Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok

Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok


Apakah anda salah satu pengguna dari TikTok? Sosial media yang satu ini banyak digandrungi oleh generasi millennial di dunia, termasuk di Indonesia. Dengan menggunakan Tiktok mampu mengekspresikan sesuatu lewat video.

Tak hanya joget joget saja, ternyata Tiktok bisa anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda? Penasaran bagaimana cara memasarkan bisnis melalui Tiktok? Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Apa itu Tiktok?

TikTok adalah aplikasi jejaring sosial milik Cina yang digunakan untuk membuat berbagai video yang menarik. Mulai dari video lipsync, video lucu, atau video lain lainnya.

Pengguna tiktok dapat merekam serta megedit berbagai video berdurasi 15 hingga 60 detik dengan menambahkan musik, filter, animasi, dan efek lainnya sesuai dengan kreativitas masing masing.

Sama dengan aplikasi lain di sosial media ini, pengguna dapat menyukai, berkomentar serta membagikan video dengan mudah.

Aplikasi tiktok adalah media sosial pertama yang mengalami perkembangan tercepat di dunia. Tiktok pun dapat diinstall melalui androind serta IOS.

Alasan Mengapa Tiktok Menjadi Media Pemasaran

Anda tahu tidak? Sebelum tiktok hype seperti sekarang ini, banyak pelaku digital marketing yang telah memprediksi aplikasi ini. Kalau saat ini anda belum menggunakan tiktok anda bisa mulai mencoba tiktok untuk aplikasi penunjang aktifitas bisnis anda.

Tiktok bukan hanya digunakan sebagai media sosial untuk seru seruan saja, tetapi anda bisa menggunakan tiktok sebagai media pemasaran. Berikut ini alasan mengapa tiktok bisa dijadikan media pemasaran yang sangat bagus dan efektif untuk bisnis anda :

1. Mempunyai 625 Juta Pengguna Aktif

Tiktok ternyata mempunyai 625 juta pengguna aktif yang memang benar benar aktif. Para pengguna tiktok menggunakannya sebagai alat untuk membuat konten, hal inilah yang mampu membedakan tiktok dengan aplikasi media lain. Bahkan saat pandemic covid 19 pengguna tiktok naik hingga 20%. Jumlah ini akan melonjak seiring bertambahnya waktu, karena aplikasi ini selalu memacu kreativitas untuk membuat konten.


2. Lebih dari 40% pengguna Tiktok adalah remaja

Jika target market anda adalah seorang remaja, anda bisa menggunakan tiktok untuk media pemasaran bisnis. Sebab 40% pengguna tiktok adalah remaja. Dan pastinya anda bisa membuat konten yang relevan dengan kehidupan remaja, tertarik bukan?

3. Fitur Tiktok Mudah digunakan

Tidak semua orang bisa menggunakan video editing, misalnya saja adobe premiere, adobe after effect dan lain lain. Namun seorang user Tiktok bisa membuat konten hanya dengan fitur yang ditawarkan Tiktok. Kemudahan inilah yang membuat tiktok berbeda dengan aplikasi lain.

4. Banyak Influencer menggunakan Tiktok

Nah sekarang ini banyak influencer yang menggunakan tiktok. Otomatis ini akan menguntungkan anda sebagai pebisnis yang ingin mengendorse produk. Karena jika suatu platform sudah dimasuki oleh influencer tentu penggemar atau fansbase dari artis tersebut akan ikut menggunakan Tiktok. Cobalah memanfaatkan hal ini untuk mmeviralkan produk anda.

5. Konten Relatif lebih sering di share

Video di Tiktok sangat mudah untuk dishare, hal inilah yang akan menguntungkan anda untuk membuat produk anda viral dan dibagikan oleh banyak orang. Disini yang harus anda pikirkan bagaimana cara membuat konten yang kreatif.

Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok


Cara Memasarkan Bisnis Menggunakan Tiktok

Jika anda bingung bagaimana cara memasarkan produk anda melalui tiktok anda bisa, menyimak tips sederhana ini, strategi ini bisa anda terapkan dan membuat bisnis anda semakin dikenal banyak orang :

1. Mempelajari platform Tiktok

Anda bisa mulai mempelajari platform tiktok yang telah terinstall di smartphone. Lalu anda bisa  mempelajari  jenis konten seperti apa yang disukai banyak oleh pengguna tiktok. Referensi yang bisa anda gunakan adalah melihat halaman trending di Tiktok.

2. Buat konten yang menyenangkan

Konten yang baik adalah konten yang mampu mendapatkan banyak interaksi oleh sesama pengguna. Anda harus bisa membuat konten yang menyenangkan dan kreatif untuk mengenalkan produk anda. Rata rata di tiktok kontennya berisi hal hal yang lucu, jadi jangan menawarkan produk secara serius.

Berikut ini rekomendasi konten yang menarik yang ampuh untuk meningkatkan penjualan anda :

Komedi
Fashion dan kosmetik
Vlog
Makanan
Bakat

3. Meluncurkan Challenge Hastag

Cara memasarkan bisnis adalah dengan meluncurkan challenge hastag. Challenge hastag adalah tantangan konten video yang dibuat khusus untuk pengguna tiktok dengan menambahkan hastag merek didalamnya.

Challenge hastag ini pertama kali digunakan oleh brand Guess untuk mempromosikan produknya. Guess menggunakan tagar #InMyDenim. Challenge hastag mampu mendorong interaksi dan engagement pengguna Tiktok. Anda bisa menumpang mempromosikan bisnis anda dengan hastag tersebut.

4. Bekerja dengan influencer Tiktok

Memang influencer di tiktok tidak sebesar di media sosial lain seperti instagram maupun youtube, namun anda bisa bekerja sama dengan mereka untuk memperluas jangkauan anda di platform tiktok. Bekerja sama dengan influencer di Tiktok akan membuat anda mampu mendapatkan banyak koneksi pengguna.

Untuk itu hal yang harus anda perhatikan adalah mencari influencer tiktok yang memang masih ada relevansinya dengan bisnis anda, akan target audiens bisa tertarget dengan benar, dan otomatis mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mengetahui influencer yang cocok, anda bisa mengecek bio mereka, dan melihat jenis konten seperti apa yang sering mereka gunakan.

Berikut ini influencer tiktok yang paling terkenal di Indonesia :

Prabowo Mondardo
Meylika Ryuki
Amarissa Florencia
Yoshua Marcellos
Stanley Haoe
Jessica Puteri

Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok

5. Manfaatkan iklan tiktok

Baru baru ini tiktok memunculkan layanan iklan atau ads tiktok, sebelumnya tiktok belum memasang hal untuk iklan.

Anda bisa menggunakan layanan ads tiktok ini untuk beriklan di Tiktok. Di Tiktok sendiri ada 4 jenis iklan yang harus anda tahu yaitu :

a. Pre-roll ads

Iklan video ini muncul saat pengguna membuka aplikasi tiktok.

b. In-feed ads

Iklan ini mirip dengan iklan stories yang digunakan oleh instagram maupun snapchat. Iklan ini mendukung banyak fitur mulai dari klik situs website serta mengunduh aplikasi yang sedang di promosikan. Iklan ini biasanya terletak ketika pengguna mulai mengscroll feed

c. Challenge Hastag

Challenge hastag adalah alat yang bisa anda gunakan untuk membuat brand anda dikenal dengan tagar tertentu dan menjadi viral.

Namun anda bisa menggunakan challenge hastag yang telah dipromosikan oleh brand lain agar mendapatkan engagement yang lebih banyak lagi.

d. Branded Effects

Brand Effect biasanya berisi filter efek seperti lensa snapchat 2d maupun 3d untuk wajah dan foto. Efek ini mirip dengan fitur yang disediakan instagram maupun snapchat, namun bedanya di tikto adalah mampu menampilkan informasi khusus tentang brand ini.

Apakah Tiktok Worth It untuk beriklan?

Jika anda melihat dari jumlah dan pengguna tiktok, mungkin saja beriklan di tiktok adalah solusi yang tepat yang mampu mendapatkan banyak kelebihan. Pasalnya tiktok cukup memiliki peluang yang tinggi untuk digunakan sebagai media pemasaran.

Dengan fitur penargetan yang canggih, platform tiktok mampu dijadikan pilihan petama untuk membantu anda secara efektif dalam beriklan.

Namun yang harus anda tahu, bahwa tidak semua bisnis cocok beriklan di Tiktok, karena audiens tiktok rata rata adalah usia remaja.

Jika produk atau bisnis anda mempunyai target market orang tua, anda mungkin harus berfikir ulang untuk memasarkan produk anda di Tiktok.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk memasarkan bisnis anda di tiktok. Jika target market anda audiens muda, tiktok adalah tempat yang menarik yang bisa anda pilih. Gunakan tips tips diatas agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi pemasaran di aplikasi tiktok.

Post a Comment for "Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok"