Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta di Rumah yang Layak Anda Tekuni



Bisnis sembako memiliki keunggulan utama jika dibandingkan dengan bisnis lain, yaitu semua orang membutuhkan sembako.

Karena begitu besar potensi usaha sembako, banyak yang mulai usaha sembako dirumahnya, selain mudah, itu tidak akan begitu menyulitkan.

Sebagian besar yang menghambar seseorang untuk mulai berbisnis warung adalah kurangnya modal.

Tetapi sebetulnya uang saja tidak cukup bagi anda sebagai modal untuk memulai usaha.

Modal utama lainnya yang harus anda miliki adalah ketekunan, keberanian, tanggung jawab dan menghargai prosesnya.

Hal yang perlu anda sadari adalah memulai bisnis warung adalah sebetulnya bisnis warung tidaklah mensyaratkan memiliki modal yang banyak.

Usaha sembako, atau warung kelontong dapat dijalankan bahkan hanya dengan modal 5 juta saja.

Bisnis usaha sembako sangatlah menjanjikan sebab toko sembako menyediakan bermacam kebutuhan yang sangat dibutuhkan masyarakat disekitar lingungannya.

Untuk memulainya, anda tidak harus menyewanya di ruko yang mahal, jika tempat tinggal anda di lokasi yang strategis, anda dapat membukanya dirumah.

Keunggulan Utama Usaha Sembako


Kebanyakan orang melihat usaha kelontong sebagai usaha yang sulit dengan keuntungan yang sangat sedikit.

Namun yang perlu diketahui bahwa kendatipun memang sedikit, usaha sembako mengupayakan untuk melakukan penjualan dalam skala yang besar setiap hari.

Dari sanalah keuntungan yang cukup besar bisa didapatkan.

Bagi ibu-ibu, usaha kelontong bisa dijadikan usaha sampingan dirumah sembari mengurus rumah. Atau bahkan anda dapat menjadikannya bisnis utama jika anda benar-benar menekuninya.

Untuk memulai bisnis ini, ada persiapan yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut;


Lokasi Usaha Kelontong


Dalam bisnis usaha sembako, lokasi menjadi peranan penting bagi kesuksesan usaha sembako.

Namun hal itu tidak berarti anda harus menyewa ruko, anda dapat membuka di rumah anda. Itu akan jauh menghemat biaya.

Jika memang memiliki cukup modal, dan berniat menyewakan ruko di tempat yang strategis, itu adalah satu langkah maju.

Usaha ini cocok berada di lokasi strategis seperti di dekat sekolah, pinggir jalan ataupun tempat-tempat yang ramai lainnya.

Tentukan Bentuk Toko Sembakonya

Maksudnya, anda tentukan juga gambaran bagaimana nantinya bentuk toko sembako yang anda jalankan, apakah seperti minimarket, toko kelontong tradisional atau juga menyediakan grosir.

Untuk memulai usaha sembako ini, alangkah bijaksananya jika memulainya dengan toko kelontong tradisional.

Selain karena jauh lebih murah, sebagai pemula anda harus belajar banyak hal baru mengenai seluk beluk usaha sembako sebelum mendistribusikan barang jauh lebih efektif.

Anda hanya perlu membeli barang dengan harga yang murah dan menjual dengan harga yang lebih tinggi. Namun anda harus memperhatikan harga pasar.

Setiap item yang dijual di toko kelontong memiliki harga pasar masing-masing, anda dapat memantau harga pasar dengan memperhatikan harga barang di toko disekitar anda.

Sebagai pemula, seringkali orang tidak sabar dengan keuntungan kecil yang diperoleh oleh setiap item yang dijual sehingga menaikannya dengan harga diatas harga pasar dengan maksud memperoleh keuntungan yang jauh lebih tinggi.

Akibatnya, toko menjadi sepi. Mungkin anda memberi harga mahal untuk item-item tertentu saja, namun dimata pembeli toko anda sudah di cap mahal. Itu cukup berbahaya.

Jika anda memiliki pesaing, anda tidak perlu jauh lebih murah ketimbang pesaing anda. Membanting harga sering kali menjadi bencana apalagi untuk bisnis kelontong seperti ini.

