Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah


Perencanaan perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk dibuat karena dengan memiliki perencanaan keuangan perusahaan akan dapat bergerak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Seringkali perusahaan kecil melupakan hal yang penting ini akibatnya banyak post pengeluaran yang tidak perlu dan tidak semestinya dilakukan yang menyebabkan sulitnya perusahaan itu untuk tumbuh.

Sangat penting untuk memastikan uang masuk dan keluar pada tempat yang tepat. Untuk memastikan hal tersebut, penting untuk mampu memanejemen keuangan perusahaan. Bagaimana uang dikelola dan dimanfaatkan secara tepat untuk menghasilkan imbal hasil semaksimal mungkin.

Dengan membuat perencanaan keuangan, ini akan sangat berguna untuk mengendalikan arus kas perusahaan. Untuk membuat perencanaan keuangan perusahaan, anda dapat meakukan hal-hal berikut ini:

Menentukan Tujuan Perusahaan


Menentukan tujuan perusahaan merupakan hal pokok dalam perencanaan keuangan perusahaan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, anda nantinya dapat merinci aktivitas perusahaan atau kegiatan apa saja yang dilakukan oleh perusahaan.

Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Mungkin anda membuat tujuan “Saya ingin usaha saya maju.” itu bukanlah tujuan melainkan harapan saja. Tujuan haruslah spesifik misalnya:

1. Menambah jumlah user
2. Menambah jumlah subsriber
3. Menambah jumalah pembelian per konsumen
4. Menambah mirta
5. Menambah user tester
6. Menambah kunjungan toko
dsb.

Tujuan ini dibuat untuk menentukan kemana arah perusahaan akan bergerak nantinya. Dan kemana prioritas uang akan dihabiskan. Dengan membuat ini juga anda nantinya dapat merancang goal perusahaan dan melakukan sclae-up.

Menentukan Kegitan Perusahaan


Setelah memiliki tujuan, cobalah untuk merinci kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dari sana kita dapat melihat apa saja yang dapat dianggarkan dalam perusahaan.

Misalnya produksi, pemasaran dan transportasi.

Dari kegiatan produksi ini nantinya akan dibuat anggaran yang diperlukan oleh perusahaan. Perlu diingat dalam menentukan kegiatan perusahaan pastikan itu memang hal yang produktif dan perlu bagi perusahaan agar efektivitas penyerapan anggaran dapat menjadi maksimal.

Membuat Anggaran


Anggaran dibuat untuk setahun yang pada umumnya dibuat beberapa bulan sebelum masuk ke tahun berikutnya. Umumnya dilakukan oleh bagian manajemen puncak pada perusahaan.

Adapun anggaran ini berisi berbagai macam beban pengeluaran perusahaan misalnya:

Anggaran penjualan perusahaan
Anggaran beban penjualan
Anggaran utang piutang usaha
Anggaran ongkos modal produksi
Anggaran biaya pengoperasian pabrik
Anggaran persediaan di yang dibutuhkan perusahaan
Anggaran laba rugi
Dan anggaran arus kas perusahaan

Mencatat Keuangan Perusahaan


Mencatat keuangan perusahaan sangatlah penting dan bisa dibilang bagian utama dari perencanaan keuangan perusahaan. Ini karena perencanaan keuangan perusahaan agar kita dapat memantau keuangan perusahaan secara real time.

Jika pencatatan tidak dilakukan maka perencanaan hanyalah tinggal rencana dan tidak akan pernah berguna. Biasakan untuk melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran dengan baik karena ini akan memuadahkan anda melihat arus kas perusahaan.


Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Tidak perlu mencatatnya secara manual karena kini tersedia software akuntansi yang dapat memudahkan pemilik usaha mencatat keluar dan masuk.

Dengan pencatatan, akan terlihat kondisi kesehatan perusahaan dan dapat dijadikan patokan arah perusahaan kedepannya dan langkah apa yang harus dibuat kedepannya.


Evaluasi


Setelah perencanaan keuangan perusahaan dibuat dan dijalankan, selanjutnya adalah mengevaluasi perencanaan keuangan yang telah anda buat.

Seringkali perencanaan keuangan sedikit meleset dari perencanaan awal apa lagi jika pertama kali membuatnya. Ini menjadi celah yang harus diperbaiki agar semakin baik kedepannya.

Evaluasi dilakukan dengan melihat apakah post pengeluaran dilakukan secara tepat ataukah tidak. Jika ternyata ada pengeluaran diluar perencanaan yang telah dirancang, segera telaah kembali apakah itu dibutuhkan atau tidak.

Jika memang hal itu merupakan pengeluaran yang dibutuhkan maka selanjutnya sebaiknya cantumkan pengeluaran tersebut dalam anggaran. Jika tidak, sebaiknya hapus saja pengeluaran tersebut dan cegah terjadinya pengeluaran pada post tersebut.

Evaluasi dilakukan untuk mencari celah perbaikan agar perusahaan semakin efektif dan efisien menggunakan sedikit mungkin dana untuk memperoleh profit sebesar-besarnya.

Maka anda dapat menelaah kembali catatan keuangan yang telah dibuat apakah ada anggaran yang dapat dihapuskan atau dikurangi atau tidak.

Jika jawabannya tidak tahu, cobalah lakukan tes untuk menguji dan melihat hasilnya. Ada kalanya beberapa pengeluaran tidak perlu dapat menambah beban perusahaan walau hanya sedikit.


Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Tips Tambahan

Beberapa saran berikut mungkin akan berguna untuk anda:

Rekrut Perencanaan Keuangan Profesional


Tidak ada salahnya anda merekrut atau menggunakan konsultan perencanaan keuangan untuk membantu perusahaan anda merancang anggaran yang dibutuhkan.

Dengan bekerjasama dengan mereka yang ahli di bidangnya anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mempelajari cara merencang, format perencanaan keuangan, atau cara menghitungnya karena semuanya dapat dengan mudah dilakukan oleh mereka yang ahli.

Dengan menggunakan konsultan perencana keuangan anda tidak perlu melakukan trial error di depan dan menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi nantinya.

Jika anda tertarik menggunakan jasa atau konsultan perencana keuangan, sebaiknya ada melihat track record perencana keuangan yang hendak direkrut.

Membangun Tim Bagian Keuangan


Membangun tim bagian keuangan dapat membuat keuangan jauh lebih stabil karena trus dimonitor, di evaluasi dan dikendalikan. Ini dapat menjadi pilihan yang tepat saat anda sudah cukup baik dan stabil.

Sebelum membuat tim bagian keuangan, hitunglah terlebih dahulu keuntungan dan kerugiannya. Misalnya dengan mempertimbangkan beban biaya tim tersebut dengan imbal hasil yang didapatkan.

Selanjutnya adalah bagaimana merekrut tim bagian keuangan juga sangat penting. Jika uang adalah darah, cashflow adalah nadi, maka tim bagian keuangan adalah jantung perusahaan. Maka sangat vital untuk mendapatkan anggota tim yang profesional dan memiliki integritas.

Merekrut anggota tim yang memiliki integritas sangat lah penting karena anggota tim yang memiliki integritas rendah, tidak punya skill, dan tidak profesional mencuri dalam jumlah kecil. Namun mereka yang mempunyai integritas rendah, skill dan profesionalitas yang tinggi cenderung mencuri dengan halus dan cerdik dalam jumlah yang besar.

Ada beberapa cara untuk menguji integritas pegawai salah satunya yang dilakukan pimpinan bank BCA solo yang menyuruh pegawainya menyuap pegawai lainnya yang menjadi tareget ujinya. Ini merupakan test terakhir sebelum ia naik menjadi pimpinan cabang.

Cara lainnya dengan meninggalkan dompet atau uang dan melihat apakah ia mengambil atau mengembalikannya.

Kesimpulan

Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Perencanaan keuangan sangat penting bagi perusahaan karena dengan prencanaan keuangan yang baik, perusahaan akan dapat merencanakan arah laju kedepan dan dapat menentukan keputusan dengan jauh lebih baik nantinya dan juga tujuan utamanya yaitu dapat melihat kondisi keuangan perusahaan.

Untuk membuat perencanaan keuangan perusahaan, anda perlu menetapkan tujuan perusahaan anda, setelah itu menentukan kegiatan perusahaan, kemudian membuat anggaran. Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan.

Post a Comment for "Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah"