Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Kerja Algoritma Instagram 2020 untuk bisnis kita

Cara Kerja Algoritma Instagram 2020 untuk bisnis kita


Apakah anda seorang pebisnis yang memanfaatkan sosial media instagram untuk memasarkan produk anda?

Apakah mengalami engagement dan likes yang sedikit padahal jumlah followers terbilang besar?

Bagaimana sih cara kerja serta perkembangan algoritma instagram sehingga postingan anda tak mendapatkan insight apapun dari followers?

Nah stop untuk mengeluh, saatnya anda mempelajari algoritma instagram terbaru 2020. Agar postingan serta instagram anda semakin menghasilkan profit untuk bisnis yang sedang anda jalankan.

Perkembangan Alogaritma Instagram

Jika anda seorang pebisnis, tak ada salahnya menggunakan sosial media instagram sebagai media pemasaran. Bahkan beberapa tahun ini, instagram sendiri adalah tempat yang strategis serta baik untuk para pebisnis. Karena mampu mendapatkan pengikut yang berpotensial menjadi calon pelanggan.

Nah banyak orang yang mengeluhkan cara kerja algoritma instagram yang kurang memuaskan, sehingga pihak instagram sendiri terus melakukan perubahan tentang algoritma instagram. Agar informasi tersampaikan lebih efektif dan terhubung dalam komunitas.

Namun baru baru ini algoritma instagram sendiri telah berubah, dimana banyak orang yang mengalami hal hal, seperti terjadinya penurunan jumlah reaksi berupa likes dan comments, kedua respon terhadap instagram story sedikit tidak seperti biasanya, hal ini dikarenakan instagram memberlakukan postingan anda digapai oleh 10% dari jumlah keseluruhan followers anda.

Kecuali jika konten yang anda posting mendapatkan impresi yang banyak, maka konten tersebut akan ditampilkan lagi kepada followers anda lainnya.

Tapi tenang, anda tak perlu khawatir sebab algoritma instagram tak akan berubah setiap saat, itu karena instagram sendiri menggunakan metode machine learning dimana instagram akan beradaptasi secara otomatis berdasarkan data tentang aktivitas yang dilakukan pengguna setiap mereka membuka instagram.

Untuk itu anda harus tahu apa saja fakta menarik seputar algoritma instagram.
Fakta seputar algoritma Instagram

1. Algoritma Instagram Memprediksi Seberapa Peduli tentang Sebuah Postingan

Yang anda lihat di feed atau timeline instagram, tidak hanya berdasarkan orang yang anda ikuti, tetapi juga berdasarkan dari apa saja yang anda suka. Post itu kemungkinan besar akan muncul teratas di timeline instagram anda. Jadi apa yang anda lihat ditimeline adalah kombinasi perilaku anda di instagram. Menurut instagram, bentuk interaksi yang paling menentukan urutan feed adalah likes, komen, share dan video view.


2.  Algoritma Instagram Memperkirakan Relasi Anda dengan Followers

Instagram akan memprioritaskan post dari teman, keluarga, ataupun lainnya yang paling sering anda sukai. Jadi algoritma ini mampu memperkirakan siapa saja followers terdekat anda. Sebagai seorang pebisnis anda harus memposting konten sesering mungkin, karena akan membentuk interaksi dengan followers dan tentunya post anda akan diprioritaskan oleh instagram.

3. Algoritma Instagram Memperhatikan Waktu

Bukan hanya itu saja, ternyata algoritma instagram juga memperhatikan kapan anda mengepost sebuah konten. Hal ini dilakukan karena instagram ingin menunjukkan postingan terbaru anda. Jadi ada harus tahu kapan followers anda aktif di instagram.

4. Algoritma Instagram Menggunakan Frekuensi untuk Mengurutkan Sebuah Post

Apakah anda sering membuka aplikasi instagram? Jika anda sering, maka instagram akan menampilkan post terbaik yang anda lihat. Tetapi jika anda tidak rutin, instagram akan menampilkan postingan yang anda sukai terakir kali.


Cara Kerja Algoritma Instagram 2020 untuk bisnis kita

5. Algoritma Instagram Mencatat Jumlah Akun yang Anda Follow

Berapa orang yang anda ikuti di instagram? Jika semakin banyak orang yang anda ikuti, maka instagram anda akan mempunyai banyak pilihan post yang akan ditampilkan, sehingga kemungkinan anda tidak dapat melihat post dari setiap akun.

6. Foto dan Video Diperlakukan Dengan Sama

Algoritma instagram tidak membedakan antara postingan berupa foto maupun video. Namun bagi anda seorang pebisnis, anda harus tahu bahwa video secara otomatis memiliki durasi lebih lama dan mampu mendapatkan banyak interaksi ketimbang foto. Sehingga bentuk seperti inilah mampu menarik interaksi yang lebih baik dari followers anda.

7. Interaksi Palsu Tidak Dihitung

Jika anda menggunakan bots atau pods, interaksi seperti itu tidak akan dihitung oleh instagram, karena dengan metode machine learning instagram mampu mendeteksi interaksi yang sifatnya palsu, seperti interaksi tersebut.

8. Semua Comment Tetap Dihitung Sebagai Interaksi

Ada yang menganggap bahwa komentar kurang dari 3 kata, tidak akan dianggap interaksi oleh instagram. Hal ini salah besar, sebab semua komentar selalu dianggap interaksi, walau hanya dengan sebuah emoji. Sehingga anda yang menjadikan intagram sebagai bisnis, selalu balaslah komentar dari pengikut anda di instagram.

9. Semua Tipe Akun Diperlakukan Sama

Tak ada bedanya antara akun pribadi atau akun bisnis. Karena tidak ada post dari tipe akun seperti ini yang diprioritaskan oleh instagram.

10. 30 Menit Pertama Tidak Ada Pengaruhnya

Kabarnya interaksi 30 menit pertama sejak konten diposting sangat mempengaruhi kedudukan algoritma instagram, nyatanya hal ini salah. Karena instagram sendiri telah menginformasikan bahwa algoritma instagram akan menampilkan konten kepada pengguna yang sering berinteraksi dengan akun anda.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2020 untuk bisnis kita

Tips Memaksimalkan Alogaritma Instagram

Jika anda telah mengetahui fakta fakta diatas, ada baiknya anda tahu hal apa yang harus anda lakukan. Yaitu adalah memaksimalkan konten postingan anda dengan mengikuti aturan algoritma instagram. Dengan begitu pastinya postingan anda mendapatkan interaksi dari banyak orang.

Posting Konten Berkualitas secara Konsisten

Saat anda mampu memposting konten yang baik dan konsisten di instagram, itu artinya anda bukan hanya meningkatkan sebuah engagement, tetapi anda memberikan sinyal bagi algoritma instagram bahwa akun bisnis anda adalah akun yang berkualitas. Semakin sering, kemungkinan besar followers anda melihat anda, dan terlibat dengan konten yang anda sajikan.

Posting saat Followers  Sangat Aktif

Anda harus tahu betul kapan waktu followers anda online, dengan begitu anda bisa mencoba mengupload konten terbaik anda. Hal ini akan berpotensi mendapatkan banyak interaksi besar dari followers. Jika anda bingung, kapan waktu yang tepat dan mengetahui keaktifan audiens anda, maka anda bisa menggunakan fitur instagram insight untuk menganalisa followers instagram anda.

Bangun Interaksi dan Engagement, Bukan Sekedar Menambah Followers

Banyak para pebisnis yang menganggap bahwa jumlah followers penting. Anda harus paham bahwa interaksi jauh lebih penting daripada sebuah followers, untuk itu anda dituntut untuk mulai membangun interaksi agar followers dapat mengapresasi anda sebagai bisnis yang peduli terhadap konsumen anda. Anda bisa menggunakan cara cara berikut ini, seperti giveaway, mengadakan sesi tanya jawab (Q&A), berbalas komentar maupun dm. Cara tersebut dipercaya dapat mendatangkan respon positif untuk akun instagram anda.

Pergunakan Hashtag yang Benar dan Relevan

Anda pasti sudah tahu, bahwa hastag dalam sebuah caption adalah cara paling efektif untuk menjangkau banyak orang di instagram. Dengan hal ini kemungkinan besar banyak orang yang akan terlibat konten anda.

Gunakan Video Live

Fitur video live mampu mengajak anda untuk melakukan interaksi lebih banyak dengan folowers. Video ini dapat anda masukan di feed instagram, agar bisa dilihat banyak orang di explore oleh followers maupun viewers anda di instagram.

Tawarkan informasi dan saran secara gratis

Akun anda harus mampu memberikan informasi yang bermanfaat, hal ini agar followers merasa senang, jadi jangan hanya konten jualan saja. Berbisnis boleh, namun anda juga harus peduli terhadap banyak orang agar menjadikan bisnis anda semakin maju. Sajikanlah konten edukasi sesuai dengan bisnis yang sedang anda jalankan.

Gunakan bahan yang sedang happening

Sesuatu yang sedang trend pasti mampu menyita banyak perhatian dari pengguna instagram. Tetapi yang harus anda ingat adalah konten yang happening tersebut masih ada hubungannya dengan bisnis yang anda jalankan. Dengan begitu banyak pengguna instagram yang nantinya akan tertarik dengan bisnis anda.

Terapkan Influencer Marketing

Jika anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya anda menggunakan influencer marketing instagram untuk menaikkan engagement anda. Hal ini bisa anda jadikan perantara yang baik yang menghubungkan pengguna instagram dengan bisnis anda. Pastikan infuencer marketing yang anda pilih mempunyai niche yang sama terhadap bisnis anda. Karena hal itu memperbesar peluang konversi bisnis.

Tampilkan Personal Anda

Biasanya pengguna instagram tertarik konten behind the scene dalam proses pembuatan konten anda. Jangan lupa menyertakan caption yang baik, agar pengguna instagram menikmati konten yang anda sajikan.

Nah mengembangkan konten instagram merupakan cara yang paling efektif untuk mengoptimalkan kinerja algoritma instagram. Dengan begitu, bisnis anda akan lebih maju. Sekarang anda pahamkan bagaimana cara menaklukan algoritma instagram? Siapkah anda untuk menjadi seorang pembisnis sukses?




Post a Comment for "Cara Kerja Algoritma Instagram 2020 untuk bisnis kita"