Survei Suplier


Anda dapat mengamati beragam agen di darerah sekitar anda. Anda dapat mengecek harga barang di agen di sekitar daerah anda.

Karena dalam bisnis ini prinsipnya membeli dengan harga yang murah kemudian menjual dengan harga yang lebih tinggi, maka anda harus memilih agen dengan harga yang paling rendah.

Biasanya agen akan senang hati menjawab pertanyaan harga-harga tertentu meski anda tidak membelinya langsung saat itu.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Pencatatan akan memberikan gambaran kesehatan usaha anda, apakah dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Kesalahan paling umum seseorang tidak mencatatnya semua uang dicampur dengan manajemen yang tidak jelas.

Jika anda ingin serius dalam usaha bisnis kelontong mengapa manajemen keuangan anda harus mengikuti mereka yang tidak serius.

Sekali lagi ini adalah hal yang penting, dari sana anda tidak hanya melihat uang masuk dan keluar, tetapi menjadi basis data anda untuk menentukan strategi kedepannya.

Hambatan dan Kendala Usaha Sembako


Setiap bisnis pasti memiliki hambatan. Dalam bisnis sembako hambatan yang dimiliki bisa bermacam-macam karena berbagai faktor.

Misalnya mungkin saja saat anda mulai membuka usaha sembako ini, kompetitor anda menurunkan harga dibawah harga pasar untuk menarik konsumen lebih banyak. Ini merupakan hal yang sulit bagi anda terlebih baru memuliai usaha ini.

Anda bisa memberikan nilai tambah lain sebagai gantinya misalnya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan barang yang lengkap.

Hambatan lainnya dalam bisnis sembako adalah hutang dari konsumen. Sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Menurut saya dan saya sangat yakin anda akan mengabaikan saran ini. Namun sebagai orang yang telah telibat 10 tahun lebih menjalankan  usaha sembako orang tua, penulis tahu persis efek buruk yang ditimbulkannya.

Menghindari hutang dan bon bukanlah hal yang mudah, namun jika anda membiarkan hutang dan bon, saya ingatkan bahwa yang terjadi keuangan usaha anda akan timpang dan berantakan.

Hal yang menyakitkan dari tidak memberikan hutang adalah larinya konsumen dari tempat anda dan anda dianggap pelit.

Orang yang berhutang sering kali berniat untuk mencuri. Memang kedengaran agak kurang sopan. Namun kenyataan pahit ini memang realita adanya.

Mereka datang berbelanja dengan cukup sering agar anda yakin mereka adalah pelanggan setia, setelah itu, mereka akan berhutang, karena anda tidak ingin kehilangkan pelanggan anda memberikannya hutang.

Beberapa hari kemudian orang tersebut lenyap entah kemana. Saat anda ingin membeli barang di agen, anda tidak punya uang lagi karena uang anda ada di si “pencuri”.

Hutang telah melumpuhkan usaha kecil, banyak yang gulung tikar karenanya. Jangan sampai terjadi pada anda, saya ingatkan.

Pengalaman Penulis dalam Usaha Sembako


Awal berdiri orang tua penulis hanya menyediakan sedikit barang untuk dijual meliputi barang-barang seperti makanan ringan bagi anak-anak, minyak, tepung, gula, penyedap rasa, sabun, dan beberapa yang lainnya.

Konsumen yang datang seringkali menyarankan untuk memeli produk-produk lain yang mereka butuhkan.

Barulah mulai untuk menambah produk-produk yang banyak dicari oleh pembeli. Jumlah produk mulai bertambah seiring dengan bertambahnya keuntungan pula.

Usaha ini bukan tanpa persaingan jarak usaha kami berjarak hanya 20 meter dari usaha sembako yang lain.

Saat memulai munculah keraguraguan apakah harus terus dijalankan ataukah ganti pekrjaan.

Namun atas saran-saran tetangga usaha terus tetap dijalankan. Hanya masalah waktu, usaha kami mulai menunjukan kestabilan.

Dalam artian usaha kami telah tumbuh dan menjadi bagian masyarakat dan warga sekitar juga sudah mulai bergantung pada warung kami.

Dan warung tersebut masih berdiri hingga kini.

Post a Comment for "Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta di Rumah yang Layak Anda Tekuni"