleh kata kunci jenis ini.

Sebenarnya, tidak ada yang rumit tentang long tail keyword hanya saja sesorang harus memiliki pemahaman yang baik tentang cara menggunakannya. Ada banyak alasan bagus untuk memanfaatkan kemampuan tersembunyi long tail keyword ini diantaranya:

1. Long tail keyword dapat membuat anda lebih unggul dari pesaing anda


Meskipun "VR" memiliki lebih dari 1 juta pencarian bulanan, dan "virtual reality" memiliki kurang dari satu juta pencarian dan dalam hal persaingan, itu juga akan sangat berbeda.

Konsumen yang mencari kata kunci tingkat tinggi ini mungkin tertarik pada industri VR, tetapi mereka mungkin tidak tertarik untuk membeli apa pun.

Jika anda bergerak di industri produk VR, mungkin anda menawarkan game, aplikasi, atau headset.

Kata kunci game VR terbaik, aplikasi VR terbaik, dan aplikasi realitas virtual terbaik semuanya memiliki volume pencarian yang lumayan. Dan yang terpenting, kata kunci semacam ini mendorong terjadinya penjualan.

Jika saya ingin membeli game VR, saya tidak mencari istilah generik seerti "VR."

Alih-alih menggunakan kata kunci itu, saya kemungkinan mencari blog untuk "game VR terbaik" untuk memutuskan game mana yang harus saya beli atau install.

Bahkan jika saya tahu secara spesifik game mana yang saya inginkan, long tail keyword tetap sangat berguna.

Contoh lain:

Mari kita perhatikan kata kunci berikut:
sepatu pria - 93.900.000 hasil ditemukan di Google.co.id
sepatu pria desainer - 50.600.00 hasil ditemukan di Google.co.id
diskon sepatu pria desainer Italia - 197.000 hasil ditemukan di Google.co.id.
Seperti yang kita lihat, semakin panjang kata yang digunakan, semakin sedikit situs yang cocok, dan tentu saja semakin tidak kompetitif.

Oleh karena itu, long tail keyword umumnya lebih mudah berperingkat tinggi. Jadi, alih-alih bersusah payah untuk mencoba muncul di peringkat nomor 20 untuk sepatu pria desainer, mengapa tidak mengoptimalkan halaman supaya muncul untuk kata kunci sepatu pria desainer Italia atau sepatu pria desainer Prancis?

2. long tail keyword memberikan konteks yang spesifik untuk konten anda


Google selalu mendorong pencarian kontekstual, dan dengan pembaruan 2017 Hummingbird, Google semakin memahami konteks dari sebuah konten di web alih-alih hanya melihat kata kuncinya.

Jika nama update Android berdasarkan nama hidangan penutup, nama pembaruan algoritma Google berdasarkan nama-nama hewan.

Misalnya panda dan penguin yang ditakuti oleh para pakar SEO sejak kemunculannya.

Maka dengan menggunakan long tail keyword Google akan tahu bahwa anda tengah membahas tokpik spesifik tertentu dan Google akan dengan mudah menemukannya.

3. Pengunjung sangat spesifik


Saat polisi ingin mencari perampok, polisi membutuhkan banyak rincian yang spesifik. Semakin spesifik, polisi akan jauh lebih mudah menemukan perampok tersebut.

Hal ini juga berlaku pada kata kunci. Semakin panjang dan detail, semakin mudah pencari menemukan situs anda. Pengunjung yang menemukan situs anda melalui long tail keyword akan menjadi target market yang spesifik, tentu ini akan meningkatkan penjualan jika dimanfaatkan dengan benar.

Dan sebetulnya inilah yang dilakukan situs-situs besar yang ada di Indonesia seperti Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya yang disebut dengan Content Marketing.

Dimana blog situs tersebut menampilkan konten yang berguna yang spesifik terkait dengan produk atau layanan perusahaan.

4. Tingkat konversi yang lebih tinggi


Pengguna yang mencari dengan menggunakan kata kunci yang spesifik biasanya lebih berpotensi untuk melakukan pembelian daripada kata kunci yang umum.

Jadi ini dapat memberikan konversi yang jauh lebih baik. Jadi jika anda berinvestasi pada kata long tail keyword, anda sebetulnya telah menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas daripada kuantitas.

5. Memuat beberapa kata kunci pendek dalam long tail keyword


Alasan lain mengapa long tail keyword penting adalah anda bisa menargetkan beberapa kata kunci sekaligus. Misalnya kata kunci “sepatu pria desainer italia” mengandung kata kunci “sepatu pria”, “desainer italia”, “sepatu desainer italia”, dan “sepatu italia”. Ibarat menembak banyak burung sekaligus dengan satu peluru.


6. Bagus untuk ceruk yang sangat kompetitif


Dalam beberapa bidang, persaingan sangat sengit sehingga, ketika anda sampai di puncak hasil pencarian, anda takut untuk melihat ke bawah, karena anda akan melihat kerumunan massa pesaing, yang siap untuk menggulingkan anda setiap saat.

Jalan keluar yang terbaik untuk merasa lebih aman adalah dengan mencari kata kunci alternatif untuk dioptimalkan, yaitu, long tail keyword.


7. Personalisasi pencarian


Saat ini hasil pencarian semakin dipersonalisasi, yaitu, disesuaikan khusus untuk lokasi geografis pengguna, usia, jenis kelamin, minat, dll. Orang yang berbeda saat mencari kata kunci yang sama dapat melihat hasil pencarian yang sangat berbeda.

Namun, untungnya, long tail keyword dapat membantu anda mengoptimalkan situs web anda untuk berbagai kategori pengguna, karena long tail keyword lebih spesifik. 


8. Sempurna untuk PPC


Banyak Internet marketer setuju bahwa iklan PPC (Pay Per Click) sebagian besar harus long tail keyword. Dan inilah alasannya. Di PPC, anda membayar setiap kali seseorang mengklik iklan anda. 

Jika anda menawar dengan non-spesifik, istilah yang sangat umum anda akan memiliki tingkat klik-tayang yang lebih rendah dan konversi yang lebih rendah juga.

Dengan demikian, banyak uang akan terbuang sia-sia untuk lalu lintas yang ditargetkan.

Tapi, jika anda menawar kata yang lebih spesifik itu lebih baik. Jelaskan apa yang anda jual atau tawarkan, anda cenderung menarik pengunjung yang tepat ke situs anda, dan kampanye PPC anda akan lebih efektif.

9. Ide long tail keyword mudah ditemukan


Anda dapat menggunakan beragam tool yang dapat anda gunakan untuk menemukan kata kunci yang tepat. Misalnya anda dapat menggunakan tool Keywordtool.io untuk menemukan kata kunci yang tepat. Pada situs tersebut akan muncul banyak kata kunci turunan dari kata kunci utama.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan LongTailKeyword Pro untuk hasil yang lebih baik.

Selain yang telah dijelaskan diatas, ada  banyak alasan lain yang tidak disebutkan. Misalnya optimasi akan jauh lebih mudah dan anda juga tidak memerlukan begitu banyak halaman untuk mendukung konten-konten long tail keyword anda. Ini akan berakibat baik untuk kemajuan web anda.

Namun meskipun memiliki long tail keyword banyak kelebihan, namun jangan sampai anda membuat kesalahan kedua yang paling umum yaitu membuat kata kunci yang terlalu panjang.

Ini justru akan berakibat buruk karena anda akan kehilangan banyak kesempatan memperoleh lebih banyak pengunjung.

Selain itu, terlalu banyak konten yang berisi kata kunci yang sama membuat situs anda “kurus”. Google juga curiga bahwa web ini bermaksud mengakali Google yang nantinya akan berakibat buruk yang tidak diinginkan.

2 comments for "9 Alasan anda Perlu Fokus pada Long Tail Keyword untuk SEO"

  1. betul, long tail keyword adalah kata kunci yang paling efektif dalam SEO, visit https://tanyadigital.com

    ReplyDelete