Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips SEO On-page: Tiga Hal yang Harus Lakukan Saat Ini Juga




Memahami lebih dekat dengan SEO


Mungkin anda pernah melakukan pencarian di Google tentang cara memperbaiki blog dan menemukan blog-blog yang dimiliki oleh penyedia hosting.

Atau anda pernah mencari rekomendasi produk tertentu yang memunculkan hasil blog Tokopedia dan Bukalapak atau juga saat mencari tahu tentang destinasi tertentu dan menemukan blog Traveloka.

Perusahaan besar yang saya sebutkan diatas juga memanfaatkan SEO sebagai media marketing mereka atau yang sering disebut content marketing. Ada alasan yang sangat jelas mengapa para perusahaan ini menggunakan strategi pemasaran ini salah satunya adalah hemat biaya.

Anda bisa bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan di Google Ads yang berkisar antara Rp. 300 - 20.000 per klik.

Misalnya biaya per klik iklan yang dipasang sebesar Rp. 2.000 maka dalam 1.000 pengunjung perusahaan menggelontorkan dana Rp. 2.000.000,- jika perusahaan menggunakan SEO biaya yang dikeluarkan mungkin tidak akan sebesar itu sehingga SEO merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat hemat biaya.



Sama seperti strategi yang dilakukan oleh perusahaan besar yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika Traveloka berhasil mendapatkan pengunjung blog dari kata kunci mengenai wisata, mereka dapat mendorong pembaca tersebut untuk menggunakan layanan mereka. SEO dapat mendatangkan target pasar yang spesifik dan tepat.

Ada sejumlah aspek halaman web tertentu yang memengaruhi peringkat mesin pencari. Dan dengan mengoptimalkan aspek-aspek ini (yaitu, on-page SEO), Anda akan mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Beberapa faktor yang meliputi pengoptimalan pada halaman meliputi:
• Menulis konten yang berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pembaca dan layak untuk direverensikan situs lain.
• Memiliki judul halaman yang menarik dengan kata kunci di dalamnya
• Membuat URL yang benar
• Menggunakan alt pada gambar untuk membantu mesin pencari mengetahui gambar yang Anda sematkan di dalam konten.

Ini dianggap sebagai faktor mendasar dari optimasi SEO di halaman, tetapi hal tersebut bukan berarti satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Dalam posting ini, CariDuit.id akan berbicara tentang tiga optimasi pada halaman yang akan menciptakan dampak langsung pada peringkat situs Anda di mesin pencari khususnya, Google.

1. Tingkatkan CTR


SEO bukanlah ilmu murni yang secara pasti dapat diketahui seluk beluknya. Sejauh ini kita hanya dapat memperkirakan apa yang diinginkan oleh Google.

Dengan melihat beragam update algoritmanya beberapa tahun terakhir dan juga bereksperimen untuk mengetahui berbagai faktor yang memengaruhinya adalah sumber pengetahuan kita sejauh ini terhadap Google.

Rand Fishkin salah satunya membuat sebuah eksperimen dan menemukan bahwa tingkat klik-tayang halamaan (click-through-rate) pada hasil pencarian Google (selanjutnya saya menyebutnya CTR) mempengaruhi peringkat di Google.

Jadi CTR adalah persentase yang mengidentifikasi seberapa sering orang melihat halaman Anda di mesin pencari kemudian mengkliknya.

Menurut eksperimen Rand, ketika Google melihat bahwa CTR untuk halaman tertentu lebih tinggi dari biasanya, Google akan memberikannya peringkat yang lebih tinggi.

Misalnya, jika seseorang mencari di Google kemudian di hasil pencarian ternyata yang banyak di klik oleh orang-orang adalah yang hasil pencarian peringkat 2, maka berarti CTR hasil pencarian peingkat 2 lebih tinggi dan seiring waktu Google akan menggantinya menjadi nomor 1.

Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat situs Anda adalah dengan meningkatkan CTR Anda di halaman hasil pencarian. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan termasuk pendekatan berikut:

Optimalkan judul halaman Anda untuk mendapatkan lebih banyak klik.

Ada beberapa hal yang sangat spesifik yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan judul Anda, misalnya, tambahkan bulan atau tahun saat ini dalam judul Anda. Semua hasil pencarian teratas untuk “Laptop Terbaik” mengandung tahun dalam judul halaman mereka. Silahkan cek sendiri.

Anda juga dapat bereksperimen dengan Google Ads atau Facebook Ads untuk melihat versi judul mana yang paling baik dan paling menarik bagi pengunjung Anda.

Misalnya, judul yang menggunakan kalimat “langkah demi langkah” atau “cara-cara” biasanya memiliki daya tarik yang lebih besar daripada sekadar menyebutkan bagaimana melakukan sesuatu.



2. Tautan rusak dan error 404


Tautan rusah dan error 404 memberi sinyal Google bahwa situs Anda tidak terawat dengan baik.
Akibatnya, Google menganggap pengguna akan lebih baik dilayani oleh situs lain yang memiliki konten berkualitas tinggi dan terawat.

Contoh yang paling terlihat adalah apa yang dilakukan oleh  Blizzard Press dimana mereka melakukan perbaikan situs secara menyeluruh dengan memperbaiki lebih dari 1.000 link gambar yang rusak dan mengtur kembali tautan internal yang rusak.

Setelah proses itu dilakukan, 1.700 halaman website situs web tersebut naik peringkat di hasil pencarian secara signifikasn.

Dan yang menarik, itu terjadi hanya dalam satu minggu saja.

Dari sana kita dapat belajar bahwa kerusakan link pada website berdampak sangat buruk bagi website dan anda harus segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Mungkin anda memiliki konten yang sudah dihapus, solusinya anda dapat mengarahkan link ke halaman yang memiliki konten yang sama.

3. Pastikan website anda optimal untuk seluler


Pada bulan April 2015, Google meluncurkan pembaruan yang meningkatkan peringkat situs web yang ramah untuk seluler.

Google akan mengutamakan menampilkan situs yang memiliki konten yang memiliki kualitas tinggi dan dapat muncul dengan baik di halaman pada ponsel tanpa harus menggulirkannya, memperbesar atau mengecilkannya. Ini berasal dari kenyataan bahwa penggunaan perangkat seluler, mobile dan smartphone yang semakin banyak untuk browsing web.



Studi kasus # 1


Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Stone Tample yang memperoleh kesimpulan dari meneliti ribuan situs web sebelum dan sesudah pembaruan Google dan diketahui bahwa 46% situs yang tidak ramah seluler hilang dari peringkat Google dan lebih dari 30% lebih situs yang ramah seluler naik peringkat.

Studi kasus # 2


Dalan studi kasus kali ini melibatkan perusahaan ritel yang bernama Offspring yang melakukan desain ulang situs web mereka agar lebih responsif.

Sebelumnya situs mereka tidak ramah ponsel sehingga pengguna akan merasa kurang nyaman di situs mereka.

Setelah melakukan ujicoba untuk mengganti desain websitenya ternyata hasilnya jauh dari apa yang mereka bayangkan.

Dalam waktu tiga bulan sejak situs baru yang ramah ponsel diluncurkan, kenaikan di halaman Google meningkat 78%. Selain itu situs tersebut 40% lebih responsif. Ada 103% peningkatan pengunjung seluler.



Segeralah bertindak


Setelah anda mengetahui betapa pentingnya halaman web anda harus optimal di seluler, anda harus mengubahnya jika seandainya tidak cukup responsif. Pilihlah template website yang responsif. Saat ini template gratis pun sudah sangat responsif untuk digunakan.

Anda dapat menggunakan PageSpeed Insights untuk mengetahui kecepatan situs anda.
Nantinya Anda diberi angka presentase keramahan ponsel anda di ponsel dan di destop. Anda juga memiliki opsi untuk mengubahnya agar terjadi kenaikan skor.

4 comments for "Tips SEO On-page: Tiga Hal yang Harus Lakukan Saat Ini Juga"

  1. Terima kasih atas tipsnya, patut dipraktekkan dengan segera ni, supaya artikelnya tembus ke halaman pertama google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama belajar dan terus mencoba dengan berbagai tips yang ada.. somoga sukses mas bro

      Delete
  2. I found your blog site on google and examine a couple of of your early posts. Proceed to maintain up the very good operate. I just extra up your RSS feed to my MSN News Reader. Looking for forward to reading extra from you afterward!? I am often to running a blog and i really appreciate your content. The article has actually peaks my interest. I’m going to bookmark your website and preserve checking for brand new information. SEO backlinks

    ReplyDelete
  3. Thank you because you have been willing to share information with us. we will always appreciate all you have done here because I know you are very concerned with our. seorango.com

    ReplyDelete