Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Usaha Online Tanpa Modal yang Mudah Dilakukan


Tahukah Anda kalau ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan memilih berjualan secara online? Salah satunya adalah peluang menjalankan usaha online tanpa modal. Tentu saja peluang ini cocok bagi Anda yang punya modal terbatas, kan?

Meskipun modal Anda terbatas, bukan berarti tidak ada cara bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan, lho! Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan singkatnya berikut ini!

Mulai Jualan

Pastinya, bisnis Anda tidak akan pernah ada kalau Anda tidak segera memulainya, kan? Walaupun modal Anda sangat minim, masih ada banyak cara untuk memulai bisnis online Anda sendiri. Contohnya dengan berjualan sebagai dropshipper, jadi penulis konten, admin media sosial, dan sebagainya. 

Yang penting mulai dulu, oke?

Bangun Kedekatan dengan Konsumen

Kemudian, lakukan promosi untuk mengenalkan bisnis dan produk Anda, baik itu barang maupun jasa. Promosi tak perlu harus dengan iklan berbayar, kok. Soalnya, Anda bisa jajal cara lain yang lebih hemat biaya.

Contohnya memanfaatkan media sosial untuk membangun audiens Anda. Gunakan gaya bahasa yang bersahabat tapi cocok dengan segmen Anda untuk membangun keakraban antara Anda dengan audiens yang jadi segmen usaha online tanpa modal Anda.

Pada tahap ini, jangan jadikan sebagai tujuan utama. Misalnya sebentar-sebentar menawarkan produk. Justru ketika audiens Anda merasa nyaman dan percaya, jualan malah jadi lebih mudah bahkan tanpa Anda harus menawarkan produk, lho! 

Manfaatkan Grup Komunitas Online Shop

Selain media sosial, Anda juga bisa memperkenalkan usaha Anda lewat grup atau komunitas online lainnya. Contoh yang paling gampang adalah komunitas atau grup di Facebook, yang memang sudah terbukti bisa bantu pebisnis online bermodal minim seperti Anda merintis usaha sampai jadi sukses.

Apalagi, adanya grup atau komunitas seperti ini juga bisa membantu Anda mendapatkan banyak informasi hingga ilmu berbisnis dengan mudah dan bahkan gratisan. Di samping itu, Anda juga bisa perluas koneksi dan bahkan bertemu calon partner bisnis.


Jujur dengan Konsumen

Siapa bilang meyakinkan hati konsumen agar mau membeli produk Anda hanya bisa dilakukan dengan berbohong? Anda perlu ingat bahwa berbisnis adalah soal kepercayaan, dan sekali konsumen tidak lagi bisa percaya dengan Anda, dampak yang dirasakan sangat mahal, lho!

Karenanya, layani konsumen dengan tulus dan jujur. Kalau memang ada kekurangan, sampaikan dan jangan berikan janji palsu. Dan karena Anda punya keunggulan, tunjukkanlah!

Lakukan Edukasi untuk Nilai Tambah

Sadarkah Anda kalau berjualan bukan hanya sebatas transaksi jual-beli antara Anda dengan konsumen? Jika Anda ingin mengalahkan para kompetitor, Anda harus berani berikan nilai tambah yang membuat bisnis Anda unik.

Contohnya dengan memberikan edukasi terkait produk yang Anda punya. Misalnya Anda punya usaha online tanpa modal jualan baju senam. Selain hanya berjualan, berikan edukasi seperti tips mencuci baju senam yang benar agar baju tidak mudah rusak.

Post a Comment for "Cara Memulai Usaha Online Tanpa Modal yang Mudah Dilakukan"