Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Cara Kerja AdSense?



Menghasilkan uang dari situs web bisa sangat sulit, terutama ketika anda tidak menjual apa pun. Tetapi jika anda ingin menghasilkan uang dari situs web atau blog anda tanpa menjual produk atau jasa, maka ada caranya, yaitu dengan menggunakan Google AdSense.

Sejak 2003, Google AdSense telah membantu pemilik situs web menghasilkan uang dari konten mereka tanpa harus berhadapan langsung dengan pengiklan. Apa pun ceruk atau topik website anda, hampir semua orang dapat menjadi bagian dari jaringan Google AdSense dan segera mulai mendapatkan uang.

Jika anda baru saja membuat blog baru, atau sudah memiliki situs web maka Google AdSense bisa menjadi pilihan untuk mendulang uang dari blog anda. Dengan jutaan pengiklan yang ingin mengiklankan produk dan layanan mereka, ini menjadi peluang yang bagus untuk anda.

Apa Itu Google AdSense?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, AdSense adalah bagian dari Google yang membantu pengiklan mencocokkan penerbit dan pemilik situs web yang tepat untuk iklan mereka. Dengan demikian, AdSense sangat mirip dengan Ads (dulu bernama Google AdWords) karena keduanya bekerja sama untuk mencocokkan pengiklan dengan penerbit. Jika Google Adsense digunakan oleh publisher atau blogger untuk menampilkan iklan di situs web, Google Ads digunakan oleh pengiklan.

Jika anda pernah menjalankan kampanye Ads sebelumnya, anda akan melihat bahwa anda memiliki opsi untuk menggunakan jaringan pencarian atau tampilan mitra. Ketika Google Ads pertama kali launching, pengiklan hanya boleh menargetkan kata kunci di halaman pencarian situs web Google dan membatasi jumlah orang yang dapat mereka jangkau.

Namun, 3 tahun setelah merilis AdWords, Google memiliki ide yang cerdik: membiarkan pemilik blog menampilkan iklan di situs mereka dan membagi pendapatan iklan. Dan itulah tepatnya yang mereka lakukan hingga kini!

Saat ini, hampir semua situs web dapat menjadi mitra Google AdSense. Jika situs web memenuhi kriteria tertentu, maka mereka akan diterima ke dalam jaringan, dan mereka akan diizinkan untuk menampilkan iklan atas nama Google.

Setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan ini, pemilik situs web akan menerima 68% dari pendapatan iklan untuk klik itu.

Jika tawaran rata-rata untuk kata kunci adalah $ 1, maka 68 sen untuk webmaster, dan ini dapat menjadi passive income.

Cara Menggunakan Google AdSense untuk Menghasilkan Uang


Nah, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendaftar untuk menjadi mitra AdSense. Setelah anda mendaftar, dibutuhkan beberapa minggu sebelum ditinjau. Seperti yang dapat anda bayangkan, Google mendapat ribuan pendaftaran dalam sehari. Jika situs web anda memenuhi kriteria seperti jumlah pengunjung, dan metrik kualitas tertentu, maka akun anda akan disetujui.

Setelah disetujui, anda dapat mulai menampilkan iklan di situs web anda. Untuk memasang iklan, cukup salin kode dari dasbor AdSense ke halaman tertentu.

Idealnya, anda membidik sekitar dua iklan per halaman karena kurang dari dua tidak akan efektif, dan lebih dari itu akan terlihat seperti spam.

Penghasilan Google AdSense


Jika anda sudah memiliki akun Google AdSense dan sudah memasang iklan, lalu pertanyaannya berapa banyak yang bisa anda dapatkan dari AdSense?

Kabar buruknya adalah: sulit untuk menghitung dan memastikannya.

Ini terutama karena ada begitu banyak faktor berbeda yang berkontribusi terhadap penghasilan bulanan anda yang akan bervariasi secara dramatis antara situs web satu dengan yang lainnya.

Faktor pertama dan paling penting adalah topik apa yang ada di situs web anda.

Berkat algoritme Google, situs web anda hanya akan menampilkan iklan yang terkait dengan situs web anda. Jadi, jika situs anda adalah blog tentang kesehatan dan kebugaran, maka iklan anda cenderung terkait dengan kata kunci kesehatan.

Kata kunci dan iklan yang ditampilkan akan tergantung pada bagaimana Google melihat situs web anda, jadi itu bukan ilmu pasti.

Setelah anda memastikan topik webstie anda dan jenis iklan apa yang akan ditampilkan di situs anda, anda dapat mulai menghitung berapa biaya rata-rata klik.

Untuk melakukan ini, anda dapat menggunakan UberSuggest untuk mendapatkan gambaran kasar tentang pay per click atau biaya per klik kata kunci tertentu. Namun, penting untuk dicatat bahwa di jaringan display Google publisher biasanya membayar jauh lebih sedikit per klik dibandingkan dengan jaringan pencarian.

Ini berarti bahwa kata kunci pencarian dengan biaya rata-rata per klik $ 30 mungkin hanya biaya $ 3 atau kurang untuk per klik pada jaringan display website.

Cara lain untuk memeriksa taksiran biaya per klik iklan di situs anda adalah dengan membuat sendiri kampanye tampilan palsu. Tentu saja, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kampanye ini, tetapi anda akan diberikan akses ke perkiraan Google sendiri angka biaya per klik yang mungkin bisa sangat berguna.

Untuk mendapatkan taksiran ini, buka AdWords dan buat kampanye


Ketik URL situs web anda dan Google akan menghasilkan daftar kata kunci yang menurutnya cocok untuk situs web anda.

Setelah anda menambahkan kata kunci ke kampanye, anda akan melihat taksiran biaya rata-rata per klik di sisi kanan setelah diperbarui.

Data ini akan memberi anda perkiraan biaya per klik yang pengiklan bayar untuk menjalankan iklan di situs anda.

Setelah menghitung biaya perklik di situs anda, pertanyaan selanutnya adalah berapa banyak pengunjung yang akan anda dapatkan di situs web anda, dan berapa banyak klik yang akan didapa anda dapatkan. Faktor-faktor ini bergantung pada dua poin utama: seberapa bagus SEO anda dan di mana anda menempatkan iklan. 

Semakin banyak pengunjung yang anda dapatkan, semakin besar kemungkinan orang akan mengklik iklan anda sehingga semakin banyak uang yang bisa anda dapatkan.

Pertanyaan terakhir yang harus diawab adalah berapa rata-rata rasio klik-tayang website anda. Dengan mengetahui ini, anda telah memiliki semua angka yang diperlukan untuk mengetahui seberapa banyak uang yang bisa anda hasilkan. Secara garis besar, sebagian besar web menerima antara 0,05% - 5% rasio klik-tayang dengan rata-rata 0,1%.

Dengan menggunakan metrik ini, anda dapat menghitung taksiran kasar berapa banyak yang bisa didapat website anda dari Google Adsense.

Sebagai contoh:

Biaya rata-rata per klik kata kunci PPC pada tampilan Google adalah $ 0,24 - $ 0,56
Situs web anda menerima 30.000 pengunjung sebulan
anda memiliki tingkat klik-tayang rata-rata 1%

Mari kita hitung:

Hitung berapa banyak yang anda terima per klik: ((0,24 + 0,56) / 2) x 0,68 = $ 0,27
Hitung berapa banyak pengunjung anda mengklik iklan anda: 30.000 x 0,01 = 300
Hitung total perkiraan penghasilan bulanan anda: 300 x 0,27 = $ 81

$ 81 jika dirupiahkan sekitar Rp. 1.165.549,-

1 comment for "Bagaimana Cara Kerja AdSense?"

  1. Really appreciate this wonderful post that you have provided for us.Great site and a great topic as well i really get amazed to read this. Its really good. industri judi

    ReplyDelete