Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Alasan Mengapa Sekarang Adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis

Alasan Mengapa Sekarang Adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis


Gaya hidup dunia modern telah membuka peluang baru dan pekerjaan yang belum pernah ada 10 hingga 20 tahun yang lalu. Banyak perusahaan mengambil kesempatan untuk ikut serta dalam perubahan dunia yang begitu cepat saat ini.

Sebagian orang menunggu waktu yang tepat untuk memulai usaha. Mereka menganggap ada satu waktu dimana tiba kesempatan dan kesiapan itu akan tiba entah kapan. Namun, sebetulnya waktu yang tepat ada di depan mata. Inilah waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

Ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut diantaranya:

Teknologi tengah berkembang pesat


Orang pesimis memandang teknologi menghambat mereka karena banyak pekerjaan yang diambil alih oleh teknologi. Namun bagi seorang enterpreneur sejati, kondisi apapun dapat dilihat sebagai peluang. Jika kita melihat teknologi sebagai mitra bisnis, kita akan mampu menggunakan teknologi sebagai karyawan kita.

Walmart, supermarket terbesar di dunia butuh waktu puluhan tahun untuk menjadi yang paling sukses dan paling kaya sejagat. Namun Amazon, hanya waktu kurang dari 15 tahun saja sudah melampaui Walmart.

Teknologi informasi adalah keajaiban abad 21. Gunakan itu dan anda akan mencapai keberhasialan dengan jauh lebih cepat.

Sebagai pembanding, anda dapat menyewa seles untuk menjual barang anda, membayar seles memakan banyak uang. Namun jika anda menggunakan pemasaran di internet seperti Google Ads atau Facebook Ads, ia akan menjadi seles anda 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Teknologi mampu menurunkan ongkos produksi, distribusi dan meningkatkan efesiensi. Teknologi saat ini tidak ada 20 tahun lalu, dan kini ada sekarang.

Kenapa sekarang, dan bukannya masa nanti saat teknologi sudah sangat maju?

Jika anda pergi ke China tahun 1990, anda akan melihat China seperti Cimahi. Namun jika anda ke China saat ini, anda akan melihat China seperti Silicon Valley.

Indonesia saat ini berada pada posisi seperti China 20 tahun lalu. Indonesia tertinggal sekali, tetapi sekali lagi ini adalah peluang besar. Banyak perusahaan China datang ke Indonesia lantaran mereka melihat Indonesia seperti China 20 tahun lalu. Mereka membangun perusahaan agar perusahaannya seperti perusahaan besar yang telah sukses di China.

Jika peluang-peluang tersebut diambil oleh China, apa kita hanya menjadi penonton dan menggerutu kemudian menggelorakan kampanye anti China?

Jadi jangan sampai peluang-peluang usaha yang sangat banyak saat ini di Indonesia diambil oleh China, mulai bangunlah bisnis saat ini agar kita dapat berdikari.

Permodalan semakin memudahkan


Saat ini lembaga keuangan dan pemerintah sangat mendorong UKM untuk bangkit agar perekonomian terus maju, salah satunya adalah dengan memberikan KUR (keridit usaha rakyat). Tidak seperti dulu yang mengharuskan persyaratan yang banyak, pinjamannya harus besar dan bunganya juga sangat besar, saat ini KUR dapat diandalkan UKM.

Jika anda telah memiliki bisnis dan ingin mengembangkan bisnis namun terkendala dengan modal, anda bisa mencoba KUR.

Selain KUR sebagai modal usaha, anda juga bisa mendapatkan modal dengan sistem peer to peer landing (P2P). Orang lain menanamkan modal kepada anda melalui lembaga penyalur secara urun dana. Beberapa lembaga P2P di Indonesia misalnya Santara dan Koinwork.

Selain melalui peer to peer, anda juga dapat melakukan urun dana (crowdfunding). Urun dana biasanya banyak didukung untuk pengembangan produk inovatif. Di Indonesia, Kitabisa.com menyediakannya. Di luar negri ada Kickstarter dan Indiegogo.

Dengan permodalan yang sangat memudahkan, tidak ada alasan untuk anda tidak memulai bisnis karena tidak ada modal di era sekarang ini.


Alasan Mengapa Sekarang Adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis


Ekonomi Indonesia sedang bangkit


Kalau boleh dibilang, kita sedang dan akan masuk ke masa keemasan ekonomi Indonesia. Mengapa demikian? Karena kita berada di masa dimana jumlah angkatan kerja lebih banyak dari non angkatan kerja. Masa ini disebut dengan bonus demografi. Ini terjadi antara tahun 2020 hingga 2045.

Dengan lebih banyaknya jumlah usia angkatan kerja dibandingkan yang tidak menjadikan masyarakat menjadi konsumtif yang artinya mereka memiliki daya beli yang tinggi.

Dengan dibukanya jalan-jalan baru di era Jokowi membuka peluang baru ekspansi bagi industri dan juga UKM untuk mengembangkan jalur dagang baru yang lebih baik lagi.

Tahun 2020 ini, kita menghadapi pandemi virus Corona, banyak perusahaan yang bangkrut. Tetapi bagaimana menyikapinya? Lihatlah sisi peluang yang ada. Jika perusahaan itu tutup karena pandemi, artinya selama masa itu ia mengalami pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.

Jika diibaratkan pernafasan, ia mengeluarkan nafas tanpa menariknya kembali, apa artinya?
Meninggal dunia.

Ini terjadi karena mereka tidak melakukan penjualan, produksi dan distribusi karena aturan PSBB. Masa itu telah lewat, apakah kebutuhan akan produk akan hilang juga? Tidak.

Jika anda dapat menggantikan beberapa perusahaan yang bangkrut, anda menjadi penerusnya. Anda hanya perlu tau bagaimana mereka melakukannya, tidak ada persaingan lagi karena ia telah mati karena pandemi.

Keterbukaan informasi


Dengan keterbukaan informasi, anda dapat belajar hal-hal baru melalui internet, misalnya membaca artikel di Cariduit.id untuk mempelajari hal-hal baru tentang bisnis.

Dengan keterbukaan infomasi, anda dapat belajar memulai usaha, mengembangkan usaha, belajar manajemen perusahaan, mengelola tim, mengatur keuangan, mencari prospek baru, dan beragam hal yang dapat anda perlukan dapat anda temukan di internet.

Semua infomasi itu dapat menjadi aset penting bagi anda dan perusahaan yang anda ingin bangun. Dan kabar gembiranya, anda mendapatkan semua informasi tersebut secara gratis.

Jika anda ingin membuat usaha kue, anda dapat mencari cara membuat kue, mencari pemasok bahan baku kue dan mempromosikannya di internet. Semua menjadi mungkin di era infomasi seperti ini.


Alasan Mengapa Sekarang Adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis


Penutup


Itulah beberapa alasan mengapa sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai bisnis. Sebetulnya masih banyak sekali yang menjadi alasan kuat mengapa saat ini adalah waktu emas untuk memulai usaha. Misalnya penggunaan internet dan jaringan internet saat ini sudah luas, murah dan merata sehingga lebih mudah untuk melakukan promosi atau memulai bisnis internet atau juga karena masyarakat mulai menggunakan ATM sehingga mudah melakukan transaksi jarak jauh, dan lain sebagaianya.

Beberapa hal yang muncul saat ini memang menjadi tantangan saat memulai usaha atau saat menjalankan usaha, namun jika anda memiliki jiwa enterpreneur sejati, anda dapat menghadapi beragam masalah kekinian yang muncul secara kreatif.

Sebagian menganggap keberhasilan adalah kombinasi kesempatan dan persiapan. Saat ini adalah kesempatan, selanjutnya anda dapat memulai persiapan dengan mempelajari bisnis melalui web ini, buku, atau sumber lain, atau juga anda dapat membangun kemitraan serta kerjasama bisnis dan dengan mengumpulkan modal usaha.

Semoga dengan kerangka acuan diatas dapat menjadi pertimbangan dalam berpikir dan bertindak, menjadi motivasi yang mendorong dan tolok ukur anda dalam memulai usaha kelak.

Post a Comment for "Alasan Mengapa Sekarang Adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis"