Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube Anda


Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube


Jika Anda seorang youtuber baik pemula atau sudah lama, pastikan bahwa Anda sudah melakukan optimasi channel youtube. Tujuannya agar video yang Anda bisa diakses oleh banyak orang dengan menggunakan kata kunci, sehingga video Anda bisa muncul di urutan paling atas.

Apabila Anda bingung mengenai optimasi, Anda bisa menggunakan jasa SEO youtube.

Dengan masing-masing ide kreatif yang dimiliki membuat para youtuber terus bersaing untuk memberikan konten terbaik untuk semua orang.

Sebelum Anda melakukan optimasi channel youtube, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Cara Riset Keyword Youtube untuk Mengetahui Prospek Karir Youtube

Masih banyak youtuber yang sebelum membuat konten tanpa melakukan riset keyword youtube terlebih dahulu. Jika Anda tidak melakukan riset sebelumnya, maka sedikit kemungkinan agar nama channel youtube yang mudah dicari  Anda dapatkan terlebih jika anda dari kalang orang biasa alias bukan artis.

Untuk riset, Anda bisa melakukannya lebih mudah melalui aplikasi atau melakukannya secara manual.

Riset Menggunakan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan riset keyword youtube Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

SEMrush

Untuk mencari kata kunci Anda bisa memulai analisa dengan menggunakan SEO youtube tool yang disediakan di konten ini. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang masih baru masuk di dunia youtube.

lebih lengkap soal website ini sementara silahkan googling sendiri untuk detailnya.


Keyword Everywhere

Aplikasi riset ini merupakan plugin Mozilla Firefox yang juga bisa diakses menggunakan Google Chrome. Caranya cukup mudah dengan memasukkan plugin kemudian mencari kata kunci di kolom pencarian di youtube.

lebih lengkap soal website ini sementara silahkan googling sendiri untuk detailnya.

Google Trends

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka hasil yang akan Anda temukan cukup kuat dan akurat. Karena, yang dimunculkan hanya hal-hal yang sedang trend dan masih hangat saat itu.
Riset Secara Manual

Tidak hanya melalui aplikasi saja Anda bisa melakukan riset, tapi ada juga cara riset keyword youtube yang dilakukan dengan manual. Caranya adalah menggunakan website youtube itu sendiri dan menggunakan fitur auto correction yang tersedia di pencarian.

 Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menemukan apa saja pencarian terpopuler mengenai konten yang Anda buat.

Misalnya Anda hendak ingin mencari kata kunci domain lalu diberi spasi dengan menambahkan satu huruf sehingga akan muncul pencarian teratas mengenai konten tersebut.

Tapi, Anda tidak harus fokus pada keyword saja, karena selain keyword yang dapat membantu Anda dalam konten yang ada di optimasi channel youtube adalah tag youtube.

Sumber Pendapatan yang Bisa Didapatkan dari Youtube

Selain dari youtube, terdapat beberapa platform yang digunakan oleh para youtuber untuk bisa mendapatkan uang.


Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube

Catatan : tabel diatas diambil dari berbagai sumber, bisa jadi berbeda dengan pengalaman masing-masing, terkhusus untuk adsense sendiri  banyak hal yang mempengaruhi bukan hanya viewr semata.

10 Jenis / kategory Rekomendasi Video Youtube


Meskipun Anda bukan seorang youtuber, tidak ada salahnya jika mengetahui jenis video yang ada di youtube. Tapi jika Anda adalah seorang youtuber, maka yang harus Anda ketahui adalah apa saja rekomendasi video youtube yang bisa dipilih.

1. Video Movie

Video Movie adalah rekomendasi video youtube yang paling banyak peminatnya. Karena, hampir semua film yang ditayangkan di bioskop ada di youtube setelah beberapa waktu tayang.

tapi anda tidak disarankan untuk jadi reaploader tentunya, melalui kategori ini anda dapat menjadikan inspirasi dengan membuat project film sendiri atau yang lebih mudahnya REVIEW film sperti jagat review, cine crib dan masih banyak lagi youtube yang bertemakan review film dengan karakter dan gaya masing-masing untuk menjadi ciri has

2. Video Musik

Selain film, musik juga memiliki minat yang banyak karena menjadi teman aktivitas manusia. Sudah terdapat banyak kanal resmi yang memang dibuat khusus untuk lagu saja.

3. Video Lucu

Video lucu banyak ditonton oleh orang karena Youtube dianggap sebagai media hiburan. Salah satu channel video youtube yang jenaka adalah Raditya Dika, Bang jali, bisa juga duo harbata.

teknik stanup comedy yang dinamakan ONELINER bisa jadi salahsatu inspirasi anda, salahsatu komika yang cukup terkenal dengan materi onelinernya ada UUS dan INDRA FRIMAWAN

4. Video Game

Banyaknya game online membuat semua anak atau orang yang good game membuat channel Youtube ini. sebut saja Reza Arap yang bisa diakatan pelopor youtuber gaming yang masih konsisten hingga sekarang, sebelumnya kita mengenal nama-nama besar sperti Jes No Limit, dan masih banyak lagi yang bisa anda jadikan inspirasi.

kuncinya "SEDIKIT BERBEDA LEBIH BAIK DARIPADA SAMA" semoga anda faham istilah ini

5. Video Olahraga

Video satu ini biasanya berupa tutorial olahraga untuk semua orang yang ingin melakukan aktivitas ini di rumah saja.

jika kalian membuka youtube ada banyak jenis video bertemakan olahraga baik dari tutorial futsal dan tutorial olahraga lainnya hingga pada tutorial memperbesar otot, mengecilkan perut atau melangsingkan badan dan meperbesar payudara secara alami dengan berolahraga.

silahkan anda pilih dengan bijak, jika anda seorang pria tentu tidak cocok jika tutorialnya memperbesar payudara biarkan tutorial ini dilakukan oleh kaum hawa sendiri

6. Video Berita

Berita saat ini tidak hanya bisa dilihat di tv saja. Bahkan, saat ini lebih banyak orang yang berminat melihat berita di youtube. sebut saja CNN Indonesia, Kompas dan lainnya.

tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk membuat content yang setema dengan itu.

untuk inspirasi silahkan buka channel POIN yang konsistent dengan kontent politik yang bisa dibilang banyak di tonton orang untuk mendapatkan informasi atau berita terhangat seputar dunia politik ataupun yang serupa.

7. Video Tutorial

Tutorial yang dimaksudkan disini adalah youtuber menunjukkan cara-cara membuat sesuatu atau melakukan sesuatu kepada para viewers. bisa toturial desain, tutorial video atau yang lainnya

8. Video Unik

Video unik menayangkan konten yang menarik, aneh dan jarang diakukan oleh kebanyakan orang.

9. Video konten Dewasa

Di youtube konten ini biasanya diberi batasan umur. Jadi, setiap orang diminta masuk akun dan memasukkan tahun kelahiran.

kata dewasa disini jangan disalah artikan tentunya, kategori dewasa disini tentu yang bersifat positif,
anda mungkin sudah tidak asing dengan nama besar Dokter Boyke. tanpa saya jelaskan panjang lebar anda sudah faham, nah ini yang dinamakan kontent DEWASA yang tentu memiliki nilai edukasi yang positif khususya pasutri.

10. Video Traveling

Konten ini tidak kalah menariknya, karena video seperti ini sangat disukai oleh orang yang mencari referensi tujuan untuk explore.

Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube

Optimasi Video Youtube Menggunakan Jasa SEO Youtube

Bisnis online yang menawarkan jasa SEO youtube saat ini sedang menjadi bisnis yang paling menguntungkan.

Hal ini bisa terjadi seiring dengan meningkatnya orang yang ingin menjadi youtuber.
Penggunaan jasa ini biasanya digunakan oleh para pembuat konten untuk optimasi channel youtube.


Tujuan para youtuber menggunakan jasa ini adalah agar nama channel youtube yang mudah dicari dan konten yang Anda buat bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Semakin banyaknya orang yang tertarik dengan konten yang Anda sajikan maka semakin besar pula uang yang akan diterima oleh youtuber tersebut.

Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis jasa SEO youtube menjadi usaha yang ramai saat ini dengan keuntungan yang besar.

Ketahui Aplikasi Youtube Studio

Aplikasi youtube studio ini dirancang khusus untuk membantu para youtuber agar bisa mengelola channelnya dengan mudah. sebagai youtuber anda harus mengupas tentang hal ini lebih jauh sebab ini bisa disebut sebagai DAPUR anda.

Dengan aplikasi youtube studio, selain memudahkan dalam mengelola channel dan akun pribadi juga membantu menekan unggahan konten video yang sudah diterbitkan oleh para youtuber.

Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube

Ketahui Strategi Meningkatkan Viewer dan Subscribe


Hal yang tidak kalah penting dan sering dicari informasinya oleh para youtuber dalam optimasi channel youtube adalah bagaimana cara mengoptimalkan channel youtube. Menambah subscriber sudah tentu menambah viewers juga, tapi bagaimana cara untuk meningkatkannya?

Nah, untuk membantu Anda dalam memberi informasi tersebut berikut beberapa caranya :

1. Pastikan Konten yang Dibawakan Bagus

Biasanya untuk seorang youtuber yang baru masuk youtube desktop, merasa sedikit ragu atas konten yang sudah dibuatnya sendiri. Mungkin untuk memastikan bagus atau tidaknya bisa menanyakan kepada orang-orang terdekat. Jika memang sudah bagus maka Anda harus yakin bahwa video yang dibuat sudah menarik dan mengundang banyak viewers.

2. Upload Konten secara Konsisten

Upload video secara reguler atau konsisten sangat penting dalam cara mengoptimalkan channel youtube Anda. Karena,apabila Anda sudah mengunggah konten video secara terjadwal maka konten atau nama channel kebih sering muncul pada SEO youtube tool. Dengan begitu, semakin banyak orang yang akan melihat konten Anda dan menunggu konten-konten yang selanjutnya dengan mengklik subscribe.

3. Menggunakan Sosial Media untuk Promosi

Melalui sosial media semua promote bisa berpengaruh besar pada apa yang Anda tawarkan. Tidak hanya youtube saja, tapi banyak produk atau jasa yang ditawarkan melalui sosial media dan memberikan dampak baik untuk Anda.

4. Memberikan Keyword yang Populer

Memberikan keyword atau tag youtube dapat mempengaruhi penonton video Anda. Karena, kebanyakan orang akan lebih tertarik pada video yang berada di urutas terpopuler. Untuk mendapatkan keyword yang pas maka Anda harus mencari informasi cara riset Keyword youtube terlebih dahulu.

Itulah sedikit informasi yang membahas mengenai bagaimana mengembangkan channel youtube, termasuk optimasi channel youtube. Perkembangan youtube yang mengandung wawasan atau hiburan sangat dibutuhkan oleh semua orang. Maka dari itu, sebagai content kreator selain untuk menghasilkan uang pasti tujuannya memberi manfaat kepada semua orang.

Post a Comment for "Ingin Jadi Youtuber Sukses? Lakukan dan Maksimalkan Optimasi Channel Youtube Anda"