Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SEO YouTube: Cara Mendapatkan Peringkat #1 di Youtube



Semua orang suka YouTube! Dengan jutaan pengunjung setiap hari, hampir 5 Miliar video ditonton setiap hari.

Salah satu hal yang disukai banyak orang tentang YouTube adalah situs ini sangat informatif dan menghibur.

Ada begitu banyak video yang menarik untuk ditonton. Lagi pula, di mana lagi anda akan menemukan hal semacam itu secara gratis?

Bagi anda seorang Youtuber atau seorang pemilik bisnis akan sangat penting bagi anda untuk muncul di pencarian YouTube sehingga anda mendapatkan banyak penonton yang nanti dapat anda ubah menjadi uang.

Berikut beberapa kiat yang dapat anda lakukan:


1. Riset Kata Kunci


Jadi, apa yang dicari penonton di YouTube? anda harus tahu jawabannya sebelum membuat video. Daftar kata kunci potensial sangat penting anda rencanakan.

Anda perlu tahu kata-kata yang digunakan orang untuk mencari konten yang serupa dengan yang anda buat.

Metode paling sederhana adalah Saran Pencarian YouTube. Yang harus anda lakukan adalah pergi ke YouTube dan masukkan kata (atau dua) di kolom pencarian dan biarkan YouTube menyarankan anda topik populer dan juga dapat anda jadikan sebagai kata kunci potensial anda.

Penelitian kata kunci YouTube sedikit berbeda dari Google. Pilihla kata kunci yang sedang tren karena akan menjadi variasi dari kata kunci yang akan anda targetkan.

Dan tentu saja, anda harus memilih kata kunci dengan volume pencarian yang cukup banyak.

Bagaimana cara mengetahui kata kunci dan tag pesaing kita di YouTube?
Caranya sangat sederhana, anda hanya perlu menganalisis dengan teliti dengan melihat kata kunci apa yang telah mereka gunakan dalam judul, deskripsi, dan tag video mereka.

Biasanya, YouTube tidak menampilkan Tag Video. Tetapi karena anda perlu melihatnya, anda dapat menginstal ekstensi YouTube di Google Chrome yang bernama "Tube Buddy For Youtube".

Ekstensi ini berfungsi menunjukkan analitik video dan tag apa yang mereka gunakan.

Cara lain untuk menemukan kata kunci adalah dengan membuka halaman video pesaing anda. anda harus memeriksa kode halaman menggunakan Alat Pengembang Chrome.

Di bawah video mungkin di mana saja dekat dengan judul, cukup klik kanan dan pergi ke Sumber Halaman atau View Page Source (CTRL+U), Kemudian cari "kata kunci" (Tekan Ctrl + f untuk pencarian).

Untuk saluran anda sendiri, ada cara bagi anda untuk mengetahui kira-kira apa yang diketikan oleh penonton video anda untuk menemukan video anda.

Caranya pertama buka Saluran anda > Analytics > Sumber Lalu Lintas > Laporan Pencarian YouTube.

Dengan melakukan riset kata kunci, anda dapat mengetahui apa yang sedang dicari dan dibutuhkan para penonton anda dan nantinya anda dapat membuat video disekitar kata kunci yang telah anda temukan tadi.


2. Memilih Kata Kunci Terbaik untuk Diprioritaskan


Sekarang setelah anda memiliki seluruh daftar kata kunci, anda perlu memilih dan menggunakan yang terbaik yang mungkin paling berguna untuk bisnis atau channel anda.
Jauh masuk akal untuk fokus pada volume menengah & kata kunci persaingan rendah, terutama ketika anda baru saja memulai dan bisnis anda masih dalam tahap pertumbuhan daripada langsung menargetkan kata kunci yang sulit.

Salah satu bagian dari SEO YouTube yang diabaikan banyak orang adalah bahwa pencarian Google akan menghasilkan sangat banyak penonton video YouTube anda jika anda berhasil muncul disana untuk pencarian yang banyak.

Cara agar video anda muncul di Google Search
Jika anda mengamati dengan cermat polanya, anda akan melihat bahwa Google lebih suka video dengan kata kunci seperti "Cara" misalnya Cara membuat kue, "rivew" misalnya rivew lipstik cokelat terbaik, "Tutorial" misalnya tutorial tata rias terbaik, dan "video lucu ”misalnya video kompilasi bayi dan anak anjing yang lucu.

Singkatnya, anda harus mengoptimalkan video anda di sekitar kata kunci Youtube serta kata kunci Google.

Anda bisa memasukkan satu atau dua kata kunci YouTube di Google dan memeriksa apakah pencarian Google menampilkan video YouTube.

Setelah anda menemukan kata kunci, pastikan juga memiliki volume pencarian sekitar 500 hingga 1000 pencarian setiap bulan, kurang dari ini akan terlalu sedikit. 500 pencarian per bulan juga tidak boleh dianggap sebagai tolok ukur, karena jika video anda muncul di pencarian Google, anda dapat ribuan kunjungan mingguan di video tersebut.

Rasio Klik-Tayang


YouTube mengawasi perilaku penonton. Jika pengunjung telah memasukkan salah satu kata kunci anda dan masih belum mengklik video anda, YouTube melihat ini dengan negatif yang nantinya memiliki dampak buruk secara signifikan pada peringkat video anda yang semakin turun.

Sederhananya, jika video yang muncul di hasil pencarian tidak diklik oleh penonton, artinya:
1. Video tidak cukup menarik perhatian
2. Video tidak relevan
Menyadaari hal ini, Google akan mengganti peringkat-peringkat di hasil pencarian.

Mungkin video anda menarik dan relevan, namun jika tidak menggoda untuk di klik, tetap saja hal itu tidak akan berpengaruh signifikan.

Ini dapat dilawan dengan merancang thumbnail yang menarik.

Thumbnail ini menarik pengunjung anda dan meningkatkan peluang mereka mengklik, dan melihat konten anda.

Setelah diklik, kemudian barulah itu sepenuhnya tergantung pada konten video yang anda.

Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa di Youtube, video yang lebih panjang memiliki peringkat yang lebih baik. Video panjang cenderung mengungguli yang lebih pendek.

Tetapi anda tidak perlu kecewa karena hal ini. Kualitas dan retensi video anda yang paling penting. Jadi, bahkan jika video anda berdurasi pendek tetapi penonton menikmati konten anda.

Itu akan jauh lebih baik. YouTube pasti akan meningkatkan peringkatnya berkat penonton yang menonton sampai akhir video.

Promosi Video Youtube


Setelah video anda dioptimalkan dan dibuat berdasarkan kata kunci yang ditargetkan, thumbnail juga sudah membuat video cukup menarik untuk meningkatkan rasio klik-tayang, dan tag judul serta deskripsi telah memenuhi semua persyaratan YouTube SEO YouTube.

Tapi itu masih tetap perlu dipromosikan di luar YouTube.

Facebook, Instagram, dan platform media sosial lainnya terbukti cukup membantu.

Facebook memiliki banyak keterlibatan dalam hal video.

Anda harus membuatnya telihat menarik agar orang mau untuk menonton. Jangan sampai Facebook mendeteksi sebagai spam. Anda tentu tahu mana yang wajar dan mana yang tidak.

Situs web Tanya & Jawab seperti Quora juga dapat membantu. Situs-situs ini cukup membantu mendatangkan penonton ke channel anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan menampilkan video anda di blog anda. Cari blog yang relevan dengan video anda kemudian minta untuk menampilkan video anda disana.

Dengan begitu para pengunjung yang membaca blog-blog itu secara otomatis akan menonton video anda juga. Ini akan menjadi penonton yang relevan karena orang-orang membaca blog tentang topik yang sama.

Post a Comment for "SEO YouTube: Cara Mendapatkan Peringkat #1 di Youtube"